fbpx

Apa Itu Shopper Bag dan Manfaat Shopper Bag

apa itu shopper bag

bagikan artikel ini kepada teman

Sampah plastik agaknya memang selalu menjadi topik hangat yang banyak dibahas, hal ini disebabkan oleh jumlah  penggunaannya yang sangat tinggi, di Indonesia sendiri menurut Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK) menyebutkan bila volume sampah di Indonesia pada tahun 2022 lalu meningkat dari 68,5 juta ton menjadi  70 juta ton sampah plastik dan diperkirakan setiap tahunnya akan terus meningkat bila tidak segera diatasi.

Bila dilihat lagi, bisa dibilang sampah plastik yang berasal dari bekas kemasan makanan, serta kantong belanja menjadi salah satu penyumbang terbanyak. Dan melihat dari jumlah sampah plastik yang begitu banyak dan terus meningkat tentu ada berbagai usaha yang dilakukan guna meminimalisirnya, salah satunya adalah dengan melakukan langkah go green dengan mengganti penggunaan plastik sebagai kemasan menjadi ke bahan lain yang mudah di daur ulang atau mudah di terurai.

Namun bila melihat pentingnya peran plastik sebelumnya dalam kehidupan manusia tentu akan cukup sulit untuk mulai melakukan perubahan besar besaran, maka dar itu salah satu cara sederhana yang bisa mulai dilakukan untuk menjadi kebiasaan tetapi cukup berpengaruh adalah menggantikan peran plastik sebagai kemasan atau kantong belanja menggunakan shopper bag yang memiliki bahan lebih aman dan mudah di daur ulang.

Lalu, apa itu shopper bag dan kenapa di rekomendasikan sebagai salah satu langkah untuk mengurangi sampah plastik? Jadi, shopper bag sendiri adalah tas dengan model serta desain compact, yang difungsikan sebagai wadah untuk menyimpan atau membawa berbagai barang belanjaan sebagai pengganti plastik dan bisa digunakan secara berulang kali. Bila dilihat secara sekilas tas ini memiliki kemiripan dengan model tas tote bag. Tetapi tentunya keduanya memiliki ciri masing masing yang menjadi pembeda, diantaranya:

1. Ukuran 

apa itu shopper bag

Dari segi ukuran shopper bag tentu akan lebih besar juga lebar bila dibandingkan dengan tote bag, kapasitas yang dimiliki pun juga lebih luas dikarenakan penggunanya yang difungsikan sebagai wadah untuk membawa berbagai jenis barang belanjaan yang memiliki ukuran serta bentuk beragam. Rata rata ukuran untuk shopper bag berkisar antara 40 X 40 cm sampai 50 X 40 cm.

2. Bahan pembuatan 

apa itu shopper bag

Karena dibuat sebagai tas belanja tentu bahan yang digunakan untuk membuat shopper bag haruslah memiliki ketahanan serta kekuatan terjamin. Pada umumnya shopper bag yang digunakan di supermarket atau swalayan terbuat dari bahan kanvas, spunbond kualitas premium atau bisa juga dengan bahan polyester. Sedangkan ada beberapa juga yang menjadikan bahan kertas tebal sebagai shopper bag, namun biasanya yang menggunakan bahan ini adalah merk merk pakaian atau aksesoris.

Penggunaan bahan bahan tersebut sebagai material pembuatan shopper bag dimaksudkan agar tas dapat digunakan dalam jangka waktu lama secara berulang kali dan mudah untuk dibersihkan atau di simpan pada tas lain ketika sedang tidak digunakan.

3. Model atau bentuk tas

apa itu shopper bag

Secara tampilan, biasanya shopper mudah untuk dikenali karena berbeda dengan tote bag. Bila tote bag biasanya memiliki sisi tas yang sempit maka berbeda halnya dengan shopper bag yang memiliki ukuran sisi tas lebih lebar sehingga lebih bisa memuat banyak barang. Selain itu biasanya untuk shopper bag desain yang dimiliki juga lebih sederhana.

Itu dia beberapa penjelasan terkait dengan shopper bag yang kerap kali dinilai mirip dengan tote bag. Setelah mengetahui shopper bag secara garis besar, tentu kita juga perlu untuk membahas manfaat apa saja yang akan didapatkan dari penggunaan shopper bag pada kehidupan sehari hari. Maka dari itu, simak penjelasan singkat berikut ini:

Manfaat Dari Penggunaan Shopper Bag

Shopper bag sebagai tas pengganti plastik biasanya memiliki daya tahan kuat dan dapat digunakan secara berulang kali, selain itu desain yang dimiliki shopper bag kini juga sudah beragam dengan tampilan lebih menarik sehingga akan membuat tampilan anda lebih baik ketimbang menenteng kemasan plastik. Adapun manfaat lain yang didapatkan dalam penggunaan tas ini adalah, diantaranya:

1. Mengurangi sampah plastik

Plastik memang merupakan sebuah bahan yang sulit terurai bahkan membutuhkan waktu hingga puluhan tahun, meskipun sudah terurai pun bukannya kembali ke alam, melainkan hasil uraian tersebut akan terbentuk menjadi bagian lebih kecil yang disebut sebagai mikroplastik dengan tingkat polusi yang masih tinggi. Maka dari itu mengurangi penggunaan plastik memang perlu untuk dilakukan.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bila penggunaan tas ini adalah salah satu cara atau langkah untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai dan semakin mencemari lingkungan sekitar. Penggunaan shopper bag merupakan keputusan tepat bagi para pelaku usaha atau masyarakat untuk membantu keberhasilan langkah go green.

2. Bisa digunakan berulang kali

Bila menggunakan tas plastik sebagai kemasan tentu banyak dari kita yang hanya menggunakan dengan cara sekali pakai karena merasa sudah tidak bersih lagi, dsb. Namun sadarkah anda dengan kejadian tersebut tentu kita akan semakin menyumbangkan banyak sampah plastik yang dapat merusak lingkungan sekitar.

Dan dalam hal ini menggunakan shopper bag adalah alasan tepat untuk bisa membantu mengurangi jumlah sampah plastik karena penggunanya yang dapat di pakai berulang kali dalam jangka waktu lama. Hal ini dipengaruhi dari segi pemilihan bahan yang digunakan untuk membuat tas ini. Biasanya menggunakan material seperti kertas tebal kain blacu, kanvas, atau bahkan katun yang memiliki sifat tahan lama, mudah terurai juga dapat di daur ulang.

3. Daya tahan lebih kuat dan aman

Sebagai sebuah wadah yang digunakan untuk menampung barang barang belanjaan, tentu dibutuhkan kemasan dengan kekuatan yang baik. Bila menggunakan kemasan plastik untuk membawa barang belanjaan yang cukup banyak dan memiliki bobot cukup berat, tentu kita memerlukan adanya kemasan plastik double untuk memastikan bila tas tidak sobek.

Namun lain halnya dengan penggunaan shopper bag yang dinilai lebih praktis, kuat serta aman. Karena terbuat dari bahan dengan ketangguhan terjamin, tentu tidak perlu diragukan lagi kekuatannya ketika digunakan membawa berbagai barang belanjaan yang memiliki banyak bentuk juga bobot berat. Selain itu shopper bag yang bisanya memiliki bagian penutup berupa magnet atau zipper tentu akan membuat barang belanjaan semakin aman dari resiko tercecer.

4. Hemat

Berhemat memang suatu kebiasaan yang bagus terlebih bila cara hemat yang dilakukan juga dapat berpengaruh bagi kesehatan lingkungan. Dan cara hemat yang dimaksud disini adalah menggunakan shopper bag dalam kehidupan sehari hari sebagai pengganti kemasan belanja.

Hal ini berkaitan dengan salah satu keunggulan shopper bag yang dapat digunakan berulang kali. Selain itu karena shopper bag sendiri kini hadir dengan berbagai pilihan desain dan bahan pembuatan, penggunanya dapat dimanfaatkan, bukan hanya sebagai tas belanja namun juga bisa difungsikan sebagai tas lain seperti tas pendamping saat traveling atau piknik yang membutuhkan banyak barang bawaan. Hal ini tentu akan mengurangi anggaran yang keluar untuk membeli tas lagi bukan?

5. Tampilan lebih bagus

Meskipun digunakan sebagai wadah untuk membantu membawa barang belanjaan, bukan berarti shopper bag tidak bisa digunakan bagi anda yang ingin tetap memperhatikan penampilan ketika pergi berbelanja. Bila menggunakan tas plastik sebagai kemasan tentu tidak akan memberikan tampilan yang lebih menarik pada penampilan penggunanya. Tetapi lain halnya bila menggunakan shopper bag sebagai wadah untuk membawa hasil barang belanja. Memiliki banyak model dan desain yang cantik namun tetap dengan fungsi utama yaitu tas untuk barang belanjaan.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan shopper bag dalam kehidupan sehari hari. Memiliki lebih banyak manfaat dan kemudahan tentu tidak ada salahnya untuk mulai beralih menggunakan tas ini sebagai pengganti kemasan plastik yang sulit terurai dan mencemari lingkungan bukan?

 

Tas yang kini bisa dibilang menjadi salah satu barang pokok dalam kehidupan manusia tentu memiliki fungsi beragam yang dapat disesuaikan berdasarkan model, desain, ukuran, serta bahan pembuatannya dengan jenis kegiatan yang akan dijalani. Mulai dari sekolah, bekerja, hangout, liburan, sampai dijadikan sebagai souvenir atau media promosi suatu bisnis.

Dalam berbagai penggunanya, tentu tas yang memiliki desain cantik namun dengan kekuatan serta ketahanan baik menjadi incaran bagi semua orang. Terlebih saat ini terdapat banyak jasa custom tas yang dapat membantu menghadirkan produk tas lebih sesuai dengan kebutuhan serta keinginan konsumennya. Dan pemilihan jasa pabrik tas custom yang tepat pun juga tentu akan semakin memberikan kepuasan tersendiri bagi para konsumen terhadap tas customnya.

Maka dari itu, pemilihan pabrik tas custom juga turut menjadi hal yang perlu diperhatikan secara khusus dan tidak bisa sembarangan tunjuk. Dalam hal ini memilih pabrik tas yang berpengalaman serta dapat diandalkan seperti Karya Bintang Abadi adalah keputusan tepat. Sudah berkarya lebih dari 10 tahun, tepatnya sejak tahun 2007 tentu menjadikan pabrik tas custom ini sudah hafal betul apa yang menjadi kebutuhan tas dari para clientnya.

Menghadirkan berbagai kemudahan bagi para client maupun calon client dengan cara pemesanan mudah yang dapat dilakukan secara online maupun offline dibantu oleh para customer service ramah juga sigap dalam menjelaskan berbagai pertanyaan terkait detail produk, estimasi harga hingga saat melakukan pemesanan tas. Selain itu adapun juga berbagai pilihan model tas yang tersedia dengan desain kekinian yang dapat di lihat pada katalog produk .

Seluruh pesanan tas juga akan dikerjakan langsung oleh tenaga ahli di pabrik sendiri secara rapi dan detail guna memastikan kualitas serta mutu dari setiap produk tas. Proses pengerjaan juga dilakukan dengan cepat kurang lebih selama 14 hari atau tergantung dari kesepakatan deadline, jumlah tas dan juga tingkat kerumitan tas. Memiliki harga terjangkau dengan minimal pemesanan sebanyak 50 pcs dan akan semakin mendapatkan harga murah bila melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil memuaskan dan maksimal.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

workshop pendidikan
Informasi

10 Tema Workshop Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter

Sebagaimana sudah kita ketahui bersama, bila diantara banyaknya jenis kegiatan pelatihan dan belajar, workshop merupakan salah satunya dan diketahui sudah cukup banyak penyelenggaraannya di Indonesia.

poster seminar
Informasi

11 Contoh Poster Seminar Nasional Terbaik & Simple

Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh poster seminar nasional, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu terkait apa yang dimaksud dengan poster itu sendiri

tas rajut
Informasi

10 Model Tas Rajut Kekinian Bikin Gaya Makin Etnik

Menjadi salah satu item fashion paling populer dan dibutuhkan, tentu tidaklah mengherankan bukan jika hal tersebut pada akhirnya membuat tas termasuk kedalam jajaran item fashion

sertifikat workshop
Informasi

10 Contoh Sertifikat Workshop Yang Benar dan Mengagumkan

Menjadi sebuah kegiatan pendidikan atau pelatihan yang memiliki fokus kepada pengajaran ketrampilan serta  pengembangan pengetahuan dalam suatu bidang khusus, tentu secara tidak langsung hal tersebut

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp