Karakteristik Bahan Spunbond, Kenapa Sangat Dicari?

bahan spunbond

bagikan artikel ini kepada teman

Kerap dijumpai sebagai kemasan pengganti plastik belanja, tetapi apakah anda juga mengetahui bahan apa yang digunakan untuk membuat tas tersebut?

Jadi, bahan yang sering digunakan dalam pembuatan tas pengganti plastik tersebut adalah bahan spunbond atau bisa juga disebut sebagai Polypropylene, yang dalam proses pembuatannya menggunakan teknik mekanik termal atau proses kimia. Spunbond sendiri juga merupakan bahan non woven atau non tenun karena tidak melalui proses pemintalan dalam pembuatannya.

Selain itu bahan ini juga dinilai sebagai bahan higenis karena memiliki sifat penghalang bakteri yang baik, maka tidak heran bila salah satu produk yang dapat dihasilkan dari bahan ini adalah perlengkapan medis seperti masker, APD bahkan pempers anak.

Sebagai bahan yang banyak digunakan, adapun karakteristik yang dimiliki oleh bahan ini seperti kuat, berserat rapat, kaku namun halus saat disentuh dan juga memiliki tingkat daya tahan terhadap air yang baik alias water repellent. Spunbond sendiri juga terbagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan dari tingkat ketebalan juga fungsinya, seperti berikut:

1. Spunbond 25 gr – 50 gr 

Jenis pertama dan merupakan spunbond dengan tingkat ketebalan terendah juga yang paling murah dibandingkan jenis lain. Untuk jenis ini, biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan dust bag pada tas atau sepatu. Dengan ketebalan yang dimiliki tentu tidak memungkinkan jenis ini digunakan untuk membuat tas karena riskan sobek.

2. Spunbond 55 gr – 75 gr 

Yang kedua ini merupakan jenis spunbond yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari hari. Jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan goodie bag atau tote bag, karena ketebalannya dirasa paling pas sehingga mudah di atur juga dijahit.

3. Spunbond 100 gr 

Diantara jenis lain, spunbond 100 gr memang yang paling tebal juga cukup kaku, namun dengan hal ini tentu kekuatan dari bahan jenis ini memang yang paling kuat dibandingkan dengan yang lain, sehingga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bahan pembuatan tas untuk kapasitas besar seperti shopper bag.

itu dia penjelasan singkat dari apa itu bahan spunbond sekaligus jenis jenis serta fungsi dari setiap bahannya yang sering digunakan untuk membuat berbagai keperluan dalam kehidupan sehari hari. Lalu apa ada alasan lain yang membuat bahan ini sangat di cari? Tentu saja masih ada beberapa hal yang menjadikan bahan ini menjadi bahan favorit, seperti penjelasan yang dapat disimak berikut ini:

Kenapa Bahan Spunbond Sangat Dicari?

bahan spunbond

Menjadi bahan yang laris dipasaran tentu kerap kali menjadi pertanyaan, apa sebetulnya alasan spunbond menjadi banyak dicari juga digunakan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi banyaknya peminat pada bahan ini, terlebih para produsen tas untuk keperluan souvenir, kemasan, hingga media promosi suatu usaha. Dan untuk menjawab rasa penasaran tersebut, langsung saja simak beberapa alasan kenapa spunbond sangat dicari berikut ini:

1. Awet dan dapat digunakan berkali kali

Alasan pertama kenapa spunbond banyak dicari adalah karena daya tahan dan juga kekuatan yang dimiliki oleh bahan satu ini. Memiliki serat yang rapat dan juga kuat, terlebih spunbond sendiri hadir dalam beberapa macam yang dibedakan berdasarkan ketebalan yang mempengaruhi tingkat ketahanannya juga.

Dengan daya tahannya yang baik, tentu saja tas dengan bahan spunbond dapat digunakan dalam jangka waktu lama juga berkali kali. Salah satu  jenis tas yang kerap menggunakan bahan ini sebagai material pembuatannya adalah goodie bag. Pemilihan bahan spunbond sebagai material dasar pada goodie bag tentu bukan tanpa alasan.

Hal ini dikarenakan bahan spunbond merupakan bahan kain yang termasuk dalam golongan bahan higenis dan juga tidak mengandung banyak bahan kimia. Sehingga lebih aman bila difungsikan sebagai goodie bag, bahkan ada beberapa jenisnya yang digunakan sebagai bahan pembuatan perlengkapan medis seperti masker, APD, dsb.

2. Bisa didaur ulang untuk mendukung go green

bahan spunbond

Berbeda dengan plastik yang memiliki sifat sulit terurai, bahan spunbond yang terbuat menggunakan kandungan tanpa bahan kimia justru bersifat mudah terurai dan dapat didaur ulang. Maka dari itu saat ini ada banyak supermarket atau pusat perbelanjaan yang memilih untuk menggunakan spunbond sebagai wadah atau kemasan produknya.

Dengan adanya hal ini, tentu saja memiliki maksud untuk mendukung langkah go green dengan cara mengurangi penggunaan plastik atau sampah sampah lain yang dapat merusak lingkungan, dan menggantinya dengan bahan spunbond yang lebih awet juga ramah lingkungan. Karena berdasarkan data dari INPLAS (Asosiasi Industri Plastik Indonesia) terdapat lebih dari 64 juta ton plastik sampah yang dihasilkan oleh Indonesia pertahunnya.

3. Perawatan dan cara membersihkan yang mudah

Meskipun memiliki serat bahan kuat, namun bukan berarti spunbond tidak perlu dirawat atau dibersihkan. Untuk menjaga kehigenisan serta ketahanan dari bahan ini, tentu diperlukan beberapa langkah cara perawatan agar tas dengan bahan spunbond dapat lebih awet digunakan dalam waktu lama. Terlebih cara perawatan serta membersihkan bahan ini juga tidaklah sulit, seperti berikut ini:

  1. Rendam dengan air hangat: Bila tas spunbond memiliki noda atau kotoran yang membandel, ada baiknya untuk merendam tas menggunakan air hangat terlebih dahulu guna melunturkan nodanya.
  2. Menggunakan sikat halus dan sabun: Untuk membersihkan noda yang cukup membekas, gunakanlah sikat dengan bulu halus juga sabun yang lembut agar tidak merusak tekstur dari permukaan bahan.
  3. Memastikan kering dengan baik: Dalam tahapan ini, usahakan jangan menjemur tas dibawah sinar matahari langsung, cukup di angin anginkan saja. Hal ini akan menghindari warna tas cepat pudar.
  4. Lipat dan simpan ditempat bersih: Setelah melakukan langkah pembersihan, ada baiknya untuk melipat tas dan simpan ditempat bersih juga kering agar terhindar dari debu juga jamur saat tidak digunakan.

4. Memiliki banyak variasi warna dan motif

Alasan lain yang membuat tas spunbond banyak dicari juga didasari karena banyaknya pilihan warna juga corak dimiliki oleh bahan ini. Mulai dari bahan berwarna gelap hingga cerah polos sampai yang bermotif dapat ditemukan dari bahan spunbond ini. Hal ini juga yang menjadikan spunbond semakin diincar terlebih untuk keperluan tas berbagai acara. Banyaknya pilihan tampilan yang dimiliki spunbond membuat penggunaannya semakin beragam  baik dijadikan sebagai sebuah souvenir maupun bingkisan.

5. Dapat dimanfaatkan sebagai berbagai keperluan

bahan spunbond

Bila anda kerap berbelanja di swalayan atau supermarket ada beberapa diantaranya yang tidak menyediakan plastik kemasan untuk membungkus belanjaan dan menggantinya dengan sebuah goodie bag berbahan spunbond. Selai itu tas spunbond juga kerap dijadikan sebagai pembungkus pada bingkisan saat lebaran, natal maupun acara tertentu sebagai wadah pembungkusnya. Atau bisa juga tas spunbond yang digunakan pada souvenir maupun media promosi di pameran.

Itu baru sebagian yang disebutkan dari pemanfaatan bahan ini, namun dari kegiatan kegiatan tersebut tentu kita jadi mengetahui terdapat banyak jenis acara yang dapat memanfaatkan tas spunbond sebagai wadah atau alat bantu mempromosikan usaha yang dimiliki. Hal ini juga dipengaruhi karena untuk bahan spnbond sendiri saat ini sudah memiliki banyak jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

6. Harga terjangkau

Selain bahan kuat, memiliki banyak pilihan warna dan juga perawatan mudah, yang menjadikan bahan ini semakin banyak dicari juga adalah karena harganya yang ekonomis. Proses produksinya yang cepat juga tidak banyak membutuhkan kombinasi bahan penyusun menjadikan spunbond memiliki harga terbilang murah baik masih dalam bentuk lembaran maupun bentuk tas jadi.

Itu dia beberapa alasan yang membuat bahan spunbond banyak dicari juga digunakan oleh para produsen tas maupun konsumen. Meskipun memiliki harga yang terjangkau, tetapi tampilan tas yang dihasilkan oleh bahan ini nyatanya tetap terlihat elegant dan juga tidak murahan, terlebih bila sudah ditambah dengan berbagai sablon atau corak menarik. Selain itu sifatnya yang mudah terurai dan mendukung langkah go green tentu menjadi nilai tambahan tersendiri bagi bahan ini bukan?

 

Spunbond sebagai bahan yang umum digunakan untuk membuat berbagai tas dengan fungsi sebagai tas belanja, souvenir atau bahkan media promosi tentu tidak perlu diragukan lagi kekuatan serta ketahanannya. Namun meskipun memiliki karakteristik bahan yang kuat dan juga pas untuk digunakan sebagai material pembuatan tas tersebut, faktanya sebuah tas tidak akan dapat berfungsi secara maksimal bila tidak dukung juga dengan proses pembuatan yang benar.

Dalam hal ini tampilan tas pun juga ikut dipengaruhi dari sebaik apa produsen tas dalam menghasilkan produknya, karena bukan hanya pemilihan bahan saja yang penting untuk dilakukan, namun pengerjaan tas secara rapi dan memperhatikan detail juga sangat diperlukan, apalagi bila tas tersebut difungsikan sebagai kemasan suatu produk atau media promosi suatu usaha yang memerlukan citra serta tampilan baik.

Maka dari itu, untuk mendukung terciptanya sebuah tas dengan tampilan, daya tahan serta fungsi yang maksimal, kami rekomendasikan pabrik tas custom berpengalaman dan terpercaya yang sudah malang melintang sejak tahun 2007 bernama Karya Bintang Abadi. Ada banyak client yang sudah mempercayakan berbagai kebutuhan tas acaranya baik dengan model goodie bag, tote bag, waist bag, tas laptop hingga tas ransel berbagai ukuran dan pilihan material bahan.

Memiliki berbagai pilihan model trendi dan tidak ketinggalan jaman yang dapat di sesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan client. Salah satu bahan pertimbangan saat mencari tas untuk sebuah acara tentu bukan hanya dari segi tampilan dan kualitas saja, namun harga juga menjadi perhatian khusus bukan? Dan dalam hal ini, sebagai calon client KBA, anda tidak perlu khawatir karena pabrik tas custom satu ini memiliki harga terjangkau untuk setiap produknya, dengan minimal pemesanan sebanyak 50 pcs dan akan mendapatkan harga semakin murah bila melakukan pemesanan dalam partai besar sekaligus.

Selain itu Karya Bintang Abadi juga memiliki cara pemesanan muda serta cepat dan aman untuk seluruh client maupun calon clientnya. Dan untuk menjangkau para client dari seluruh wilayah di Indonesia KBA melayani pemesanan baik secara online maupun offline yang dibantu oleh customer service ramah dan akan membantu anda untuk memahami alur pemesanan hingga pengiriman barang, juga menjawab segala pertanyaan terkait detail produk sampai estimasi harga sejelas mungkin.

Adapun proses pengerjaan pesanan tas juga dilakukan dengan cepat atau sesuai dengan kesepakatan dealine, tingkat kerumitan tas, dan juga jumlah dari pesanan tas tersebut yang akan dikerjakan langsung oleh para tenaga ahli berpengalaman di pabrik sendiri guna memastikan kualitas dan kondisi produk tas sebelum dikirim ke tangan client. Jadi tunggu apalagi?Segera hubungi Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dan mendapatkan tas dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel menarik lainnya!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!