fbpx

5 Tips Jualan Di Instagram Langsung Banjir Orderan

tips jualan di instagram

bagikan artikel ini kepada teman

Diantara banyaknya platform online untuk belanja, instagram merupakan salah satu yang menyediakan fitur terlengkap. Dan karena hal tersebut tidaklah heran bila instagram menjadi platform online yang menempati urutan nomor 4 sebagai media sosial terbesar dan terbanyak digunakan dalam segala keperluan, tidak terkecuali dalam hal penjualan. Maka dari itu pembahasan terkait tips jualan di instagram yang tepat, merupakan topik yang selalu hangat untuk dibahas. Namun sebelum membahas hal tersebut, tentu tidak ada salahnya bila kita mengetahui terlebih dahulu alasan kenapa instagram sangat cocok untuk digunakan jualan, sebagai berikut:

1. Sebagai platform online yang aktif digunakan 

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bila instagram merupakan salah satu platform yang banyak digunakan oleh pengguna aktif untuk melakukan banyak aktivitas online. Dan itulah kenapa instagram sangat cocok digunakan untuk lapak berjualan online, karena melalui platform ini sebagai penjual anda bisa menjangkau lebih banyak target pasar dengan mudah dan relevan dengan bisnis atau produk yang dijual.

2. Memiliki banyak fitur pendukung penjualan

Alasan instagram menjadi salah satu platform yang banyak digunakan adalah karena banyaknya fitur pendukung didalamnya yang akan memudahkan pengguna dalam meningkatkan brand awareness yang akan berpengaruh pada peningkatan penjualan, contohnya seperti adanya fitur ads, dan instagram shopping.

Sebetulnya masih ada banyak lagi alasan kenapa instagram patut dipilih untuk berjualan dan menjadikannya mampu bersaing dengan paltform penjualan lainnya, namun diantaranya beragam kelebihan yang dimilikinya tersebut, 2 hal di atas merupakan yang paling terlihat mencolok dan mempengaruhi kemudahan serta keberhasilan dalam  penjualan.

Selain itu keberhasilan dari penjualan di instagram juga dapat semakin ditunjang dengan memperhatikan serta melakukan beberapa tips jualan di instagram agar penjualan pada instagram dapat terus meningkat dan banjir orderan, seperti berikut ini:

5 Tips Jualan Di Instagram Langsung Banjir Orderan

Seperti sudah di sebutkan sebelumnya, bila instagram memang salah satu platform yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai media berbisnis, karena dapat menjangkau lebih banyak target pasar atau audience lebih mudah dan dalam waktu cukup singkat serta praktis. Namun tentu saja, untuk mendapatkan keberhasilan dalam berbisnis online, yang dalam hal ini adalah berjualan di instagram tentu dibutuhkan beberapa tips atau cara jitu untuk menunjang keberhasilannya tersebut, seperti 5 tips jualan di instagram yang dapat di simak terlebih dahulu berikut ini:

1. Buat profil instagram bisnis

Tips jualan di instagram yang pertama harus dilakukan adalah membuat profil instagram menggunakan profil instagaram bisnis terlebih dahulu. Hal ini perlu untuk dilakukan karena seperti namanya, jenis profil instagram bisnis ini memang diperuntukkan bagi para pengguna atau penjual yang akan memulai bisnisnya melalui instagram dengan dukungan banyak fitur tambahan yang tidak dapat dijumpai pada akun biasa.

Berbeda dengan jenis akun instagram biasanya, umumnya pada akun bisnis akan dijumpai lebih banyak fitur pendukung keberlangsungan penjualan, diantaranya seperti adanya menu kontak, insight overview yang meliputi adanya impression, interaction, reach dan followers growth, lalu pada akun bisnis umumnya anda juga bisa memiliki profil akun yang dapat di kategorikan berdasarkan jenis usaha, serta ads instagram untuk mempermudah mengiklankan produk, dan masih banyak lagi.

Dengan segala fitur penunjang tersebut, tentu instagram akan lebih mendatangkan banyak keuntungan dan kemudahan bagi penjual untuk memasarkan produknya. Selain itu cara mengubah akun instagram ke akun bisnis juga mudah untuk dilakukan, yaitu dengan cara berikut:

  1. Buka profil instagram lalu klik 3 garis disudut kanan atas
  2. Pilih pengaturan dan privasi klik
  3. Klik jenis dan fitur akun
  4. Dan yang terakhir klik beralih ke akun profesional lalu konfirmasi

2. Tampilkan feed yang up to date dan eyecatching

Sebelum membeli suatu produk, umumnya para customer akan melihat lihat terlebih dahulu bagaimana tampilan produk melalui feed yang ada. Dan dalam hal ini tampilan feed yang kekinian serta eyecatching tentu sangatlah dibutuhkan karena dengan adanya feed tersebut tentu akan menambah minat, daya tarik serta kepercayaan customer pada suatu usaha hingga pada akhirnya membeli dan menggunakan produknya.

Maka dari itu ketika akan membuat sebuah postingan pastikan bila anda memperhatikan beberapa hal berikut agar tampilan feed yang dimiliki dapat lebih terlihat eyecatching dan dapat menarik atensi customer, yang diantaranya adalah:

  1. Menggunakan foto atau video dengan kualitas baik: Dalam hal ini yang dimaksud baik bukan hanya dari kualitas gambarnya saja, melainkan juga tata letak, background, model, properti yang digunakan serta pencahayaan yang tepat agar tampilan dari foto atau video enak dan menarik untuk dipandang.
  2. Pilihlah tema feed yang relate dengan jenis usaha sehingga antara feed yang diposting dengan produk yang ditawarkan tampak lebih serasi.
  3. Selain menggunakan foto atau video produk, anda juga bisa menambahkan selingan postingan yang informatif juga interaktif sehingga memungkinkan adanya interaski dua arah untuk membangun hubungan baik sekaligus menarik minat customer, contohnya dengan membuat quiz atau giveaway.

3. Sertakan caption yang mendukung juga menarik

Untuk tips jualan di instagram selanjutnya agar banjir orderan adalah dengan menyertakan caption yang sesuai namun juga menarik. Meskipun instagram memang adalah platform yang lebih mengedepankan tampilan dari segi visual, namun bukan berarti caption tidak memiliki peran penting dalam sebuah postingan jualan. Karena dalam sebuah caption, umumnya penjual akan lebih leluasa untuk mempromosikan sekaligus menjelaskan diskripsi tentang produknya.

Maka dari itu dalam penulisan caption tentu perlu dibuat dengan baik agar caption tersebut menarik untuk dibaca juga mudah dipahami oleh customer dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Usahakan jangan membuat caption terlalu panjang: Caption yang terlalu panjang umumnya akan membuat pembaca menjadi jenuh dan kehilangan fokus pada produk. Maka dari itu ketika membuat caption sebaiknya gunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas
  2. Buat caption semenarik mungkin: Dalam hal ini caption bukan hanya dapat disi dengan diskripsi monoton tentang produk, melainkan bisa juga berupa pertanyaan, kutipan atau statement yang dapat memancing rasa penasaran customer.
  3. Perhatikan pemilihan bahasa dan kalimat: Saat menulis caption akan lebih baik bila membuatnya menggunakan kalimat aktif agar lebih nyaman dibaca dan juga menarik.

4. Gunakan hashtag yang sesuai

Tips jualan di instagram selanjutnya, selain dengan memperhatikan caption sebagai penjual anda juga diharuskan untuk memperhatikan adanya hashtag atau tagar pada setiap postingan. Menjadi hal umum dalam media sosial, nyatanya hashtag bukan hanya digunakan untuk melengkapi sebuah caption saja, tetapi juga dengan menggunakan hashtag yang tepat akan membuat postingan jualan menjadi lebih mudah dijangkau oleh target pasar dengan peluang lebih besar.

Hal ini dikarenakan, tidak sedikit customer yang mencari keberadaan penyedia produk atau jasa yang dibutuhkan melalui hashtag agar dapat menemukannya dengan lebih cepat serta mendapatkan lebih banyak pilihan. Maka dari itu sebagai penjual yang berjualan menggunakan platform instagram, ketika membuat suatu postingan perhatikan juga hastag yang digunakan. Namun dalam penggunaan hashtag sendiri tidak bisa sembarangan, karena lebih baik cukup menggunakan 5-6 hastag saja namun memiliki jangkauan besar agar tampilan caption tetap terlihat menarik.

5. Gunakan instagram ads dan shopping

Instagram ads dan shopping merupakam dua fitur pendukung yang khusus dimiliki oleh pengguna akun instagram bisnis yang dapat dimanfaatkan guna semakin mendukung jalannya sebuah penjualan. Dalam hal ini untuk instahram ads sendiri dapat diartikan sebagai sebuah platform iklan yang disediakan oleh instagram guna beberapa peruntukkan seperti meningkatkan brand awarenes, jumlah folllowers, dan tentunya penjualan.

Untuk penggunaan instagram ads sendiri anda dapat menyesuaikannya antara jangkauan iklan dengan dengan budget yang dimiliki, daerah, usia pengguna, jenis kelamin, serta penempatan iklan di instagram saja atau ke semua aplikasi yang bekerja sama dengan facebook sehingga target pasar dapat lebih relevan dengan bisnis atau produk yang dijual. Dan untuk jenis postingan yang dapat diiklankan sendiri dapat berupa foto, video, story, carousel,dsb.

Sedangkan untuk instagram shopping adalah fitur yang disediakan oleh instagram untuk akun bisnis guna meningkatkan penjualan juga engagement dengan konten yang lebih shopable karena dapat memasukkan katalog digital, label harga, foto produk, diskripsi produk hingga melakukan pembelian langsung. Sehingga akan lebih memudahkan pembeli dalam memilih serta melakukan proses pembelian produk tanpa perlu membuka platform lainnya.

Itu dia beberapa tips jualan di instagram yang dapat diterapkan sebagai usaha untuk meningkatkan penjualan di instagram agar banjir orderan. Namun sebetulnya gagalnya suatu usaha berjualan di instagram bukan hanya dikarenakan tidak menerapkan beberapa tips di atas saja, tetapi bisa juga difaktori oleh beberapa hal lainnya, diantaranya seperti:

1. Ide atau rencana bisnis yang kurang matang dipikirkan

Saat berjualan di instagram bisa dibilang mengikuti trend memanglah penting, namun memiliki rencana atau rancangan yang matang sebagai pedoman untuk berbisnis adalah hal utama dalam memulai sebuah usaha agar dapat bertahan dan bersaing dengan para pesaing. Dan dalam hal ini, rancangan yang dimaksud dapat meliputi branding, diskripsi produk, target pasar, strategi pemasaran dan oprasionalnya. Jadi bila rancangannya saja sudah kurang matang, maka bukan tidak mungkin bila bisnis yang dijalani akan semakin mudah meredup.

2. Branding yang kurang kuat dan menarik 

Memperhatikan branding merupakan salah satu hal penting dalam sebuah bisnis karena termasuk dalam pedoman untuk memulai sebuah usaha, karena tidak dapat dipungkiri bila para customer tertarik membeli dan menggunakan sebuah jasa atau produk yang disediakan oleh suatu usaha bukan hanya didasari dari mutu atau kualitasnya saja, melainkan juga dari tampilan branding yang dimiliki oleh usaha tersebut untuk meningkatkan kepercayaan customer menggunakan jasa atau produk tersebut.

3. Modal yang tidak memadai 

Ketika menjalankan bisnis di instagram sebetulnya memanglah tidak membutuhkan modal yang sangat besar, namun setidaknya untuk memulainya, tetaplah dibutuhkan modal yang memadai untuk mendukung adanya konten serta ads yang baik juga maksimal, sehingga penjualan dapat lebih meningkat.

Beberapa kesalahan tersebut adalah hal yang paling umum ditemui dalam gagalnya sebuah usaha penjualan di instagram, namun bila anda merasa usaha yang dijalankan sudah memenuhi segala jenis pedoman bisnis yang ada, maka dengan menerapkan 5 tips jualan di instagram di atas tentu diharapkan sebagai penjual anda dapat lebih mengoptimasi penjualan di instagram sehingga dapat berjualan lebih baik dan mampu menarik atensi dari banyak customer. Jadi bagaimana, sudah siapkah anda untuk mulai berjualan di Instagram?

 

Saat menjual suatu jasa atau produk baik itu secara online maupun offline, salah satu hal penting yang tidak boleh untuk lupa di perhatikan juga adalah kualitas atau mutu serta tampilan dari produk itu sendiri, terlebih bila produk yang dijual tersebut berkaitan dengan fashion, penampilan dan mobilitas yang tinggi serta kerap digunakan dalam kehidupan sehari hari penggunanya, contohnya seperti tas.

Karena saat ini tidak dapat dipungkiri bila semakin banyak produsen tas yang menjual produknya asal asalan dan tidak memenuhi kriteria sebagai tas yang baik untuk digunakan dan hanya berfokus pada peningkatan penjualan melalui harga murah tanpa memperhatikan kualitas serta mutu dari ketahanan produk tasnya.

Dan adanya fenomena tersebut, sudah barang pasti akan menimbulkan keresahan dan kerugian tersendiri bagi para customer yang selalu memperhatikan juga mempertimbangkan tampilan dan kualitas dari sebuah produk tas, terlebih bila penggunaan tas tersebut akan dipakai guna peruntukkan komersil yang menyangkut citra dan brand awarenes dari suatu usaha yang membutuhkan produk tas dengan kualitas dan mutu terjamin namun masih sesuai budget.

Untuk hal tersebut, adanya peran jasa pembuatan tas yang berpengalaman dan terpercaya seperti Karya Bintang Abadi tentu akan sangat di butuhkan, karena dengan menggunakan jasanya para customer dijamin akan mendapatkan produk yang memiliki hasil maksimal dan memuaskan baik dari segi harga, tampilan maupun kualitasnya.

Selain itu pabrik tas terbaik seperti Karya Bintang Abadi juga selalu menghadirkan banyak pilihan model serta desain tas kekinian bagi para customer untuk dijadikan sebagai referensi seperti dapat dilihat pada katalog produk, sehingga akan semakin memudahkan customer dalam melakukan pemesanan tas dan mendapatkan produk tas lebih sesuai dengan keinginan juga kebutuhan.

Buka hanya itu saja, karena Karya Bintang Abadi juga selalu memastikan bila seluruh customer maupun calon customernya selalu mendapatkan pelayanan terbaik dan cara pemesanan mudah yang akan di dampingi secara langsung oleh customer service ramah juga tanggap untuk membantu segala urusan pemesanan tas. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan dan mendapatkan tas terbaik.

Terima kasih sudah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar selalu update berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp