fbpx

5 Perbedaan Tas Butik dan Outlet! Sebelum Anda Membeli

perbedaan tas butik dan outlet

bagikan artikel ini kepada teman

Sebagai pecinta fashion dan luxury brand terutama tas, agaknya keluar masuk butik atau outlet dari brand brand terkenal tersebut sudah menjadi kebiasaan bukan? Terlebih bila brand tersebut baru saja merilis koleksi tas season terbarunya. Namun setelah sering berkunjung, apakah sebagai customer anda menyadari apa saja perbedaan tas butik dan outlet tersebut? Karena bila dilihat secara sekilas keduanya memang tampak mirip.

Namun sebelum membahas terkait perbedaan koleksi tas dari kedua tempat tersebut, ada baiknya untuk menyimak pengertian dari butik dan outlet secara garis besar berikut ini:

Butik 

Nama butik sendiri sebetulnya berasal dari bahasa Prancis yang memiliki arti toko atau gudang. Namun secara garis besar, butik juga dapat diartikan sebagai suatu tempat atau toko yang memajang serta menjual berbagai aksesoris modis dari suatu brand dengan kualitas terbaik dan berdasarkan tren yang tengah naik daun.

Dan pada umumnya setiap butik akan menghadirkan, menjual, serta memajang seluruh koleksi produk berdasarkan season yang tengah berlangsung. Maka dari itu bila dilihat secara keseluruhan, butik dinilai memiliki penataan lebih baik dan terkonsep karena dibuat serasi dengan koleksinya sekaligus digunakan untuk membangun brand image dari merek tersebut. Maka tidak heran bila butik memang erat berkaitan dengan luxury brand.

Outlet 

Banyak orang terkadang masih menyamakan antara outlet dengan butik karena merasa memiliki tampilan yang hampir serupa, namun sebetulnya kedua jenis tempat berjualan tersebut nyatanya memiliki perbedaan cukup signifikan. Outlet sendiri secara garis besar dapat diartikan sebuah tempat yang digunakan untuk menjual berbagai barang atau item fashion dari suatu brand secara konvensional tanpa mengikuti season yang sedang berlangsung.

Bila pada butik menjual produk dengan kualitas unggul dengan penataan terkonsep, maka lain halnya dengan outlet yang umumnya justru menjual kembali koleksi produk minor defec atau slow moving milik butik dengan harga yang lebih affordable, sehingga terkadang banyak disertai diskon. Untuk penataan tempatnya sendiri, outlet juga tidak kalah rapi dan baik, namun tidak terkonsep karena tidak bergantung pada season seperti butik.

Itu dia sedikit penjelasan terkait butik dan outlet yang sebetulnya memiliki perbedaan cukup signifikan terutama dalam hal kualitas serta harga produknya. Namun selain kedua hal tersebut, tentu masih ada beberapa hal lagi yang menjadi perbedaan dari tas asal butik dan outlet, diantaranya sebagai berikut:

5 Perbedaan Tas Butik dan Outlet! Sebelum Anda Membeli

Sebagai orang yang memiliki hobi berbelanja atau bahkan menjadi kolektor dari tas sebuah fashion brand terkenal, agaknya tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tas koleksi butik atau tas koleksi outlet. Meskipun nampak serupa karena berasal dari brand yang sama, tetapi  ternyata keduanya memiliki perbedaan cukup signifikan dalam beberapa hal, yang sudah dirangkum dalam perbedaan tas butik dan outlet berikut ini:

1. Harga yang ditawarkan

Perbedaan tas butik dan outlet yang pertama dimulai dari harga koleksi produk tas dari masing masing tempat tersebut. Karena bisa dibilang bila diantara perbedaan lainnya harga merupakan sesuatu yang paling mencolok dan mudah dikenali dengan cepat bahwa produk tas tersebut adalah keluaran sebuah butik atau outlet.

Di mulai dari butik terlebih dahulu yang pada umumnya akan memiliki berbagai koleksi tas dengan tampilan lebih eksklusif dan tentunya harga lebih mahal pula. Hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, contohnya seperti jenis serta kualitas material pembuatan maupun kuantitas dari desain tas tersebut ( karena biasanya sebuah butik akan mengeluarkan koleksi dengan jumlah sedikit atau bahkan limited edition).

Namun lain halnya pada sebuah outlet yang dirasa lebih cocok didatangi ketika mencari sebuah tas dengan tampilan bagus, kualitas baik namun memiliki harga lebih affordable. Karena bila dibandingkan, tas yang dijual dalam sebuah outlet memang memiliki harga lebih terjangkau atau affordable daripada sebuah butik.

Sama halnya dengan butik, outlet juga memiliki beberapa alasan kenapa harga produknya lebih terjangkau, contohnya seperti penggunaan jenis bahan yang medium grade dan merupakan kumpulan koleksi tas dari season sebelumnya atau bisa dibilang barang sisa atau slow moving milik butik. Karena alasan tersebut, maka dalam sebuah outlet tidak jarang akan ditemui diskon cukup besar.

2. Material grade

Material grade adalah perbedaan tas butik dan outlet selanjutnya yang terlihat cukup signifikan bila diamati dalam sebuah produk tas. Seperti sudah disinggung sebelumnya, bila koleksi tas pada butik dan outlet memang memiliki perbedaan harga yang cukup jauh, dan salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah bedanya grade bahan yang digunakan.

Pada umumnya berbagai jenis koleksi tas yang berada dalam sebuah butik akan dibuat menggunakan bahan berkualitas premium dengan spesifikasi terbaik. Untuk koleksi tas sebuah butik, kebanyakan brand akan banyak menghadirkan tas berbahan kulit, baik kulit asli maupun sintetis kualitas terbaik. Jenis bahan kulit yang sering digunakan sendiri biasanya berupa calfskin (kulit sapi muda), lambskin (kulit domba), eksotik leather (kulit hewan yang berasa dari spesies buaya, ular, jaguar), dsb, dan untuk kulit sintetis sendiri sebut saja seperti bahan taiga yang dikenal sebagai bahan kulit sintetis premium.

Bila pada butik akan dijumpai tas berbahan high grade, maka lain halnya dengan koleksi produk tas dalam sebuah outlet yang justru akan didominasi oleh tas berbahan medium garde. Untuk jenis bahannya sendiri, kebanyakan  berupa bahan non kulit sebut saja seperti nylon, kanvas, polyetser, cordura, dsb. Andai pun sebuah outlet menghadirkan koleksi tas berbahan kulit, maka jenis kulit yang digunakan juga merupakan jenis bahan kulit sintetis yang cukup berkualitas, namun tidak sepremium milik butik.

3. Jenis koleksi

Perbedaan tas butik dan outlet selanjutnya terdapat pada jenis koleksi yang ditampilkan. Pada umumnya sebuah butik akan memiliki beberapa jenis koleksi yang limited edition atau koleksi terbatas. Hanya menyediakan dalam jumlah sedikit dan tidak semua butik menghadirkan koleksi tas tersebut. Dalam beberapa kasus bahkan ada butik yang hanya memperlihatkan koleksinya tersebut pada customer tertentu atau harus masuk dalam waiting list agar bisa mendapatkan koleksi tas tersebut.

Selain itu, berbagai koleksi tas yang terdapat dalam butik biasanya juga selalu up to date dengan menyesuaikan pada season terkini yang baru saja di rilis oleh brand tersebut, sehingga akan cukup sulit untuk menemukan koleksi lama atau koleksi tas dari season sebelum sebelumnya pada sebuah butik tas.

Sedangkan hal berbeda akan ditemui pada sebuah outlet. Bila di butik tidak akan ditemui koleksi tas lama, maka sebaliknya dengan outlet karena pada umumnya sisa barang season koleksi tas yang tidak begitu diminati dalam sebuah butik, akan dipindahkan pada outlet untuk dijual kembali. Pada sebuah outlet biasanya juga akan banyak dijumpai koleksi tas yang sedikit memiliki kecacatan atau unfinishing, sehingga memiliki banyak diskon.

Selain itu, pada outlet juga akan hadir beberapa produk tas yang memang dibuat khusus untuk koleksi sebuah outlet dan berkemungkinan dapat ditemukan pada outlet serupa lainnya, namun tidak dapat ditemukan pada butik. Atau bisa juga sebuah outlet akan mengeluarkan koleksi tas yang memiliki desain sama namun dengan variasi warna berbeda dari yang berada dibutik.

4. Asal pembuatan tas

Saat membeli sebuah item fashion, tidak terkecuali tas kerap kali sebagai pembeli akan mencari tau atau mengecek terlebih dahulu dari mana produk tas tersebut berasal. Terlebih bila tas tersebut merupakan koleksi dari sebuah brand ternama serta memiliki harga yang bisa dibilang mahal. Dan dalam hal ini ternyata dapat menunjukkan juga perbedaan tas butik dan outlet.

Koleksi produk tas yang dijual oleh sebuah butik biasanya merupakan produk tas buatan negara asal brand tersebut atau paling tidak dari negara yang memiliki standar kualitas sama tingginya, adapun negara yang menghasilkan koleksi tas terbaik dan unggulan untuk sebuah butik diantaranya seperti italia, US, Vietnam, maupun Prancis.

Sedangkan untuk koleksi tas dalam sebuah outlet akan lebih banyak dijumpai tas dengan label “made in” negara negara asia seperti Filipina, Taiwan, Cina, atau Indonesia yang memiliki kualitas produk tas baik namun dalam segi biaya produksi tentu lebih rendah sehingga dapat meminimalkan biaya produksi tersebut dan menghasilkan barang dengan harga lebih affordable.

5. Kualitas barang

Untuk perbedaan tas butik dan outlet yang terakhir dapat dilihat dari kualitas masing masing produk tasnya, dan bila diamati secara seksama maka akan terlihat perbedaannya. Maka dari itu, dalam hal ini memang diperlukan ketelitian dalam memperhatikan detail sebuah tas.

Pada dasarnya seluruh produk tas yang akan dikeluarkan untuk dijadikan koleksi dari butik maupun outlet akan melalui tahapan quality control terlebih dahulu untuk mengecek sekaligus memastikan kondisi barang siap dijual atau tidak, namun yang membedakan proses QC untuk produk sebuah butik dan outlet adalah prosedur dan keketatan dalam prosesnya sendiri.

Produk tas yang dijadikan sebagai koleksi sebuah butik biasanya akan melalui proses quality control lebih ketat, sehingga dapat dipastikan bila produk tas milik butik akan dilengkapi dengan kualitas serta mutu terjamin. Mulai dari dalam hal detail jahitan yang memiliki kerpatan serta kerapian baik, maupun dalam pemasangan serta kelengkapan komponen pendukung tas lainnya seperti resleting, handle, strap, dsb yang dipasang dengan kuat dan sempurna.

Namun sedikit berbeda dengan produk tas yang akan dijadikan sebagai koleksi sebuah outlet, karena dalam proses quality control yang dilakukan memang tidak seketat produk untuk sebuah butik, bahkan tidak sedikit juga barang minor defect atau cacat kecil milik butik yang akan jual di outlet, sehingga tidak heran bila ada beberapa barang milik outlet yang memiliki masalah resleting sedikit macet, jahitan tidak rapih atau body tas yang sedikit ada noda dan lecet.

Demikian beberapa perbedaan tas butik dan outlet yang dapat disimak terlebih dahulu sebelum mulai membeli produknya. Sebaiknya ketika akan membeli tas dari sebuah fashion brand sesuaikan dan pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal dengan kebutuhan dan budget, karena tidak dapat dipungkiri bila harga memang cukup mempengaruhi kualitas dari sebuah produk tas, baik dalam segi tampilan maupun kekuatan dan daya tahannya.

 

Untuk mendapatkan tas berkualitas unggul tentu tidak hanya bisa didapatkan dari sebuah butik maupun outlet saja, terlebih bila tas tersebut bukan digunakan untuk koleksi pribadi, melainkan untuk kepentingan suatu kegiatan atau acara dan memerlukan penanganan serta pengerjaan ekstra. Karena dalam hal ini peran dari sebuah pabrik tas custom tentu jauh lebih dibutuhkan agar tas yang dihasilkan lebih sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan budget tentunya.

Dan salah satu pabrik tas custom yang menyediakan jasa pembuatan tas custom dengan hasil memuaskan juga harga terjangkau tersebut adalah Karya Bintang Abadi, sebagai sebuah pabrik tas berpengalaman dan sudah dipercaya maupun diandalkan oleh banyak customer, mulai dari perorangan, sekolah sekolah, kelembagaan, berbagai perusahaan hingga instansi pemerintahan.

Berdiri sejak tahun 2007 dan hingga kini terus jaya dan malang melintang dalam dunia jasa pembuatan tas custom terbaik. Menghadirkan berbagai model serta desain tas kekinian yang up to date mengikuti trend atau sesuai keinginan customer. Memproduksi pesanan tas menggunakan bahan pilihan berkualitas dan dikerjakan secara langsung oleh para tenaga ahli di pabrik sendiri, sehingga dari segi kerapian detail jahitan, tampilan, dan kekuatan barang tentu tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Karya Bintang Abadi juga selalu menerapkan standarisasi pada setiap proses produksi tas agar dapat selesai dengan cepat dan tepat waktu sesuai pada waktu yang sudah dijanjikan maupun kesepakatan deadline. Seluruh tas yang sudah selesai diproduksi pun juga akan melalui tahap quality control terlebih dahulu guna memastikan kondisi tas dalam keadaan baik dan siap pakai sebelum sampai ke tangan customer.

Selain itu, Karya Bintang Abadi juga akan memberikan pelayanan terbaik dan cara pemesanan mudah serta cepat pada para customer maupun calon customer, baik secara online maupun offline dengan bantuan para customer service ramah dan tanggap dalam membantu menjelaskan segala hal terkait detail pemesanan, produk maupun estimasi harga. Sehingga kepuasan customer terhadap tas pesanan akan lebih terjamin.

Jadi tunggu apalagi? Segara hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom guna segala jenis acara dan keperluan dengan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang-orang terdekat anda, sehingga selalu up to date berbagai informasi menarik seputar tas lainnya. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp