fbpx

5 Cara Membedakan Tas Jelly Matte dan Glossy! Ini Bedanya

perbedaan tas jelly matte dan glossy

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum membahas terkait perbedaan tas jelly matte dan glossy. Sebagai salah satu tas yang tengah menjadi favorit, tentu tas jelly masuk dalam jajaran tas modis serta nyentrik yang wajib untuk dijadikan sebagai salah satu koleksi bagi sebagian orang, terutama para kolektor tas. Terlebih dibandingkan tas jenis lainnya, tas jelly sendiri bukan hanya memiliki tampilan unik saja, melainkan juga dilengkapi dengan kelebihan yang mendukung kemaksimalan dari fungsi tas tersebut. Sebut saja seperti:

1. Memiliki daya tahan baik terhadap air

2. Kuat dan tidak mudah bolong atau bahkan sobek

3. Memiliki banyak variasi warna menarik

4. Mudah dibersihkan

Terbuat dari bahan PVC yang memiliki beberapa kelebihan tersebut. Tetapi bukan berarti tas jelly ini tidak membutuhkan perawatan yang baik dan tepat seperti tas pada umumnya baik yang memiliki tampilan matte maupun glossy, maka dari itu guna mengetahui bagaimana cara merawat tas jelly dengan baik sehingga dapat bertahan lama dan memiliki tampilan tetap seperti baru tanpa terlihat kusam, simak cara berikut ini:

1. Cuci tas jelly menggunakan air hangat

Cara merawat tas jelly dengan benar yang pertama adalah dengan mencuci tas tersebut menggunakan air hangat terlebih dahulu. Karena salah satu cara untuk merawat sekaligus mempertahankan tampilan tas agar selalu terlihat baru, tentu saja dengan cara mencucinya terlebih untuk jenis tas jelly ini.

Dalam hal ini penggunaan air hangat sebetulnya lebih difungsikan untuk proses perendaman tas, guna membantu melunturkan noda atau kotoran membandel yang menempel pada bagian permukaan tas jelly dan sekitarnya. Saat menjalani proses ini, pastikan seluruh isi tas sudah dikeluarkan dan juga rendam tas sekitar 15 hingga 20 menit saja. Ketika tas sedang di rendam, anda juga bisa sambil menggosok permukaan tas yang dirasa kotor secara perlahan untuk mempercepat serta mempermudah proses pelunturan noda yang menempel.

2. Mengelap permukaan tas jelly dengan kain microfiber atau kain katun 

Setelah mencuci tas menggunakan air hangat, maka tas haruslah segera dikeringkan dengan cara di lap terlebih dahulu agar tidak lembab dan berjamur atau meninggalkan bercak sisa air pada permukaannya. Selain itu penggunaan lap ini juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan permukaan tas jelly dari debu yang menempel tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu.

Namun ketika akan mengelap tas jelly menggunakan kain, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tekstur dari kain tersebut. Agar permukaan tas tidak menjadi tergores dan dapat merusak penampilan dari tas jelly, maka dari itu dalam proses pengelapan tersebut akan lebih baik bila memilih kain katun atau microfiber dengan tekstur halus dan lembut, selain itu juga kedua jenis kain ini memiliki daya serap air cukup baik sehingga dapat mempercepat proses pengeringan pada tas.

3. Angin-anginkan tas jelly di ruang terbuka 

Seperti halnya tas berbahan lain yang memerlukan sirkulasi udara baik guna menghindarkan tas dari berbagai permasalahan seperti bau tidak sedap juga jamur, begitu pula halnya dengan tas jelly ini yang juga memerlukan adanya sirkulasi udara baik dengan cara diangin anginkan guna menghindari jamur. Mengingat tas jelly sendiri adalah jenis tas yang tidak memiliki pori pori sehingga rawan terkena jamur.

Namun dalam proses ini, pastikan bila tas jelly berada di ruang terbuka namun teduh atau tidak terpapar sinar matahari secara langsung, hal ini dimaksudkan untuk melindungi tekstur serta kepekatan warna yang dimiliki oleh tas jelly, karena bukan tidak mungkin bila permukaan tas terkena sinar matahari secara langsung terlebih dalam waktu lama akan membuat tas jelly terlihat lebih kusam.

4. Simpan tas jelly di tempat yang tepat 

Salah satu cara merawat tas jelly yang wajib untuk diperhatikan adalah cara serta tempat penyimpanannya. Karena meskipun sudah dibersihkan sedemikian rupa, bila tidak disimpan dengan banar maka rasanya akan sama saja. Maka dari itu, saat menyimpan tas jelly yang sudah dibersihkan atau selesai digunakan, sebaiknya masukkan kembali tas dalam dustbag dan simpan pada tempat yang bersih serta tersusun secara rapi.

Selain itu pastikan juga bila ruangan penyimpanan tas memiliki suhu ruangan pas berkisar antara 19 sampai 25 derajat celcius, sehingga tidak terlalu lembab atau terlalu kering. Seluruh cara atau tips penyimpanan ini dimaksudkan agar tas jelly dapat tersimpan dengan baik sehingga terhindar dari perubahan bentuk atau warna karena salahnya cara penyimpanan.

Setelah mengetahui bagaimana cara merawat dan membersihkan tas jelly dengan tepat agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama, maka kini saatnya untuk menyimak apa saja yang menjadi perbedaan tas jelly matte dan glossy yang diantaranya sebagai berikut:

5 Cara Membedakan Tas Jelly Matte dan Glossy! Ini Bedanya

Memiliki material pembuatan serta tampilan yang unik, maka tidaklah heran bila tas dengan julukan tas jelly ini kini semakin populer di kalangan masyarakat, khususnya bagi para anak muda yang gemar melengkapi penampilannya dengan item fashion atau aksesoris nyetrik serta trendi.

Dan melihat dari antusias yang ada pada tas jelly ini, menjadikan saat ini banyak para fashion brand maupun produsen tas yang mulai menginovasikan tas jenis ini hingga menghasilkan tampilan berbeda dengan dua versi tas jelly yaitu matte dan glosy yang semakin terlihat eyecatching.

Melihat dari adanya inovasi yang dilakukan pada tas ini, lalu apa yang menjadi perbedaan dari kedua jenis tas jelly tersebut? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, maka simak perbedaan tas jelly matte dan glossy berikut ini:

1. Tampilan dari keduanya

Untuk perbedaan tas jelly matte dan glossy yang pertama dan paling terlihat adalah dari tampilan kedua tas tersebut. Karena baik matte dan golssy sendiri juga memiliki artian yang berbeda, bila matte dapat di artikan sebagai sesuatu dengan permukaan buram atau tidak mengkilap dan berkilau, maka lain halnya dengan arti dari glossy yang berarti sebuah permukaan mengkilap, berkilau, dan juga dapat memantulkan cahaya.

Maka dari itu, jika ingin mencari perbedaan dari tas jelly matte dan glossy maka cara mudahnya adalah dengan mengamati bagaimana tampilan permukaan pada tas tersebut. Karena baik warna gelap maupun warna cerah terang mentereng pun pasti akan tetap dapat terlihat perbedaan dari keduanya.

2. Tekstur pada permukaan tas

Selain dengan mengamati permukaan dari tas jelly tersebut, cara mencari perbedaan tas jelly matte dan glossy yang selanjutnya adalah dengan menyentuh tekstur dari permukaan tas jelly tersebut. Karena seperti sudah disinggung pada poin sebelumnya, bila tas matte memiliki permukaan tas tidak mengkilap dan glossy sebaliknya maka ketika di sentuh akan terasa perbedaan tekstur dari kedua tas jelly tersebut.

Pada tas jelly matte, bila di sentuh atau di raba maka akan terasa cenderung lebih kesat dan sedikit kasar karena memang permukaanya yang tidak mengkilat atau bisa dibilang buram. Namun lain halnya dengan tas jelly glossy yang umumnya bila disentuh akan terasa lebih licin dan jauh lebih halus, hal ini tentu berkaitan dengan tampilannya yang begitu mengkilap atau shinning.

3. Kemudahan dalam membersihkan

Perbedaan tas jelly matte dan glossy selanjutnya juga dapat dikenali dari mudahnya cara membersihkan tas tersebut. Meskipun tas jelly memang tergolong mudah untuk dibersihkan dibandingkan dengan jenis tas lain, namun baik tas jelly matte maupun glossy tentu tetap memiliki sedikit perbedaan.

Seperti sudah disinggung sebelumnya bila tas jelly matte dan glossy masing masing memiliki perbedaan tekstur cukup kentara, dan hal ini tentu membuat tingkat kemudahan dalam membersihkan tas menjadi sedikit berbeda pula. Umumnya tas jelly matte akan sedikit lebih sulit untuk dibersihkan, mengingat permukaannya yang cukup kesat dan membuat noda atau kotoran menjadi lebih melekat. Tetapi lain halnya dengan tas jelly glossy yang memiliki permukaan lebih licin, sehingga noda atau kotoran lebih mudah dilunturkan.

4. Ketajaman warna

Selain berpengaruh pada perbedaan tampilan serta tekstur, nyatanya bahan matte dan glossy yang digunakan pada tas jelly juga ikut mempengaruhi ketajaman warna dari tas tersebut. Umumnya tas jelly matte akan memiliki warna lebih pudar, terlebih bila warna tersebut adalah warna cerah.

Namun lain halnya dengan tas jelly glossy yang biasanya memiliki ketajaman warna lebih pekat, terlebih untuk warna yang cerah mentereng, namun dikarenakan permukaannya yang mengkilap atau licin justru menjadikan tas jelly glossy yang berwarna gelap akan terlihat kurang pekat. Jadi dapat disimpulkan bila ingin tas jelly dengan ketajaman warna sempurna sesuaikan jenis tas jelly dengan warnanya. Bila menginginkan warna gelap bisa memilih tas jelly matte dan untuk warna cerah bisa memilih tas jelly glossy.

5. Ketahanan pada goresan

Bukan hanya berpengaruh pada warna saja, karena permukaan tas yang berbeda tersebut juga ternyata dapat mempengaruhi ketahanan permukaannya terhadap goresan. Bila dibandingkan antara tas jelly matte dan glossy, untuk segi ketahanannya tentu tas glossy dinilai lebih baik dikarenakan permukaannya lebih licin dan bekas goresan juga akan cukup tersamarkan dengan efek mengkilap yang dimiliki. Tetapi lain hal dengan tas jelly matte yang justru akan sangat mudah untuk tergores, bahkan bekas goresan pun juga akan lebih tampak terlihat jelas.

Itu dia beberapa perbedaan tas jelly matte dan glossy yang dapat disimak terlebih dahulu sebelum menentukan jenis tas jelly mana yang akan di jadikan sebagai koleksi tas berikutnya, atau mungkin bahkan keduanya. Mengingat kedua tas jelly tersebut memang memiliki tampilan yang sama sama cantik dan dapat membuat look penggunanya menjadi lebih stunning dan eyecatching dalam waktu bersamaan.

 

Tas jelly yang memiliki daya tarik sendiri dalam segi tampilan memang kerap membuat orang menjadi berkinginan untuk mengoleksinya atau bahkan juga menjadikannya sebagai sebuah souvenir suatu acara. Namun meskipun begitu, agaknya tas jelly merupakan jenis tas yang kurang fleksibel untuk digunakan sebagai sebuah souvenir atau bingksian dari berbagai kegiatan atau acara, terlebih bila acara tersebut bersifat resmi dan lebih banyak di hadiri oleh orang dewasa yang membutuhkan tas dengan tampilan lebih elegan namun tetapi berfungsi maksimal.

Maka dari itu, meskipun tas jelly merupakan jenis tas yang tengah menjadi favorit, agaknya jenis tas seperti goodie bag, totebag, pouch, sling bag, wiastbag, laptop sleeve, backpack masih menjadi pilihan utama bagi banyak orang maupun komunitas untuk di jadikan sebagai tas untuk keperluan bingkisan maupun souvenir berbagai acara dengan fungsionalitas yang maksimal tentunya. Namun untuk tujuan penggunaan tersebut, akan diperlukan adanya peran dari jasa pabrik tas custom agar hasil tas yang didapatkan bisa lebih sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan budget.

Dan guna mendukung hal tersebut maka hadirlah Karya Bintang Abadi sebagai pabrik tas custom terbaik, berpengalaman, terpercaya serta andalan untuk membantu memenuhi segala kebutuhan tas cuctom bagi segala jenis keperluan acara customernya. Mulai dari perorangan, berbagai kelembagaan, perguruan tinggi, perusahaan hingga instansi pemerintahan sudah mempercayakan kebutuhan tas customnya selama lebih dari 10 tahun pada pabrik tas ini.

Menghadirkan berbagai model serta desain tas eyecatching dan trendi seperti dapat dilihat pada katalog produk pabrik tas custom KBA. Dibuat menggunakan bahan pilihan sesuai request customer dan dikerjakan di pabrik sendiri oleh tenaga ahli berkompeten sehingga detail kerapian serta kerapatan jahitan lebih terjamin. Selain itu seluruh pesanan tas yang masuk dan selesai diproduksi juga akan melewati serangkaian pengecekan untuk memastikan bila produk tas tersebut memiliki kondisi baik dan siap pakai sebelum sampai ke tangan customer.

Bukan hanya menawarkan segala keunggulan produk dari segi tampilan maupun kualitas saja, melainkan Karya Bintang Abadi juga menawarkan pelayanan terbaik seta kemudahan dalam hal pemesanan baik secara online maupun offline, dengan bantuan para customer service ramah yang sigap juga tanggap akan membantu segala keperluan pembuatan tas custom anda secara mudah dan cepat. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

brand tas Thailand
Informasi

10 Merek Tas Thailand Paling Elegan & Eksklusif

Jika berbicara tentang perkembangan fashion di negara Thailand, tentu rasanya tidak akan terlepas begitu saja dari brand brand tas Thailand yang dikenal juga sudah banyak

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp