fbpx

7 Tips Memilih Tas Ransel Yang Bagus, Biar Gak Menyesal!

memilih tas ransel yang bagus

bagikan artikel ini kepada teman

Bila membahas terkait tips memilih tas ransel yang bagus, rasanya akan kurang lengkap bila kita tidak mengenal secara pasti terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan tas ransel itu sendiri. Banyak orang hanya mengetahui bila tas ransel merupakan jenis tas yang umumnya memiliki kapasitas cukup besar, sehingga sangat cocok menemani segala aktivitas yang membutuhkan membawa banyak barang sekaligus, sebut saja seperti sekolah, bekerja, hingga traveling.

Namun sebetulnya secara garis besar, tas ransel sendiri secara pasti juga dapat diartikan sebagai sebuah wadah tertutup yang penggunaannya dipakai pada bagian punggung dengan dilindungi oleh dua tali memanjang vertikal melewati bahu. Untuk talinya sendiri biasanya menggunakan dua jenis, yang salah satunya disebut sebagai webbing dengan ciri lebih tipis dan tidak memiliki lapisan empuk, terletak pada sisi bawah dan biasanya pada bagian ini tali tas bisa diadjust sesuai dengan kenyamanan pengguna.

Tali webbing sendiri juga bisa disebut sebagai tali sejuta manfaat dikarenakan pemanfaatannya yang beragam. Bukan hanya digunakan untuk tali tas saja, melainkan tali webbing juga bisa digunakan sebagai tali untuk berbagai aktivitas outdoor seperti tali untuk wall climbing, panjat tebing, mendaki gunung, slackline hingga berbagai kegiatan militer karena dirasa memiliki kekuatan serta daya tahan baik dan mampu menahan suatu bobot berat.

Penggunaan tali webbing pada tas ransel merupakan suatu bagian yang penting dan wajib ada, dan untuk penggunaan sebagai tali tas sendiri, umumnya tali webbing tas dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yang diantaranya:

1. Webbing polyester 

Seperti namanya, webbing jenis ini merupakan tali yang terbuat dari bahan polyester sehingga memiliki tampilan cukup mengkilap juga licin. Tali webbing polyester ini biasanya memiliki serat benang yang tidak mudah terurai juga kuat. Untuk warnanya sendiri juga beragam dengan ketajaman yang baik. Umumnya jenis webbing ini akan dipadukan dengan tas berbahan polyester atau cordura agar lebih serasi, namun tidak sedikit juga yang menggabungkan jenis webbing ini dengan bahan tas lainnya.

2. Webbing katun 

Webbing yang dibuat menggunakan bahan katun pada umumnya akan memiliki tekstur lebih lembut dan kesat saat disentuh, untuk warna juga agaknya tidak sekuat webbing polyester. Selain itu webbing katun juga dikenal memiliki bahan yang empuk dan mudah untuk dijahit meskipun lebih tebal dan berat dibandingkan dengan jenis webbing lainnya. Untuk harga, webbing katun juga dibandrol dengan harga lebih tinggi.

3. Webbing nilon

Tidak jauh berbeda dengan webbing jenis polyester, webbing nilon ini juga dikenal memiliki banyak variasi ukuran ketebalan dan warna. Namun karakter bahannya memang lebih tipis, ringan juga mudah terurai jika dibandingkan dengan webbing poleyster, tetapi meskipun begitu kekuatan dari jenis webbing ini juga tidak buruk dan banyak digunakan untuk membuat tali tas, karena harganya juga bisa dibilang murah.

Itu dia beberapa jenis tali webbing yang banyak digunakan dalam proses pembuatan tas. Pada umumnya penggunaan jenis tali webbing akan mengikuti bahan dari body tasnya, namun tidak sedikit juga produsen tas yang mulai mengkombinasikan jenis bahan tas dengan jenis webbinng berbeda. Karena perannya yang penting dalam sebuah tas ransel maka dalam pemillihannya pun juga tidak bisa sembarangan, seperti cara memilih tas ransel yang bagus berikut ini:

7 Tips Memilih Tas Ransel Yang Bagus, Biar Gak Menyesal!

Tas ransel agaknya memang menjadi salah satu jenis tas yang paling umum digunakan, selain karena dirasa lebih ringkas juga praktis saat digunakan membawa berbagai barang keperluan, tas ransel juga dirasa dapat memberikan kesan sederhana dan nyaman pada penampilan penggunanya. Namun, meskipun begitu dalam pemilihan tas ransel tetaplah memerlukan beberapa hal untuk diperhatikan guna mendapatkan tas ransel dengan spesifikasi terbaik dan unggul. Seperti tips memilih tas ransel yang bagus berikut ini, diantaranya:

1. Pastikan bila tas memiliki ukuran yang sesuai

Tips pertama dalam memilih tas ransel yang bagus adalah dengan mempertimbangkan ukuran dari tas tersebut, dan hal ini merupakan salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi tas akan terasa nyaman atau tidak saat digunakan beraktivitas. Karena kerap kali dijumpai pengguna yang merasa kurang nyaman dengan tasnya dikarenakan ukuran tas tidak sesuai kebutuhan.

Tas ransel memiliki beragam ukuran yang dapat disesuaikan berdasarkan jenis kegiatan dan peruntukkannya. Misalnya untuk sekedar hangout, pilihlah tas ransel berukuran kecil yang praktis namun modis, sedangkan untuk tas bekerja atau sekolah bisa memilih tas ransel dengan ukuran lebih besar dan memiliki banyak kompartemen atau slot berpadding untuk meletakan perangkat digital yang mendukung aktivitas tersebut, dan untuk jelajah alam maka pemilihan tas ransel bisa jatuh pada tas ransel berukuran besar, berkompartemen banyak juga dilengkapi segala fitur pendukung perjalanan.

Semakin banyak barang yang harus dibawa maka semakin besar pula kapasitas dari tas ransel tersebut, maka dari itu saat memilih tas sebaiknya tentukan terlebih dahulu tas tersebut akan digunakan untuk jenis kegiatan apa saja guna memaksimalkan fungsi tas sekaligus menjamin kenyamanan pengguna dari tas ransel tersebut.

2. Kenali jenis material pembuatan tas

memilih tas ransel yang bagus

Saat ini tas sudah menjadi salah satu bagian dari item fashion yang turut menyempurnakan penampilan dari penggunanya, maka tidak heran bila kini banyak inovasi dilakukan dalam proses pembuatan tas tidak terkecuali dalam materialnya. Dalam hal ini biasanya bahan pembuatan yang digunakan akan menyesuaikan model serta peruntukkan dari tas tersebut.

Tas dengan fungsi sebagai aksesoris tambahan biasanya akan cenderung dibuat menggunakan bahan yang lebih menonjolkan segi tampilannya agar tampak modis juga trendi saat digunakan, namun berbeda halnya dengan tas yang difungsikan untuk sekolah atau traveling dan berkegiatan alam, tentu dalam pembuatannya akan menggunakan material khusus dengan kekuatan serta ketahanan baik guna menahan beban yang cukup berat ketika tas digunakan.

Maka dari itu saat memilih tas ransel yang bagus sebaiknya perhatikan secara seksama bagaimana karakteristik bahan tas tersebut, Tas ransel yang baik tentu akan memiliki bahan yang tebal sehingga kekuatan serta daya tahannya tidak perlu diragukan lagi namun juga tetap memiliki bobot ringan sehingga tidak mempengaruhi atau menambah beban pada tas saat digunakan. Adapun rekomendasi jenis bahan yang baik untuk dijadikan sebagai tas ransel diantaranya seperti bahan kulit, cordura, nilon, polyester, kanvas, maupun pvc dengan tampilan uniknya.

3. Perhatikan detail jahitan

memilih tas ransel yang bagus

Saat memilih tas ransel yang bagus, ada baiknya untuk memeriksa serta memperhatikan secara mendetail terkait jahitan pada tas. Umumnya tas dengan kualitas terbaik pasti akan dibuat serapi dan sedetail mungkin dalam hal jahitan maupun perekatan pada setiap komponen tas. Ciri ciri yang menunjukkan bila tas tersebut dibuat dengan baik adalah tampilan jahitan yang rapi, sesuai dengan alur juga tidak ada bagian yang mengkerut atau terlipat diluar dari model seharusnya.

Selain itu, semakin kecil stick pada jahitan juga banyaknya jumlah kerapatan pada jahitan tas ransel maka akan semakin bagus pula kualitas dari tas tersebut, karena biasanya tas yang dibuat dengan jahitan banyak juga rapat akan menghasilkan tas berkarakteristik kuat dan tangguh sehingga tidak mudah sobek atau bolong pada bagian perpotongannya.

4. Pilih tas dengan banyak kompartemen

memilih tas ransel yang bagus

Penggunaan tas ransel biasanya identik dengan barang bawaan yang banyak, karena memang sesuai dengan fungsi dari tas ransel itu sendiri yang diperuntukkan untuk menyimpan sekaligus membawa banyak barang. Maka dari itu untuk tips selanjutnya dalam memilih tas ransel yang bagus, adalah dengan mempertimbangkan seberapa banyak kompartemen atau slot dari tas tersebut.

Adanya kompartemen atau slot pada tas ransel ini sebetulnya lebih dimaksudkan agar banyaknya barang bawaan dapat disimpan secara terorganisir didalam tas sehingga tampak lebih rapi juga tertata. Barang yang tersimpan secara rapi di dalam tas tentu akan lebih mudah untuk di akses dan memudahkan penggunanya.

Untuk beberapa jenis tas ransel yang diperuntukkan guna bekerja maupun sekolah biasanya juga akan dijumpai satu ruang khusus pada tas dengan lapisan empuk sebagai tempat penyimpanan perangkat digital seperti laptop atau tablet. Ruang khusus berpadding tersebut sengaja dibuat guna melindungi perangkat digital dari beragam benturan antar barang bawaan di dalam tas.

5. Sesuaikan model atau desain tas dengan kebutuhan

Seperti sudah disinggung sebelumnya, kini tas hadir dengan keberagaman tidak terkecuali untuk model serta desainnya. Adanya model yang beraneka ragam ini tentunya bukan hanya karena mengikuti trend saja, melainkan juga menyesuaikan dengan kebutuhan serta tujuan dari penggunaan tas tersebut. Berbeda penggunaan maka berbeda juga model serta desain yang dimiliki oleh tas tersebut.

Dalam memilih tas ransel yang bagus, selain dapat disesuaikan berdasarkan dengan penggunaan pemilihan tas bisa juga di sesuaikan menurut usia dan selera. Untuk usia remaja dan peruntukkan sekolah tentu memilih tas ransel dengan model serta desain fullcolor juga eyecatching tidak ada salahnya. Namun untuk penggunaan tas ransel bagi anak kuliah maupun pekerja, ada baiknya untuk memilih tas ransel dengan model serta desain lebih simple minimalis, elegan, tetapi tetap modis.

6. Perhatikan fitur pendukungnya

memilih tas ransel yang bagus

Tips memilih tas ransel yang bagus selanjutnya adalah dengan memperhatikan fitur pendukung dari tas tersebut. Dan yang dimaksud sebagai fitur pendukung disini sebetulnya ada banyak mengingat tas ransel sendiri juga dilengkapi dengan berbagai komponen guna menunjang fungsionalitasnya. Namun beberapa fitur pendukung yang dimaksud dan bisa dibilang merupakan bagian paling penting, diantaranya adalah seperti strap pada tas, resleting, atau bahkan rain cover pada tas ransel.

Strap merupakan bagian terpenting dari sebuah tas ransel karena merupakan sebuah bagian penghubung antara badan pengguna dengan tas ransel itu sendiri. Maka dari itu dalam memilih tas ransel yang bagus, pastikan bila strap pada tas memiliki bahan yang kuat, tahan putus atau terkoyak juga empuk agar terasa nyaman saat digunakan, terlebih saat membawa banyak barang bawaan dengan bobot berat.

Dan untuk bagian resleting, sudah barang pasti dalam setiap tas ransel akan dilengkapi oleh pengunci tas. Meskipun memang tidak semua jenis tas ransel memiliki jenis pengunci berupa resleting namun agaknya jenis pengunci ini merupakan yang paling umum digunakan diantara jenis lain karena dirasa lebih praktis juga aman untuk digunakan. Untuk tas ransel yang bagus, tentu akan di jumpai juga resleting berkualitas yang lancar digunakan juga memiliki bahan yang tebal serta kokoh.

Sedangkan untuk rain cover sendiri, bisanya merupakan item berupa fasilitas tambahan yang disediakan oleh beberapa merk atau seri tas guna membantu menghalau air sehingga tidak membasahi tas beserta isinya. Meskipun beberapa tas sudah dibuat menggunakan bahan yang cukup tahan air namun tidak ada salahnya bila memilih tas dengan fasilitas tambahan ini guna semakin melindungi tas dari basah.

7. Sesuaikan dengan budget

Tips terakhir dalam memilih tas ransel yang bagus adalah menyesuaikan harga tas ransel dengan budget yang dimiliki. Membiasakan untuk memilih tas ransel sesuai dengan kebutuhan namun tetap berkualitas, sehingga tidak sembarangan dalam menentukan pilihan tentunya adalah hal yang baik.

Bila menginginkan tas ransel dengan kualitas unggul namun harga terjangkau, sebaiknya jangan terburu buru saat menentukan tas yang akan dibeli, namun bandingkan terlebih dahulu tas sejenis dengan merk atau toko lain. Atau bila membutuhkan tas ransel dalam jumlah banyak, anda bisa menggunakan jasa pabrik tas custom Karya Bintang Abadi agar kualitas serta budget bisa lebih selaras.

Itu dia beberapa tips yang dapat diperhatikan terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan pada sebuah tas, namun yang perlu diingat sebetulnya adalah sebaik apapun kualitas dari sebuah tas, bila tidak di rawat dengan baik maka bukan tidak mungkin jika tas ransel tersebut akan mudah rusak. Maka dari itu sebelum membeli tas terlebih dengan harga mahal, ada baiknya untuk mencari tau serta memahami terlebih dahulu bagaimana cara perawatan tas yang baik dan benar.

 

Untuk mendapatkan tas ransel dengan kualitas terbaik, sebetulnya bukan hanya berasal dari merk tertentu saja, melainkan bisa juga dengan cara mengcustomnya secara langsung, sehingga produk yang didapat memiliki spesifikasi serta budget lebih sesuai, terlebih bila penggunaan tas tersebut dimaksudkan untuk sebuah promosi usaha. Pernyataan bila tas custom lebih memuaskan agaknya memang lah menarik, namun banyak dari pelaku usaha yang merasa ragu untuk menggunakan jasa tas custom tas dengan alasan takut kualitas tidak sebagus merk kenamaan atau juga harga yang jauh lebih mahal karena dibuat secara khusus by request.

Tetapi sepertinya segala keraguan tersebut tidak akan dijumpai bila memilih Karya Bintang Abadi sebagai pabrik tas custom andalan, dikarenakan pabrik tas ini memiliki berbagai model tas mulai dari goodie bag hingga tas ransel dengan spesifikasi terbaik namun harga terjangkau. Sudah berdiri sejak tahun 2007 dan hingga kini terus melakukan berbagai inovasi dan berhasil menjadikannya sebagai salah satu pabrik tas custom terbaik di Jogja dengan banyak customer, sebut saja seperti berbagai perguruan tinggi, kelembagaan, perusahaan, hingga instansi pemerintahan sudah menjadi customer setia selama lebih dari 10 tahun.

Anda sebagai customer maupun calon customer dapat melakukan pemesanan tas pada Karya Bintang Abadi dengan mudah, baik secara online maupun offline yang akan dibantu oleh para customer service ramah sekaligus sigap untuk membantu menjelaskan berbagai hal terkait detail produk, estimasi harga, maupun saat melakukan pemesanan tas hingga pada proses pengiriman tas ke tangan customer. Kemudahan tersebut tentu diperuntukkan bagi semua customer tidak terkecuali yang berasal dari luar kota Jogja. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk melakukan pemesanan tas dengan hasil memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat agar tidak ketinggalan dan selalu update berbagai informasi menarik seputar tas, semoga bermanfaat!

 

 

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

brand tas Thailand
Informasi

10 Merek Tas Thailand Paling Elegan & Eksklusif

Jika berbicara tentang perkembangan fashion di negara Thailand, tentu rasanya tidak akan terlepas begitu saja dari brand brand tas Thailand yang dikenal juga sudah banyak

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp