Jika berbicara tentang ornamen atau atribut atribut penghias yang bisa membuat sebuah produk tas tampil lebih prima dan menarik perhatian dengan identitas atau persona mendalam, khususnya pada jenis tas custom yang dibuat secara khusus, maka kita semua setuju bukan jika adanya desain logo memang adalah salah satu hal paling utama, apalagi desain logo tas promosi yang secara umum akan memiliki fungsi serta tujuan pengadaan lebih kompleks ketimbang dengan tas komersial dengan tujuan pengadaan yang cenderung konvensional, sehingga hanya membutuhkan desain logo dan sejenisnya sebagai pemanis tampilan saja.
Namun perlu untuk diketahui pula, jika adanya pernyataan bila desain logo tas promosi merupakan salah satu unsur atau komponen pendukung yang akan membuat tampilan sebuah tas menjadi lebih menarik sekaligus personal pun tentu saja tidak terlepas begitu saja dari bagaimana pengertian desain logo itu sendiri. Karena sesungguhnya dapat diketahui, jika desain logo ini sendiri sebetulnya adalah sebuah istilah untuk menyebutkan suatu proses penciptaan simbol visual yang bisa dianggap lebih dari sekedar gambar, karena nantinya dapat dipakai untuk mewakili sebuah produk, tema acara, individu, merek, hingga organisasi dan suatu perusahaan.
Dan karena berperan lebih dari sekedar gambar yang menarik, melainkan juga memiliki fungsi lebih kompleks yang dimaksudkan agar dapat membantu audiens untuk segera mengenali dan membedakan produk tas tersebut dari yang lain. Maka sudah barang pasti jika keberadaan dari adanya desain logo ini pun kemudian akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai bagian dari cara untuk memberikan identifikasi pada produk tas agar lebih mudah dikenali, memberikan diferensiasi agar produk tas tampak menonjol dari pesaingnya, meningkatkan memorabilitas agar produk tas mudah diingat, serta menjadi media komunikasi yang akan menyampaikan pesan secara lebih efisien.
Yang mana karena memiliki sejumlah manfaat penting sebagaimana sudah disebutkan, tentu tidaklah mengherankan bukan jika didasarkan dari hal tersebut pun kemudian akan menjadikan keberadaan dari adanya desain logo pada sebuah tas, khususnya tas promosi pun menjadi begitu lekat dan sering melibatkan adanya beberapa macam elemen pendukungnya, katakan saja seperti adanya elemen visual berupa tipografi untuk menyampaikan menyampaikan karakter tertentu, seperti modern, klasik, formal, atau kasual. Warna yang memiliki kekuatan psikologis dan dinilai dapat membangkitkan perasaan dan asosiasi yang berbeda.
Adanya beberapa bentuk dan simbol, baik itu berbentuk geometris, ilustrasi maupun ikon ikon khusus untuk menciptakan citra yang khas dan bermakna. Menggunakan komposisi penempatan yang pas agar dapat menciptakan tampilan yang menarik secara visual. Serta menggunakan beberapa gaya atau konsep logo, misalnya saja seperti gaya minimalis, retro, modern, ilustratif, dan lain lain, tergantung pada kepribadian merek untuk menonjolkan karakter atau personalisasi yang diinginkan. Karena tidak dapat dipungkiri, jika mendesain logo ini sebetulnya bukanlah hanya sekedar menggambar saja, tetapi juga merupakan bagian dari representasi citra merek secara visual.
Daftar Isi
ToggleDesain Logo Tas Promosi
Dianggap sebagai salah satu komponen krusial yang secara kuat bahkan juga dinilai bisa menjadi sebuah investasi penting bagi branding dari suatu merek, organisasi, hingga perusahaan penyedia barang dan jasa. Secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari adanya desain logo tas, utamanya desain logo tas promosi menjadi bagian penting yang tidak boleh dilewatkan atau dihiraukan begitu saja. Karena tidak dapat dipungkiri jika dengan adanya desain logo tersebut, nantinya kita memang dapat lebih mampu dalam membangun profesionalisme, menciptakan kesan pertama yang baik, dan meningkatkan pengenalan merek secara lebih konsisten.
Dan karena secara singkat keberadaan dari adanya sebuah logo desain pada suatu produk tas, khususnya tas promosi sebetulnya merupakan bentuk dari gambaran karya seni dan ilmu menciptakan tanda visual yang efektif, ringkas, dan berkesan yang nantinya akan menjadi wajah dari sebuah merek. Maka sudah barang pasti jika dalam pengadaannya, keberadaan dari adanya sebuah desain logo pada tas promosi ini hendaknya memang membutuhkan perhatian khusus dengan mempertimbangkan beberapa prinsip pendesainan logo, terutama pada tas dengan ukuran medium, seperti yang akan disebutkan dan dijelaskan sebagai berikut:
Prinsip Desain Logo Untuk Medium Tas
Merupakan sebuah pedoman yang dipakai sebagai aturan dasar oleh para desainer logo ketika akan menciptakan desain logo yang efektif, fungsional dan berkesan untuk suatu produk tas promosi, secara tidak langsung memang menjadikan adanya beberapa prinsip pada pendesainan logo tas ini tidak hanya difokuskan supaya terlihat bagus saja, tapi juga bisa sekaligus menjalankan fungsi dan tujuan pengadaannya dengan baik sebagai identitas visual sebuah merek saat diaplikasikan pada permukaan tas. Oleh sebab itu, wajar saja bukan jika didasarkan dari pernyataan tersebut, prinsip desain logo ini pun kemudian dianggap sebagai salah satu pondasi merek yang kuat.
Dan karena dengan mempertimbangkan prinsip prinsip ini, nantinya seorang desainer logo dapat menciptakan desain logo tas promosi yang tidak hanya menarik secara visual saja, tetapi juga sangat fungsional dan efektif sebagai alat branding ketika diaplikasikan pada medium tas. Maka tidaklah mengherankan bukan jika prinsip prinsip dari pendesainan logo pada tas promosi, utamanya tas promosi berukuran medium ini kemudian memiliki beberapa macam yang patut untuk disimak juga diperhatikan. Dimana adapun beberapa macam prinsip desain logo untuk medium tas promosi yang dimaksud, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Simplicity (Kesederhanaan)
Prinsip desain logo untuk medium tas yang pertama adalah diharuskan untuk memiliki tampilan yang mengandung unsur simplicity atau kesederhanaan. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan desain logo tas yang sederhana ini umumnya akan lebih mudah diingat dan dikenali meskipun diaplikasikan pada tas dengan ukuran medium sekalipun. Apalagi adanya pernyataan tersebut pun semakin didukung pula oleh bagaimana keberadaan tas tersebut yang seringkali bergerak dan dilihat dari berbagai sudut, sehingga jika desain logonya terlalu rumit maka akan banyak detail yang justru tidak terlihat dan tujuan pengadaannya tidak lagi optimal.
Legibility (Keterbacaan)
Selain lebih disarankan untuk menerapkan logo dengan tampilan yang simple atau sederhana agar lebih mudah dilihat dan dikenali, adapun prinsip desain logo untuk medium tas selanjutnya yang diketahui juga perlu untuk disimak dan di coba terapkan ketika mendesain logo adalah adanya prinsip legibility atau keterbacaan. Karena tidak dapat dipungkiri, jika dalam mendesain logo untuk medium tas, prinsip keterbacaan ini hendaknya memang adalah jembatan antara logo yang dibuat dengan pemahaman audiens. Sehingga dengan memastikan jika desain logo memiliki keterbacaan yang optimal, nantinya kita dapat lebih menjamin jika desain logo tersebut sungguhan bisa menyampaikan pesan maupun identity merek dalam waktu singkat tanpa harus dalam jarak dekat sekalipun.
Versatility (Fleksibilitas)
Tidak hanya harus terlihat dengan mudah dalam waktu singkat dan jarak yang cukup jauh saja yang menjadi bagian dari prinsip desain logo untuk medium tas saja yang perlu diperhatikan, karena selain itu umumya kita pun juga akan diharuskan pula untuk memperhatikan prinsip versatility atau fleksibilitas pada desain tas. Yang mana adanya hal tersebut pun tentu saja didasarkan dari bagaimana desain logo tas medium ini yang harus bisa beradaptasi dan terlihat bagus di berbagai ukuran, warna, dan teknik aplikasi pada tas. Mengingat pengadaan dari tas tas promosi ini yang pada umumnya bisa terbuat dari berbagai macam jenis bahan dan warna. Sehingga memastikan desain logo dengan tampilan yang fleksibel ketika diaplikasikan pada tas sangatlah diperlukan.
Balance (Seimbang)
Untuk menjamin jika desain logo pada sebuah tas dapat betulan berfungsi dan bermanfaat secara maksimal sesuai dengan tujuan pengadaanya, maka prinsip desain logo untuk medium tas selanjutnya yang perlu untuk disimak dan diterapkan adalah adanya keseimbangan atau balance. Dimana adapun alasan kenapa komposisi elemen logo ini harus seimbang secara visual tentu saja adalah dikarenakan adanya desain logo yang seimbang tersebut nantinya akan membuat tampilan keseluruhan tas menjadi terlihat lebih profesional dan estetis. Oleh sebab itu, wajar saja bukan jika keseimbangan ini pun kemudian dianggap sangat penting juga dalam membuat logo terlihat stabil dan tidak berat di satu sisi ketika diaplikasikan pada tas promosi.
Relevance dan Uniqueness (Relevan dan Unik)
Adanya logo yang memiliki tampilan relevan dan juga unik ternyata juga menjadi prinsip penting selanjutnya sekaligus terakhir yang harus diperhatikan ketika akan mendesain logo untuk medium tas promosi dan tas sejenisnya. Dimana, adapun alasan kenapa adanya prinsip desain yang relevan dan unik ini perlu diterapkan pada setiap proses pendesainan logo tas pun tentu saja tidak terlepas dari bagaimana tas promosi tersebut yang nantinya akan menjadi bagian dari iklan berjalan. Sehingga dengan mengusung konsep serta wujud desain logo yang relevan sesuai kebutuhan konsep juga look unik sangat lah krusial untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan melalui tas dapat menarik audiens yang tepat, menonjol dan tidak hilang dalam lautan pesaing.
Ukuran dan Positioning Logo yang Optimal
Tidak hanya harus memperhatikan sejumlah prinsip mendesain sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya saja yang umumnya perlu dilakukan sebelum mulai untuk mendesain logo tas promosi supaya nantinya memiliki hasil yang bagus, menarik dan dapat difungsikan sesuai dengan tujuan utama pengadaannya. Karena selain daripada itu, kita pun umumnya juga akan diharuskan pula untuk selalu memperhatikan ukuran dan positioning atau posisi logo agar keberadaannya pada permukaan tas dapat terlihat harmonis dan rapi serta terkesan profesional juga efektif dalam menyampaikan pesan pesan promosi dengan look yang menarik.
Dan dikarenakan oleh hal tersebut juga lah sebelum menentukan dan memperhitungkan positioning logo yang optimal, hendaknya kita bisa lebih dulu mempertimbangkan jenis material dan warna tas yang akan digunakan guna menentukan tampilan desain logo seperti apa yang paling sesuai untuk dipakai, juga memastikan adanya area aman untuk mencetak logo tersedia dengan ukuran yang pas dan fleksibel bagi sejumlah pilihan desain logo guna menjamin visibilitas dan dampak dari desain logo. Namun jika dua bagian utama tersebut sudah terpenuhi dengan baik, maka hal penting selanjutnya yang perlu dijadikan sebagai perhatian memang adalah ukuran dan posisi logo.
Dimana untuk ukuran desain logo pada tas custom ini sendiri umumnya memang akan lebih situasional dan bisa disesuaikan dengan ukuran, bentuk, desain tas dan model logo yang akan dicetak. Namun yang jelas untuk perkara ukuran logo ini hendaknya memang sangat diperlukan adanya proporsionalitas, misalnya saja seperti untuk tas, logo seringkali disarankan berukuran antara 5% hingga 15% dari total lebar atau tinggi permukaan tas tempat logo ditempatkan dengan prioritas keterbacaan yang masih bisa dilihat secara jelas baik untuk elemen grafis maupun teksnya, juga konsistensi rasio penempatan. Sedangkan untuk positioning logo yang dianggap optimal dan perlu diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Pusat (Centered)
Menjadi salah satu positioning desain logo yang bisa dibilang paling umum digunakan dan aman ketika diterapkan pada desain sebuah tas custom, karena dianggap bisa memberikan kesan seimbang, formal dan kuat secara lebih tegas. Dapat diketahui jika positioning desain logo pusat atau centered ini sebetulnya memang adalah posisi penempatan logo yang merujuk pada penempatan logo di bagian tengah tengah dari suatu permukaan tas, yang umumnya seringkali dianggap paling intuitif untuk berbagai aplikasi desain,karena secara keseluruhan positioning desain logo pusat ini memang merupakan salah satu pilihan yang sangat kuat dan serbaguna untuk membangun kehadiran merek yang jelas, seimbang, dan mudah dikenali, bahkan tidak sedikit juga orang yang menganggap jika posisi ini adalah pondasi kokoh untuk membangun identitas visual yang efektif, rapi dan terorganisir.
Sudut (Offset)
Positioning desain logo tas custom yang optimal selanjutnya adalah posisi sudut atau biasa juga disebut dengan istilah offset, yaitu strategi penempatan desain logo yang lebih mengarah pada salah satu sisi media visual dan bukan di area paling dominan dari keseluruhan permukaan tas, karena umumnya memang berada di pojok kiri atas, kanan atas, kiri bawah dan kanan bawah, yang dimaksudkan untuk memberikan kesan lebih halus, modern, dan strategis. Karena tidak dapat dipungkiri, jika penempatan desain logo pada posisi ini kadang kali meman justru akan menciptakan adanya tampilan yang lebih bersih, sleek, dan kontemporer, yang biasanya cocok untuk produk produk tas yang mengutamakan desain minimalis dan tidak ingin logo mereka terlalu mendominasi ruang.
Berulang (Pattern)
penempatan desain logo selanjutnya yang diketahui juga cukup banyak dilakukan adalah positioning desain logo berulang atau bisa juga disebut dengan istilah pattern, yang dalam hal ini sendiri merupakan sebutan untuk strategi penempatan logo di mana logo tersebut tidak diletakkan sebagai elemen tunggal yang dominan di satu titik saja, melainkan justru digandakan dan diatur secara berulang ulang untuk membentuk pola atau tekstur yang akan menutupi seluruh atau sebagian besar permukaan suatu medium. Dimana dikarenakan oleh hal tersebut juga lah menerapkan positioning desain logo secara berulang ini umumnya akan dianggap membuat identitas merek menjadi lebih kuat dan mendalam dan menjadikan merek mudah dikenali bahkan dari kejauhan atau sekilas pandang.
Pemilihan Warna yang Sesuai Dengan Brand Identity
Selain perlu memperhatikan ukuran dan positioning dari desain logo, dalam perkara pengadaan sebuah tas custom umumnya kita pun juga akan diharuskan pula untuk memperhatikan pemilihan warna yang sesuai dengan brand identity. Dimana bisa dibilang jika pemilihan warna yang sesuai dengan brand identity ini sebetulnya memang merupakan salah satu komponen krusial dalam desain logo dan keseluruhan branding, karena perannya yang ternyata cukup kuat dalam membangkitkan emosi, menyampaikan pesan, dan membedakan produk tas kita dari pesaing. Mengingat perkara pemilihan warna ini pun hendaknya memang bukan hanya sekedar memilih warna saja.
Melainkan adanya upaya memilih warna yang sesuai dengan brand identity ini pun umumnya juga berkaitan erat dengan langkah strategis yang tidak boleh dianggap remeh dalam pengadaan tas custom, karena nantinya akan memberikan dampak signifikan pada persepsi dan efektivitas branding tas dengan memperkuat identitas visual produk tas di dunia nyata. Yang mana, didasarkan oleh alasan alasan tersebut juga lah, wajar saja bukan jika perkara pemilihan warna yang sesuai dengan brand identity ini pun kemudian menjadi hal krusial yang selalu membutuhkan pertimbangan khusus, melalui langkah langkah pemilihan seperti berikut ini:
Pahami Dulu Inti dari Brand Identity
Sebelum menentukan warna apa yang sekiranya akan dipakai dan diterapkan sebagai warna dasar tas custom, ada baiknya bagi kita untuk memahami terlebih dahulu inti dari brand identity yang akan ditampilkan. Dimana adanya langkah ini bisa dibilang memang adalah salah satu langkah paling fundamental yang tidak bisa lewatkan begitu saja, karena merupakan pondasi yang dimaksudkan sebagai bahasa visual. Sehingga untuk memastikan keserasian warna dengan brand identity ada baiknya untuk memahami lebih dulu inti dari brand identity guna memastikan warna yang dipakai betulan bermakna, dan efektif dalam membangun citra yang kuat serta berkesan. Mengingat warna sendiri bukan hanya elemen dekoratif saja, tetapi juga merupakan bahasa non verbal yang sangat kuat untuk menyampaikan pesan dan identity dari brand.
Pelajari Psikologi Warna
Karena setiap warna biasanya akan membawa psikologis yang berbeda beda, maka ada baiknya ketika sedang melakukan pemilihan warna yang paling sesuai dengan brand identity, setidaknya kita harus mempelajari pula psikologi dari warna warna yang sekiranya paling relevan untuk digunakan. Dimana bisa dibilang jika mempelajari psikologi warna ini sebetulnya juga adalah langkah fundamental dan sangat penting, karena bukan hanya sekadar tentang preferensi pribadi atau tren sesaat saja, melainkan juga sangat erat berkaitan dan berpengaruh pada persepsi, emosi, dan perilaku manusia, yang pada akhirnya mungkin akan berdampak langsung pada bagaimana merek tampilan tas custom diterima oleh audiens dan membangun koneksi emosional yang kuat.
Sesuaikan Warna dengan Target Audiens
Hal selanjutnya yang juga dikenal harus diperhatikan ketika sedang melakukan pemilihan warna agar nantinya bisa memiliki look yang paling sesuai dengan brand identity adalah menyesuaikan warna tersebut berdasarkan target audiens yang ingin dituju. Karena tidak dapat dipungkiri, jika perihal menyesuaikan warna dengan target audiens ini sebetulnya memang adalah langkah krusial dalam pemilihan warna yang sesuai dengan brand identity karena dianggap sebagai salah satu strategi efektif untuk menarik perhatian, membangun koneksi, dan mengkomunikasikan pesan yang tepat kepada orang orang yang paling ingin dijangkau. Oleh sebab itu, sebelum menentukan pilihan warna, ada baiknya untuk mempertimbangkan warna memiliki relevansi dan resonansi dengan target audiens.
Sesuaikan Warna dengan Konsep yang Diangkat
Selain harus disesuaikan dengan target audiensnya, dalam hal pemilihan warna yang sesuai untuk brand identity, umumnya kita juga akan diharuskan pula untuk memikirkan kesesuaian warna tas dengan konsep yang akan diangkat. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan menyesuaikan warna dengan konsep yang diangkat atau tema utama pada saat pemilihan warna agar sesuai dengan brand identity ini sesungguhnya memang adalah langkah yang sangat fundamental dan strategis untuk menciptakan kohesi visual dan pesan yang kuat, serta memastikan bahwa setiap elemen visual yang ditampilkan melalui tas custom tersebut betulan dapat bekerja bersama untuk menceritakan kisah yang sama, membangkitkan emosi yang tepat, dan membangun identitas merek yang kuat, kohesif, dan tak terlupakan.
Typography Considerations Untuk Logo Tas
Namun meskipun adanya pemilihan warna yang sesuai dengan brand identity dalam hal ini memang memegang peranan yang begitu krusial dan kuat untuk membangkitkan emosi yang tepat, dan membangun identitas merek secara kuat, kohesif, dan tak terlupakan. Tetapi tetap saja, keberadaan dari adanya desain logo yang baik dan sesuai hendaknya masih saja menjadi salah satu faktor penunjang sebuah tas custom dapat terlihat lebih konseptual dan juga profesional. Yang mana, didasarkan dari alasan itu juga lah adanya typography considerations dalam pendesainan logo tas pun menjadi hal yang tidak boleh di lewatkan begitu saja.
Dimana dapat diketahui jika yang dimaksud dengan typography considerations ini sendiri adalah sebuah sebutan bagi serangkaian pertimbangan atau faktor faktor penting yang umumnya harus diperhitungkan ketika memilih dan menggunakan jenis huruf dalam sebuah desain. Apalagi adanya hal tersebut pun hendaknya juga dipengaruhi oleh bagaimana pertimbangan tipografi (pemilihan jenis huruf) ini yang sesungguhnya adalah elemen krusial yang seringkali diabaikan, padahal keberadaannya bukan hanya sekedar perkara memilih jenis font yang bagus dan terlihat menarik saja sebagai bagian dari ornamen atau atribut penghias.
Tetapi tipografi pada sebuah pendesainan logo tas custom ini pun hendaknya juga merupakan sebuah proses strategis untuk memastikan bahwa teks dalam desain logo dapat dibaca dengan jelas, mengkomunikasikan pesan yang tepat, dan secara visual mendukung keseluruhan tujuan tas custom. Dan karena pendesainan logo pada tas custom ini umumnya memiliki tantangan unik yang perlu dipertimbangkan agar penggunaan logo bisa terlihat optimal, tentu ada baiknya bagi kita untuk selalu memperhatikan aspek aspek dalam typography considerations untuk tas logo, yang diantaranya saja adalah seperti berikut ini:
Jenis Huruf (Typeface)
Dalam aspek typography considerations, bisa dibilang jenis huruf atau kerap juga disebut dengan istilah typeface memang adalah salah satu elemen dasar yang penting untuk diperhatikan. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja dikarenakan oleh typeface ini sendiri yang sebetulnya merupakan desain visual lengkap dari satu set karakter dan termasuk sebagai desain spesifik dari setiap guratan, bentuk, dan proporsi karakter, yang akan membuat kita menjadi lebih terbantu dalam menentukan pilihan yang strategis untuk membangun identitas merek yang kuat dan kohesif, karena memang keberadaannya yang bisa membantu kita dalam mengkomunikasikan karakter logo, membangun susasan dan estetika, mempengaruhi legibilitas dan juga diferensiasi logo.
Ukuran Huruf (Font Size)
Mengacu pada tinggi visual sebuah font, siapa sangka jika ukuran huruf atau font size ini ternyata juga menjadi salah satu aspek typography considerations yang penting pula diperhatikan keberadaanya dalam penciptaan desain logo sebuah tas custom. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan font size ini yang sebetulnya memiliki peranan penting untuk menentukan seberapa besar teks akan terlihat dalam desain akhir, yang secara langsung akan turut serta mempengaruhi keterbacaan, dampak visual, adaptasi pada medium tas, dan konsistensi dengan identitas tampilan logo yang ingin ditunjukan serta membuat logo tidak kehilangan fungsi utamanya sebagai identitas merek yang mudah dikenali.
Ketebalan Huruf (Font Weight)
Selain perlu memperhatikan ukuran font, dalam hal ini aspek typography considerations selanjutnya yang juga diketahui harus diperhatikan dalam pendesainan logo tas adalah ketebalan huruf atau font weightnya. Mengingat ketebalan huruf ini pun sebetulnya juga memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam desain logo, khususnya ketika diaplikasikan pada medium tas custom, dikarenakan ketebalan huruf, atau yang dikenal pula sebagai font weight ini yang secara umum akan mengacu pada seberapa tebal guratan garis pembentuk setiap karakter huruf, yang biasanya akan dipakai untuk memastikan bahwa logo pada tas custom tidak hanya terlihat bagus di layar, tetapi juga berfungsi secara optimal sebagai alat branding yang kuat dan mudah dikenali di dunia nyata karena memiliki visibilitas, konsistensi, dan skalabilitas yang pas.
Penjajaran Teks (Alignment)
Pengaturan horizontal baris baris teks terhadap tepi halaman, bingkai teks, atau elemen desain lainnya yang secara singkat biasanya disebut dengan istilah penjajaran teks atau alignment adalah aspek typography considerations selanjutnya yang dalam perkara tipografi juga dianggap sebagai keputusan fundamental yang dinilai dapat mempengaruhi keterbacaan, estetika visual, dan pesan yang disampaikan melalui logo tas. Karena tidak dapat dipungkiri, sebagai bagian yang bisa dibilang memegang keputusan desain strategis, adanya alignment ini pun hendaknya memang bukan sekadar memilih di mana teks harus berada, tetapi juga bagaimana logo tersebut akan dilihat, dirasakan, dan seberapa efektif logo akan berkomunikasi sebagai bagian integral dari identitas merek.
Hierarki Tipografi (Typographic Hierarchy)
Hierarki tipografi adalah aspek typography considerations pada pendesainan logo tas selanjutnya sekaligus terakhir yang berhubungan dengan pengaturan visual teks dalam sebuah desain untuk menunjukkan tingkat kepentingan atau prioritas informasi. Atau secara garis besar, dapat dikatakan jika hierarki tipografi ini sebetulnya memang adalah salah satu cara untuk memandu mata pembaca agar tahu mana informasi yang paling penting, mana yang sekunder, dan mana detail pelengkap.
Oleh sebab itu hierarki tipografi pada logo tas ini biasanya akan dicapai dengan cara memanipulasi berbagai aspek tipografi, katakan saja seperti dengan menggunakan ukuran huruf yang lebih besar, warna yang kontras, jarak yang besar, dan menggunakan gaya yang mencolok untuk meningkatkan efektivitas logo dan menunjukkan profesionalisme juga pemikiran yang matang dalam branding.
A/B Testing untuk Efektivitas Desain Logo
Untuk memastikan jika desain logo yang sudah dibuat sungguhan efektif dan siap untuk digunakan maupun dicetak pada setiap permukaan tas custom, maka ada dalam hal ini ada baiknya bagi kita untuk menerapkan adanya tindakan berupa A/B testing terlebih dahulu sebagai bagian dari usaha mengecek efektivitas desain logo sudah mencapai tingkatan yang diharapkan dan dibutuhkan atau belum. Mengingat, pengertian dari A/B testing atau yang kerap juga disebut dengan istilah spilt testing ini yang sebetulnya memang dipakai untuk menyebutkan sebuah metode eksperimen terkontrol yang dimaksudkan untuk membandingkan dua atau lebih suatu elemen.
Dimana dalam konteks desain logo tas ini sendiri, keberadaan dari tindakan A/B testing ini tentu saja dipakai untuk melihat perbandingan dari dua atau lebih desain logo tas pilihan dengan cara mengujinya pada segmen audiens berbeda secara bersamaan untuk melihat dan mencari mana yang efektif serta bisa menghasilkan respon paling sesuai kebutuhan. Oleh sebab itu pada prosesnya A/B testing untuk efektifitas desain logo ini umumnya akan melibatkan langkah langkah yang diantaranya adalah seperti identifikasi tujuan penggunaan logo tas, membuat beberapa variasi logo, mengalokasikan audiens, mengumpulkan data analisis dan buat keputusan.
Yang mana, adanya tindakan A/B testing sebagaimana sudah disebutkan tersebut hendaknya memang sangat penting untuk dilalui dikarenakan dengan melakukan pengecekan ini nantinya kita dapat mengurangi asumsi subjektif dengan menyediakan data objektif yang menghilangkan dugaan, mengoptimasi keputusan berdasarkan data objektif, menunjukan jika brand maupun pihak terkait perhatian dengan preferensi dan respons audiens terhadap elemen visual logo, serta meminimalisir resiko dari kerugian besar jika desain logo yang dicetak ternyata tidak efektif dan kurang menarik perhatian para audiens.
Dan bagi anda yang sekiranya sudah memiliki desain logo tas dengan hasil testing yang baik dan efektif untuk diterapkan pada model model tas custom, maupun yang masih membutuhkan konsultasi desain logo untuk tas custom dan masih bingung menentukan dimana lokasi produksi tas custom terbaik yang bisa diandalkan, maka kini anda bisa mempercayakannya pada Karya Bintang Abadi, yaitu sebuah pabrik tas custom terbaik dan berlegalitas, dengan cara segera menghubungi CS Karya Bintang Abadi. Karena tidak dapat dipungkiri, jika Karya Bintang Abadi ini memang adalah pabrik tas custom berpengalaman yang sudah malang melintang dalam industri tas custom lebih dari 10 tahun dengan segudang pengalaman memuaskan, yang tentunya dapat diandalkan secara penuh.