10 Fakta Bahan PU Leather Untuk Tas, Begini Kualitasnya

bahan PU leather

bagikan artikel ini kepada teman

Bagi para pria maupun wanita yang gemar tampil modis dengan gaya simple namun tetap terkesan elegan juga classy dalam waktu bersamaan, agaknya pasti memiliki salah satu koleksi item fashion berbahan kulit bukan? Baik itu berbentuk belts, sepatu maupun yang paling umum adalah tas. Dari banyaknya jenis bahan yang ada, bahan kulit memang bisa dibilang menjadi juaranya untuk menghasilkan produk dengan tampilan memukau tersebut. Baik yang berasal dari genuine leather atau PU leather

Namun, bukankah tas dengan bahan kulit memiliki harga yang relatif mahal? Dan bagaimana bila budget yang dimiliki terbatas? Apakah tetap bisa mendapatkan tas dengan tampilan bahan kulit?

bahan PU leather

Pertanyaan pertanyaan seperti ini pasti pernah terbesit pada beberapa orang yang masih ragu untuk menjadikan tas berbahan kulit sebagai koleksinya. Tetapi tenang saja, karena nyatanya terdapat banyak merk tas yang menjual koleksi produk tas kulitnya dengan harga ramah dikantong, Meskipun bahan yang digunakan memang bukan genuine leather atau kulit asli, melainkan PU leather atau kulit sintetis.

Merupakan singkatan dari Poliuretan leather, PU leather adalah salah satu jenis dari kulit sintetis yang memiliki dua versi pembuatan. Ada PU leather yang dibuat menggunakan bahan poliuretan dan plastik tanpa mencampurkan kulit hewan asli sama sekali dan dianggap sebagai kulit vegan. Tetapi ada juga yang membuatnya menggunakan bahan poliuretan dan dikombinasikan dengan bahan kulit asli kualitas rendah lalu di press pada bagian permukaannya.

Bahan ini banyak digunakan untuk membuat berbagai produk, mulai dari beragam item fashion hingga perabot rumah tangga. Karena dirasa memiliki tampilan yang cukup mirip dengan kulit asli, cara membersihkan dan perawatan juga tidak serumit kulit asli, terlebih harganya juga lebih terjangkau, menjadikan bahan ini kerap dijadikan alternaif pengganti bahan kulit asli yang mahal sebagai material pembuatan beragam item fashion hingga perabot rumah tangga.

Tetapi dari sekian banyak item yang bisa dibuat menggunakan bahan PU leather, tas memang merupakan salah satu barang yang paling banyak dibuat, sebut saja seperti merk lokal Elizabeth yang menggunakan bahan PU kualitas premium untuk koleksi produknya.

Sebagai salah satu bahan yang cukup banyak diminati penggunannya, lalu bagaimana dengan kualitas yang dimiliki oleh PU leather ini? Untuk mengetahui kualitas dari bahan ini, berikut kami berikan beberapa penjelasannya:

Bahan PU Leather Untuk Tas, Begini Kualitasnya

Bahan kulit sintetis memang bukan hanya PU leather saja, namun bisa dibilang jenis kulit sintetis satu ini memang yang paling banyak beredar dikalangan masyarakat. Khususnya dalam penggunaan bahan pembuatan tas, karena PU leather memiliki karakteristiknya juga kualitas yang berbeda, seperti berikut ini:

1. Memiliki bobot ringan

Bila dibandingkan dengan bahan kulit sintetis lainnya seperti PVC atau Vinyil, PU leather memang memiliki bobot yang sedikit lebih ringan karena lapisannya tidak terlalu tebal dan banyak. Hal ini tentu akan menguntungkan saat bahan ini digunakan sebagai material sebuah pembuatan tas dikarenakan bobot bahan tidak akan mempengaruhi berat tas ketika di gunakan.

2. Memiliki pori dan rongga lebih lebar

Pada permukaan bahan PU leather, rongga dan pori – pori yang di miliki termasuk cukup lebar. Dengan adanya hal ini tentu akan membuat bahan PU lebih bisa bernafas karena sirkulasi udara yang ada juga lebih baik dan lancar. Selain itu karena lebarnya pori juga rongga tersebut, tas yang terbuat dari PU leather biasanya tidak mudah terkena jamur meskipun dalam kondisi lembab.

3. Fleksibel dan tekstur bahan yang lentur

PU leather memiliki bahan dengan sifat fleksible, yang dimaksud disini adalah tas dengan bahan pembuatan PU bisa menyesuaikan dengan baik suhu ruangan tempat penyimpanan, berbeda dengan tas berbahan kulit asli yang harus disimpan pada suhu ruangan tertentu agar kelembabannya terjaga.

Adapun tekstur yang dimiliki PU leather juga lentur namun tetap kokoh sehingga akan sangat nyaman bila digunakan dalam pembuatan tas berkapasitas besar yang digunakan untuk mengangkut banyak barang keperluan, seperti model tote bag, shoulder bag, maupun travel bag.

4. Permukaan bahan yang tahan gores

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pengguna tas dengan bahan kulit baik asli maupun sintetis adalah permukaan tas yang tergores dan dapat merusak tampilan dari tas tersebut. Namun, bila anda memilih tas berbahan PU leather agaknya bisa bernafas lega, karena sifat bahan ini yang tahan terhadap goresan. Memiliki permukaan licin dan juga lembut membuat bahan ini memiliki daya tahan terhadap gores cukup baik.

5. Bahan yang kedap air

Untuk sifat bahan ini sebetulnya dimiliki juga oleh bahan kulit sintetis lainnya namun dengan tingkatan dan efek yang berbeda beda pula. Tetapi bila anda memiliki tas dengan bahan PU leather agaknya hal ini bisa menjadi suatu keunggulan yang patut untuk dipertimbangkan. Meskipun memiliki pori dan rongga yang cukup lebar, tetapi daya tahannya terhadap air memiliki tingkatan yang baik.

6. Termasuk bahan yang cukup ramah lingkungan

PU leather bisa dibilang termasuk dalam bahan yang cukup ramah lingkungan, hal ini dikarenakan susunan bahan pembuatannya yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia.

7. Permukaan bahan tidak mudah retak

Dikarenakan memiliki pori juga rongga cukup lebar, menjadikan tas yang terbuat dari bahan ini memiliki ketahanan lebih baik dan tidak mudah retak. Selain itu sifat bahan fleksibel juga lentur yang dapat menyesuaikan dengan baik suhu ruangan membuat bahan ini cepat beradaptasi pada kondisi sekitar untuk mengatur kelembaban pada tas. Selain itu kelenturannya juga membuat tas berbahan PU lebih tahan terhadap retakan saat tidak sengaja terlipat.

8. Memiliki bau yang tidak menyengat

Pada tas berbahan kulit terutama yang masih baru kerap kali pengguna merasa cukup terganggu dengan bau yang ada. Bila pada tas berbahan kulit sintetis lainnya kerap dijumpai bau bahan kimia yang cukup kuat, maka berbeda halnya dengan tas berbahan PU leather yang baunya lebih tersamarkan karena penggunaan atau kandungan bahan kimia tidak terlalu banyak.

9. Bahan yang tidak terlalu tebal

Terbuat dari susunan bahan yang tidak begitu banyak tentu membuat PU leather memiliki ketebalan bahan cenderung lebih tipis bila dibandingkan dengan bahan sintetis lain seperti PVC. Namun dengan bahan yang tidak terlalu tebal, model tas yang bisa dibuat menggunakan bahan ini juga lebih beragam.

10. Memiliki banyak variasi warna dan tidak mudah pudar

Bila dibandingkan dengan bahan kulit asli yang cenderung memiliki warna kebanyakan cokelat atau warna gelap, maka berbeda halnya dengan bahan PU leather ini. Tas yang dihasilkan dari bahan PU biasanya memiliki variasi warna lebih beragam, warna yang ada pun juga tajam dan tidak mudah pudar.

Hal ini juga yang menjadikan bahan PU banyak digunakan sebagai pembuatan tas maupun item fashion lain, karena selain harga yang lebih terjangkau, warnanya pun juga cenderung lebih bervariasi dan eyecatching tanpa menghilangkan kesan elegant juga classy.

Itu dia beberapa kualitas yang dimiliki oleh bahan PU leather yang tidak kalah saing dengan tas berbahan kulit sintetis lainnya. Meskipun untuk daya tahan jangka waktu lama tas dengan bahan kulit asli memang masih lebih baik, namun memilih tas berbahan PU leather juga bukan merupakan pilihan salah. Terlebih tampilan yang dihasilkan juga tidak kalah cantik juga menarik dengan harga lebih ramah dikantong.

 

Memiliki usaha yang dapat berkembang dan semakin sukses adalah resolusi dari semua pelaku usaha di tahun 2023 ini. Beragam cara dapat dilakukan sebagai upaya untuk meraih hal tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan promosi ataupun mengikuti beberapa pameran usaha untuk semakin memperkenalkan dan juga meningkatkan brand awareness dari usaha tersebut.

Untuk mendukung hal ini, menyediakan beberapa souvenir sebagai hadiah bagi para target calon customer merupakan salah satu cara jitu yang dapat dilakukan. Terdapat banyak jenis barang yang dapat dipilih untuk dijadikan sebagai media promosi maupun souvenir tersebut. Mulai dari alat tulis sampai barang paling fungsional yaitu tas.

Bila memilih tas pun, juga terdapat banyak model yang dapat dijadikan pilihan, mulai dari goodie bag, tote bag, tas laptop, waistbag, hingga tas ransel sekalipun yang bisa disesuaikan dengan jenis usaha, kebutuhan serta budget. Terlebih saat ini juga sudah banyak pabrik tas yang menyediakan jasa custom tas dalam jumlah terentu dengan harga terjangkau namun kualitas dan mutunya terjamin, salah satunya adalah pabrik tas custom KBA.

Karya Bintang Abadi merupakan pabrik tas custom pilihan yang dapat diandalkan untuk membantu memenuhi segala kebutuhan tas acara. Dengan berbagai model tas trendi juga tidak ketinggalan jaman, adapun untuk bahan yang digunakan juga selalu dipastikan kualitasnya dan dikerjakan langsung oleh tenaga ahli berkompeten di pabrik sendiri, sehingga untuk mutunya sudah dipastikan terjamin. Seluruh pesanan tas yang sudah dikerjakan juga selalu melalui tahap quality control guna memastikan kondisi tas dalam keadaan baik sebelum sampai ke tangan client.

Menjadi salah satu pabrik tas custom terbaik di Jogja yang melayani pemesanan tas dari seluruh wilayah di Indonesia, secara online maupun offline. Dibantu oleh para customer service ramah yang dengan senang hati akan menjelaskan berbagai informasi mengenai detail produk hingga estimasi harga sebelum client maupun calon client melakukan pemesanan tas.

Memiliki jumlah minimal pesanan tas sebanyak 50 pcs dengan harga terjangkau, terlebih bila anda memesan dalam jumlah besar. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi Karyabintangabdi.id untuk mendapatkan produk tas custom berkualitas dan unggulan yang terpercaya.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami. Jangan lupa untuk share pada orang orang terdekat anda, agar tidak ketinggalan berbagai informasi up to date dan menarik seputar tas lainnya. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!