5 Cara Memilih Bahan Tas Yang Bagus, Bahan Ini Rekomendasi

cara memilih bahan tas yang bagus

bagikan artikel ini kepada teman

Kekuatan serta keawetan dari sebuah produk tas, biasanya bukan hanya dipengaruhi oleh kualitas atau cara memilih bahan tas yang bagus dari tas itu sendiri namun juga bisa dari cara perawatan yang tepat dan baik. Tetapi mengingat banyaknya jenis bahan yang digunakan sebagai material pembuatan tas tentu menjadikan cara perawatannya juga berbeda. Namun secara general sebetulnya melakukan cara perawatan tas tidak lah rumit, seperti cara berikut ini:

1. Keluarkan isi tas setelah tidak digunakan 

Cara perawatan pertama yang dilakukan guna meminimalisir resiko kerusakan adalah dengan mengeluarkan barang bawaan dari dalam tas setelah tidak digunakan. Hal ini menghindarkan bagian dalam tas lembab dan berjamur juga untuk mempertahankan bentuk tas agar tidak rusak.

2. Angin anginkan tas 

Bila tas selesai digunakan atau sudah lama tidak digunakan, usahakan untuk tetap mengangin anginkan tas. Hal ini bertujuan agar tas tidak mudah berjamur baik pada bagian dalam maupun permukaannya.

3. Segera bersihkan tas bila terkena noda atau kotoran 

Sebetulnya untuk membersihkan tas tidak harus ketika tas kotor atau terkena noda saja. Sebaiknya untuk beberapa jenis tas seperti tas berbahan kulit yang memiliki kerumitan serta membutuhkan perawatan khusus dilakukan pembersihan paling tidak 3 bulan sekali meskipun tidak kotor atau terkena noda.

Namun untuk tas dengan bahan lain pembersihan bisa dilakukan 1 sampai 2 bulan sekali agar warna tidak mudah pudar dan permukaan juga tidak berubah menjadi kasar atau kaku. Cara membersihkannya pun juga berbeda ada yang hanya perlu menggunakan cairan khusus dan lap lembut seperti tas kulit dan ada juga yang bisa di cuci dengan sabun khusus seperti tas kanvas.

4. Simpan di suhu ruangan yang pas 

Untuk menyimpan tas usahakan berada di suhu ruangan yang pas, jangan terlalu lembab dan jangan terlalu panas. Bila terlalu lembab tentu saja resiko yang akan dihadapi adalah jamur sedangkan bila terlalu kering  atau panas bisa saja merusak tekstur dari permukaan bahan tas. Dalam hal ini pengaturan suhu untuk segala jenis tas bisa di samakan sekitar 19-23 derajat celcius.

5. Simpan tas di tempat dengan ruang cukup 

Agar tas memiliki umur yang lebih panjang salah satu cara yang wajib untuk diperhatikan adalah cara penyimpanannya. Menyimpan tas dengan ruang cukup adalah salah satunya, yang dimaksudkan agar tas memiliki jarak satu sama lain sehingga sirkulasi udara pada tas dapat berputar dengan baik. Selain itu menyimpan tas di ruang cukup juga bertujuan agar tas tidak tumpang tindih dan merusak bentuk dari tas tersebut.

Selain dari memperhatikan cara perwatannya, namun tidak dapat dipungkiri bila jenis bahan yang digunakan untuk membuat tas akan memiliki andil besar juga dalam segi tampilan juga kekuatan serta keawetan pada tas. Lalu bagaimana cara memilih bahan tas yang bagus? Simak tips berikut ini untuk mengetahui bagaimana caranya:

5 Cara Memilih Bahan Tas Yang Bagus, Bahan Ini Rekomendasi

Tas yang biasanya digunakan untuk menemani berbagai aktivitas sehari hari dengan mobilitas tinggi, tentu dalam pemilihannya diperlukan untuk memperhatikan beberapa hal yang salah satunya adalah jenis dari bahan pembuatan. Dan dalam hal ini sebetulnya memilih bahan tas yang tepat juga tidaklah sulit, seperti dapat disimak beberapa cara berikut ini, yang diantaranya:

1. Kenali jenis bahan

Seperti kita ketahui bila bukan hanya modelnya saja yang beragam namun tas juga memiliki banyak jenis bahan pembuatan yang dapat disesuaikan dengan fungsi dan juga modelnya, adapun beberapa jenis bahan yang dapat dipilih sebagai bahan tas bagus, diantaranya:

1. Kulit

cara memilih bahan tas yang bagus

Popularitas dari jenis bahan satu ini agaknya tidak perlu diragukan lagi, memiliki dua versi yaitu kulit asli dan kulit sintetis dengan keunggulannya masing masing. Penggunaan jenis bahan ini kerap kali digunakan sebagai material pembuatan tas dengan desain yang simple, elegant, dan cenderung cocok untuk acara formal atau resmi. Namun bila dibandingkan dengan jenis bahan lain, bahan kulit memang memiliki cara perawatan yang cukup rumit.

2. Denim

cara memilih bahan tas yang bagus

Jenis bahan ini memang pada umumnya banyak digunakan untuk bahan pembuatan pakaian, namun nyatanya denim juga akan sangat cocok bila dijadikan sebagai material pembuatan tas. Karakteristik yang memiliki bahan tebal serta kuat menjadikan tas berbahan denim memiliki kekuatan yang baik. Selain itu tas berbahan denim dirasa juga memiliki nilai tampilan unik dan eyecatching. Penggunaan bahan ini juga bisa dijadikan tas dengan model beragam.

3. Kanvas

cara memilih bahan tas yang bagus

Bila menyukai tas dengan desain sederhana namun tetap modis agaknya memilih tas dengan bahan pembuatan kanvas tidak ada salahnya. Biasanya model tas yang banyak menggunakan jenis bahan ini adalah tote bag atau bahkan ransel. Memiliki karakteristik bahan kuat dan cukup tebal namun rata rata dibandrol dengan harga terjangkau menjadikan tas berbahan kanvas banyak di cari, terutama dikalangan anak muda.

4. Polyester

Memiliki karakteristik bahan kuat, kedap air dan ringan tentu tidaklah heran bila menjadikan bahan ini dijadikan sebagai material berbagai model tas alam maupun tas pria yang memiliki desain compact namun juga fungsional. Adapun bahan ini kerap kali digunakan dalam pembuatan tas seperti model backpack, gym bag, traveling bag, cross body bag, dsb.

5. Cordura

Selain polyester, bahan satu ini juga kerap dipilih sebagai material bahan pembuatan tas dengan kapasitas besar dan sering difungsikan membawa banyak barang dengan bobot berat. Hal ini dikarenakan cordura sendiri merupakan salah satu jenis bahan premium yang memiliki berbagai keunggulan, seperti tebal, kuat, kedap air, ringan dengan daya tahan melebihi bahan polyester, tidak heran bila cordura kerap digunakan sebagai material pembuatan tas carrier, backpack, gym bag, hingga lapisan koper.

Itu dia beberapa rekomendasi jenis bahan tas yang bagus dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan, karena pada dasarnya setiap bahan pasti memiliki kekurangan dan keunggulannya masing masing.

2. Pahami tentang kekuatan bahannya

Tas yang bagus tentu memiliki banyak faktor pendukung salah satunya berasal dari kekuatan jenis bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya. Dengan memperhatikan kekuatan dari bahan tersebut tentu akan mempengaruhi juga usia dari pemakaian tas. Bahan yang memiliki karakteristik serat rapat dan tebal tentu akan lebih terjamin kekuatan serta ketahanannya dari resiko sobek saat digunakan menampung banyak barang dengan berbagai bentuk dan bobot.

Karena tas sendiri memiliki banyak model dan ukuran tentu untuk pemilihan bahan, tingkat kekuatannya juga dapat disesuaikan dengan penggunaan tas tersebut. Misalnya untuk tas dengan model sling bag tentu tidak memerlukan kekuatan bahan yang setara dengan penggunaan bahan untuk tas ransel, karena perbedaan kapasitas dan fungsinya.

3. Cek daya tahan terhadap air

Penggunaan tas yang difungsikan sebagai wadah untuk membawa berbagai barang keperluan saat beraktivitas diluar rumah agar mobilitas semakin mudah, tentu mengharuskan tas memiliki daya tahan yang baik. Bukan hanya dari segi kemampuan untuk menahan bobot barang bawaan saja namun di sarankan juga yang dapat menahan intensitas air baik dari intensitas ringan hingga berat. Terlebih bila tas tersebut di gunakan untuk membawa barang penting seperti perangkat digital, dokumen, dsb.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bila bahan untuk pembuatan tas ada beragam dengan keunggulan dan kekurangannya masing masing. Dan tidak semua bahan tas memiliki sifat water proof atau water repellent, maka dari itu dalam cara memilih bahan tas yang bagus, usahakan untuk menyesuaikan karakteristik bahan tas dengan tujuan penggunaannya.

4. Pertimbangkan bobot bahan

Sebagai alat yang difungsikan untuk membantu keseharian manusia, kerap kali tas diisi dengan berbagai barang keperluan dengan bobot cukup berat sebagai cara memaksimalkan penggunaannya. Dalam hal ini, sebagian orang menganggap kekuatan bahan dari tas saja sudah cukup untuk menghasilkan tas yang bagus, padahal ada hal lain yang juga perlu dipertimbangkan agar tingkat kenyamanan pengguna semakin bertambah.

Hal yang harus diperhatikan tersebut adalah dari bobot bahan itu sendiri, ada beberapa bahan yang dilengkapi dengan daya tahan serta ketebalan baik namun memiliki bobot yang cukup berat, dan tentu saja dengan bobot tersebut bukan tidak mungkin bila ikut mempengaruhi atau menambah beban pada tas saat digunakan, sehingga terasa lebih berat.

5. Perhatikan tekstur bahan

Bagi sebagian orang mungkin tekstur pada permukaan bahan tidak begitu diperhatikan karena dirasa tidak begitu berpengaruh pada bagus tidaknya tas. Namun bukankah akan terasa lebih nyaman apabila bahan pada tas memiliki tekstur permukaan yang halus saat disentuh? Terlebih bagi para pengguna yang memiliki kulit sensitif. Dalam hal ini pemilihan bahan seperti kulit, kanvas dengan jenis baby kanvas, maupun polyester rasanya akan cocok bila digunakan sebagai material pembuatan tas yang memiliki finishing permukaan halus namun tetap kuat.

Demikian beberapa cara yang dapat diperhatikan dalam memilih bahan pembuatan tas. Karena tidak dapat dipungkiri bila kualitas, tampilan serta harga dari suatu produk tas juga ditentukan dari jenis bahan yang digunakan. Maka dari itu, perhatikan dengan betul jenis bahan agar mendapatkan tas dengan kualitas serta mutu terjamin yang bagus.

Namun bila melihat dari segi tampilan, kekuatan, ketahanan serta harganya, tas dengan material pembuatan polyester rasanya adalah yang paling direkomendasikan. Karena polyester sendiri memiliki banyak variasi warna, serat bahan kuat meskipun tidak terlalu tebal, dan juga ringan. Selain itu bahan ini juga memiliki sifat kedap terhadap air dalam intensitas cukup baik dengan harga yang terjangkau. Model tas dengan bahan poleyster kini juga sudah beragam yang tampil tampak trendi dan eyecatching.

 

Dalam mencari tas yang berkualitas baik sebetulnya bukan hanya berdasarkan bahan pembuatannya saja, namun juga dari cara dan proses dibuatnya tas tersebut. Terlebih bila tas tersebut akan digunakan sebagai media promosi suatu usaha guna meningkatkan brand awareness atau sebagai souvenir yang mengharuskan memiliki tampilan serta kualitas bahan baik.

Dan untuk mendukung terciptanya produk tas dengan spesifikasi baik tersebut, tentu diperlukan adanya jasa pabrik tas custom terbaik yang dapat dipercaya juga diandalkan. Salah satunya adalah Karya Bintang Abadi sebagai pabrik tas custom berpengalaman yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun. Mulai dari perorangan, perusahaan, perguruan tinggi, hingga instansi pemerintahan mempercayakan segala kebutuhan tas customnya pada pabrik tas terbaik di Jogja ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Meskipun berada di Jogja, namun tidak sedikit juga client dari berbagai wilayah di Indonesia yang mempercayakan pesanan tasnya pada KBA. Selain karena hasil produk tas yang memuaskan, cara pemesanan mudah baik secara online maupun offline juga menjadi salah satu faktor banyaknya client yang mempercayakan kebutuhan tasnya pada KBA. Dibantu langsung oleh customer service ramah yang dengan sigap akan membantu menjawab segala pertanyaan terkait detail produk sampai estimasi harga hingga saat melakukan pemesanan.

Menghadirkan berbagai model tas trendi dan tidak ketinggalan jaman seperti pada katalog produk, yang dapat dijadikan sebagai referensi saat bingung menentukan model serta desain. Pesanan tas juga dikerjakan langsung oleh para tenaga ahli di pabrik sendiri dengan memperhatikan kerapian, detail produk hingga kondisi tas melalui proses quality control, guna memastikan keadaan pesanan tas sebelum sampai ke tangan client. Dengan berbagai keunggulan juga kemudahan yang ada, segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dengan hasil yang memuaskan juga maksimal.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!