5+ Langkah Memperbaiki Tas Kulit Yang Kusut

memperbaiki tas kulit kusut

bagikan artikel ini kepada teman

Tas merupakan sebuah barang yang penting baik bagi pria maupun wanita. Bukan hanya dijadikan sebagai sebuah wadah lagi namun juga sebagai salah satu item penunjang penampilan dengan nilai guna tinggi. Memiliki peran lebih, tentu menjadikan tas saat ini banyak diproduksi dengan berbagai keunggulan dan fitur pendukung agar dapat difungsikan secara maksimal. Salah satu jenis tas yang banyak digandrungi baik oleh pria maupun wanita adalah tas dengan bahan kulit. Memangnya apa saja keunggulan yang dimiliki tas kulit tersebut hingga banyak diminati?

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, ada baiknya bila anda mulai menyimak beberapa keunggulan yang dimiliki oleh tas kulit, sebagai berikut:

1. Memiliki corak dan tekstur unik 

memperbaiki tas kulit kusut

Kelebihan satu ini agaknya memang akan sangat terlihat pada tas yang terbuat dari kulit asli. Namun meskipun begitu saat ini juga sudah banyak teknologi yang menjadikan bahan kulit sintetis memiliki tampilan yang nyaris mirip dengan kulit asli.

Menampilkan guratan atau tekstur unik juga berbeda yang tidak dapat didapatkan pada tas dengan bahan lain. Merupakan keunggulan utama tas kulit dari segi tampilan yang sangat memukau dan menjadi daya tarik tersendiri. Seperti beberapa fashion brand terkenal yang menyediakan beberapa koleksi tas kulit dengan spesifikasi terbaik sebut saja mulai dari Dior, Hermes atau Louis Vuitton.

2. Lebih awet dan tahan lama 

Dalam mencari sebuah tas tentu awet dan tahan lama merupakan dua hal yang penting bukan? Dan keduanya bisa didapatkan pada tas dengan baham kulit, terlebih bila tas tersebut dibuat menggunakan bahan berkualitas premium dengan teknik pembuatan yang detail dan juga cara perawatan tepat.

3. Modelnya tidak ketinggalan jaman 

memperbaiki tas kulit kusut

Tas memang adalah item fashion yang selalu mengalami pergantian mode mengikuti trend yang ada, namun sepertinya hal tersebut tidak berlaku untuk tas kulit. Dibuat dengan desain yang cenderung simple namun elegant dan mudah untuk dipadukan dengan berbagai gaya merupakan keunggulan tas kulit yang membuatnya tidak pernah ketinggalan jaman. Alasan ini pula yang menjadikan banyak orang memilih tas dengan bahan kulit.

Dibalik semua keunggulan yang dimiliki, tentu tidak dapat dipungkiri bila ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki dari tas kulit selain dari harga mahalnya. Yaitu bahannya yang perlu diperhatikan secara khusus agar tampilan cantiknya dapat bertahan lama, karena masalah yang sering dialami oleh para pengguna tas kulit adalah tas kulit yang terlihat kusut, bahkan mengelupas. Lalu bagaimana langkah untuk menghindari atau bahkan memperbaiki tas kulit yang mengalami masalah tersebut?

5+ Langkah Memperbaiki Tas Kulit Yang Kusut

Seperti kita ketahui bila tas kulit memang membutuhkan perhatian dan perawatan khusus bila dibandingkan dengan bahan lain. Mengingat tas yang terbuat dari bahan ini memang rawan untuk kusut, retak bahkan mengelupas yang akan membuat tampilan tas menjadi tidak cantik lagi.

Tentu sebagai pengguna atau bahkan penggemar tas kulit, anda tidak mau hal ini terjadi bukan? Maka dari itu untuk menghindari atau memperbaiki masalah masalah tersebut, ada baiknya bila anda menyimak beberapa langkah berikut yang bisa di terapkan guna menjaga tampilan tas kulit tetap dalam kondisi baik, diantaranya:

1. Keluarkan barang-barang dari dalam tas

Langkah pertama dalam memperbaiki tas kulit kusut adalah dengan mengeluarkan segala jenis barang yang terdapat pada bagian dalam tas setelah digunakan. Tanpa disadari tas kulit menjadi kusut juga bisa disebabkan karena ketidak hati hatian pengguna itu sendiri. Memasukkan barang terlalu banyak yang mungkin melebihi kapasitas tas atau justru terlalu sedikit barang juga dapat mengakibatkan tas kulit menjadi mudah kusut.

Maka dari itu setelah digunakan ada baiknya untuk mengeluarkan segala jenis barang bawaan dari dalam tas. Usahakan jangan membiarkan tas kulit tersimpan dengan barang barang didalamnya dan ganti menggunakan gumpalan kertas koran sebagai penyerap bau dan kelembaban pada tas sekaligus untuk mempertahankan bentuk tas dalam kondisi semula.

2. Menempatkan gumpalan kertas koran pada bagian dalam tas

Seperti yang kita ketahui salah satu cara menyimpan tas yang tepat adalah dengan menempatkan gumpalan kertas koran. Cara ini perlu dilakukan karena dimaksudkan untuk mempertahankan bentuk tas tetap dalam kondisi baik. Selain itu juga untuk menghindari adanya lipatan pada tas dalam jangka waktu lama yang berkemungkinan meninggalkan bekas dan juga merusak tampilan tas.

Namun ternyata cara ini bukan hanya dilakukan saat menyimpan tas saja, tetapi juga sebagai salah satu cara untuk memperbaiki tas kulit kusut. Cara ini bisa dibilang merupakan langkah penting untuk mulai proses perbaikan pada tas kulit, karena dengan memasukkan gumpalan koran tersebut, dapat menahan bentuk tas terbentuk dengan baik kembali sebelum memulai ke tahapan selanjutnya.

3. Menjemur tas di bawah sinar matahari

Sebetulnya tas dengan bahan kulit memang tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung terlalu sering dan dalam waktu lama karena akan menyebabkan permukaan kulit menjadi kering juga mudah retak. Namun dalam kasus ini hal tersebut dapat menjadi pengecualian dan merupakan langkah selanjutnya dari memperbaiki tas kulit kusut setelah memasukkan gumpalan kertas koran pada bagian dalam tas.

Langkah ini dilakukan dengan cara menempatkan tas berada di tempat yang terkena sinar matahari secara cukup, proses ini dapat dilalui 1 hingga 3 hari tergantung dari cuaca dan juga level parahnya kekusutan pada tas. Dengan sinar matahari yang memiliki suhu panas alami, akan membantu permukaan tas kuli perlahan kembali ke bentuk semula dan menghilangkan bekas kerutan pada tas.

Setelah tas kulit dirasa sudah kembali ke tampilan semula, segera pindahkan tas ke suhu ruangan dan jangan lupa untuk memberikan pelembab khusus tas kulit guna membantu mengembalikan tekstur juga kelembaban pada permukaan tas kulit agar tidak kering dan retak. Pastikan bila anda tidak sering dalam melakukan hal ini, karena akan membuat usia tas kulit semakin pendek.

4.  Menjaga kelembaban tas dengan pelembab khusus

Menggunakan pelembab khusus pada tas kulit untuk menjaga kelembabannya ternyata adalah langkah yang penting. Hal ini dikarenakan dengan kelembaban baik, tas kulit akan terhindar dari masalah seperti kulit mengerut, atau kering yang dapat merusak tampilan tas. Menggunakan pelembab khusus bagi tas kulit secara teratur juga dapat membantu menyamarkan bekas permukaan kulit tas yang kusut secara berkala.

5. Haluskan permukaan tas menggunakan kertas polos juga setrika

Cara ini bisa dilakukan bila cuaca sedang tidak mendukung dan juga tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perbaikan tas secara berkala. Memerlukan dua alat saja yaitu kertas hvs polos dan juga setrika, dengan cara melapisi permukaan tas menggunakan kertas hvs lalu setrika secara perlahan dengan suhu yang tidak terlalu panas dan sedikit di tekan. Langkah ini bisa dilakukan 2 sampai 3 kali agar kusut pada tas lebih memudar atau bila permukaan tas dirasa sudah terlalu panas.

6. Memberikan jarak antara tas saat melakukan penyimpanan

Kerap kali tidak diperhatikan namun justru hal ini bisa menjadi penyebab utama tas kulit tampak kusut atau bahkan rusak, yaitu penyimpanan tas yang sembarangan dan bertumpuk. Selama ini tentu ada banyak orang yang masih sembrono saat menyimpan tas, merasa suhu ruang sudah pas tanpa memperhatikan bila jarak pada tas atau posisi tas kurang tepat.

Maka dari itu untuk menghindarkan sekaligus memperbaiki tas kulit kusut dapat dilakukan dengan cara memperhatikan jarak antara tas saat disimpan. Pastikan bila saat disimpan di lemari, tas memiliki jarak 3 sampai 5 cm satu sama lain, selain karena menghindari tas tertumpuk, hal ini juga di maksudkan agar tas mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga tidak mudah lembab dan juga menempel satu sama lain.

Itu dia beberapa langkah memperbaiki tas kulit kusut yang dapat dilakukan bila tas terlanjur kusut. Sebetulnya cara untuk mengembalikan tas kulit yang sudah kusut ke bentuk aslinya memang tidaklah terlalu sulit, namun tetap saja bekas dari kekusutan tersebut juga tidak bisa hilang 100 % terlebih yang tingkat kekusutan tasnya sudah parah. Maka dari itu sebaiknya perhatikan betul dan pahami terlebih dahulu bagaimana cara merawat serta menyimpan tas kulit yang benar sebelum membeli produknya. Karena akan lebih baik mencegah dibandingkan memperbaiki bukan?

 

Tidak dapat dipungkiri bila tas merupakan barang dengan nilai fungsionalitas tinggi, sehingga tidak heran jika tas menjadi salah satu barang favorit yang dipilih untuk dijadikan sebagai souvenir dalam sebuah acara atau suatu kegiatan. Tidak terkecuali juga sebagai kado dalam menyambut momen pergantian tahun yang beberapa hari lagi akan kita rayakan bersama. Menjadi momen istimewa tentu banyak hal juga harus dipersiapkan dengan spesial dalam merayakan momen penghujung tahun sekaligus pergantian tahun tersebut. Salah satunya dengan membagikan kado spesial yang di buat khusus.

Dalam hal ini memanfaatkan adanya jasa pabrik tas custom rasanya adalah momentum yang tepat bukan? Terlebih bila pabrik tas tersebut memiliki segudang keunggulan yang dapat memudahkan dan memuaskan para customernya. Dan salah satu pabrik tas custom yang dapat anda pilih untuk mendukung kegiatan spesial anda tersebut adalah KBA. Selalu siap membantu anda untuk menghadirkan tas custom sesuai dengan keinginan juga kebutuhan anda. Memiliki berbagai pilihan model tas trendi sebagai referensi yang terbuat dari bahan pilihan berkualitas dan dikerjakan langsung oleh tenaga ahli di pabrik sendiri.

Memberikan pelayanan terbaik bagi para customer maupun calon customer yang di bantu oleh para customer service ramah untuk menjelaskan terkait detail produk, estimasi harga hingga proses pemesanan tas custom dengan mudah dan tepat. Kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh Karyabintangabadi.id sebagai pabrik tas andalan adalah karena sudah berbadan hukum, maka sudah support terkait dengan adanya faktur pajak sehingga tidak heran bila banyak perusahaan besar, bahkan kelembagaan juga pemerintahan mempercayakan kebutuhan tasnya pada kami. Adapun proses pengerjaan cepat dan pengiriman yang dijamin aman bisa juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan anda agar semakin yakin untuk memilih Karyabintangabadi.id sebagai pabrik tas andalan dan kepercayaan.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk membagikan pada orang orang terdekat anda agar selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

cara mencuci tas polyester
Informasi

Cara Mencuci Tas Polyester Tanpa Merusak Bahan

Jika membahas seputar tas rasanya akan selalu ada banyak hal menarik, mulai dari model yang kian beragam dengan segala fitur pendukungnya, bervariasinya bahan pembuatan dan

perbedaan pemateri dan narasumber
Informasi

Perbedaan Pemateri dan Narasumber! Ini Bedanya

Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang punya segudang manfaat untuk pesertanya. Selain bisa berbagi informasi dan ilmu, melalui seminar kita juga bisa membangun relasi

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!