fbpx

5 Perbedaan Produksi Melalui Konveksi Dengan Garmen Tas

perbedaan konveksi dengan garmen tas

bagikan artikel ini kepada teman

Sebagai barang yang multifungsi, tas memang sudah erat melekat dengan kehidupan manusia guna menemani berbagai aktivitas sehari hari. Bahkan karena hal tersebut juga, kini semakin banyak orang atau brand yang mulai menjadikan tas sebagai usahanya, baik dengan cara memproduksinya secara mandiri maupun mempercayakan produksi tasnya pada sebuah konveksi tas atau garmen tas. Namun sebelum mencari tau terkait perbedaan produksi melalui konveksi maupun garmen, tentu ada baiknya bila anda memahami terlebih dahulu pengertian dari masing masing usaha tersebut, sebagai berikut:

Konveksi 

perbedaan konveksi dan garmen tas

Konveksi adalah sebuah perusahaan yang memproduksi sebuah barang, biasanya berupa pakaian, tekstil atau tas dan umumnya dikendalikan atau di kelola secara perorangan karena jumlah tenaga kerja yang tidak begitu banyak. Hal ini berkaitan, karena biasanya sebuah konveksi memang memiliki sekala pemesanan serta kapasitas yang sedikit sehingga dalam prosesnya memang tidak begitu memerlukan peran banyak orang. Dan hal tersebut bisa dibilang merupakan ciri khas dari sebuah konveksi.

Garmen 

perbedaan konveksi dan garmen tas

Sedangkan untuk garmen sendiri dapat diartikan sebagai sebuah perusahaan yang juga memproduksi sebuah barang berupa pakaian, tekstil, tas, dsb namun memiliki sekala dan kapasitas produksi lebih besar bila dibandingkan dengan konveksi. Selain itu sebuah garmen biasanya juga memiliki sistem pengelolaan yang jauh lebih baik dan terstruktur dikarenakan pada setiap bagiannya memiliki tenaga kerja khusus untuk mengerjakan bagian tersebut.

Bukan hanya itu, sebuah garmen juga umumnya menerapkan metode bernama CMT (Cut, Make, and Trim) yang dapat diartikan sebagai pemisahan pekerjaan pokok mulai dari bagian memotong, menjahit, finishing, hingga melakukan penjualan, dengan adanya metode tersebut tentu proses pengerjaan produk dinilai menjadi lebih cepat, terorganisir, dan dapat meminimalisir resiko kesalahan.

Bila melihat tujuan dari konveksi maupun garmen sebetulnya keduanya memiliki satu tujuan yang sama yaitu, memproduksi suatu barang untuk memenuhi kebutuhan customernya, tetapi jika dilihat dari segi kapasitas tentu keduanya sangatlah berbeda. Dan hal tersebut juga yang membuat garmen memiliki jumlah tenaga kerja lebih banyak dan bangunan yang lebih besar pula. Selain itu, umumnya lokasi garmen juga banyak berada dalam suatu kawasan industri yang sama sama memiliki sekala besar.

Namun lain halnya dengan konveksi yang memiliki kapasitas produksi lebih sedikit sehingga untuk tenaga kerjanya sendiri tidak begitu banyak, untuk lokasi produksinya sendiri konveksi juga biasanya dibangun di perkampungan, pinggir jalan atau kawasan penjahit mengingat sekala usahanya masih dari kecil hingga menengah saja. Tetapi selain beberapa perbedaan tersebut, masih ada beberapa perbedaan lainnya yang menjadikan konveksi maupun garmen semakin mudah untuk dibedakan, diantaranya sebagai berikut:

5 Perbedaan Produksi Melalui Konveksi Dengan Garmen Tas

Baik konveksi tas maupun garmen tas memang sama sama memiliki artian sebagai sebuah tempat untuk memproduksi produk tas. Namun apakah sebagai pengguna jasa dari kedua jenis usaha tersebut, sudah mengetahui apa saja perbedaan dari keduanya? Bila belum, maka dari itu sebaiknya simak terlebih dahulu perbedaan konveksi dan garmen tas sebelum memutuskan pilihan, sebagai berikut:

1. Sistem pengelolaannya

Untuk membuka pembahasan terkait perbedaan konveksi dengan garmen tas, maka akan dimulai dari hal dasar yaitu perbedaan pengelolaan atau manajemen keduanya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, bila konveksi dan garmen memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok, dan salah salah satunya adalah dalam hal pengelolaannya.

Untuk konveksi sendiri, pada umumnya akan di kelola oleh satu orang untuk mengorganisir berbagai lini pekerjaan, atau bahkan tidak jarang juga pemilik dari konveksi tersebutlah yang turun tangan secara langsung untuk menghandle sistem pengelolaan produksi di tempat usahanya. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan sebuah konveksi biasanya tidak memiliki karyawan atau pekerja sebanyak garmen untuk menghandle setiap bagian produksi.

Dan jika dibandingkan dalam hal pengelolaan garmen memang lebih baik namun untuk sekala konveksi, hal tersebut juga tidak buruk mengingat saat ini sudah banyak konveksi tas yang maju dan mulai mengorganisir sistem kerja serta pekerjanya dengan baik guna meminimalisir kesalahan produksi.

Sedangkan bila membahas tentang sistem pengelolaan garmen, maka bisa dipastikan bila sistem tersebut tentu lebih baik bila dibandingkan dengan sebuah konveksi. Karena biasanya pada sebuah garmen akan memiliki pengelolaan lebih terstruktur dan terorganisir melalui dukungan dari para staff khusus yang memang ditugaskan untuk menghadle setiap bagiannya.

Sebut saja seperti bagian staff keuangan, data perusahaan, pemasaran, bahkan untuk proses produksinya sendiri biasanya sebuah garmen akan memiliki beberapa kelompok yang dibedakan berdasarkan tugasnya masing masing, mulai dari mendesain, memotong, hingga menjahit, sehingga dalam proses produksinya bisa dibilang garmen memang lebih minim kesalahan.

2. Kapasitas produksi

Jika dilihat dari poin perbedaan konveksi dengan garmen tas sebelumnya, baik konveksi tas maupun garmen tas sendiri agaknya memang memiliki perbedaan cukup mencolok dalam hal jumlah pekerja. Dan hal tersebut tentunya akan berpengaruh juga dengan jumlah atau kapasitas produksi yang dihasilkan oleh kedua usaha tersebut.

Untuk konveksi tas yang umumnya hanya dikelola oleh sedikit orang atau bahkan hanya satu orang, tentu dapat disimpulkan bila kapasitas produksinya lebih rendah dari milik garmen tas. Karena dalam menghasilkan produk tas dengan jumlah banyak, sudah barang pasti dibutuhkan adanya SDM (Sumber Daya Manusia) yang banyak pula sehingga proses produksi dapat dilakukan secara lebih cepat.

Sedangkan untuk garmen tas yang memiliki banyak SDM dengan fokus pekerjaan masing masing juga di dukung oleh sistem kerja terstuktur dan alat canggih tentu akan memiliki kapasitas produksi yang jauh lebih besar. Hal ini dikarenakan banyaknya pekerja yang ada pada masing masing tahapan proses produksi akan mempercepat dan mempermudah proses tersebut sehingga dapat selesai dalam waktu singkat meskipun dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan milik konveksi tas.

3. Target pasar

Perbedaan konveksi dengan garmen tas selanjutnya terletak pada bagian target pasar dari keduanya yang memiliki perbedaan cukup kentara. Untuk perbedaan kali ini bisa dibilang memang memiliki keterkaitan erat dengan poin sebelumnya, yaitu bagian kapasitas produksi dari masing masing usaha tersebut.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bila sebuah konveksi tas biasanya memiliki kapasitas produksi lebih sedikit daripada garmen dengan jumlah tidak lebih dari 1000 pcs dalam sekali waktu produksi karena minimnya tenaga yang dimiliki. Dan hal ini lah yang menjadi alasan sebuah konveksi biasanya menargetkan pasarnya pada sebuah organisasi, kelembagaan atau usaha bersekala kecil hingga menengah agar lebih sesuai dengan kapasitas produksinya.

Bila konveksi menyasar pada sekala kecil hingga menengah, maka lain halnya dengan sebuah garmen yang justru selalu menargetkan pasarnya pada berbagai perusahaan besar atau bahkan berbagai departemen store dan pusat perbelanjaan lain untuk mensuplai produknya. Hal ini tentu berkaitan dengan sistem pengelolaan yang baik dan besarnya kapasitas produksi yang dimiliki oleh sebuah garmen dalam sekali produksi.

Selain itu, bila sebuah konveksi tas akan memproduksi tas berdasarkan dengan pemesanan yang masuk, maka lain halnya dengan garmen yang tidak perlu menunggu adanya pemesanan terlebih dahulu untuk memulai sebuah proses produksi. Dikarenakan banyak garmen yang sudah menjadi suplier tetap dari berbagai brand dan departemen store untuk memenuhi kebutuhan produk tasnya.

4. Alat serta tenaga yang digunakan

Selain beberapa hal diatas, adapun perbedaan konveksi dengan garmen tas lainnya adalah terletak pada bagian peralatan serta tenaga yang digunakan oleh keduanya. Jika dilihat dari berbagai aspek maka bisa disimpulkan bila dalam hal ini garmen memang masih memegang kendali lebih besar.

Untuk sebuah konveksi tas yang pada umumnya memiliki jumlah pesanan relatif kecil dan jarang lebih dari 1000 pcs dalam satu waktu pemesanan, maka dalam proses produksinya tentu akan lebih sedikit melibatkan pekerja, dan biasanya suatu konveksi tas hanya memiliki belasan hingga puluhan pekerja saja untuk memenuhi pesanan dari para customernya.

Selain itu dalam konveksi tas biasanya juga akan dilengkapi dengan peralatan produksi yang tidak sebanyak dan selengkap milik garmen. Namun meskipun begitu, bukan berarti bila berbagai peralatan yang digunakan oleh sebuah konveksi tas dalam menjalani proses produksi tasnya adalah peralatan jadul atau tradisional.

Karena saat ini sudah banyak konveksi tas yang memilih menggunakan berbagai peralatan canggih untuk menangani proses produksinya menjadi lebih cepat, mudah dan minim kesalahan. Meskipun masih banyak diantaranya yang  dioperasikan secara manual, namun tentu kemajuan yang dilakukan tersebut sudah sangat baik dalam membantu proses produksi.

Sedangkan untuk proses produksi sekelas garmen tas yang memiliki kapasitas serta target pasar besar, juga didukung oleh adanya pendapatan tinggi, maka untuk jumlah tenaga kerja juga peralatan yang digunakan sudah barang pasti memiliki jumlah lebih banyak, lengkap dan canggih bila dibandingkan dengan konveksi tas.

Karena dalam sebuah garmen tas, umumnya memiliki ratusan hingga ribuan pekerja dengan masing masing jobdesk dan dilengkapi oleh berbagai peralatan canggih guna mempercepat serta mempermudah proses produksi tanpa meninggalkan kualitas serta mutu yang terjamin. Dengan hal tersebut tentu membuktikan jika kualitas serta kuantitas dari sebuah garmen tas memang cukup jauh diatas konevksi tas.

5.  Hasil Produksi

Hasil produksi sebetulnya bisa dijadikan sebagai kesimpulan dari pembahasan tentang perbedaan konveksi dengan garmen tas, sekaligus menjadi daftar terakhir dalam perbedaan kedua usaha tersebut. Untuk hasil produksi dari sebuah konveksi tas maupun garmen sebetulnya tidaklah jauh berbeda, terlebih bila hanya didasarkan pada beberapa perbedaan sebelumnya.

Karena sebetulnya untuk hasil akhir sebuah produksi tas juga bisa saja dipengaruhi oleh hal lain, contohnya dari sebaik apa pemilihan tenaga atau pekerja yang dimiliki oleh kedua usaha tersebut, karena kini tidak sedikit juga sebuah konveksi tas yang memiliki kualitas dan kuantitas menyerupai sebuah garmen tas melalui dukungan dari para tenaga profesional yang dimiliki konveksi tas tersebut, sebut saja seperti salah satu konveksi tas terbaik di kota Jogja yaitu Karya Bintang Abadi.

Sebuah konveksi tas mungkin memang memiliki pekerja lebih sedikit, juga peralatan yang kurang lengkap dalam proses produksinya, namun hasil produk dari konveksi tas juga dikenal memiliki harga lebih affordable bila dibandingkan dengan hasil produksi milik garmen. Meskipun untuk kapasitas dan lama waktu pengerjaan garmen memang lebih unggul. Tetapi bila membahas kualitas produk yang tidak begitu jauh, tentu konveksi tas agaknya bukan lah pilihan buruk dijadikan sebagai andalan dalam hal pembuatan tas.

Itu dia 5 perbedaan konveksi dengan garmen tas yang dapat disimak guna menambah pengetahuan tentang kedua jenis usaha tersebut. Karena dengan memahami perbedaan yang ada tersebut tentu sebagai customer, anda menjadi lebih bisa memperkirakan kesesuaian kebutuhan tas dengan jasa pengerjaan yang tepat bukan?

 

Namun dalam hal tersebut, tentu sebagai customer cerdas dan cermat, tentu diperlukan adanya pertimbangan dan kehati hatian dalam memilih perusahaan mana yang akan di andalkan untuk menangani kebutuhan tas tersebut. Diantaranya seperti lama waktu pengerjaan, model yang dimiliki, kualitas serta mutu produk yang dihasilkan, serta bagaimana cara pemesananya, guna memastikan bila perusahaan tersebut memang mampu dan memiliki kredibilitas baik.

Dan dari beberapa hal tersebut, agaknya Karya Bintang Abadi adalah jawaban sekaligus sebagai pilihan tepat yang dapat diandalkan. Karena sebagai pabrik tas custom berpengalaman dan terpercaya selama lebih dari 10 tahun, Karya Bintang Abadi sudah banyak menangani segala kebutuhan tas custom customernya guna beragam jenis kegiatan dan acara.

Mulai dari perorangan, kelembagaan, perusahaan bersekala kecil sampai besar, hingga berbagai instansi pendidikan dan pemerintahan sudah mempercayakan kebutuhan tas customnya dengan berbagai model tersedia, sebut saja seperti tas dengan model goodie bag, totebag, wiastbag, slingbag, pouch, tas laptop hingga tas ransel yang memiliki hasil maksimal dan memuaskan.

Bukan hanya modelnya yang banyak, namun juga desain dari produk tas tersebut juga dipastikan selalu up to date dan trendi sehingga tidak ketinggalan jaman, atau bisa juga di custom sesuai dengan keinginan dan kebutuhan customer. Pada proses pembuatan tasnya  pun juga akan dibuat menggunakan bahan pilihan berkualitas sehingga daya tahan dan keawetan produk tidak perlu diragukan lagi.

Adapun dalam proses produksi tersebut juga akan dilakukan di pabrik sendiri dengan bantuan para tenaga ahli profesional dalam bidangnya, sehingga kualitas serta mutu tas baik dalam hal tampilan, kerapian serta kerapatan jahitan hingga kekuatannya sudah terjamin. Proses pengerjaannya pun juga bisa dibilang cepat karena Karya Bintang Abadi selalu menetapkan standarisasi pada setiap proses produksinya agar dapat selesai dengan cepat dan tepat waktu.

Bukan hanya itu saja, Karya Bintang Abadi juga dikenal memiliki pelayanan baik juga cara pemesanan mudah yang dapat dilakukan secara online maupun offline dimanapun customer berada. Dibantu oleh para customer service ramah dan sigap dalam membantu segala kebutuhan customer akan tas custom, mulai dari menjelaskan terkait detail produk, estimasi harga hingga saat melakukan pemesanan tas.

Dengan segala keunggulan dan kemudahan yang dimiliki oleh Karya Bintang Abadi untuk para customer maupun calon customernya tersebut, tentu adalah sebuah keputusan tepat bila anda menjadikan pabrik tas custom ini sebagai andalan. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa juga untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp