fbpx

Langkah-Langkah Proses dan Cara Pembuatan Tas Yang Baik

pembuatan tas

bagikan artikel ini kepada teman

Guna menghasilkan tas yang dapat berfungsi maksimal serta nyaman digunakan tentu salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan cara pembuatan tas itu sendiri. Namun sebelum mulai dalam pembahasan terkait langkah-langkah proses dan cara pembuatan tas yang baik, akan lebih afdol bila kita membahas terlebih dahulu tentang beberapa poin penting yang wajib untuk dipertimbangkan sebelum memulai produksi dari sebuah tas, guna menunjang keberhasilan usaha usaha tersebut, yang diantaranya adalah:

1. Bahan yang digunakan untuk membuat tas 

Sudah barang pasti bila bahan adalah komponen utama dalam sebuah proses pembuatan tas yang memiliki banyak jenis, mulai dari yang paling murah hingga paling mahal dengan peruntukkan model tas berbeda. Untuk proses pembuatan tas yang baik tentu diharuskan adanya penggunaan bahan berkualitas sehingga kekuatan serta daya tahan dari tas bisa dipastikan terjamin, namun juga tanpa melupakan faktor tampilan menarik dari tas tersebut.

Dalam hal ini sebelum menentukan pilihan jenis bahan yang akan digunakan, sebaiknya pertimbangkan dengan baik kelebihan serta kekurangan dari setiap bahan yang dirasa cocok untuk dipakai sebagai material pembuatan tas tersebut. Sesuaikan jenis bahan dengan model yang akan dibuat, contohnya untuk tas model ransel ada baiknya dibuat menggunakan bahan yang berkarakter kuat seperti polyester, cordura atau nilon. Sedangkan untuk tas model sling bag, dapat menggunakan jenis bahan lebih beragam, seperti kulit, kanvas, maupun pvc.

2. Model tas yang akan dibuat 

Poin selanjutnya yang harus dipertimbangkan dalam proses pembuatan tas adalah model dari tas yang akan dibuat tersebut. Hal ini berkaitan dengan adanya inovasi yang harus dilakukan guna menjadi produsen tas yang baik dengan produk terkenal. Untuk menghasilkan tas dengan model yang trendi juga tidak ketinggalan jaman diperlukan adanya riset terlebih dahulu agar mendapatkan banyak referensi guna mendapatkan model tas bervariasi dan seusai dengan tren pasar.

3. Fitur atau komponen pendukung pada tas 

Pada umumnya tas juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung atau berbagai komponen guna memaksimalkan nilai fungsional dari tas tersebut. Sebut saja seperti resleting, strap, rain cover, dsb yang harus disesuaikan juga berdasarkan model dan bahan pembuatan yang digunakan agar tampak lebih serasi. Maka dari itu sebagai produsen tas, tentu juga harus mengenali bagaimana komponen tas yang bagus, kuat namun dengan harga yang sesuai dan masih affordable.

4. Biaya 

Dalam setiap proses produksi tentu sudah pasti dibutuhkan adanya biaya untuk mendukung kegiatan tersebut, tidak terkecuali untuk proses produksi tas. Kelangsungan serta kelancaran dari produksi tas ini juga dipengaruhi oleh faktor biaya yang mencukupi. Untuk produsen tas yang memiliki budget belum begitu besar, tentu harus mempertimbangkan secara seksama kesesuaian antara model, jenis bahan serta jumlah tas yang diproduksi dengan biaya yang dimiliki agar harga jual dengan biaya produksi tidak menimbulkan kerugian.

Produk tas memang menjadi salah satu komoditas bisnis yang sangat menguntungkan dalam jangka waktu panjang bila bisa dikelola dengan baik, maka dari itu untuk kualitas serta tampilannya harus diperhatikan betul dengan cara pembuatan yang tepat, seperti berikut ini:

Langkah-Langkah Proses dan Cara Pembuatan Tas Yang Baik

Tas sebagai sebuah barang dengan banyak fungsi agaknya memang sulit lepas dari kehidupan sehari hari manusia. Melihat dari hal tersebut maka tidaklah heran bila banyak yang menjadikan bisnis tas tersebut sebagai salah satu usahanya karena dianggap menggiurkan dan begitu menarik serta menguntungkan.

Saat ini juga bukan hanya merek merek milik luar negeri saja yang berlomba memproduksi tas dengan berbagai keunggulan serta tampilan eyecatching, melainkan kini juga sudah banyak merek indonesia atau kerap disebut fashion brand lokal yang mulai menghadirkan berbagai koleksi tas dengan beragam model, desain serta bahan pembuatan berbeda yang memiliki karakter serta ciri khas masing masing.

Jika tertarik untuk memulai bisnis tas juga, maka sebagai permulaan anda harus memahami serta mengetahui dengan betul bagaimana langkah atau cara dalam pembuatan tas yang baik. Hal ini tentu saja perlu untuk dilakukan guna memaksimalkan kualitas serta tampilan dari tas yang dihasilkan. Maka dari itu, untuk semakin mematangkan usaha tas anda, simak terlebih dahulu langkah-langkah proses dan cara pembuatan tas yang baik berikut ini :

1. Membuat desain tas

pembuatan tas

Saat memulai proses produksi tas, cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat rancangan desain model tas terlebih dahulu. Dalam hal ini sebelum membuat desain, tentukan dahulu model tas apa yang akan dibuat juga melakukan adanya riset sehingga memiliki banyak referensi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah rancangan desain tas sesuai target pasar namun dengan ciri khas tersendiri.

Saat membuat desain tas ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan, contohnya seperti tujuan penggunaan dari tas tersebut, target pasar yang ingin dituju, juga tampilan sesuai dengan trend. Dan yang perlu diingat adalah saat mendesain, pastikan bila desain tas tersebut bukan hanya memukau dari segi tampilan saja tetapi juga tetap memperhatikan nilai guna dari tas itu sendiri. Meskipun tampilan unik memang dicari para customer, namun nilai fungsionalitas tetaplah kebutuhan utama.

2. Mempersiapkan bahan untuk pembuatan tas

Jika desain tas sudah jadi, maka langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan tas, sesuai dengan rancangan desain yang sudah dibuat. Karena dalam pembuatan tas ini produsen diharuskan untuk memperhatikan kesesuaian antara desain rancangan dengan jenis serta kualitas bahan yang akan digunakan, maka diperlukan bahan berkualitas tinggi sehingga baik kekuatan maupun daya tahannya bisa lebih terjamin untuk hasil tas yang maksimal.

Selain bahan pembuatan, siapkan juga berbagai komponen pendukung yang dibutuhkan sebagai pelengkap desain tas, seperti bag lock atau pengunci tas dengan berbagai jenis bentuknya, strap atau tali tas, dsb. Keseluruhan bahan tersebut harus dipersiapkan sejak awal dan menyesuaikan dengan rancangan desain tas. Pastikan bila seluruh komponennya sudah serasi dengan model serta jenis bahan yang digunakan.

3. Membuat pola

Bila rancangan desain sudah jadi dan bahan telah selesai dipersiapkan maka cara selanjutnya yang bisa lakukan adalah dengan membuat pola tas sesuai dengan rancangan desain. Saat membuat pola, harus dilakukan secara teliti dan juga hati hati karena akan mempengaruhi hasil akhir.

Dan yang perlu diingat adalah semakin rumit model tasnya maka akan semakin sulit juga tahapan pembuatan pola pada tas, bukan hanya itu saja tingkat ketelitian serta ketelatenan pun juga perlu ikut ditingkatkan. Tidak heran bila proses pembuatan pola pada tas ini kerap kali memakan waktu lama.

4. Pemotongan bahan sesuai pola

Setelah pola seluruh bagian tas sudah selesai dibuat maka selanjutnya adalah dengan melakukan pemotongan bahan. Dalam proses ini, sesuaikan potongan bahan dengan pola yang sudah dibuat sebelumnya guna menyesuaikan bentuk bahan tas dengan bagian seharusnya sehingga lebih mudah untuk dijahit dan dapat menghasilkan satu bentuk tas sempurna.

Saat melakukan proses pemotongan ini, perhatikan betul betul dan pastikan sudah seusai dengan garis pola secara rapi, baik menggunakan alat cutting maupun manual, karena bila ada sedikit saja perbedaan, maka bukan tidak mungkin bila hasil akhir tas akan terlihat buruk.

5. Proses penjahitan antar bagian tas

Jika seluruh pola sudah terpotong secara rapi juga lengkap maka tahap selanjutnya dalam pembuatan tas adalah menyatukan pola pola tersebut dengan cara menjahit antar bagiannya menjadi sebuah bentuk tas. Tingkat kesulitan pada proses penjahitan bahan ini pun biasanya tergantung dari tingkat kerumitan desain tas itu sendiri, maka dari itu saat melakukan proses ini dibutuhkan adanya ketelitian serta kesabaran lebih agar tas memiliki detail jahitan rapi dan kuat.

6. Finishing

pembuatan tas

Setelah proses penjahitan antar bagian tas sudah selesai dilakukan, maka tas sudah bisa dikatakan sebagai produk setengah jadi. Karena setelah proses ini, tas masih belum bisa digunakan melainkan harus melalui tahapan lain lagi guna menyempurnakan bentuknya yang disebut dengan tahap finishing.

Pada tahap ini, biasanya akan dilakukan proses pemasangan berbagai komponen atau aksesoris pendukung yang sudah disiapkan sebelumnya seperti bagian bag lock, pengait antar bagian tas dengan strap, dsb guna mempercantik tampilan sekaligus menunjang fungsi pada tas tersebut.

7. Quality control

Jika seluruh komponen atau aksesoris pada tas sudah terpasang secara lengkap maka tahap terakhir yang harus dilalui sebelum tas bisa mulai digunakan atau dipasarkan adalah dengan melakukan quality control. Seperti namanya, pada tahap pembuatan tas ini seluruh tas yang sudah selesai diproduksi akan di cek ulang secara mendetail.

Hal ini bisa dibilang wajib untuk dilakukan pada setiap tas guna memastikan kondisi tas dalam keadaan baik sebelum sampai ke tangan customer, karena pada proses quality control ini tidak jarang ditemui juga tas dengan tampilan cacat, contohnya jahitan tidak tapi atau ada ada komponennya yang kutang lengkap.

Itu dia langkah-langkah dalam pembuatan tas yang dapat dicermati sekaligus dipraktikkan terlebih dahulu sebelum mulai untuk membuka bisnis tas. Mengingat dari dulu hingga sekarang bisnis tas merupakan salah satu jenis bisnis yang selalu berkembang, maka sebagai pemula anda harus memahami dengan betul bagaimana cara membuat tas yang berkualitas dan unggul guna bersaing dengan banyak kompetitor dalam bidang sama. Karena kunci dari suksesnya sebuah usaha tas juga bukan hanya berasal dari kualitas saja melainkan dari tampilan serta inovasi yang selalu dikembangkan dalam setiap peluncuran produknya.

 

Bagi anda yang mulai tertarik untuk memulai bisnis tas namun masih ragu dengan produk hasil buatan sendiri, maka salah satu cara tepat dan mudah untuk memulainya adalah dengan mempercayakan proses pembuatan tas tersebut pada jasa pabrik tas custom terpercaya juga unggulan yang dapat membantu kebutuhan tas usaha tersebut. Dan dari sekian banyak pabrik tas custom yang menawarkan jasanya, Karya Bintang Abadi adalah pilihan terbaik untuk diandalkan.

Berdiri sejak tahun 2007, itu artinya pabrik tas custom ini sudah lebih dari 10 tahun berkarya dan membantu memenuhi segala kebutuhan tas custom dari banyak customer, mulai dari perorangan, kelembagaan, instansi pendidikan hingga pemerintahan dengan beragam pilihan model tas trendi dan kekinian yang berkualitas unggul serta memuaskan para customernya.

Menghadirkan berbagai pilihan tas dengan harga terjangkau untuk segala jenis acara,  seperti goodie bag, tote bag, waist bag, drawstrig bag, pouch, tas laptop hingga tas ransel dengan beragam desain serta material pembuatan yang berkualitas, juga dibuat langsung oleh para tenaga berkompeten di pabrik sendiri secara detail dan rapi pada bagian jahitannya sehingga produk tas pesanan customer bukan hanya memuaskan dari segi tampilan saja, melainkan terjamin juga kekuatan serta daya tahannya.

Selain itu, proses pengerjaan tas juga akan dilakukan dalam waktu cukup singkat kurang lebih 14 hari, atau bisa juga disesuaikan dengan kesepakatan deadline dan juga jumlah pesanan tas. Untuk pengiriman tas juga dipastikan aman sampai ke tangan para customer di seluruh wilayah di Indonesia karena pemilihan jasa ekspedisi terpercaya yang memastikan keamanan pesanan tas.

Bukan hanya itu saja, Karya Bintang Abadi juga memiliki pelayanan yang baik bagi para customer maupun calon customer dengan memudahkan cara pemesanan yang bisa dilakukan baik secara online maupun offline dan dibantu langsung oleh para customer service ramah dan dengan sigap juga tanggap akan merespon segala kebutuhan anda, mulai dari menjawab segala pertanyaan terkait detail produk, estimasi harga, hingga membantu pemesanan tas sampai saat pengiriman pesanan tas ke tangan customer.

Jadi tunggu apalagi? Segera percayakan segala kebutuhan tas custom pada Karya Bintang Abadi dengan menghubungi CS untuk mendapatkan produk tas dengan kualitas unggul dan maksimal.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp