fbpx

Apa Makna Dari Preloved Tas, Kenapa Banyak Dikalangan Tas Branded

preloved tas

bagikan artikel ini kepada teman

Sebelum membahas tentang preloved tas. Untuk menunjang penampilan modis serta trendi, tentu seseorang memerlukan adanya sebuah barang fashion untuk mendukungnya. Dimana, diantara banyaknya jenis item fashion yang dinilai dapat menunjang penampilan tersebut, bisa dibilang tas memang merupakan salah satunya dan dianggap paling penting serta multifungsi, selain busana. Yang mana untuk mendapatkan tas guna keperluan fashion maupun mobilitas harian, tentu terdapat beragam cara bisa dilakukan, baik itu dengan cara membeli produk baru dari suatu merek fashion maupun membelinya dari second hand atau preloved.

Dimana, maksud dari produk atau barang preloved sendiri sebetulnya dapat diketahui memang sebuah istilah yang banyak digunakan untuk menyebutkan barang-barang bekas dengan kondisi baik dan layak pakai. Dan biasanya jenis barang barang yang bisa dijual secara preloved pun umumnya juga sangat beragam, mulai dari pakaian, sepatu, tas, berbagai tipe aksesoris fashion, perabotan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Namun secara garis besar, istilah preloved ini memang diketahui lebih sering digunakan dalam industri fashion, khususnya untuk menyebut pakaian atau aksesori fashion bekas yang masih terawat dengan baik dan dapat digunakan kembali.

Dan karena barang preloved pada dasarnya merupakan sebutan bagi sebuah barang bekas, tentu secara tidak langsung hal tersebut pun menjadikan barang barang yang dijual secara preloved dinilai memiliki harga jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan harga dari produk barunya. Terlebih, selain itu konsep dari menjual barang secara preloved ini pun diketahui juga merupakan salah satu bagian dari usaha untuk mengurangi sampah tekstil dan mendukung adanya praktik berkelanjutan guna menjaga kesehatan lingkungan. Oleh sebab itu, wajar saja bukan jika banyak orang lebih menyukai menjual atau membeli barang secara preloved.

Namun meskipun begitu, sebagaimana penggunaan barang bekas pada umumnya, tentu keberadaan dari sebuah barang preloved pun diketahui juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dan adapun beberapa kelebihan serta kekurangan dari barang preloved tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Kelebihan dari barang preloved: 

  1. Harga yang lebih terjangkau: Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, barang yang dijual secara preloved biasanya memang akan dijual dengan harga yang lebih rendah daripada barang baru. Dimana, adanya hal ini tentu dirasa dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis bagi para konsumen.
  2. Meminimalisir pemborosan: Dengan membeli barang secara preloved, tentu secara tidak langsung kita telah membantu diri sendiri untuk meminimalisir pemborosan uang. Mengingat barang barang preloved umumnya memang dijual dengan harga lebih murah. Sehingga pembeli bisa mengeluarkan budget yang lebih sedikit untuk mendapatkan produk incarannya.
  3. Keuntungan tambahan: Untuk kelebihan satu ini, agaknya memang ditujukan bagi para pemilik barang atau penjual barang preloved. Karena selain dapat mengurangi barang barang yang tidak terpakai lagi, tentu mereka juga dapat sekaligus mendapatkan keuntungan dari hasil menjual barangnya tersebut.
  4. Pilihan unik: Barang barang yang dijual secara preloved seringkali justru akan memiliki desain atau model yang sudah tidak diproduksi lagi. Dimana, adanya hal ini tentu membuat para customer atau penikmat barang preloved menjadi memiliki pilihan barang yang terkesan lebih unik serta memberikan kepuasan lebih, khususnya bagi mereka yang memang menyukai barang-barang dengan karakteristik khas.
  5. Pengurangan jejak karbon: Seperti sudah disinggung sebelumnya, jika dengan memilih barang preloved, umumnya kita juga dapat sekaligus membantu mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari produksi barang baru dan membuat keberlanjutan kesehatan lingkungan lebih terjamin.

Kekurangan dari barang preloved: 

  1. Kondisi tidak selalu sempurna: Meskipun kebanyakan barang preloved dijual masih dalam keadaan layak pakai, namun kondisinya mungkin tidak sebaik barang baru. Dan tidak dapat pungkiri jika terdapat beberapa barang preloved yang mungkin memiliki cacat atau kerusakan kecil, sehingga perlu diperbaiki lebih dulu.
  2. Ketersediaan terbatas: Barang preloved umumnya memang memiliki ketersediaan yang jauh lebih terbatas, terutama untuk barang-barang dengan desain atau model khusus yang sudah tidak diproduksi lagi.
  3. Proses mencari yang lebih rumit: Mencari barang preloved yang sesuai dengan keinginan dan ukuran bisa menjadi lebih rumit daripada membeli barang baru, karena kita harus lebih teliti dalam memilih dan mencari barang yang diinginkan. Mengingat barang preloved biasanya memang tidak tersedia dalam banyak pilihan.
  4. Resiko ketidakcocokan: Ketika membeli barang secara preloved, tidak sedikit pula orang orang yang merasa adanya ketidakcocokan dengan barang yang dibeli, baik itu dari segi ukuran, warna, maupun kondisi barang yang mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi.

Apa Makna Dari Preloved Tas, Kenapa Banyak Dikalangan Tas Branded

Namun, meskipun memang dikenal memiliki sejumlah kekurangan, sebagaimana sudah disebutkan di atas. Hendaknya banyak orang masih saja memilih barang preloved sebagai pilihannya dalam menemukan barang keperluannya, tidak terkecuali dalam hal fashion, khususnya berupa produk tas. Mengingat, keberadaan dari adanya barang preloved sendiri umumnya juga tetap dikenal memiliki lebih banyak kelebihan ketimbang kekurangannya. Dimana, diantara banyaknya jenis barang fashion yang diketahui biasa di preloved, tas memang dikenal sebagai salah satunya dan dinilai memiliki pencarian paling tinggi, khususnya untuk jenis tas branded.

Dimana, yang dimaksud dengan tas preloved sendiri pun sebetulnya memang mengarah pada sebuah tas yang telah digunakan pemilik sebelumnya, lalu kemudian dijual kembali dengan beragam alasan. Namun yang jelas, istilah preloved tas dalam hal ini pun sama sama bermakna bahwa tas tersebut pada dasarnya adalah sebuah tas bekas dan jarang sekali berada dalam kondisi baru. Tetapi meskipun merupakan barang bekas, tas preloved biasanya masih dalam kondisi baik dan layak pakai, namun karena satu dan lain hal tas tersebut pun akhirnya dijual kembali oleh pemiliknya.

Yang mana meskipun tergolong kedalam barang preloved, namun taukah anda jika harga dari tas preloved umumnya justru tidak selalu dibandrol dengan harga yang lebih murah, dibandingkan barang barunya. Terlebih jika jenis tas preloved yang dijual tersebut adalah jenis tas branded klasik dan berasal dari merek merek ternama dunia, misalnya seperti tas buatan Hermes, YSL, Dior, Louis Vuitton, Gucci, Versace, Prada, Chanel, dan sebagainya yang diketahui sudah langka atau bahkan tidak diproduksi lagi. Dimana, untuk tas preloved yang berasal dari merek merek tersebut dan memiliki tingkat kelangkaan tinggi, umumnya memang diketahui akan memiliki harga jauh lebih tinggi.

Oleh sebab itu, banyak orang memilih menjadikan tas branded preloved sebagai bagian dari bisnis atau investasi jangka panjangnya. Karena selain dapat digunakan sebagai item fashion eksklusif yang membuat penampilan pengguna menjadi tampak stunning dengan kesan status sosial tinggi, tas branded pun dalam hal ini juga dapat di jual secara preloved dan mendatangkan keuntungan besar yang cukup menjanjikan. Dimana keberadaan dari tas preloved branded ini umumnya diketahui bisa ditemukan melalui penjual online, toko konsinyasi, acara lelang, atau bahkan juga pasar barang mewah khusus.

Tetapi penting untuk selalu diingat, sebelum membeli tas branded secara preloved, pastikan untuk selalu memeriksa keaslian tas, kondisi, serta harganya yang ditawarkan terlebih dahulu agar nantinya kita bisa mendapatkan produk sesuai dengan harapan. Mengingat kebanyakan orang diketahui gemar menjual atau juga membeli tas branded secara preloved pun umumnya dikarenakan oleh beberapa hal. Dan adapun sejumlah alasan kenapa tas branded banyak dijumpai dijual atau dibeli secara preloved adalah dikarenakan oleh beberapa alasan berikut ini:

Alasan kenapa preloved banyak dikalangan tas branded:

1. Nilai Retensi Tinggi

Tas branded biasanya memang dikenal memiliki nilai retensi yang tinggi. Dimana adanya hal tersebut sebetulnya memiliki artian berupa harga jual dari tas branded yang diketahui tidak terlalu jatuh meskipun sudah digunakan selama beberapa waktu oleh pemilik sebelumnya. Oleh sebab itu, berkat adanya nilai retensi yang tinggi ini lah, tas branded cenderung lebih mudah untuk dijual kembali secara preloved.

2. Peminat yang Tinggi

Keberadaan dari tas branded bisa dibilang memang telah menjadi salah satu jenis barang preloved paling populer dalam bidang produk fashion. Yang mana, adanya hal tersebut pun sebetulnya diketahui karena dirinya yang dikenal masih memiliki kondisi baik, desain menarik serta timeless, dan dapat dijadikan sebagai simbol dari gaya hidup kelas atas atau kesuksesan seseorang. Oleh sebab itu, tas branded dianggap memiliki pasar preloved yang kuat.

3. Siklus Mode

Kebanyakan tas branded yang populer dalam dunia perprelovedan umumnya diketahui merupakan jenis tas branded yang mengikuti sebuah tren mode tertentu. Sehingga mayoritas tampilan dari tas branded preloved pun dikenal akan memiliki kesan klasik, vintage, atau retro yang kuat. Oleh sebab itu, bagi para kolektor atau fashionnista yang gemar dengan tas klasik tentu akan sangat menyukai adanya tas branded preloved.

4. Kualitas yang Baik

Sebuah tas dengan titel branded umumnya akan dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi serta menggunakan teknik pembuatan yang cermat. Sehingga tas-tas branded ini pun tentunya akan dinilai memiliki umur pakai yang jauh lebih panjang, jika dibandingkan dengan jenis tas kebanyakan. Dimana, dikarenakan hal tersebutlah, umumnya akan membuat tas branded dianggap lebih layak untuk dipakai dan memiliki nilai jual tinggi sebagai barang preloved.

5. Harga yang Lebih Terjangkau

Meskipun masih memiliki harga yang tinggi dibandingkan dengan tas non-branded, harga tas branded preloved tidak jarang juga justru lebih terjangkau daripada tas branded versi baru. Yang mana, adanya hal ini tentu akan dianggap lebih menarik bagi mereka yang ingin memiliki tas branded tanpa harus membayar harga penuh.

Namun meskipun membeli tas secara preloved merupakan suatu hal yang legal dan banyak dilakukan. Tentu saat mencari tas preloved, hendaknya tetap ada beberapa hal yang setidaknya perlu diperhatikan agar nantinya kita bisa mendapatkan tas sesuai dengan keinginan dan nilai yang diharapkan. Dan adapun sejumlah hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan untuk memastikan tas branded preloved dalam kondisi baik, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Hal yang harus diperhatikan saat membeli tas branded secara preloved:

1. Keaslian

Sesaat sebelum memutuskan untuk membeli tas branded secara preloved, ada baiknya untuk pastikan terlebih dahulu bahwa tas tersebut adalah asli dan bukan barang palsu. Dimana, untuk memeriksa keaslian tas tersebut, kita dapat melakukannya dengan cara mengecek label, logo, stempel merek, dan karakteristik khusus lainnya yang sekiranya dirasa dapat membantu mengidentifikasi keaslian tas.

2. Kondisi Tas

Selain perlu mengecek keaslian tas, hendaknya kita juga perlu untuk memeriksa kondisi tas secara menyeluruh pula, termasuk bagian dalam dan luar tas, resleting, jahitan, dan aksesori tambahan. Yang mana, ada baiknya untuk selalu memastikan jika tas branded yang akan dibeli secara preloved tersebut tidak memiliki kerusakan atau cacat yang signifikan dan mungkin masih dapat diterima.

3. Riwayat Pemakaian

Ketika mencari atau akan membeli tas branded secara preloved, tidak ada salahnya untuk mencari tau terlebih dahulu tentang riwayat pemakaian tas dari tersebut. Mulai dari seperti seberapa sering tas branded tersebut digunakan, cara perawatan sebelumnya, dan apakah tas branded tersebut pernah mengalami perbaikan atau restorasi. Dimana, adanya hal ini tentu saja dimaksudkan untuk memastikan keadaan tas dalam kondisi prima.

4. Keterangan dan Dokumen

Umumnya setiap tas branded akan disertai oleh adanya berbagai dokumen pendukung sebagai bagian dari identitas merek, produk, serta bukti keasliannya. Oleh sebab itu, saat akan membeli tas branded secara preloved, ada baiknya untuk meminta pihak penjual menyediakan serta menyertakan dokumen atau keterangan tambahan yang bisanya menyertai tas tersebut. Baik itu berupa sertifikat keaslian tas, tag asli, atau bahkan juga dokumen pembelian aslinya.

5. Harga

Sebelum membeli tas branded secara preloved, agaknya tidak ada salahnya untuk membandingkan harga tas preloved yang ditemui dengan harga pasar biasanya untuk produk tas yang sama atau serupa dan juga dalam kondisi yang serupa pula. Mengingat adanya harga yang terlalu murah dalam hal ini pun bisa saja menjadi indikasi dari adanya masalah, sementara harga yang terlalu tinggi mungkin  bisa saja juga tidak sebanding dengan kondisi atau nilai asli dari tas branded tersebut.

6. Reputasi Penjual

Untuk memastikan kondisi dan keaslian dari tas branded tersebut, hendaknya untuk selalu memastikan pembelian tas branded secara preloved tersebut dilakukan dengan penjual yang memang sudah terpercaya serta memiliki reputasi baik. Dimana, untuk memastikan jika penjual tersebut memang dapat dipercaya, hendaknya kita bisa memeriksa ulasan atau testimoni dari pembeli sebelumnya terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran tentang pengalaman berbelanja dengan penjual tersebut.

7. Pilihan Pembayaran

Guna meminimalisir resiko kerugian atau resiko tertipu, hendaknya penting untuk selalu memastikan bahwa metode pembayaran yang digunakan aman serta sudah sesuai dengan kebutuhan. Dimana, ada baiknya untuk menghindari pembayaran secara tunai langsung kepada penjual jika memungkinkan, dan gunakan metode pembayaran yang memberikan perlindungan kepada pembeli, contohnya seperti PayPal atau kartu kredit.

8. Peraturan Pengembalian Barang

Agar resiko kerugian pembelian barang rusak atau tidak sesuai dapat diminimalisir, tentu ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli tas branded secara preloved kita sudah memeriksa serta memastikan kebijakan pengembalian barang dari penjual. Yang mana, ingatlah untuk selalu memastikan jika kita memiliki opsi untuk mengembalikan tas jika nantinya ada masalah atau jika tas ternyata tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang makna dari preloved tas, khususnya di kalangan tas branded. Mengingat jika diantara banyaknya produk fashion yang kerap kali dipreloved, bisa dibilang tas memang salah satu yang paling sering dijumpai. Yang mana, agar nantinya kita dapat menemukan preloved tas branded dalam kondisi baik serta mendapatkan nilai sesuai dengan nilai investasi, tentu ada baiknya untuk memperhatikan sejumlah hal penting, sebagaimana sudah disebutkan di atas. Sehingga dalam memilih tas branded preloved pun kita dapat melakukannya secara percaya diri dan mendapatkan tas dengan spesifikasi terbaik pula.

 

Walaupun memang kerap kali dikenal memiliki harga jual yang cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan harga tas branded baru. Namun agaknya bagi sebagian besar orang, keberadaan dari preloved tas branded masih lah kurang tepat dan fleksibel untuk digunakan bagi beragam kebutuhan serta keperluan, terlebih yang bersifat komersil, misalnya seperti tas untuk keperluan bingkisan, souvenir, hingga media promosi suatu usaha. Karena untuk tas guna keperluan tersebut, umumnya kita tentu jauh lebih membutuhkan adanya tas dengan nilai fungiosnlitas tinggi namun tetap berpenampilan baik serta dibandrol dengan harga terjangkau.

Dimana untuk mendapatkan tas untuk keperluan komersil yang sesuai dengan spesifikasi tersebut, hendaknya kita memerlukan adanya peran dari sebuah jasa pembuatan tas custom berpengalaman, terbaik juga terpercaya seperti Karya Bintang Abadi ini. Sehingga nantinya tas guna kebutuhan komersil tersebut pun bukan hanya dapat memiliki spesifikasi sesuai dengan yang dibutuhkan saja. Mengingat, sebagai pabrik tas custom terbaik Karya Bintang Abadi pun dalam hal ini juga diketahui selalu menghadirkan banyak pilihan model dengan detail tampilan rapi dan mutu terjamin.

Selain itu, proses pemesanan tas di Karya Bintang Abadi pun juga dijamin aman karena perusahaan sudah memiliki legalitas yang jelas dan sah secara hukum, juga cara pemesanan cepat dan mudah karena didampingi oleh customer service ramah juga sigap dalam membantu segala kebutuhan tas custom customer, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas custom dengan hasil maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu dan membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp