5 Perbedaan Bahan Polyester dan Katun Untuk Pembuatan Tas

perbedaan polyester dan katun

bagikan artikel ini kepada teman

Tas sebagai barang dengan fungsionalitas tinggi yang di gunakan sehari hari saat beraktivitas diluar rumah, tentu dalam pemilihannya diharuskan untuk memperhatikan banyak hal, salah satunya adalah dari segi bahan. Dan dari sekian banyak jenis bahan yang bisa dijadikan sebagai material pembuatan tas, adapun diantaranya adalah bahan polyester dan juga katun yang memiliki berbagai keunggulan.

Tetapi meskipun sudah sering dijumpai namun rasanya masih banyak yang belum memahami dengan betul apa itu bahan polyester dan katun, juga perbedaan dari kedua bahan tersebut sebagai bahan pembuatan tas. Maka dari itu, agar dapat lebih memahami kedua jenis bahan ini sebagai material tas, ada baiknya untuk menyimak beberapa penjelasan berikut:

Bahan Katun 

perbedaan polyester dan katun

Dalam industri fashion rasanya sepak terjang dari bahan katun sudah tidak perlu diragukan lagi pamornya, terlebih bahan ini juga sudah digunakan sejak lama bahkan 5000 SM. Dijuluki sebagai bahan alami dikarenakan proses pembuatannya yang tersusun dari serat benang alami dan berasal dari tumbuhan melalui teknik yarning, sehingga menghasilkan bahan dengan tekstur yang halus, lembut, lentur namun juga kuat. Bukan hanya itu karena terbuat dari bahan alami, katun dirasa lebih aman digunakan bagi para pengguna dengan kulit sensitif karena daya serap terhadap keringat juga sirkulasi udara yang baik.

Diantara bahan alami lain pun katun dapat dibilang memiliki harga yang paling terjangkau, namun dengan spesifikasi baik. Seperti bahan kain pada umumnya, katun juga terbagi menjadi banyak jenis yang dapat dibedakan berdasarkan penggunaan dan karakteristiknya, diantaranya:

  1. Katun Kombed: Merupakan katun dengan tekstur yang halus dan lembut, serta tidak memiliki bulu bulu halus, biasanya jenis ini banyak digunakan dalam pembuatan pakaian.
  2. Katun Flanel: Bila kombed tidak berbulu, maka sebaliknya dengan jenis flanel yang justru ciri khasnya memiliki bulu halus pada permukaannya, untuk ketebalan sendiri, jenis ini juga lebih tebal dan memberikan efek hangat sangat digunakan. Biasanya digunakan untuk membuat pakaian atau bahkan tas.
  3. Katun Rayon: Disebut sebagai semi sintetis dengan karakteristik ringan, tipis, dingin dan juga sedikit licin. Merupakan gabungan dari bahan serat rayon dan serat katun.
  4. Katun Toyobo: Merupakan katun yang berasal dari Jepang dan memiliki merat rapat dan kuat, sehingga tidak menerawang dan juga cocok untuk dijadikan bahan tas.
  5. Katun Jepang: Seperti namanya, katun jenis ini memang berasal dari jepang dan termasuk dalam jenis katun premium.
  6. Katun Linen: Memiliki serat yang lebar dan juga bahan sedikit kaku juga cukup menerawang.
  7. Katun Madinah: Kerap dijadikan sebagai bahan pakaian karena karakteristik yang dingin, halus dan lembut saat digunakan.
  8. Katun Ima: Memiliki bahan yang tebal dan sedikit kaku dengan serat yang rapat sehingga cocok bila digunakan sebagai kombinasi bahan tas.
  9. Katun supernova: Jenis bahan katun ini memiliki karakteristik dingin, sedikit kaku, halus, ringan dan lembut dengan ketebalan yang cukup baik, sehingga sering juga di jadikan sebagai bahan pembuatan tas. Bisa dibilang jenis ini merupakan paket komplit.
  10. Kain Katun Biasa: Memiliki bahan yang tipis, ringan, dengan serat yang kuat. Diantara jenis katun lain bahan ini memang yang paling standar dan juga murah.

Bahan Polyester

perbedaan polyester dan katun

Berbeda dengan bahan katun yang merupakan bahan alami, polyester justru sebaliknya karena merupakan bahan yang 100% terbuat dari susunan senyawa kimia. Polyester sendiri merupakan bahan yang dalam proses pembuatannya menggunakan senyawa kimia berupa ethylene glycol dan asam tereftalat lalu dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate yang berasal dari kandungan minyak bumi. Dengan campuran bahan yang dimiliki, maka terciptalah bahan dengan spesifikasi kuat, water repellent, dan permukaan mengkilat juga sedikit licin yang membuat bahan ini tahan terhadap goresan.

Sama seperti halnya dengan bahan katun juga bahan lainnya yang memiliki pembagian jenis bahan, polyester juga terbagi menjadi beberapa jenis yang diantaranya:

  1. Bahan Woven: Memiliki permukaan yang sedikit kasar namun juga halus, terbuat dari polyester rajutan yang kuat dan bisa menjadi bahan tas dengan ketahanan cukup baik.
  2. Bahan PE: Terbuat dari bahan polyester 100% tanpa ada campuran bahan lain sedikitpun.
  3. Bahan Lacoste CVC Pique: Perpaduan antara polyester dan katun, yang menghasilkan bahan dengan karakteristik unggul karena memiliki kombinasi dari dua jenis bahan. Cocok untuk dijadikan bahan kombinasi tas karena menghasilkan sifat bahan dengan sirkulasi udara baik namun juga kuat.
  4. Bahan Lacoste PE Pique: Banyak digunakan sebagai bahan pakaian dengan permukaan sedikit kasar namun lembut, bahan ini juga memiliki rongga yang cukup besar sehingga sirkulasi udaranya baik.

Sebetulnya baik katun maupun polyester merupakan bahan yang kuat dan banyak digunakan untuk membuat beragam fashion brand, namun tentu saja ada beberapa perbedaan dari karakteristik keduanya yang menjadikan keduanya memiliki keunggulan masing masing, adapun perbedaannya adalah sebagai berikut:

5 Perbedaan Bahan Polyester dan Katun Untuk Pembuatan Tas

Untuk bahan polyester mungkin sudah umum dijumpai pada bahan pembuatan tas, namun untuk bahan katun bukankah terasa cukup asing? Mengingat selama ini bahan katun memang banyak digunakan untuk membuat produk fashion berupa pakaian. Meskipun begitu nyatanya tidak sedikit juga yang menjadikan bahan katun sebagai bahan tas. Lalu apa saja perbedaan polyester dan katun sebagai bahan tas? Mana yang lebih unggul?

Untuk menjawab rasa penasaran dari perbedaan masing masing bahan tersebut, maka langsung saja simak penjelasan singkat berikut ini:

1. Kekuatan bahan

Ketika membahas perihal perbedaan polyester dan katun, rasanya kekuatan dari kedua jenis bahan tersebut cukup menarik perhatian. Sebetulnya bila dilihat dari segi kekuatan bahan, keduanya memiliki kemampuan yang sama baiknya, namun berbeda ketika kedua bahan tersebut difungsikan sebagai material dasar pembuatan tas.

Untuk bahan katun sendiri meskipun bahan pembuatannya tersusun dari serat alami dan berasal dari tumbuhan, tetapi untuk urusan kekuatan tentu tidak perlu diragukan lagi terlebih bila bahan ini dijadikan sebagai material dasar pembuatan pakaian. Sayangnya lain halnya bila bahan ini dijadikan sebagai bahan pembuatan tas, karena sifat bahan yang cukup lentur dan tidak memiliki susunan lapisan penguat, membuat tas dari katun cenderung tidak begitu awet dan mudah sobek.

Sedangkan untuk polyester sendiri, bila membicarakan sebagai bahan tas tentu tidak perlu diragukan lagi pamornya. Menjadi salah satu bahan unggulan dalam pembuatan tas tentu dari segi kekuatan dan ketahanan polyester lebih memenuhi syarat dibandingkan dengan bahan katun. Bahkan polyester sendiri juga memiliki beberapa sifat bahan yang tidak dimiliki oleh katun, yaitu sifat water repellent dan juga tahan terhadap goresan.

2. Tekstur permukaan bahan

Saat mencari tas kerap kali tekstur pada permukaan bahan turut menjadi perhatian juga, karena hal ini berkaitan dengan kenyamanan penggunanya saat tas bersentuhan dengan kulit. Maka dari itu tas dengan tekstur permukaan bahan yang halus menjadi nilai lebih tersendiri. Dan bila membahas antara bahan ke dua bahan ini rasanya tekstur keduanya juga bisa menjadi perbedaan polyester dan katun selanjutnya.

Untuk tekstur dari permukaan bahan katun sendiri tentu saja sudah pasti halus atau bahkan juga lembut, dengan karakteristik tersebut tentu para pengguna tidak akan merasa terganggu bila permukaan tas berbahan katun bersentuhan langsung dengan kulit. Namun dengan sifat bahan tersebut menjadikan permukaan tas katun terlihat lebih kesat atau cenderung kusam.

Namun berbeda dengan polyester, bila dibandingkan dengan katun polyester memang memiliki tingkat kehalusan dibawah katun namun untuk standar bahan tas dikelasnya polyester bisa dibilang memiliki bahan yang cukup halus dan nyaman digunakan sebagai material dasar pembuatan tas, Dan untuk segi tampilannya, karena tersusun dari beberapa kombinasi atau lapisan bahan kimia menjadikan polyester memiliki permukaan yang lebih mengkilap dan licin dibandingkan katun.

3. Ketahanan warna bahan

Saat ini banyak tas sudah diproduksi dengan berbagai model, desain, hingga warna dan corak. Hal ini tentu berkaitan dengan banyaknya jenis kegiatan yang dilakukan serta selera para konsumen terhadap barang ini. Tas dengan warna yang tajam tentu bagi sebagian orang menjadi daya tarik tersendiri. Namun bukan ketajaman warna saja yang menjadi perhatian, melainkan ketahanan dari warna tas tersebutlah yang menjadi poin utama.

Bila membicarakan perihal warna, seperti kita ketahui bila baik katun maupun polyester merupakan jenis bahan yang hadir dengan berbagai pilihan warna, mulai dari warna bold, cerah hingga nude. Namun meskipun begitu nyatanya masih ada perbedaan polyester dan katun yang membuat salah satunya lebih unggul dalam hal warna bahan untuk tas.

Untuk katun sendiri warna yang disediakan memang beragam, namun karena susunan bahannya yang terbuat dari serat alami dan sifat bahan yang halus cenderung lembut menjadikan tas berbahan katun akan memiliki warna yang kurang tajam, bahkan cenderung mudah pudar sudah digunakan dalam jangka waktu lama dan sering terpapar sinar matahari.

Namun lain halnya dengan polyester, sama sama memiliki banyak variasi warna, namun dengan susunan bahan pengikat yang baik menjadikan polyester memiliki warna lebih tajam dan tidak mudah pudar meskipun sudah digunakan dalam waktu lama, daya serap terhadap air yang rendah juga menjadikan warna yang dimiliki jauh lebih awet dibanding tas berbahan katun.

4. Daya tahan terhadap air dan panas

Tas dengan keunggulan tahan air dan juga panas bisa dibilang merupakan paket komplit yang sangat dicari oleh para pengguna, terlebih yang menjadikan tas untuk menemani segala kegiatan dengan mobilitas tinggi. Dengan adanya fitur tahan air tentu akan memudahkan penggunanya menggunakan tas dalam keadaan apapun termasuk saat hujan. Dan tahan panas tentu bertujuan untuk kenyamanan pengguna menggunakan tas, terlebih bila tas tersebut memiliki model ransel, maka dibutuhkan daya serap panas dan sirkulasi udara yang baik.

Dan dalam hal daya serap air juga panas, tentu saja perbedaan polyester dan katun juga bisa didapatkan. Untuk bahan katun rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi daya serapnya yang sangat bagus terhadap air, namun dengan hal ini tentu menjadikan ketahanan terhadap air sangatlah buruk sebagai bahan pembuatan tas. Meskipun begitu, katun memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga tahan terhadap panas dan menjadikan bahan ini tetap nyaman digunakan dalam waktu lama dalam keadaan panas.

Lain halnya dengan polyester yang tersusun dari lapisan mengandung polimer dan menjadikan bahan ini memiliki sifat menolak air atau bisa dibilang kedap terhadap air. Hal ini tentu menjadikan polyester lebih unggul dalam hal ketahanan terhadap air dibandingkan dengan katun. Tetapi sayangnya dengan susunan bahannya membuat polyester memiliki sirkulasi udara buruk sehingga akan menghasilkan rasa panas bila digunakan dalam waktu lama, terlebih bila cuaca juga sedang panas panasnya.

5. Komponen bahan pembuatan

Perbedaan dari setiap karakteristik bahan yang dimiliki sebuah tas tentu juga dipengaruhi dari susunan material yang digunakan untuk membuat bahan tersebut, seperti halnya dengan perbedaan polyester dan katun yang berasal dari susunan bahan pembuatannya yang cukup jauh berbeda dan menjadikannya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Untuk bahan katun sendiri, seperti sudah disinggung sebelumnya, merupakan bahan yang dibuat dari serat kapas atau serat alami tumbuhan lalu diproses menggunakan teknik bernama yarning sehingga menghasilkan benang dengan tekstur halus. Hal ini lah yang menjadikan katun memiliki permukaan halus juga lembut dan terasa nyaman saat digunakan.

Bila katun dibuat menggunakan bahan alami, maka lain halnya dengan polyester yang dalam proses pembuatannya banyak menggunakan bahan kimia sebagai penyusunnya. Mengandung senyawa kimia bernama ethylene glycol dan asam tereftalat yang dikombinasikan dengan kandungan zat minyak bumi bernama polyethylene terephathalate. Dengan susunan bahan tersebut tentu saja menghasilkan sifat bahan seperti kedap air, serat kuat serta permukaan yang licin dan mengkilap pada bahan polyester.

Demikian beberapa hal yang menjadi perbedaan polyester dan katun sebagai bahan pembuatan tas. Kedua bahan tersebut tentu dilengkapi dengan kelebihan serta kekurangan masing masing, sebagai konsumen anda bisa menyesuaikan keunggulan yang dimiliki bahan tersebut dengan kebutuhan tas. Karena bagaimanapun sebelum memulai proses pembuatan tas, para produsen tas tentu akan memperhatikan serta menyesuaikan terlebih dahulu pemilihan bahan tas yang digunakan dengan fungsi dan penggunaan tas tersebut.

 

Tas dengan bahan polyester memang bisa dibilang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan tas berbahan katun, namun tidak dapat dipungkiri juga bila tas katun memiliki banyak peminat terlebih desain atau model yang dimiliki tas berbahan katun bisa dibilang lebih sederhana dengan harga terjangkau dibandingkan dengan tas polyester. Hampir mirip dengan bahan spunbond tas katun kerap kali dijumpai dalam pembuatan tas model goodie bag maupun tote bag yang sering digunakan sebagai souvenir maupun media promosi suatu usaha.

Namun meskipun begitu, bukan berarti bahan seperti katun tidak bisa dijadikan tas dengan model lain karena tidak sedikit juga tas dengan model ransel, waistbag, maupun shoulder bag yang menggunakan bahan kanvas sebagai material pembuatannya dengan tampilan sederhana tetapi elegant juga fashionable. Tetapi bila mengingat sifat bahan katun yang halus, lembut juga cenderung lentur, tentu cukup sulit untuk menghasilkan sebuah tas dengan tampilan serta spesifikasi unggul.

Maka dari itu, dalam hal ini adanya pabrik tas yang berpengalaman akan sangat membantu. Dan salah satu pabrik tas yang dapat diandalkan tersebut adalah Karya Bintang Abadi sebagai pabrik tas custom terbaik dengan banyak pengalaman serta kepercayaan dari para clientnya. Selama lebih dari 10 tahun, mulai dari perguruan tinggi, kelembagaan, perorangan, perusahaan hingga instansi pemerintahan menjadikan pabrik tas custom ini sebagai andalan untuk membantu menyediakan segala kebutuhan tas custom berbagai acara.

Selalu mengusahakan kepuasan para client dengan menghasilkan produk tas berkualitas yang memiliki tampilan kekinian juga detail jahitan rapi, sehingga untuk kekuatan serta ketahananya tidak perlu di ragukan lagi. Selain itu adapun harga yang ditawarkan juga tidaklah mahal dan akan semakin terjangkau bila anda melakukan pemesanan dalam partai besar. Dengan proses pengerjaan cepat oleh para tenaga ahli berkompeten di pabrik sendiri.

Selain itu, adapun kemudahan yang ditawarkan pada client maupun calon client adalah mudahnya cara pemesanan yang dapat dilakukan baik secara online maupun offline dengan bantuan customer service ramah juga sigap untuk menjelaskan berbagai pertanyaan terkait detail produk, estimasi harga hingga saat client melakukan pemesanan tas. Jadi tunggu apalagi? Segara hubungi customer service Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan produk tas berkualitas.

Terimakasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!