fbpx

Sudah Taukah Kamu Perbedaan Tumbler dan Botol!

perbedaan tumbler dan botol

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum mengetahui lebih jauh terkait perbedaan tumbler dan botol, tentu ada baiknya bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu tentang masing masing pengertian dari tumbler maupun botol itu sendiri. Mengingat, jika dalam kehidupan sehari hari manusia, kedua jenis barang yang dianggap sama atau serupa tersebut bisa dibilang memang  sangatlah umum dijumpai, juga digunakan untuk beragam keperluan. Terlebih, sebagaimana kita ketahui bersama pula, jika baik tumbler maupun botol keduanya pun sama sama dijuluki sebagai barang multifungsi yang tentunya dapat memudahkan beberapa jenis mobilitas harian kita.

Dimana secara garis besar, pengertian untuk tumbler sendiri sebetulnya dapat diartikan sebagai sebuah jenis wadah atau gelas yang biasanya banyak digunakan untuk menampung minuman, terutama untuk minuman dengan suhu tertentu, mulai dari panas atau dingin seperti kopi, teh, atau cokelat. Oleh sebab itu, umumnya sebuah tumbler seringkali akan dibuat memiliki desain yang tahan panas dan dingin serta dilengkapi pula dengan adanya tutup rapat, guna mencegah terjadinya tumpahan atau pertahanan suhu bocor yang dapat membuat suhu minuman di dalamnya berubah menjadi netral.

Dan karena dijadikan sebagai wadah air atau minum yang memiliki fungsi utama untuk melindungi serta mempertahankan suhu, sebuah tumbler biasanya akan terbuat dari bahan yang tahan lama seperti stainless steel, kaca, atau plastik berkualitas tinggi, dan dilengkapi pula oleh adanya lapisan isolasi guna menjaga suhu tertentu pada minuman terjaga lebih lama. Yang mana dikarenakan hal ini pula lah, seiring berjalannya waktu tumbler juga mulai sering digunakan sebagai alternatif ramah lingkungan untuk menggantikan gelas atau botol plastik sekali pakai.

perbedaan tumbler dan botol

Sedangkan untuk pengertian dari botol sendiri, sebetulnya juga tidaklah jauh berbeda dengan pengertian tumbler. Karena pada dasarnya dalam hal ini botol juga merupakan sebuah wadah berbentuk silinder atau persegi panjang yang umumnya digunakan pula untuk menyimpan cairan, seperti air minum, minuman berenergi, atau jenis cairan lainnya. Namun biasanya untuk jenis wadah air berupa botol ini, mereka kebanyakan akan sengaja dibuat menggunakan bahan seperti plastik dan dilengkapi dengan tutup untuk mencegah tumpahan, tanpa adanya isolasi termal, karena memang tidak dikhususkan untuk suhu tertentu.

Oleh sebab itu, botol memang dikenal lebih sering dijumpai atau digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti peran botol yang dalam hal ini kerap ditemui sebagai kemasan air minum dari berbagai merek. Namun meskipun begitu, baik tumbler maupun botol keduanya sebetulnya sama sama memiliki sejumlah alasan kenapa banyak digunakan dan dibawa oleh orang orang dalam kegiatan harianya. Dan adapun sejumlah alasan tersebut, diantaranya adalah dikarenakan beberapa hal berikut ini:

1. Kesadaran Lingkungan: Penggunaan tumbler dan botol yang dapat dipakai secara berulang kali dianggap dapat membantu mengurangi jumlah sampah plastik, dan menjadi bagian dari kegiatan positif akan kesadaran lingkungan.

2. Kemudahan Penggunaan: Tumbler dan botol umumnya memang dirancang untuk memudahkan orang dalam membawa minuman mereka ke mana pun mereka pergi, baik itu bekerja, bersekolah, atau berolahraga.

3. Hemat Biaya: Dengan menggunakan tumbler atau botol, orang orang dinilai dapat lebih menghemat biaya  yang biasanya akan dikeluarkan untuk membeli air minum dalam kemasan sekali pakai.

4. Pilihan Minuman yang Lebih Sehat: Ketika membawa tumbler atau botol sendiri, tentu kita bisa lebih mudah untuk memastikan kebersihan dari air yang akan dikonsumsi.

5. Desain dan Gaya: Dibandingkan dengan botol sekali pakai, tumbler dan botol memang diketahui hadir dalam berbagai desain dan gaya yang lebih menarik, sehingga dapat menjadi aksesori yang bergaya dan mencerminkan kepribadian penggunanya.

Sudah Taukah Kamu Perbedaan Tumbler dan Botol!

Meskipun memang dikenal memiliki bentuk serta fungsi serupa, yaitu sebagai wadah untuk menyimpan air minum, tetapi tetap saja baik tumbler maupun botol keduanya sejatinya merupakan dua jenis wadah minum yang pada dasarnya memiliki sejumlah perbedaan dalam beberapa hal, terutama pada konteks penggunaan dan desainnya. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pemanfaatan kedua jenis wadah minum tersebut, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui tentang apa saja perbedaan umum yang dimiliki oleh tumbler dan botol, sebagaimana dijelaskan berikut ini:

1. Jenis Bahan Pembuatan 

Perbedaan tumbler dan botol yang pertama biasanya dapat dilihat dari segi bahan pembuatan. Karena bisa dibilang jika dari perbedaan bahan ini, umumnya hal tersebut pun dinilai dapat mempengaruhi kegunaan dan kepraktisan dari kedua jenis wadah minum ini pula. Dimana, dapat diketahui jika untuk jenis wadah minum berupa tumbler, biasanya kita akan menjumpai dirinya yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti stainless steel atau kaca, serta memiliki sejumlah sifat khusus, diantaranya seperti tebal, sedikit berat dan memiliki beberapa lapisan guna isolator termal.

Sedangkan untuk jenis bahan pembuatan wadah minim berupa botol, umumnya kita akan lebih sering menjumpai penggunaan bahan sejenis plastik atau bisa juga stainless steel, namun bedanya tidak berlapis sehingga akan terasa lebih tipis serta ringan. Mengingat jika pada botol, sifat bahan seperti isolator termal memang lah tidak dibutuhkan. Namun dikarenakan hal ini pula lah, penggunaan botol umumnya dinilai lebih mudah dan nyaman dibawa untuk kegiatan sehari hari, karena memang lebih ringan. Tetapi sayangnya botol juga dikenal memiliki kekuatan dan ketahanan kurang jika dibandingkan dengan tumbler.

2. Bentuk dan Desain 

perbedaan tumbler dan botol

Selain perbedaan dari segi jenis bahan pembuatanya, umumnya tumbler dan botol juga bisa dibedakan dari segi desainnya. Karena bisa dibilang jika perbedaan tumbler dan botol dari segi bahan umumnya juga bukan hanya dapat mempengaruhi karakteristik atau kegunaan dari kedua jenis wadah minum ini saja, melainkan juga beserta dengan desain keseluruhannya pula. Dimana biasanya untuk tumbler, umumnya kita akan menjumpai bentuk atau desain keseluruhan yang lebih estetis, ramping, serta menarik dengan banyak pilihan fitur pendukung, seperti adanya tambahan handle hingga straw sebagai penunjang tampilan dan kinerjanya.

Tetapi akan sedikit berbeda dengan tampilan atau desain dari wadah minum berupa botol, yang umumnya justru lebih banyak dibuat menggunakan desain lebih sederhana dan bisa dikatakan menuju ergonomis, namun dengan bentuk lebih beragam, bahkan tidak jarang ada pula yang berbentuk kotak. Mengingat jika dalam hal ini, tujuan awal dibuatnya botol sendiri memang lebih mengarah pada kemudahan serta kepraktisan pembawaannya, sehingga sangat mengedepankan bentuk yang lebih fungsional.

Namun meskipun begitu, baik tumbler maupun botol keduanya diketahui sama sama memiliki variasi warna, pola, dan tekstur menarik guna menunjang tampilannya. Apalagi bisa dibilang, jika saat ini penggunaan tumbler serta botol pun bukan lagi menjadi hal asing atau jarang, melainkan sudah menjadi bagian dari lifestyle pula. Sehingga adanya tampilan eyecatching tetapi tetap fungsional dari kedua jenis wadah minum ini pun sangat lah dibutuhkan. Yang mana dikarenakan hal tersebut pula, justru sering kali membuat antara tumbler dan botol menjadi cukup sulit untuk dibedakan.

3. Isolasi Termal 

Jika berbicara tentang perbedaan tumbler dan botol agaknya akan kurang pas jika kita tidak menyebutkan perbedaan antara keduanya dari kemampuan isolasi termalnya. Dimana dapat dikatakan jika yang dimaksud dengan isolasi termal sendiri sebetulnya dalam hal ini adalah penyebutan bagi sebuah kemampuan suatu bahan atau barang dalam menghambat serta memperlambat perubahan suhu dari suhu awal menjadi netral, baik itu berupa suhu panas atau dingin. Dan biasanya adanya sifat isolasi termal ini pun akan kita jumpai pada wadah minum berupa tumbler, bukan botol.

Yang mana, adanya hal ini bisa saja terjadi dikarenakan pada wadah minum berupa tumbler umumnya kita memang akan menjumpai isi dalam tumbler yang sengaja dilengkapi dengan lapisan isolasi tebal dan berkualitas tinggi untuk membuat tumbler lebih efektif dalam menjaga suhu minuman, baik itu panas atau dingin selama beberapa jam kedepan. Mengingat jika fungsi utama sebuah tumbler sendiri pada dasarnya juga adalah sebagai wadah minum yang dikhususkan untuk menyimpan serta menjaga minuman atau cairan tetap bersuhu panas atau dingin.

Sedangkan untuk botol, karena memang bukan dimaksudkan sebagai wadah menyimpan air dengan suhu tertentu maka umumnya lapisan isolasi termal yang dimilikinya pun tidak akan semaksimal atau seefektif milik tumbler. Sehingga ketika nantinya digunakan untuk menyimpan air dengan suhu tertentu, maka suhu air tersebut akan dengan cepat berubah menjadi suhu netral atau suhu ruangan. Terlebih, karena kebanyakan dibuat menggunakan bahan plastik, hal ini pun secara tidak langsung juga membuat botol dinilai kurang baik bila dipakai untuk menampung air dengan suhu panas, karena dapat melepaskan senyawa kimia berbahaya.

4. Bentuk dan Model Tutup

Untuk perbedaan tumbler dan botol selanjutnya, kita juga dapat mengetahuinya melalui bentuk atau model tutup dari kedua jenis wadah minum ini. Meskipun baik tumbler maupun botol sendiri sebetulnya diketahui memang sama sama memiliki tipe atau variasi model tutup yang sangat beragam, karena biasanya akan tergantung dari bentuk body, peruntukkan utama, serta mereknya. Tetapi secara garis besar dikarenakan memiliki fungsi utama berbeda, maka biasanya untuk tumbler umumnya kita akan menjumpai bentuk tutup yang dirancang lebih rapat dengan adanya karet atau silikon untuk mencegah tumpahan.

Yang mana penggunaan bentuk tutup rapat pada tumbler sendiri sebetulnya pun bukan hanya dimaksudkan untuk menahan air di dalamnya agar tidak tumpah saja, melainkan juga sekaligus untuk memastikan jika suhu pada bagian dalam tumbler tidak bocor dan mengakibatkan perubahan suhu pada cairan di dalamnya menjadi netral mengikuti suhu ruang. Sedangkan sedikit berbeda halnya dengan bentuk atau model tutup pada botol, karena biasanya untuk jenis wadah minum ini umumnya kita akan lebih sering menjumpai bentuk tutup yang berbentuk sekrup ketimbang flip top untuk menahan air di dalamnya tumpah.

Mengingat jika dibandingkan dengan tumbler, botol memang tidak memiliki kemampuan khusus untuk menahan suhu, sehingga tidak terlalu membutuhkan adanya rancangan bentuk tutup secara khusus pula. Tetapi meskipun memang memiliki bentuk tutup yang seringkali cukup berbeda, hal tersebut pun agaknya tidak serta membuat kedua jenis wadah minum ini menjadi kehilangan kemudahan atau kepraktisan penggunaannya. Apalagi seiring berjalannya waktu, baik tumbler atau botol sendiri diketahui kini sama sama memiliki bentuk tutup yang lebih canggih dan fungsional, sehingga dapat dibuka dan ditutup hanya dengan satu sentuhan saja.

5. Ukuran dan Kapasitas 

perbedaan tumbler dan botol

Karena memiliki sejumlah perbedaan dari segi bahan pembuatan dan fungsi utama, hal ini pun secara tidak langsung juga membuat kedua jenis wadah minum ini sering kali memiliki ukuran atau kapasitas yang berbeda pula. Oleh sebab itu, untuk mengetahui perbedaan tumbler dan botol selanjutnya, kita juga dapat membandingkannya dari segi ukuran serta kapasitas keduanya. Yang mana, bisa dikatakan jika biasanya tumbler akan cenderung memiliki ukuran atau kapasitas yang lebih besar dan lebih bervariasi jika dibandingkan dengan botol.

Dimana tumbler sendiri biasanya diketahui banyak dibuat dengan ukuran atau kapasitas mulai dari sekitar 300 ml hingga lebih dari 1,5 liter, tergantung pada model dan tujuannya. Sementara botol biasanya akan memiliki kapasitas sedikit lebih kecil dan lebih ringkas, yaitu sekitar 300 ml hingga 1 liter. Mengingat adanya hal tersebut bisa saja terjadi karena dalam hal ini, tumbler memang sering kali digunakan secara khusus untuk menyimpan air seperti kopi, jus, teh, dll yang umumnya memang lebih enak jika disajikan dalam suhu tertentu, sehingga akan lebih baik jika memiliki kapasitas lebih besar ketimbang botol yang biasanya digunakan untuk minuman air minum biasa.

6. Harga

Perbedaan dari segi harga bisa dibilang menjadi perbedaan tumbler dan botol selanjutnya sekaligus menjadi yang terakhir dari pembahasan kali ini. Dimana umumnya, dapat diketahui jika harga dari tumbler biasanya memang akan lebih mahal jika bandingkan dengan harga botol. Mengingat jika tumbler sendiri pada dasarnya dalam hal ini juga disertai dengan berbagai keunggulan khusus dan fitur tambahan, sehingga wajar saja jika dirinya akan dibandrol dengan harga tinggi yang berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, tergantung dari kualitas serta kapasitasnya.

Sedangkan untuk harga dari botol sendiri umumnya memang akan cenderung sedikit lebih murah, meskipun biasanya juga akan ditentukan berdasarkan kualitas bahan pembuatan, desain, hingga kapasitasnya. Namun bisa dibilang jika untuk mendapatkan sebuah wadah minum berupa botol biasa, umumnya kita bisa mendapatkannya mulai dari harga belasan ribu saja untuk botol dengan kualitas serta tampilan standar, hingga puluhan dan ratusan ribu untuk botol berkapasitas besar serta memiliki kualitas bahan maupun desain terbaik dan disertai pula oleh adanya fitur pendukung seperti filter atau handle sebagai penunjang kinerja maupun tampilannya.

Nah, itu dia sejumlah perbedaan tumbler dan botol yang sekiranya masih cukup jarang diketahui atau juga dipahami. Dimana sebetulnya dapat disimpulkan bila baik tumbler maupun botol dalam hal ini pada dasarnya memang lah memiliki fungsi yang sama, yaitu menampung air minum serta memudahkan proses pengangkutan air kemana pun kita pergi. Namun dikarenakan adanya beberapa perbedaan di atas, tentu secara tidak langsung hal tersebut pun membuat pilihan antara tumbler dan botol dapat disesuaikan kembali, tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan penggunaan, dan budget yang tersedia.

Tetapi meskipun begitu, karena sama sama dinilai memiliki peranan penting dalam membantu kemudahan mobilitas harian serta sudah menjadi lifestyle yang sulit terlepas begitu saja, tentu hendaknya saat memilih tumbler maupun botol kita diharuskan untuk selalu memperhatikan sejumlah hal penting, diluar dari beberapa perbedaan yang sudah disebutkan di atas. Dan adapun beberapa hal yang setidaknya perlu diperhatikan dalam memilih tumbler dan botol agar nantinya dapat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi, diantaranya adalah berikut ini:

  1. Bahan: Saat memilih tumbler atau botol, ada baiknya untuk selalu mempertimbangkan mereka dari segi kualitas bahannya. Dimana memilih tumbler serta botol dengan kualitas bahan baik, seperti stainless steel, plastik berkualitas tinggi, atau kaca yang tahan pecah tentu dinilai lebih aman juga tahan lama.
  2. Kapasitas: Bukan hanya mempertimbangkan kualitas dari bahan pembuatannya saja, karena selain itu penting pula bagi kita untuk memilih tumbler serta botol sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan, agar nantinya tumbler atau botol tersebut dapat digunakan secara maksimal.
  3. Desain: Karena saat ini sudah tersedia tumbler serta botol dengan banyak variasi tampilan, tentu tidak ada salahnya pula untuk memilih desain tumbler atau botol sesuai dengan gaya dan preferensi serta dipersonalisasi berdasarkan selera.
  4. Kemudahan Pemeliharaan: Akan sering atau bahkan digunakan sepanjang hari, tentu ada baiknya jika tumbler maupun botol tersebut juga memiliki kemudahan dalam hal pemeliharaan. Contohnya seperti tumbler atau botol yang memiliki bagian lepas pasang untuk memudahkan proses pembersihannya.
  5. Fungsional dan Keamanan: Ketika memilih tumbler atau botol, jangan lupa untuk memastikan nilai fungsionalitas serta keamanannya. Yang mana, karena akan digunakan untuk menampung air minum, tentu ada baiknya jika tumbler atau botol tidak mengandung BPA atau bahan berbahaya lainnya sebagai material pembuatannya.

Dan dengan memperhatikan beberapa hal di atas, tentu diharapkan kita tidak hanya dapat mengetahui apa saja perbedaan dari tumbler dan botol saja, melainkan juga sekaligus memahami sekiranya hal hal apa saja yang setidaknya perlu atau harus diketahui saat memilih tumbler dan botol. Sehingga nantinya baik tumbler maupun botol tidak hanya dapat dengan kebutuhan dan preferensi saja, tetapi juga aman dan berfungsi maksimal ketika digunakan.

 

Dikenal sebagai salah satu barang dengan nilai fungsionalitas tinggi dan sangat berguna bagi aktivitas sehari hari, tentu hal tersebut pun membuat tumbler maupun botol kini dapat dianggap sebagai salah satu barang menarik untuk dijadikan sebagai bingkisan guna keperluan komersil bersamaan dengan tas. Misalnya seperti tumbler atau botol yang dalam hal ini bisa dimanfaatkan sebagai media promosi atau bahkan juga isi seminar kit. Namun agar nantinya bingkisan tersebut bisa dijadikan sebagai bingkisan yang tepat, tentu dibutuhkan adanya barang dengan spesifikasi unggul.

Yang mana untuk mendapatkan bingkisan berspesifikasi unggul dan sesuai dengan keinginan serta kebutuhan penggunaan ini, kini kita sebagai konsumen dapat mengandalkan jasa pabrik tas custom seperti Karya Bintang Abadi untuk membantu proses produksi bingkisan tersebut, khususnya dalam hal ini dalam bentuk tas. Dimana dengan mempercayakan segala kebutuhan tersebut pada pabrik tas ini, anda sebagai customer dijamin akan merasa lebih diuntungkan juga dimudahkan, baik melalui detail tampilan terbaik maupun kualitas dan mutu produk terjamin.

Terlebih proses pemesanan tas di Karya Bintang Abadi pun juga dijamin aman, mengingat penyedia jasa tas custom ini diketahui sudah memiliki legalitas yang jelas dan sah secara hukum, juga cara pemesanan cepat dan mudah karena didampingi oleh customer service ramah juga sigap dalam membantu segala kebutuhan tas custom customer, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat dan happy weekend!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp