fbpx

5 Alasan Kenapa Bahan Cordura Lebih Baik Untuk Tas Dibanding D300

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum masuk dalam pembahasan tentang penggunaan atau pemanfaatan bahan cordura untuk tas, dalam hal ini sebetulnya dapat kita ketahui jika istilah dari bahan cordura sendiri pada dasarnya bukan hanya sebutan bagi sebuah jenis bahan baku kain dengan sifat tertentu saja. Melainkan pada awal mula dikenalkan pada publik, istilah cordura ini sebenarnya justru mengarah pada nama dagang untuk koleksi kain dan teknologi yang saat itu diketahui diproduksi oleh suatu perusahaan bernama Invista, yang dikenal sebagai salah satu anak perusahaan dari sebuah perusahaan tekstil ternama, yaitu Koch Industries.

Dan pada awalnya, nama cordura ini pun umumnya diketahui memang sengaja didaftarkan sebagai merek dagang serta dipatenkan oleh E.I. du Pont de Nemours and Company (DuPont) pada tahun 1929, hingga kemudian seiring berjalan waktu dan bersamaan dengan kepopulerannya, nama cordura pun kemudian semakin melambung tinggi sampai kemudian lebih dikenal sebagai sebutan bagi suatu jenis kain dengan karakteristik khas, dibandingkan sebagai sebuah nama dari suatu merek dagang. Dimana, adanya karakteristik khas yang dimiliki oleh bahan bernama cordura ini pun umumnya diketahui berasal dari komponen serta proses pembuatannya.

Yang mana, dalam hal ini dapat diketahui jika bahan kain cordura pun biasanya memang diketahui terbuat dari nilon 6.6, namun bisa juga dicampur dengan bahan lain seperti polyester, kapas, atau jenis serat alami dan sintetis lainnya yang terpenting nantinya akan menghasilkan bahan baku dengan kekuatan, ketahanan, serta fleksibilitas luar biasa. Dimana, dikarenakan hal ini lah, tidak mengherankan bukan jika bahan cordura ini pun kemudian dianggap sebagai pilihan ideal untuk berbagai aplikasi, khususnya untuk pembuatan tas dengan kinerja berat, katakan saja seperti tas koper, carrier, ransel, daypack, dan masih banyak lagi.

Namun selain dianggap begitu ideal untuk dipakai sebagai bahan baku utama pembuatan berbagai macam tas, sebetulnya terdapat pula sejumlah karakteristik khas lainnya yang membuat bahan cordura ini dinilai sebagai pilihan populer di tengah masyarakat untuk beragam aplikasi produk. Dan adapun beberapa hal yang diketahui menjadi karakteristik khas dari bahan cordura ini, sehingga membuatnya dikenal sebagai salah satu jenis bahan baku andalan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Ketahanan Abrasi:

Karakteristik utama yang dimiliki oleh bahan Cordura dan membuatnya begitu disukai adalah karena dirinya yang dikenal sangat tahan terhadap abrasi dan gesekan. Dimana ini berarti kain seperti cordura nantinya diketahui dapat menahan pemakaian keras dan gesekan berulang tanpa mengalami kerusakan yang signifikan. Dan adanya karakteristik ini pun tentu secara tidak langsung memang membuat bahan cordura ini dinilai lebih ideal untuk digunakan, terutama dalam produk yang sering terkena gesekan, seperti ransel, tas, dan pakaian luar.

2. Ketahanan Robek:

Bukan hanya memiliki ketahanan baik terhadap abrasi, karena selain itu bahan cordura pun dalam hal ini juga dikenal memiliki karakteristik khas berupa tahan terhadap resiko sobekan juga. Dimana, adanya hal tersebut tentu saja didapatkannya dari susunan serat nilon dalam cordura yang dinilai telah memberikan ketahanan tinggi terhadap robekan dan kerusakan mekanis. Oleh sebab itu, jika kain ini terkena tekanan atau tarikan yang kuat, kemungkinan jenis bahan kain untuk robek pun sangat kecil dibandingkan dengan bahan lainnya.

3. Ketahanan Air dan Cuaca Ekstrem:

Alasan kuat lainnya yang umumnya membuat bahan cordura ini begitu disukai dan diandalkan adalah juga karena dirinya yang dikenal memiliki daya tahan baik terhadap air serta cuaca ekstrem. Dimana bisa diketahui jika terdapat banyak varian bahan cordura yang memang sengaja dilapisi menggunakan bahan tahan air atau water-repellent, guna memberikan perlindungan terhadap kelembapan, tetesan air saat hujan, hingga perlindungan pada paparan sinar UV, suhu tinggi, dan suhu rendah. Yang mana, adanya hal tersebut tentu secara tidak langsung memang membuat bahan ini tidak mudah pudar atau rusak ketika terkena sinar matahari langsung atau suhu yang ekstrim.

4. Ringan:

Meskipun jenis bahan cordura ini memang dikenal sangat kuat dan tahan lama, namun siapa sangka jika dengan kemampuannya tersebut bahan cordura ini justru masuk dinilai relatif ringan, bahkan ketika dibandingkan dengan bahan lain yang diketahui memiliki kekuatan sebanding. Dimana, adanya hal ini tentu saja membuat bahan cordura untuk tas ini dianggap begitu rekomended untuk dipakai sebagai pembuatan produk tas berkinerja berat, dan dapat nyaman digunakan dalam berbagai desain tanpa menambah beban yang signifikan.

5. Fleksibilitas Tampilan dan Tekstur:

Selain dikenal dengan beberapa karakteristik di atas, dalam hal ini bahan seperti cordura ini pun umumnya juga dikenal memiliki karakteristik khas lainnya, yaitu dirinya yang diketahui tersedia dalam berbagai warna dan tekstur, sehingga bisa memberikan fleksibilitas dalam desain produk. Dimana, tampilan kain yang bervariasi mulai dari kasar dan utilitarian hingga halus dan estetis, tentu umumnya membuat dirinya bisa diaplikasikan sesuai dengan  kebutuhan maupun preferensi desain, khususnya dalam hal ini pada pembuatan jenis produk berupa tas.

5 Alasan Kenapa Bahan Cordura Lebih Baik Untuk Tas Dibanding D300

bahan cordura untuk tas

Namun selain penggunaan bahan cordura yang dinilai memiliki banyak keunggulan ketika dipakai sebagai bahan baku pembuatan tas, dalam hal ini sebetulnya dapat diketahui jika penggunaan bahan baku lain, misalnya saja seperti bahan baku D300 pun diketahui juga menjadi salah satu jenis bahan yang banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis model tas. Tetapi meskipun begitu, secara keseluruhan dapat dikatakan jika karakteristik utama yang dimiliki oleh bahan cordura pun pada dasarnya memang menjadikannya sebagai pilihan yang lebih unggul untuk diaplikasikan sebagai bahan pembuatan tas jika dibandingkan dengan bahan D300.

Dan karena menjadi salah satu jenis bahan baku utama yang dikenal jauh lebih unggul dibandingkan dengan bahan D300, tentu sudah barang pasti jika bahan cordura dalam hal ini memang dikenal memiliki lebih banyak kelebihan serta alasan penguat kenapa bahan cordura ini bisa dianggap lebih unggul dari pada bahan D300. Yang mana, adapun sejumlah alasan kenapa bahan cordura untuk tas pada akhirnya bisa dianggap lebih baik dari pada bahan jenis baku kain berupa D300, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Kekuatan dan Ketahanan:

Alasan utama yang membuat bahan cordura untuk tas dianggap lebih baik daripada bahan D300 yang pertama terletak pada bagian kekuatan serta ketahanannya. Dimana, dapat diketahui jika bahan cordura dalam hal ini pada dasarnya memang dianggap lebih baik dibandingkan dengan bahan D300 dari segi kekuatan dan ketahanan karena dirinya yang diketahui terbuat dari serat nilon 6,6 dan terkenal sangat kuat juga tahan lama membuatnya dinilai dapat memberikan ketahanan ekstra terhadap robekan, goresan, dan abrasi secara luar biasa meskipun sudah dipakai berulang kali dan dalam waktu lama.

Sedangkan untuk bahan D300 yang umumnya diketahui terbuat dari polyester tanpa adanya campuran komponen khusus lainnya, secara tidak langsung memang membuatnya memiliki daya tahan serta kekuatan baik untuk menahan resiko robekan, abrasi, dan goresan, namun tentu tidak sebaik dan sekuat yang dimiliki oleh bahan cordura, terlebih jika produk tas berbahan D300 tersebut telah digunakan dalam jangka waktu lama dan dalam intensitas pemakaian tinggi. Oleh sebab itu, secara keseluruhan tas yang dibuat menggunakan bahan baku utama berupa D300 memang akan dikenal  lebih mudah robek jika terkena tekanan atau tarikan yang kuat, terutama dalam kondisi penggunaan yang intensif.

2. Ketahanan Terhadap Air dan Kondisi Cuaca Ekstrem:

Bukan hanya memiliki kekuatan atau ketahanan dari resiko sobekkan atau abrasi saja yang menjadi alasan kenapa bahan cordura untuk tas dianggap lebih baik daripada bahan D300. Karena selain itu, adapun alasan lain yang membuat bahan cordura dianggap lebih unggul juga adalah karena dirinya yang dikenal memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap air maupun kondisi cuaca ekstrem. Dimana, dapat diketahui jika adanya hal tersebut sebetulnya bisa saja terjadi karena bahan cordura ini yang biasanya memiliki lapisan tebal tahan air atau water-repellent coating, yang membuatnya lebih tahan terhadap kelembaban dan hujan.

Sedangkan pada jenis bahan D300, sebetulnya kita pun juga akan menjumpai bahan yang memiliki lapisan khusus terhadap air, namun sayangnya untuk jenis bahan ini D300 memang tidak memiliki lapisan seefektif cordura dalam menahan air. Terlebih selain itu, bahan jenis D 300 pun umumnya juga dikenal tidak memiliki kemampuan baik untuk melindungi dirinya dari berbagai kondisi cuaca ekstrem, termasuk panas, dingin, dan paparan sinar UV, seperti yang dimiliki oleh bahan cordura. Dan oleh sebab itu, dikarenakan hal ini bahan D300 dinilai mungkin lebih cepat rusak jika terkena sinar UV atau suhu ekstrem ketimbang bahan cordura.

3. Bobot Bahan:

Bahan cordura untuk tas dianggap lebih baik daripada bahan D300 selanjutnya juga bisa didasari dari segi bobot mereka yang diketahui cukup berbeda pula. Karena dalam hal ini dapat dikatakan jika bahan cordura yang terbuat dari serat nilon 6,6, umumnya memang dikenal memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang sangat tinggi. Selain itu, serat nilon yang digunakan dalam cordura pun biasanya juga memiliki kepadatan dan tenunan yang sengaja dirancang secara khusus untuk memberikan ketahanan maksimum dengan bobot minimal. Dimana teknologi tenunan ini nantinya akan memastikan bahwa serat nilon saling mengunci dengan kuat pada bahan cordura dan membuatnya lebih mampu untuk meningkatkan kekuatan keseluruhan tanpa meningkatkan berat.

Tetapi cukup berbeda halnya pada jenis bahan baku berupa D300 yang dalam hal ini diketahui terbuat dari serat poliester biasa, yang meskipun kuat namun tetap saja tidak seefektif nilon dalam hal rasio kekuatan terhadap berat. Selain itu tenunan poliester pada bahan D300 pun umumnya juga mungkin tidak akan sepadat atau setangguh pada bahan cordura. Yang mana ini berarti meskipun bahan D300 dikenal cukup kuat untuk banyak aplikasi, tetapi sayangnya mungkin hal tersebut akan memerlukan lebih banyak material untuk mencapai ketahanan yang sama, sehingga menambah bobot keseluruhan.

4. Kemudahan Perawatan dan Pemeliharaan:

Jika berbicara tentang bahan baku pembuatan tas, kita semua agaknya memang setuju bukan jika bahan cordura untuk tas pada dasarnya juga sering dianggap lebih baik daripada bahan D300, terutama dari segi kemudahan perawatan dan pemeliharaan. Yang mana, adanya hal tersebut sebetulnya bisa saja terjadi karena bahan cordura yang dalam hal ini dikenal memiliki lapisan pelindung yang membuatnya lebih tahan terhadap noda, dan membuat noda noda cenderung tidak mudah meresap ke dalam serat kain, sehingga lebih mudah dibersihkan. Apalagi, karena memiliki daya tahan baik terhadap air atau water-repellent. Hal ini pun juga membuatnya pembersihan permukaan bahan cordura dari kotoran dan debu yang menempel.

Tetapi agak berbeda halnya dengan jenis bahan D300 yang dalam hal ini dikenal kurang tahan terhadap noda dibandingkan cordura. Serta meskipun memiliki lapisan tahan air, namun adanya lapisan tersebut pun umumnya juga tidak akan seefektif Cordura dalam menahan air dan menjaga kebersihan. Sehingga secara tidak langsung dikarenakan hal ini bahan D300 memang dianggap lebih rentan terhadap kerusakan akibat abrasi dan robekan, serta memerlukan lebih banyak usaha untuk membersihkan permukaannya dari noda dan kotoran. Oleh sebab itu, disebabkan oleh hal ini, wajar saja buka  jika bahan cordura dianggap sebagai salah satu jenis bahan unggulan dan membuatnya lebih sering dianggap lebih andalan untuk pembuatan tas daripada bahan D300.

5. Estetika dan Kualitas Visual:

Selain beberapa alasan yang sudah disebutkan di atas, adapun alasan lain sekaligus terakhir kenapa bahan cordura untuk tas bisa dianggap lebih baik dari pada bahan D300 dapat dilihat dari bagaimana tampilan estetika serta kualitas visual keduanya. Dimana, adanya hal tersebut tentu bisa saja terjadi karena bahan cordura yang diketahui memiliki tekstur lebih halus dan tampilan lebih premium, karena tersedia dalam berbagai tekstur, mulai dari yang kasar hingga halus, yang tentunya dapat memberikan fleksibilitas dalam desain dan estetika, serta membuat tas dari bahan cordura tampak lebih mewah serta berkualitas tinggi.

Sedangkan lain hal dengan bahan D300 yang dikenal memiliki tampilan lebih sederhana dan mungkin terlihat lebih kasar jika dibandingkan dengan cordura. Yang mana, adanya hal tersebut pun agaknya semakin dikuatkan oleh tekstur D300 yang dalam hal ini juga diketahui cenderung kurang halus, dan bisa membuatnya dinilai memberikan kesan bahwa tas tersebut memiliki kualitas yang lebih rendah. Apalagi, tekstur pada D300 pun umumnya juga diketahui setajam ataupun seteratur bahan cordura. Sehingga dengan hal ini, tentu wajar saja bukan bahan D300 dikenal lebih terlihat kusam, serta kurang memiliki tampilan mewah seperti cordura.

Nah itu dia sejumlah alasan kenapa bahan cordura untuk tas bisa dianggap sebagai salah satu jenis bahan baku paling unggulan dalam pembuatan tas, terlebih jika dibandingkan dengan bahan berupa D300. Karena tidak dapat dipungkiri jika secara keseluruhan bahan baku berupa cordura ini pada dasarnya memang dikenal menawarkan kekuatan, ketahanan air, ketahanan abrasi, kenyamanan, fleksibilitas, dan daya tahan yang lebih baik dari pada bahan D3oo. Oleh sebab itu, meskipun tas yang terbuat dari bahan cordura memang lebih mahal, namun tentunya hal tersebut bisa dianggap sebagai investasi yang terbayar lunas dengan ketahanan dan manfaatnya luar biasa.

 

Menjadi salah satu jenis bahan baku pembuatan tas yang terkenal dengan kualitas premium, tentu secara tidak langsung memang membuat bahan cordura dikenal begitu populer dikalangan produsen tas maupun konsumen. Yang mana adanya hal tersebut pun umumnya bisa dibuktikan dari banyaknya merek tas ternama, atau juga bahkan penyedia jasa pembuatan tas custom berkredibilitas baik yang turut menggunakan cordura sebagai bahan baku utama pembuatan produk tasnya, contohnya seperti yang dilakukan oleh salah satu penyedia jasa pembuatan tas custom terbaik bernama Karya Bintang Abadi ini.

Dimana dapat diketahui jika Karya Bintang Abadi sendiri dalam hal ini pada dasarnya memang adalah sebuah pabrik tas custom terbaik dan terpercaya yang diketahui sudah berpengalaman dalam membantu segala jenis kebutuhan tas acara dari banyak customer dengan cara selalu menghadirkan berbagai pilihan model, desain serta material pembuatan tas yang dapat disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan, serta budget customer. Sehingga tas yang di pesan oleh para konsumen pun nantinya akan memiliki kinerja lebih maksimal dan sesuai dengan tujuan dibuatnya, baik itu mulai dari detail tampilan terbaik sampai kualitas serta mutunya yang lebih terjamin.

Terlebih, bukan hanya memperhatikan dengan betul terkait mutu dari produknya saja, karena selain itu Karya Bintang Abadi pun juga diketahui selalu memastikan bila para customernya akan mendapatkan pelayanan terbaik dengan cara pemesanan mudah serta cepat dengan dampingan customer service ramah dalam membantu segala proses serta kebutuhan pemesanan tas baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil yang maksimal.

Terima kasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp