fbpx

10 Daftar Permainan Anak SD Yang Seru di Dalam Ruangan

permainan anak SD

bagikan artikel ini kepada teman

Ketika membahas tentang permainan anak SD yang seru, tentu kita semua setuju bukan jika adanya hal tersebut bisa dibilang memang tidak akan terlepas dari bagian masa tumbuh kembang anak. Dimana yang dimaksud dengan masa tumbuh kembang anak sendiri pun dalam hal ini sebetulnya merujuk pada rentang waktu di mana seorang anak akan mengalami perkembangan fisik, mental, emosional, hingga sosial secara signifikan. Yang mana, rentang waktu tersebut pun umumnya akan dibagi menjadi beberapa tahap atau masa, yaitu mulai dari masa bayi, masa balita, masa prasekolah, masa sekolah, dan masa remaja.

Dan tentu saja, pada setiap tahap atau masa tersebut biasanya mereka akan memiliki ciri-ciri perkembangan yang khas, baik itu meliputi perkembangan fisik, kognitif, bahasa, sosial, sampai emosional. Oleh sebab itu, dalam setiap masa tumbuh kembang anak ini, hendaknya penting bagi orang tua maupun wali dan pengasuh untuk selalu memberikan perhatian dan stimulasi yang tepat pada anak, sebagai usaha untuk mendukung perkembangan optimal anak. Terlebih bagi anak anak berumur 6 sampai 13 tahun, yang dalam hal ini diketahui telah memasuki tahap masa sekolah awal, yaitu SD atau Sekolah Dasar.

Karena di masa SD ini, umumnya anak anak diketahui akan mulai mengalami perkembangan kognitif yang pesat, baik itu meliputi kemampuan berpikir abstrak yang semakin berkembang, peningkatan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, hingga kemampuan untuk memecahkan masalah yang semakin kompleks. Selain itu, anak anak di usia sekolah SD ini pun biasanya juga diketahui akan mulai mengalami perkembangan dalam segi fisik yang bisa dibilang cukup signifikan pula, misalnya seperti pertumbuhan bentuk tubuh yang cepat dan perkembangan motorik yang semakin terampil.

Apalagi selain perkembangan fisik dan kognitif, masa tumbuh kembang anak SD pun ternyata dalam hal ini diketahui akan turut melibatkan perkembangan sosial dan emosionalnya juga. Dimana anak-anak ini nantinya mungkin akan mulai memahami peran mereka dalam suatu kelompok sosial, dan mencoba belajar tentang bagaimana cara berinteraksi dengan teman sebaya secara lebih baik. Mengingat, pada fase ini mereka pun juga diketahui mulai mengembangkan identitas diri yang lebih kuat dan mengalami berbagai emosi yang lebih kompleks. Maka dari itu penting bagi orang tua dan pendidik untuk memahami fase perkembangan.

Yang mana, bentuk dukungan atau peran orang tua serta pendidik bagi masa tubuh kembang anak anak SD agar nantinya dapat memberikan stimulasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka pun umumnya juga dapat beragam. Dan adapun beberapa hal yang setidaknya dapat coba dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak di usia sekolah dasar tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Pendidikan yang Berkualitas: Langkah utama yang harus diperhatikan saat mendukung tubuh kembang anak adalah, pastikan jika anak anak tersebut mendapatkan pendidikan yang baik, berkualitas dan sesuai dengan tingkat perkembangannya di sekolah.

2. Mendorong Kemandirian: Untuk mendukung jalannya tumbuh kembang anak, jangan lupa untuk selalu mengajarkan kemandirian pada anak dalam melakukan tugas-tugas sehari-harinya, seperti membersihkan diri, merapikan tempat tidur, dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga sederhana.

3. Membangun Hubungan yang Positif: Agar tumbuh kembang anak dapat berjalan baik, ada baiknya untuk selalu berusaha membangun hubungan yang baik dengan anak, serta berikan dukungan serta motivasi menggunakan cara yang menyenangkan serta mudah dipahami.

4. Memberikan Dukungan Emosional: Selain membangun hubungan yang positif, pastikan bila kita juga selalu menunjukan dukungan melalui kasih sayang, dan perhatian kepada anak, melalui cara menanyakan tentang perasaan mereka dan bantu mereka mengelola emosi dengan baik.

5. Memberikan Pengalaman Belajar yang Menyenangkan: Supaya anak merasa nyaman dengan perkembangan yang terjadi dalam dirinya dan memudahkan adaptasinya, ada baiknya bagi para orang tua serta pendidik untuk membuat pembelajaran menjadi pengalaman yang menyenangkan dengan cara belajar sambil bermain.

10 Daftar Permainan Anak SD Yang Seru di Dalam Ruangan

Dan sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, jika untuk mendukung tumbuh kembang anak, salah satu cara yang bisa kita gunakan adalah melalui pemberian teknik belajar yang seru. Dimana maksud dari memberikan pembelajaran yang seru sendiri dalam hal ini pun sebetulnya bisa mengarah pada cara belajar sambil bermain. Karena melalui cara ini, umumnya kita sebagai orang tua atau pendidik dinilai dapat lebih membantu anak tumbuh juga berkembang secara optimal di usia sekolah dasarnya. Mengingat permainan anak sendiri dalam hal ini memang dinilai memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak di usia sekolah dasar, yang diantaranya seperti:

1. Pengembangan keterampilan motorik: Memberikan pembelajaran pada anak melalui permainan dalam hal ini dinilai dapat membantu anak anak untuk mengembangkan keterampilan motoriknya. Karena pada permainan yang membutuhkan aktivitas fisik, adanya hal ini dinilai dapat membantu anak anak untuk mengembangkan keterampilan motorik kasarnya. Sementara untuk jenis permainan yang melibatkan adanya proses menulis, menggambar, atau merakit puzzle dinilai dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus.

2. Peningkatan keterampilan sosial: Bukan hanya keterampilan motorik anak saja yang akan berkembang, karena dengan memberikan suatu permainan khusus, nantinya anak anak juga akan belajar berinteraksi dengan teman sebaya, belajar berbagi, bekerja sama, dan pada akhirnya mereka pun dapat sekaligus mengembangkan keterampilan komunikasi sosialnya menjadi semakin baik pula.

3. Stimulasi kognitif: Terdapat beberapa jenis permainan anak yang dinilai dapat membantu anak anak tersebut mendorong pemecahan masalah dapat merangsang perkembangan kognitif anak, termasuk kemampuan berpikir logis, memecahkan masalah, dan berpikir kreatif. Yang mana, adanya hal tersebut tentu secara tidak langsung akan menstimulasi kemampuan kognitif anak menjadi lebih baik.

4. Pengembangan imajinasi dan kreativitas: Ketika melakukan suatu permainan, umumnya anak anak secara tidak langsung akan menggunakan imajinasi dan kreativitasnya, Dimana adanya hal ini tentu akan membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan imajinasi dan kreativitasnya semakin baik.

5. Pembelajaran nilai dan norma sosial: Mengajak anak anak untuk melakukan suatu permainan dalam hal ini juga kerap kali sengaja dilakukan sebagai usaha untuk mengajarkan pada mereka tentang pembelajaran nilai dan norma sosial. Karena saat bermain, umumnya mereka akan dilatih untuk berinteraksi dengan teman, komunikasi verbal dan non-verbal, dan memahami perasaan dan sudut pandang orang lain.

Tetapi tentu saja untuk mendukung dan mendapatkan sejumlah manfaat guna tumbuh kembang anak sebagaimana sudah disebutkan di atas, jenis permainan anak yang dimaksud pun tentu tidak bisa sembarangan. Karena permainan permainan tersebut nantinya akan memiliki pengaruh besar pada perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional anak. Oleh sebab itu, agar tidak salah dalam memilih jenis permainan, berikut ini kami berikan 10 contoh permainan anak SD yang seru dan bermanfaat bagi tumbuh kembangnya, serta dapat dimainkan didalam ruangan:

1. Menyusun Puzzle

Contoh permainan anak SD pertama yang seru dan dapat dilakukan di dalam ruangan adalah bermain menyusun puzzle. Dimana, adapun alasan kenapa jenis permainan ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan oleh anak SD karena permainan ini yang dinilai dapat memberikan banyak manfaat positif bagi perkembangan mereka. Mengingat menyusun puzzle dalam hal ini umumnya akan melibatkan pemikiran logis dan strategis anak anak agar bisa mencocokkan bagian-bagian puzzle yang terpisah hingga membentuk suatu gambar utuh. Yang mana, secara tidak langsung hal ini telah membantu mereka dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalahnya.

Selain itu, bermain puzzle pun juga dinilai dapat sekaligus merangsang perkembangan kognitif anak, termasuk kemampuan memori, pemikiran ruang, dan pemahaman konsep, terlebih untuk menyelesaikan suatu puzzle, anak anak pun biasanya juga perlu fokus dan konsentrasi agar bisa mencocokkan bagian-bagian puzzle dengan benar. Dimana adanya hal tersebut pun tentu akan membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan fokus terhadap sesuatu, mengembangkan keterampilan kesabaran dan ketekunan, merangsang imajinasi dan kreativitas, dan meningkatkan keterampilan motorik halusnya.

2. Bermain Bingo Kata

permainan anak SD

Selain menyusun puzzel, permainan anak SD selanjutnya yang juga dapat dimainkan di dalam ruangan serta seru untuk dilakukan adalah bermain bingo kata. Yang mana, alasan kenapa permainan ini sangat direkomendasikan pun sebetulnya tidak terlepas dari dirinya yang dinilai memiliki sejumlah manfaat penting guna mendukung tumbuh kembang anak. Karena dengan bermain bingo kata ini, umumnya anak anak nantinya dapat lebih terbantu dalam  mengembangkan kemampuan kosakata. Mengingat pada permainan ini mereka akan belajar mengenali kata-kata yang dipanggil dan mencocokkannya dengan kata-kata yang terdapat di kartu bingo mereka.

Selain itu, melalui permainan bingo kata ini anak-anak pun nantinya juga akan dilatih untuk belajar fokus, karena untuk memainkan permainan ini mereka perlu berkonsentrasi saat mendengarkan kata-kata yang dipanggil dan mencari kata-kata yang sesuai di kartu bingo mereka. Yang mana, adanya hal ini pun tentu secara tidak langsung akan membantu mereka dalam merangsang pemikiran kognitifnya serta meningkatkan keterampilan sosialnya juga, karena nantinya mereka diharuskan untuk berbagai dan bekerja sama, terutama jika permainan ini dimainkan dalam bentuk kelompok.

3. Membuat Teka-teki Silang

Bermain membuat teka-teki silang dalam hal ini juga direkomendasikan untuk dijadikan sebagai permainan anak yang dapat dilakukan di dalam ruangan. Karena pada permainan ini, anak anak akan diharuskan untuk membuat teka-teki silang yang tentunya perlu melibatkan pemikiran kreatif dan analitis, serta memerlukan adanya pemecahan masalah, yang secara tidak langsung telah membantu merangsang perkembangan kognitif pada anak.  Terlebih, dalam proses membuat teka-teki silang ini, anak-anak umumnya juga akan menjadi terbiasa dengan berbagai kata dan istilah baru, yang dapat membantu mereka memperluas kosakatanya.

Selain itu, membuat teka-teki silang pun dalam hal ini diketahui juga akan semakin memperdalam kemampuan anak terhadap pemahaman konsep-konsep bahasa seperti makna kata, ejaan, dan tata bahasa. Karena umumnya mereka diharuskan untuk menyusun sebuah kalimat dari kata kata yang telah diperolehnya. Yang mana, dengan terbiasa membuat teka-teki silang ini, nantinya anak-anak pun akan menjadi lebih terlatih dalam memecahkan masalah dengan cara yang sistematis, sekaligus meningkatkan interaksi sosial serta meningkatkan kreativitas mereka.

4. Main Tik-Tak-Toe

permainan anak SD

Permainan Tik-Tak-Toe adalah jenis permainan anak SD selanjutnya yang direkomendasikan untuk dilakukan oleh anak SD. Yang mana, adanya hal ini tentu saja tidak terlepas dari permainan ini yang dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi perkembangan anak. Karena pada saat main Tik-Tak-Toe ini nantinya anak anak diharuskan untuk bisa melibatkan pemikiran logis sederhana, dimana bisanya mereka perlu merencanakan langkah-langkahnya untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu membentuk garis horizontal, vertikal, atau diagonal dengan simbol yang sama. Dimana dengan begitu, tentu anak anak akan semakin terlatih berpikir secara logis juga cepat.

Dan bukan hanya itu saja, karena permainan ini umumnya juga dinilai dapat membantu anak anak dalam meningkatkan konsentrasinya, belajar berinteraksi dengan teman sebaya, mengerti seberapa pentingnya memiliki strategi, dan membantu anak memahami konsep matematika sederhana, seperti pola, simetri, dan urutan. Karena untuk memainkan permainan ini mereka perlu untuk fokus pada papan permainan, memperhatikan langkah lawan, menunggu giliran, menghargai perbedaan pendapat, mengantisipasi langkah lawan, yang secara tidak langsung membuat mereka mengembangkan kemampuan kognitif, sosial, dan emosional mereka pula.

5. Membuat Origami

Membuat origami agaknya juga menjadi jenis permainan anak SD yang sangat direkomendasikan pula untuk dilakukan oleh anak SD, terlebih selain cukup sederhana dan asik untuk dilakukan, permainan ini pun juga dinilai memiliki berbagai manfaat yang positif untuk perkembangan mereka. Karena melipat kertas untuk membuat origami dalam hal ini ternyata dikenal dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, yaitu kemampuan menggunakan tangan dan jari dengan lebih terampil dan presisi untuk menciptakan adanya lipatan rapi membentuk suatu karakter.

Selain itu, proses melipat kertas dalam origami pun juga membutuhkan adanya konsentrasi dan ketelitian yang tinggi. Dimana dengan hal ini, secara tidak langsung dapat sekaligus membantu anak meningkatkan kemampuan mereka dalam fokus dan memperhatikan detail. Apalagi saat bermain origami anak anak pun juga akan diberikan kesempatan untuk menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka guna menciptakan berbagai bentuk dan figur dari kertas, yang secara tidak langsung turut serta membantu mereka untuk memahami konsep geometri sederhana dan mengembangkan keterampilan visual-spatial, yaitu kemampuan memahami dan memanipulasi objek dalam ruang.

6. Menyusun Lego 

permainan anak SD

Jenis permainan anak SD yang dinilai seru dan juga bisa dilakukan didalam ruangan selanjutnya adalah bermain atau menyusun lego. Dimana adapun hal yang membuat permainan ini menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk dilakukan oleh anak SD adalah karena aktivitas ini yang umumnya akan melibatkan penggunaan tangan dan mata anak secara bersamaan, yang dalam hal ini diketahui dapat membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan motorik halusnya sekaligus merangsang pemikiran kreatif, logis, dan analitis karena mereka perlu merencanakan dan merancang lego.

Terlebih, menyusun lego pun umumnya juga bisa menjadi kegiatan yang melibatkan kerjasama antara anak-anak, sehingga adanya hal ini pun secara tidak langsung juga dapat membantu mereka dalam pengembangan keterampilan sosial mereka. Apalagi, karena menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka untuk merancang lego sesuai dengan keinginan mereka, anak anak pun juga dinilai telah melatih pengembangan kreativitas dan memiliki pengalaman praktis dalam mengelola ruang dan objek, yang dalam hal ini merupakan keterampilan penting dalam kehidupan sehari-hari.

7. Bermain Teater Boneka

Bermain teater boneka menjadi permainan anak SD selanjutnya yang bisa dibilang juga sudah cukup sering dijumpai dan tentunya sangat direkomendasikan untuk dilakukan oleh anak SD. Karena dengan bermain teater boneka ini, umumnya anak anak nantinya dinilai dapat merangsang imajinasi dan kreativitasnya saat diharuskan untuk membuat cerita, karakter, dan dialog untuk keperluan karakternya. Yang mana, melalui bermain teater boneka ini pula lah, anak anak dirasa juga dapat mengembangkan kemampuan berbicara, pengucapan kata, dan keterampilan bahasa lainnya secara bersamaan.

Selain itu, dengan memainkan permainan ini umumnya anak anak pun juga dapat belajar untuk mengekspresikan diri mereka sendiri melalui karakter boneka yang mereka mainkan, belajar tentang perasaan dan emosi orang lain, yang membantu mereka dalam mengembangkan empati, meningkatkan rasa percaya diri, serta belajar mengatasi kegugupan. Oleh sebab itu, dengan demikian bermain teater boneka pun dinilai sebagai salah satu jenis permainan yang dapat menjadi kegiatan menyenangkan sekaligus edukatif bagi anak SD, karena bisa membantu mereka tumbuh dan berkembang, khususnya secara holistik.

8. Main Musikal

permainan anak SD

Selain bermain teater boneka, ternyata bermain musikal juga sangat direkomendasikan untuk dipilih sebagai salah satu permainan anak SD yang seru untuk dilakukan didalam ruangan. Karena dengan bermain musikal, baik itu menggunakan alat musik atau bernyanyi dinilai telah melibatkan proses kognitif yang kompleks, seperti pemrosesan auditori, visual, motorik, dan memori pada anak. Yang dalam hal ini dianggap dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak, termasuk pemecahan masalah, konsentrasi, dan memori.

Mengingat saat bermain alat musik ini, anak anak pun umumnya juga akan melibatkan penggunaan tangan, jari, dan koordinasi tubuh lainnya, yang secara tidak langsung telah turut membantu perkembangan keterampilan motorik halus dan kasar anak, sekaligus menjadi sarana untuk mengekspresikan diri mereka secara lebih kreatif. Karena dengan bermain musikal seperti ini, mereka tentunya dapat menciptakan melodi, lagu, atau bahkan aransemen sendiri, sebagai bagian dari pengembangan kreativitas dan ekspresi dirinya.

9. Permainan Peran Profesi

Permainan peran profesi dalam hal ini juga dikenal sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai permainan anak SD yang seru. Karena aktivitas ini umumnya akan memiliki berbagai manfaat positif yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Mengingat, ketika bermain peran profesi ini biasanya anak anak akan menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka untuk memerankan berbagai peran yang berbeda. Sehingga tentunya permainan peran profesi ini pun dapat menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat dan menyenangkan bagi anak SD.

Terlebih, bermain peran profesi ini pun sebetulnya juga dinilai dapat membantu anak anak untuk mengembangkan kemampuan bahasa mereka, baik dalam hal berbicara maupun mendengarkan, belajar berinteraksi dengan orang lain, berbagi peran, dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, memahami berbagai peran yang ada dalam masyarakat dan pentingnya kerja sama antarprofesi, serta mengenal dunia kerja dan berbagai profesi yang ada, sehingga mereka dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pilihan karier di masa depan.

10. Ular Tangga Edukasi

permainan anak SD

Contoh permainan anak SD yang dianggap seru dan dapat dimainkan didalam ruangan yang terakhir adalah permainan ular tangga edukasi. Dimana, jenis permainan ini bisa dibilang cukup direkomendasikan karena permainan ini yang dikenal turut serta melibatkan penghitungan dan pemahaman konsep penjumlahan serta pengurangan angka secara interaktif, yang secara tidak langsung tentu dapat membantu meningkatkan keterampilan matematika anak dengan cara yang menyenangkan.

Selain itu, bermain ular tangga edukasi pun dalam hal ini juga dikenal perlu melibatkan interaksi sosial antara anak-anak, sehingga dapat membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka seperti kerjasama, komunikasi, dan kejujuran, membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus anak karena mereka perlu memperhatikan papan permainan dan membuat keputusan yang tepat, belajar tentang konsep konsekuensi dari tindakan dan belajar pula untuk mandiri dalam mengambil keputusan dan mengatur strategi permainan.

Nah, itu dia sejumlah ide atau contoh permainan anak SD yang seru dan bisa dilakukan di dalam ruangan. Dimana beberapa contoh permainan di atas umumnya memang dikenal bukan hanya menyenangkan untuk dimainkan bersama saja, melainkan juga dapat mendatangkan manfaat guna mendukung serta menunjang tumbuh kembang anak serta membantu pembentukan karakter mereka. Yang mana, dengan berbagai permainan ini, tentu nantinya diharapkan jika anak-anak dapat tetap aktif dan merasa senang bermain di dalam ruangan, namun bisa sambil tetap memperoleh manfaat dari berbagai aspek perkembangan bagi diri mereka.

 

Mengadakan permainan yang menyenangkan serta bermanfaat sebagaimana sudah disebutkan di atas memang dinilai cukup efektif untuk mendukung tumbuh kembang anak sekaligus meningkatkan keinginan belajar anak anak di usia sekolah dasar. Namun, selain dengan mengadakan adanya permainan yang seru serta menyenangkan tersebut, sebetulnya ada pula cara pendukung lain yang bisa coba digunakan untuk memancing atensi serta semangat para siswa SD, yaitu dengan cara sengaja menyiapkan sebuah barang atau bingkisan menarik serta multifungsi bagi mereka dengan tampilan seragam sebagai bentuk apresiasi sekaligus reward.

Yang mana, diantara banyaknya jenis barang multifungsi yang ada, bisa dibilang jenis barang berupa tas custom yang dibuat oleh jasa pembuatan tas custom terbaik, terpercaya juga andalan seperti Karya Bintang Abadi  agaknya merupakan pilihan yang paling tepat dan disarankan untuk dipilih. Mengingat, selain dikenal multifungsi dan menarik, model tas custom buatan Karya Bintang Abadi pun dalam hal ini juga dikenal ada beragam jenisnya. Sehingga anda sebagai customer dapat menyesuaikan tas custom berdasarkan kebutuhan, keinginan dan budget yang dimiliki.

Karena dengan mempercayakan tas garhering pada Karya Bintang Abadi, anda akan disugguhi oleh banyak pilihan model serta desain tas kekinian, detail tampilan rapi, kualitas dan mutu produk terjamin, kecepatan juga ketepatan proses produksi, harga terjangkau, serta pengerjaan juga pelayanan terbaik yang dilakukan oleh SDM berkompeten dalam bidangnya. Selain itu, proses pemesanan tas di Karya Bintang Abadi pun juga dijamin aman, cepat dan mudah karena didampingi oleh customer service ramah juga sigap, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil maksimal.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik dan up to date seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp