fbpx

Terbongkar! Begini Cara Membedakan Tas Prada Asli dan Palsu

membedakan tas Prada asli dan palsu

bagikan artikel ini kepada teman

Berbicara tentang brand fashion ternama dengan pamor besar buatan negara mode seperti Italia, tentu akan kurang rasanya jika tidak menyebutkan Prada sebagai salah satunya. Dimana Prada sendiri dalam hal ini diketahui memang merupakan salah satu merek fashion mewah yang berasal dari Italia dan didirikan pada tahun 1913 lalu oleh seorang pria bernama Mario Prada, tepatnya di Milan, Italia. Yang mana sejak awal kemunculannya, brand ini diketahui memang sengaja didirikan sebagai toko barang-barang mewah dari kulit yang berkualitas tinggi, seperti tas, koper, hingga sarung tangan.

Namun meskipun dikenal sebagai toko yang menyediakan barang barang mewah, tetapi bisa dibilang sejak dahulu kala Prada pun dikenal pula sebagai salah satu brand fashion atau rumah mode yang memiliki kekhasan dalam hal desainnya, yaitu tampilan sederhana namun elegan dengan kualitas bahan yang sangat baik. Oleh sebab itu, wajar saja bukan jika dari awal berdirinya sampai saat ini, Prada terus saja dianggap sebagai merek fashion bergengsi, khususnya dalam industri mode dunia. Apalagi setelah Mario Prada meninggal dan bisnisnya diambil alih oleh putrinya, yaitu Miuccia Prada, pada tahun 1978.

Dimana, dibawah kepemimpinan Miuccia ini lah Prada dikenal telah berhasil membawa perubahan besar dan diketahui mulai semakin berani menunjukan bakat juga kemampuannya pula, yaitu dengan mengembangkan lebih banyak produk fashion, seperti pakaian, sepatu, tas hingga jenis aksesori lainnya. Yang mana berkat hal tersebut, Prada berhasil dikenal sebagai salah satu merek paling trendi dan berpengaruh di dunia fashion, yang terus saja berkembang, dan membuatnya turut serta masuk dalam jajaran merek fashion mewah terkemuka dunia, dengan toko di berbagai negara dan koleksi-koleksi yang selalu dinantikan disetiap musimnya.

Terlebih, secara garis besar sebetulnya ada pula beberapa hal atau alasan yang dapat dijadikan sebagai jawaban kenapa Prada bisa menjadi salah satu merek fashion terkenal dan mendunia. Dan adapun sejumlah alasan mengapa Prada pantas dikenal sebagai merek fashion ternama dan mendunia tersebut, diantaranya adalah dikarenakan beberapa faktor utama berikut ini:

1. Inovasi dalam desain

Prada dikenal dengan desainnya yang unik, eksentrik, dan seringkali kontroversial. Dimana adanya hal ini, bisa dibilang memang sudah berlangsung lama dan telah menjadi kebiasaan maupun kekhasan dari Prada untuk selalu mencoba hal-hal baru dan tidak takut melanggar aturan tradisional dalam fashion.

2. Kualitas bahan

Sejak pertama kali didirikan dan dikenalkan pada publik, Prada diketahui memang sudah menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk pembuatan setiap produk-produknya. Baik itu untuk jenis material utamanya seperti kulit, maupun jenis material pendukung lainnya, guna memberikan produk tahan lama dan berpenampilam mewah.

3. Image merek yang kuat

Sebagai salah satu brand fashion yang sudah berdiri cukup lama, bisa dibilang jika Prada dalam hal ini pun telah berhasil membangun image merek yang kuat sebagai simbol gaya dan keanggunan. Terlebih, sejak dulu diketahui sudah banyak pula selebriti, tokoh terkenal, hingga fashionista yang diketahui gemar mengenakan produk Prada, dan membantunya meningkatkan citra merek ini di mata konsumen.

4. Kemitraan dan kolaborasi

Untuk semakin menunjukan eksistensinya dalam industri fashion dunia, Prada diketahui juga sering melakukan kemitraan atau kolaborasi dengan para seniman, desainer, atau bahkan juga merek lain, sebagai cara untuk menciptakan koleksi-koleksi yang lebih unik dan menarik. Dimana adanya kolaborasi ini pun juga dinilai dapat memberikan kesan bahwa Prada selalu berada di garis depan dalam industri fashion.

5. Pemasaran yang cerdas

Selalu menggunakan strategi pemasaran yang cerdas, yaitu berupa penggunaan kampanye iklan menarik, penempatan produk yang cermat di media sosial, dan selalu hadir dalam acara-acara fashion terkemuka adalah beberapa faktor yang membuat Prada terus berada di puncak kesuksesannya dan menjadi merek yang dikenal secara internasional.

Tetapi sayangnya bersamaan dengan beberapa faktor kesuksesannya di atas, yang dirasa merupakan tonggak awal dari dikenalnya Prada sebagai salah satu merek fashion mewah terkemuka di dunia, dengan pengaruh besar dalam industri fashion. Adapula sejumlah hal negatif atau resiko yang harus ditanggung oleh Prada, misalnya saja seperti produk produknya yang diketahui semakin banyak di plagiat. Dan bisa dibilang, jika produk berupa tas adalah salah satu koleksi produknya yang paling banyak mengalami plagiat atau pemalsuan. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membeli tas Prada, ada baiknya untuk mengetahui cara membedakan tas Prada asli dan palsu berikut:

Terbongkar! Begini Cara Membedakan Tas Prada Asli dan Palsu

Membedakan tas Prada asli dan palsu bisa dibilang memang merupakan salah satu kegiatan yang cukup sulit untuk dilakukan. Mengingat jika seiring berkembangnya jaman dan teknologi, kini pun diketahui sudah mulai banyak pula oknum yang dirasa semakin ahli dan lihai dalam melakukan pemalsuan barang. Tidak terkecuali dalam hal ini adalah pemalsuan terhadap koleksi tas Prada yang dikenal begitu populer dan mendunia. Terlebih sebagai salah satu koleksi produk andalan Prada, tas Prada pun pada dasarnya juga memiliki sejumlah kelebihan, yang diantaranya seperti:

1. Popularitas: Prada adalah salah satu merek fashion mewah yang sangat populer dan diakui secara global. Dimana tas Prada, terutama yang ikonik seperti tas tote Prada atau tas Saffiano, tentunya dianggap memiliki daya tarik yang sangat besar pula bagi konsumen. Dan dikarenakan hal tersebut lah tas buatan Prada dianggap sebagai sasaran empuk dari tindakan plagiarisme.

2. Harga yang Tinggi: Selalu menggunakan bahan berkualitas tinggi dengan kemampuan pembuatan sangat baik, tentu wajar saja bukan jika harga tas Prada asli biasanya dibandrol sangat tinggi dengan aksesbilitas cukup sempit.  Dan adanya hal ini pula lah yang membuat tas Prada menjadi target menarik bagi produsen barang palsu yang ingin memanfaatkan citra merek tersebut untuk keuntungan mereka sendiri.

3. Kemudahan dalam Meniru: Desain tas Prada meskipun sering kali memang tampak mewah dan stunning, namun sebenarnya memiliki detail-detail khusus yang bisa dengan mudah ditiru oleh produsen barang palsu, terutama dengan kemajuan teknologi produksi dan material yang semakin canggih. Dan dikarenakan itu pula lah, tas Prada kerap kali dijadikan sasaran korban plagiarisme.

4. Permintaan yang Tinggi: Permintaan akan tas Prada asli bisa dibilang memang sangat tinggi di pasar global. Namun dengan jumlah barang serta harga yang tidak murah, tentu menjadikan tidak semua orang mampu atau bersedia membayar harga tas Prada secara penuh. Dimana dikarenakan hal ini, terciptalah pasar yang besar untuk barang palsu. Tetapi meskipun begitu, kita sebagai konsumen agaknya tidak perlu terlalu panik. Karena sebetulnya masih ada beberapa hal yang setidaknya bisa disimak atau diperhatikan untuk membantu kita dalam membedakan tas Prada asli dan palsu, seperti berikut ini:

1. Kualitas Material pada Tas

membedakan tas Prada asli dan palsu

Untuk dapat membedakan tas Prada asli dan palsu, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengamati kualitas material pada tas. Dimana umumnya perbedaan antara tas Prada asli dan palsu dari segi kualitas material ini dapat kita kenali melalui beberapa hal. Diantaranya seperti pada tas Prada asli, umumnya kita akan menjumpai bahan berkualitas tinggi dengan ciri ciri berupa adanya permukaan bertekstur namun lembut, bahan dengan ketebalan pas sehingga tidak mudah sobek atau terkoyak, elastis, dan tercium bau khas kulit hewan asli.

Sedangkan pada produk tas Prada palsu, biasanya kita akan menjumpai adanya bahan berkualitas rendah dan merupakan jenis material sintetis dengan mutu dibawah produk asli. Karena pada versi tas palsu ini, kita umumnya akan mendapati adanya bahan tas dengan ketebalan tipis yang membuatnya mudah sobek atau terkoyak, tekstur terlalu halus atau kasar karena tidak dihasilkan secara alami, kekakuan pada bahan, serta bau bahan kimia yang tercium lebih pekat.

Selain itu, adapun tanda lain yang juga bisa menunjukan jika tas tersebut adalah tas Prada asli atau palsu melalui kualitas bahan, adalah dari ketajaman warna serta detail finishing bahan. Dimana pada tas asli, umumnya mereka akan memiliki warna cenderung jauh lebih tajam atau pekat dengan finishing halus. Tetapi tentu hal berbeda akan didapati jika tas tersebut adalah produk palsu, karena pada tas palsu biasanya akan dijumpai bahan dengan warna yang cenderung lebih tipis atau pudar serta finishing berantakan karena ketidak teraturan dalam proses pembuatannya.

2. Tampilan detail Jahitan

Memeriksa detail jahitan dengan teliti ternyata juga bisa membantu kita dalam membedakan tas Prada asli dan palsu. Yang mana, untuk memastikan keaslian produk tas Prada melalui cara ini setidaknya kita memang diharuskan memperhatikan beberapa bagian pada tas secara cermat dan teliti. Karena untuk tas Prada asli biasanya, mereka akan memiliki jahitan yang tampak sangat rapi, lurus, dan tidak dijumpai adanya benang kendur atau bahkan terlepas dari alur seharusnya.

Untuk jumlah jahitan, pada tas asli biasanya kita juga akan menemui adanya jumlah yang lebih konsisten dan simetris pada tas dengan jarak dan ketebalan baik, sehingga nantinya mampu mengaitkan antar bagian tas secara kuat juga teratur. Sedangkan pada produk tas palsu, tentu hal sebaliknya akan kita jumpai, karena biasanya mereka akan memiliki detail jahitan yang kurang teratur dengan jarak serta ketebalan tidak presisi, sehingga kemungkinan untuk mudah terlepas atau sobek lebih besar terjadi.

Selain itu, untuk produk tas asli Prada tentu juga akan menggunakan benang berkualitas tinggi untuk setiap jahitannya, sehingga nantinya alur jahitan miliknya tersebut akan tampak lebih kuat serta tidak mudah putus dengan kekonsitenan warna lebih pekat. Tetapi berbanding terbalik jika produk tersebut adalah tas palsu, karena untuk versi tas palsu umumnya kita mungkin akan menjumpai benang berkualitas rendah, sehingga dari segi kekonsistenan warna maupun kekuatannya akan lebih lemah dibandingkan tas asli.

3. Detail dan Kualitas Hardware

Membedakan tas Prada asli dan palsu juga bisa dilakukan dengan cara memperhatikan tas dari segi detail dan kualitas hardwarenya. Meskipun bisa dibilang, untuk menemukan perbedaan tas asli dan palsu melalui hal ini  memang memerlukan perhatian pada detail-detail kecil, sehingga membutuhkan adanya ketelitian juga kecermatan. Karena umumnya, pada tas Prada asli kita akan menjumpai penggunaan bahan hardware berkualitas tinggi, seperti stainless steel atau logam berlapis emas. Sedangkan pada tas palsu cenderung ke bahan logam murahan.

Oleh sebab itu bila diperhatikan, pada tas yang asli biasanya kita akan menemukan adanya hardware tas dengan tampilan berkilau atau mengkilap, tebal, berbobot cukup berat, serta berwarna tajam, Dimana ketika disentuh pun hardware tersebut biasanya akan terasa lebih halus dan tidak mudah berkarat. Sedangkan jika nantinya kita menemukan tas Prada dengan tampilan hardware cenderung lebih kusam, warna pudar, tipis, berbobot ringan, dan permukaan cenderung terasa lebih kasar serta mudah berkarat, maka besar kemungkinan jika tas tersebut adalah produk tas Prada palsu.

4. Tampilan Logo dan Branding

Selain memeriksa detail jahitan pada tas, untuk membantu kita membedakan tas Prada asli dan palsu umumnya kita juga dapat mengetahuinya dengan cara mengamati bagian logo dan branding secara cermat. Dimana pada logo tas Prada yang asli biasanya akan tercetak adanya logo dengan tampilan jelas dan rapi, serta memiliki detail yang cenderung lebih tajam pula. Tetapi hal berbeda akan dijumpai pada tas palsu, karena pada bagian logonya seringkali akan terlihat lebih buram atau kabur, dan kadang-kadang bahkan ada perbedaan dalam bentuk atau proporsi logo.

Selain itu, pada tas Prada asli tata letak logo umumnya juga akan diletakkan pada posisi simetris dan sejajar dengan bagian lain dari tas. Namun hal sebaliknya justru akan kerap dijumpai pada tas Prada palsu, karena biasanya pada versi ini tata letak logo bisa terlalu tinggi, rendah, atau bahkan juga tidak sejajar dengan benar dan nantinya ketika diperhatikan secara seksama akan menghasilkan tampilan kurang presisi yang membuatnya terlihat tidak rapi atau proposional.

Sedangkan tampilan logo serta branding tas asli jika dilihat dari segi warna dan kualitas cetakan, biasanya akan tampak dari warna yang terlihat lebih konsisten dan sesuai dengan standar merek, serta dicetak menggunakan teknik yang berkualitas tinggi, sehingga tekstur dan detailnya terasa jelas saat disentuh. Tetapi lain halnya jika produk tersebut adalah tas Prada palsu yang biasanya akan memiliki warna cenderung terlalu gelap atau terang dengan cetakan logo yang seringkali terasa kasar atau tidak rata.

5. Adanya Dokumentasi dan Kemasan

membedakan tas Prada asli dan palsu

Memperhatikan adanya dokumentasi lengkap serta tampilan dari kemasan yang dimiliki oleh tas Prada bisa dibilang juga menjadi hal penting untuk membantu kita dalam membedakan tas Prada asli dan palsu. Karena pada tas Prada asli biasanya setiap pembelian tas akan selalu disertai dengan adanya kemasan yang berkualitas tinggi, baik itu berupa kotak serta kantong penyimpanannya yang terbuat dari bahan kokoh dan memiliki logo Prada dengan cetakan jelas, atau adanya dokumen pendukung seperti kartu garansi, buku panduan, atau sertifikat autentikasi yang tersimpan dan tercetak secara rapi, lengkap, juga akurat.

Oleh sebab itu jika tas Prada yang berada ditangan kita sekiranya memiliki kemasan dengan tampilan yang justru terlihat murahan dan memiliki kualitas cetakan atau bahan yang kurang baik, serta tidak dilengkapi adanya informasi akurat, maka besar kemungkinan jika tas tersebut adalah tas Prasa palsu. Karena umumnya untuk tas palsu, mayoritas memang akan sengaja dibuat dengan tidak menyertakan adanya dokumen resmi, sehingga tampak cukup mencurigakan.

Apalagi pada tas Prada asli, biasanya akan dijumpai pula adanya penggunaan stiker atau label dengan kode unik untuk mengidentifikasi produknya. Dimana stiker atau label ini seharusnya terpasang dengan rapi dan tidak mudah lepas, serta memiliki ciri berupa bahan tebal, emboss dalam, warna tajam dan tulisan jelas terbaca. Sedangkan pada tas palsu mungkin akan dijumpai adanya kemasan yang memiliki stiker atau label dengan kesan murahan, serta tidak terpasang secara rapi.

Nah, itu dia beberapa cara membedakan tas Prada asli dan palsu yang dapat disimak. Dimana selain beberapa hal di atas, sebetulnya perbandingan harga juga bisa menjadi salah satu cara untuk membedakan tas Prada asli dan palsu. Karena sebagaimana sudah kita ketahui bersama, jika pada tas Parda asli biasanya diketahui akan memiliki harga jual yang relatif tinggi, yaitu bisa mencapai ratusan hingga ribuan dolar, tergantung pada koleksi dan bahan yang digunakan.

Sedangkan pada tas Prada palsu biasanya justru akan dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada tas Prada asli dan umumnya akan bervariasi, tergantung pada kualitasnya. Oleh sebab itu, untuk menghindari resiko tertipu barang palsu ini, tentu sangat lah disarankan bagi anda yang berencana untuk membeli tas Prada sebagai koleksi tas pribadi, untuk selalu membeli tas tersebut dari toko resmi atau penjual terpercaya saja, guna memastikan keaslian dari produk dan menghindarkan diri dari kerugian akibat barang palsu.

 

Koleksi produk berupa tas yang dibuat oleh merek ternama seperti Prada memang dikenal tidak pernah berhenti menarik atensi publik dengan segala keunggulan produknya. Namun dikarenakan harganya yang mahal, tentu saja hal tersebut membuat tas seperti milik Prada ini sangat tidak cocok untuk digunakan bagi keperluan bersifat komersil. Karena seperti kita ketahui bersama, bila tas guna keperluan komersil umumnya akan lebih disarankan dibuat secara custom saja pada sebuah jasa pembuatan tas custom seperti Karya Bintang Abadi agar hasilnya jauh lebih sesuai dengan kebutuhan dan juga budget.

Dimana Karya Bintang Abadi sendiri, dalam hal ini adalah nama dari sebuah pabrik tas custom terbaik yang dapat dipercaya dan diandalkan untuk menangani segala jenis kebutuhan tas custom selama lebih dari 10 tahun berdiri. Memiliki beragam model juga desain tas kekinian berspesifikasi terbaik, pabrik tas ini pun selalu memastikan pula bila setiap pesanan tasnya selalu dikerjakan secara langsung di pabrik sendiri oleh SDM berkompeten, sehingga dijamin memiliki detail tampilan memuaskan, kualitas dan mutu unggul, hingga harga terjangkau, terlebih bila pemesanan berjumlah besar.

Dan dengan segala kelebihan yang di tawarkan oleh Karya Bintang Abadi bagi para customer maupun calon customernya tersebut, yakin masih ragu untuk mempercayakan segala kebutuhan tas custom pada pabrik tas ini? Terlebih pabrik tas ini juga selalu memastikan bila setiap customer akan mendapatkan pelayanan terbaik dengan proses pemesanan aman karena sudah berlegalitas dan cara pemesanan mudah serta cepat, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dengan hasil yang memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik lainnya seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp