fbpx

Pengertian Keynote Speaker, Berikut Fungsi & Tugasnya!

Keynote speaker

bagikan artikel ini kepada teman

Keynote speaker, mungkin masih terdengar sangat asing ditelinga banyak orang. Sebagian orang yang pernah mendengar istilah itu juga masih belum bisa membedakan antara narasumber dengan keynote speaker. Bahkan sebagian lagi, ada yang belum pernah mendengar atau tahu tentang keynote speaker sama sekali. Istilah ini memang masih sangat asing di telinga orang awam, jadi wajar jika masih banyak yang belum tahu apa itu keynote speaker.

Beberapa yang sudah pernah mendengar keynote speaker pun masih belum begitu tahu atau paham definisi keynote speaker yang sebenarnya. Bahkan masih ada yang menganggap keynote speaker sama dengan narasumber. Secara sekilas keynote speaker adalah pembicara yang biasanya mewakili lembaga sesuai tema seminar, atau yang lebih dikenal dengan pembicara kehormatan.

Mari kita bahas bersama pengertian keynote speaker beserta fungsi dan tugasnya.

Pengertian Keynote Speaker, Berikut Fungsi & Tugasnya!

Sebelum membahas lebih jauh tentang keynote speaker, kata kunci yang perlu diketahui tentang keynote speaker adalah someone who gives speech on an important topic. Pengertian keynote speaker juga bisa disebut sebagai pembicara utama dalam sebuah acara. Pembicara utama dalam sebuah rapat/pertemuan/seminar yang menyampaikan pokok- pokok gagasan dan atau pesan dalam waktu yang singkat.

Keynote speaker harus mengetahui seluk beluk dari materi yang disampaikan. Seorang keynote speaker dalam menyampaikan materi harus menentukan dasar dari tema hingga pesan inti yang harus disampaikan kepada seluruh peserta acara. Keynote speaker umumnya adalah yang ahli di bidangnya masing-masing, dan bisa berbicara secara lugas dan luas tentang topik tertentu.

Biasanya keynote speaker memang sengaja dipilih oleh penyelenggara acara. Penyelenggara acara ini akan memberikan poin penting untuk dibahas dalam materi atau pidato yang akan disampaikan oleh keynote speaker. Tergantung dengan acara, penyelenggara bisa memilih keynote speaker yang mempunyai spesialisasi dalam memotivasi orang lain, mempromosikan, atau berbagi wawasan berdasarkan bisnis atau industri tertentu.

Keynote speaker atau pembicara kunci adalah sosok yang diharapkan dapat memberikan pengaruh yang signifikan atau nilai tambah terhadap suksesnya sebuah seminar, dan biasanya mereka adalah orang atau tokoh penting dalam pemerintahan atau negara, dan bisa juga tokoh masyarakat yang berpengaruh. Contohnya adalah walikota yang membahas permasalahan daerahnya dalam hal pembangunan serta masalah yang dihadapi. Tentu saja dengan itu peserta atau audiens akan mendapatkan materi yang riil dan utuh dan tidak setengah-setengah.

Keynote speaker biasanya hanya hadir pada waktu acara pembukaan seminar dengan menyampaikan pidato singkat (keynote speech), dan pada acara penutupan nantinya akan hadir lagi keynote speaker yang lain untuk penutup seminar.

Seusai keynote speaker menyampaikan pidatonya, langsung meresmikan pembukaan seminar misalnya dengan  pengguntingan pita, atau pengetukan palu tanda dibukanya seminar dengan resmi. Sebelum meninggalkan ruang seminar, biasanya para wartawan akan mewawancarai keynote speaker untuk beberapa saat, untuk lebih memperjelas hal-hal yang telah disampaikan dalam keynote speech sebelumnya.

Dari panjangnya penjelasan tentang pengertian keynote speaker di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa tugas utama seorang keynote speaker adalah sebagai pembicara kehormatan yang memberi sambutan dan memberi materi dalam seminar nasional. Pembicara yang mewakili sebuah lembaga dan memberi ulasan sesuai tema seminar.

  • Kualifikasi Menjadi Keynote Speaker
  • Memiliki bidang fokus tertentu dan dianggap sebagai ahli di bidang itu.
  • Berbicara dengan cara yang menarik, dinamis, dan lancar.
  • Mampu terhubung dengan audiens yang memiliki berbagai tingkat keahlian.
  • Memiliki pengalaman berbicara di depan umum yang luas.
  • Memiliki reputasi yang baik dan terhormat.
  • Kompeten menggunakan berbagai metode pembelajaran dan gaya penyampaian.

Bagaimana Menjadi Keynote Speaker yang Baik

Menurut (Marshall, 20) terdapat tiga unsur untuk menjadi seorang keynote speaker yang baik.

1. Mengetahui sasaran atau goal dari seminar yang diadakan

Definisi dan Perbedaan Target Audience dan Target Market

Dengan mengetahui sasaran, maka pembicara utama akan dapat mengetahui hal-hal apa saja yang diperlukan untuk mencapai sasaran dari seminar tersebut. Bukan hanya mengetahui apa saja yang diperlukan, sebagai pembicara utama juga perlu untuk menyiapkan hal-hal yang sudah diketahui tersebut untuk mencapai goal dengan membuat seminar lebih menarik dan tidak monoton.

2. Bisa menyampaikan materi yang mudah diterima audiens

Menguak Audience Connecting Techniques Untuk Membuat Audiens Terlibat Dalam Presentasi Anda - Presenter Map

Memastikan pembicara utama atau keynote speaker bisa menyampaikan materi yang mudah diterima oleh audiens adalah hal sangat penting untuk diperhatikan. Seorang pembicara utama harus bisa membuat sebuah materi untuk disampaikan saat mengisi sebuah seminar. Selain bisa membuat materi, bagaimana keynote speaker menyampaikannya ke audiens sehingga mudah untuk diterima menjadi salah satu hal yang sangat penting juga.

Tidak semua orang bisa membuat materi, lebih sedikit lagi yang bisa menyampaikan materi, dan jauh lebih sedikit lagi yang penyampaian materinya bisa dengan mudah diterima oleh audiens. Maka dari itu, menjadi seorang keynote speaker juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, dan tidak mudah juga sembarang orang jika ingin menjadi seorang keynote speaker.

3. Melakukan riset tentang materi yang disampaikan

Pengertian PENELITIAN adalah: Definisi, Tujuan, dan Ciri-Ciri Penelitian

Sebagai seorang pembicara utama, mengetahui seluk beluk dari materi yang akan disampaikan tentu menjadi hal yang wajib. Pembicara utama harus melakukan riset yang menyangkut beberapa hal, seperti tema dan tujuan dari diadakannya seminar itu, siapa yang akan menjadi pembicara lain dalam seminar, dan mengetahui latar belakang dari audiens yang akan mengikuti seminar tersebut.

Dengan dilakukannya riset ini, pembicara utama atau keynote speaker diharapkan dapat menjalankan seminar dengan lancar. Pembicara utama bisa menguasai jalannya seminar serta mendapatkan atensi penuh dari peserta. Sehingga peserta dapat menangkap maksud dari pembicara utama, serta pembicara utama dapat menyampaikan materi yang dibawakan secara tepat sasaran.

Membagikan souvenir menarik atau seminar kit adalah salah satu cara yang bisa dipakai menarik minat calon peserta seminar untuk mengikuti seminar tersebut. Souvenir yang dibagikan untuk peserta seminar bisa dipakai sebagai salah satu media promosi yang dapat membantu meningkatkan brand awareness dari penyelenggara. Jadi, souvenir untuk seminar tidak bisa asal pilih, karena berkaitan dengan peningkatan nama dan peluang bisnis.

Fungsionalitasnya yang tinggi, tas biasanya banyak dipilih untuk dipakai sebagai souvenir seminar. Selain itu, tas bisa didapatkan dengan harga terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang baik. Maka dari itu, diperlukan konveksi tas custom yang berpengalaman juga terpercaya untuk membantu mencapainya. Karya Bintang Abadi bisa menjadi jawabannya. Menawarkan berbagai macam paket tas seminar kit dengan beragam model yang trendi serta berkualitas. Sudah banyak client yang mempercayakan segala kebutuhan seminar kitnya pada Karyabintangabadi.id. Mulai dari perguruan tinggi, perusahaan kecil sampai besar, lembaga, pemerintahan, dsb dari seluruh wilayah di Indonesia mempercayakannya di sini.

Menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan bagi calon client, beragam pilihan model tas yang dapat di cek pada katalog produk, tas dengan bahan berkualitas dan juga detail jahitan rapi, harga terjangkau serta pengerjaan cepat. Selain itu Karyabintangabadi.id juga melayani pemesanan tas dari seluruh wilayah di Indonesia dengan cara pemesanan mudah dan dapat dilakukan secara online. Segera hubungi customer service yang dengan sigap akan membantu segala kebutuhan anda seputar tas, mulai dari menjelaskan detail produk, estimasi harga sampai dengan saat melakukan pemesanan.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas yang akan membuat anda semakin up to date. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp