fbpx

Sablon Rubber: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

sablon rubber

bagikan artikel ini kepada teman

Seperti kita ketahui bersama, bila adanya teknik sablon dalam industri fashion sendiri merupakan suatu hal yang tidak lagi asing digunakan, bahkan sejak jaman dahulu. Mengingat teknik menghias atau memberikan tambahan desain pada suatu barang ini juga memiliki sejarah yang panjang, tepatnya sejak pertama kali ditemukan serta diperkenalkan pada khalayak umum di Tiongkok, pada era dinasti Song di tahun 960 sampai 1279 yang hingga saat ini terus digunakan dan mengalami banyak revolusi dalam tekniknya. 

Dianggap sebagai sebuah teknik yang efektif untuk digunakan menambah kesan apik serta menarik pada suatu jenis barang, maka tidaklah mengherankan bila sablon menjadi salah satu teknik yang penggunaannya sudah banyak diterapkan dalam industri fashion, terlebih setelah mengalami banyak perkembangan sejak di kenalkan pada publik. Dimana dalam hal ini bukan hanya jenis barang yang bisa disablon saja yang kian beragam macamnya, melainkan juga jenis jenis dari sablon itu sendiri. Yang mana umumnya terbagi berdasarkan jenis tinta, teknik, dsb.

Namun diantara banyaknya jenis sablon tersebut, agaknya jenis sablon bernama rubber merupakan salah satu jenis sablon yang paling menarik untuk lebih dulu dibahas. Terlebih rubber sendiri juga dikenal memiliki ciri khas unik  dan paling populer penggunaannya. Tetapi sebelum mengetahui lebih jauh terkait apa itu sablon rubber beserta dengan kelebihan dan kekurangannya, rasanya tidak ada salahnya bukan bila kita lebih dulu mengetahui sedikit tips perawatan sablon rubber berikut ini:

1. Jangan merendam terlalu lama 

Jangan merendam barang dengan jenis sablon ini terlalu lama pada air sabun atau detergen. Hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki pada sabun pencuci tersebut kadang kali bersifat panas dan dapat menimbulkan kerusakan pada bagian cetakkan sablon bila di biarkan terlalu lama direndam.

2. Hindari terkena panas atau sinar matahari secara langsung dalam waktu lama 

Ketika menjemur atau mengeringkan barang barang dengan sablon rubber, ada baiknya bagi kita untuk menghindari bagian sablon terkena mesin pengering atau sinar matahari secara langsung. Karena meskipun jenis sablon ini dikenal tidak mudah luntur, retak, atau pecah. Namun tetap saja akan lebih baik bila kita menghindari hal tersebut agar tampilan cetakan sablon dapat terlihat selalu bagus dalam waktu lama.

3. Jangan simpan pada tempat lembab 

Saat melakukan penyimpanan pada jenis barang bersablon, sebaiknya perhatikan kondisi tempatnya lebih dulu dan pastikan bila tempat penyimpanan tersebut tidaklah lembab, dimana nantinya dapat menimbulkan munculnya jamur yang dapat merusak tampilan cetakan sablon secara berkala.

Nah, itulah dia sedikit tips tentang perawatan barang bersablon rubber yang dapat disimak dan diterapkan agar cetakan sablon dapat terjaga tampilan serta daya tahannya. Dan setelah mengetahui tips tersebut, tentu kini saatnya bagi kita mulai masuk dalam pembahasan utama tentang pengertian, kelebihan serta kekurangan dari sablon rubber sebagai berikut:

Sablon Rubber: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Jika membahas tentang sablon, tentu rasanya tidak akan ada habisnya bukan. Terlebih seperti kita ketahui pula bila sebetulnya jenis sablon sendiri juga ada beragam macamnya, dimana diantara banyaknya jenis tersebut sablon rubber merupakan salah satunya dan bisa dibilang tergolong dalam daftar jenis sablon terbaik di kelasnya. Oleh sebab itu, wajar saja rasanya jika jenis sablon rubber ini sering di jumpai penggunaannya pada berbagai macam jenis produk, baik itu mulai dari pakaian hingga tas, dsb.

Namun meskipun menjadi salah satu jenis sablon paling populer ditengah masyarakat, yang mana cara perawatannya pun sudah kita bahas pada ulasan sebelumnya, sudahkah membuat anda menjadi mengetahui dengan baik terkait apa itu yang dimaksud dengan sablon rubber beserta dengan kelebihan dan juga kekurangannya? Jika belum, maka menyimak sedikit ulasan terkait ketiga hal krusial seputar sablon rubber tersebut agaknya perlu untuk dilakukan. Mengingat jenis sablon kali ini juga tergolong banyak kita temui pada berbagai macam barang dalam kehidupan sehari sehari.

Pengertian Sablon Rubber

Memiliki beberapa nama sebutan lain yaitu seperti sablon GL, sablon pasta dan juga sablon water based, pada dasarnya jenis sablon rubber ini merupakan jenis sablon dengan bahan utama berupa tinta yang dalam pembuatanya memiliki campuran atau komposisi air juga karet. Dimana campuran dari kedua bahan tersebut sengaja dibuat dengan tujuan untuk semakin menguatkan pigmentasi pada tinta sablon, sehingga nantinya warna yang dapat dihasilkan pun menjadi lebih bervarisi dan tajam.

Selain itu, secara garis besar nama rubber yang disematkan pada salah satu jenis sablon terbaik ini pun tentu juga bukan tanpa alasan. Karena faktanya pemilihan nama tersebut pun sebetulnya juga di dasarkan atau diambil dari salah satu komposisi bahan pentingnya yaitu bahan karet. Yang mana secara kebahasaan sendiri rubber memang dapat diartikan pula sebagai karet atau lapisan karet. Dan pemilihan nama tersebut untuk jenis sablon satu ini pun juga semakin dikuatkan karena karakteristik sablon rubber sendiri yang khas, yaitu lentur seperti karet.

Dimana dengan adanya ciri khas tersebut, tentu secara tidak langsung telah membuat jenis sablon satu ini begitu tampak unik, sehingga memudahkan kita untuk dapat membedakannya dengan jenis sablon lainnya. Terlebih bisa dibilang jika sablon rubber ini juga dilengkapi dengan beberapa kelebihan yang semakin membuat penggunaannya diunggulkan. Dan adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jenis sablon ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Kelebihan Yang Dimiliki Sablon Rubber

1. Cara perawatannya yang mudah

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh jenis sablon kali ini dan agaknya akan sangat menguntungkan baik bagi pihak produsen maupun konsumen. Karena kelebihan utama milik sablon ini dibandingkan dengan jenis sablon lainnya adalah cara perawatannya yang lebih mudah. Dimana bagian tinta pada sablon ini tidak mudah lengket atau pecah saat terkena panas setrika juga sinar matahari, terlebih bila jenis tinta rubber yang digunakan merupakan jenis tinta dengan kualitas terbaik.

Namun meskipun begitu, bukan berarti barang yang disablon menggunakan jenis ini tidak memerlukan perawatan khusus. Karena agar kualitas dari tinta sablon ini dapat lebih awet serta tetap terlihat baik dalam jangka waktu lama, maka ada baiknya bagi anda untuk tetap menyimak serta memahami secara seksama ulasan terkait cara perawatan sablon rubber seperti sudah disebutkan pada awal artikel ini.

2. Tidak mudah luntur

Sebagaimana telah dijelaskan pada bagian pengertian sablon rubber sebelumnya, dimana pada jenis sablon kali ini jenis tinta yang digunakan merupakan tinta yang tersusun dari 2 bahan, yaitu bahan air dan juga karet. Yang mana perpaduan dari kedua jenis bahan tersebut membuat sablon rubber memiliki kelebihan lain yaitu hasil cetaknya yang menjadi tidak mudah luntur. Hal ini dikarenakan kandungan air serta karet pada tinta sablonnya membuat hasil cetaknya menjadi lebih terikat serta melekat erat dengan ketajaman warna yang kuat pula.

3. Hasil sablonan tampak mulus dan memiliki  sifat elastis

Bila dibandingkan dengan jenis sablonan lainnya, bisa dibilang bila sablon rubber memang memiliki hasil yang lebih halus pada bagian permukaannya dengan finishing tinta sablon lentur atau elastis. Yang mana hal tersebut tentu akan membuat hasil cetakan jenis sablon ini lebih awet dan tahan lama karena tidak mudah retak atau pecah meskipun berada pada bagian yang sering terlipat maupun tertarik sekalipun. Atau dalam kata lain, cetakan sablon rubber tersebut akan mengikuti ukuran dari permukaan barang tempatnya melekat.

4. Hasil sablon cepat kering

Jika umumnya kebanyakan jenis sablon membutuhkan alat pengering tambahan untuk mengeringkan hasil cetakan sablonnya agar kering lebih cepat, maka lain halnya dengan jenis sablon rubber ini. Dimana dalam prosesnya biasanya jenis sablon ini tidak begitu membutuhkan adanya alat pengering tambahan karena kelebihannya yang bisa dibilang dapat lebih cepat kering dibandingkan dengan jenis sablon lainnya.

5. Mudah diperbaiki bila ada kesalahan

Dalam setiap proses penyablonan, terutama yang dilakukan secara manual tentu adanya human error tidak dapat selalu dihindari begitu saja, namun agaknya anda tidak perlu terlalu khawatir apabila jenis sablon yang digunakan adalah sablon rubber. Karena salah satu kelebihan milik jenis sablon ini yang setidaknya dapat membuat para produsen dapat bernafas lebih lega adalah tintanya yang mudah diperbaiki bila ada kesalahan.

Hal ini dikarenakan tinta pada jenis sablon ini memiliki basic bahan berupa air, dimana ketika terjadi kesalahan tinta tersebut masih bisa diperbaiki kembali dengan mudah, namun dengan catatan bila tinta sablon tersebut masih dalam keadaan basah.

6. Harga terjangkau

Harga terjangkau merupakan kelebihan terakhir yang dimiliki oleh sablon rubber sekaligus merupakan salah satu alasan kuat kenapa penggunaannya paling banyak dijumpai pada beragam produk berkualitas. Padahal jika disandingkan secara karateristik dan daya tahannya jenis sablon ini pun tidak sebetulnya tidak lah kalah unggul pula dibandingkan dengan jenis sablon terbaik lainnya, yang umumnya dibandrol dengan harga mahal.

Namun perlu diingat lagi, bila sebaik serta sebanyak apapun kelebihan yang dimiliki oleh sebuah jenis sablon, tetap saja tidak dapat dipungkiri bila didalamnya pun tentu juga menyimpan adanya kekurangan, meskipun sedikit. Seperti beberapa kekurangan yang dimiliki oleh jenis sablon rubber berikut ini:

Kekurangan Yang Dimiliki Sablon Rubber

1. Menimbulkan kerak cukup banyak

Kekurangan yang dimiliki oleh jenis sablon rubber dan tidak dapat dihindari begitu saja adalah jenis sablon ini yang kerap menimbulkan kerak karena sifatnya tintanya yang mudah kering dalam waktu singkat. Yang mana adanya kerak tersebut umumnya akan banyak tersisa pada bagian pori pori screen sablon dan mengharuskan anda untuk sering membersihkannya agar hasil cetakan sablon tetap baik serta mulus.

2. Memiliki limbah lebih banyak dibandingkan jenis lainnya

Pada dasarnya hampir semua jenis sablon akan menghasilkan limbah dalam prosesnya. Namun bisa dibilang bila dibandingkan dengan jenis sablon lainnya, sablon rubber memang dapat menghasilkan limbah lebih banyak. Hal ini dikarenakan sisa tinta sablon yang tidak terpakai umumnya tidak dapat digunakan kembali. Selain itu, kerak yang menempel pada screen sablon pun umumnya juga mudah mengeras dan nantinya akan sulit untuk dibersihkan dan menghasilkan limbah dalam bentuk lain.

Nah itu dia sedikit ulasan terkait pengertian, kelebihan serta kekurangan dari jenis sablon rubber yang bisa dibilang memiliki penggunaan terbanyak di tengah masyarakat untuk beragam jenis barang. Dimana dengan mengetahui ketiga hal krusial seputar sablon rubber tersebut, diharapkan dapat membuat pengetahuan kita tentang dunia penyablonan semakin bertambah. Khususnya bagi anda yang memiliki niatan untuk memulai suatu bisnis dengan proses sablon didalamnya.

 

Seperti kita ketahui bersama bila saat ini perkembangan dari dunia sablon bukan hanya terbatas pada keberagaman jenis atau teknik penyabolonannya saja, melainkan juga pada berbagai media sablonnya sendiri yang kian hari kian beragam pula macamnya, dimana tas menjadi salah satu jenis barang dengan permintaan penyablonan tertinggi setelah kaos. Terlebih bila tas yang dimaksud tersebut memang sengaja dibuat secara khusus atau custom guna berbagai keperluan bersifat komersil.

Yang mana antara tas dengan hasil cetakan sablon tentu diharuskan untuk sama sama memiliki tampilan terbaik serta kualitas terjamin agar tujuan pengadaan tas tersebut dapat terwujud secara maksimal dan meninggalkan kesan baik. Dan untuk mendapatkan tas dengan spesifikasi juga sesuai ekspetasi tersebut, tentu anda membutuhkan adanya peran dari sebuah jasa pembuatan tas custom terbaik, seperti Karya Bintang Abadi untuk membantu memenuhi segala kebutuhan akan tas custom sablon tersebut.

Dimana dengan mempercayakan kebutuhan tas custom tersebut pada Karya Bintang Abadi, dijamin anda sebagai customer akan memperoleh berbagai keuntungan dan kemudahan, karena pabrik tas custom yang sudah berdiri selama lebih dari 10 tahun ini selalu mempertahankan kredibilitas juga kekonsistenannya dengan terus memastikan kepuasan customer akan hasil pesanan tas dan juga pelayanan terbaiknya melalui SDM berkompeten juga profesional.

Selain itu, Karya Bintang Abadi pun juga tidak lupa untuk menghadirkan tas dengan model juga desain kekinian yang memiliki detail tampilan rapi, kualitas serta kuantitas terjamin, proses pengerjaan cepat, dan harga terjangkau yang sesuai dengan request juga budget customer. Tidak berhenti di situ saja, karena para customer pun juga tidak perlu ragu akan keamanan dari proses pemesanan tas sebab pabrik tas ini pun sudah berlegalitas dan sah secara hukum.

Dimana seluruh proses pemesanan tas pun dapat dilakukan dengan cara mudah dan cepat, baik secara online maupun offline karena akan dibantu langsung oleh customer service ramah juga tanggap dalam membantu segala kebutuhan customer akan pemesanan tas. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom guna berbagai keperluan acara agar terasa semakin berkesan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp