fbpx

Jangan Asal Beli Koper! Segini Ukuran Tas Koper Yang Masuk di Kabin Pesawat

ukuran tas koper untuk kabin pesawat

bagikan artikel ini kepada teman

Jika berbicara tentang kegiatan berpergian, agaknya memang terdapat banyak hal dapat dibahas di dalamnya. Mengingat jika yang dimaksud dengan kegiatan berpergian sendiri umumnya merujuk pada sebuah aktivitas  seseorang yang dilakukan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, baik itu untuk tujuan rekreasi, bisnis, pendidikan, atau lainnya. Dan biasanya jenis kegiatan berpergian ini akan dilakukan dengan berbagai moda transportasi, contohnya saja seperti penggunaan trasnportasi berupa pesawat, kereta api, mobil, kapal, atau bahkan berjalan kaki.

Dimana kegiatan berpergian ini pun umumnya diketahui juga bisa bersifat sementara atau permanen, tergantung pada tujuan dan durasi perjalanan yang dilakukan. Karena kegiatan berpergian seperti ini biasanya bisa saja hanya dijadikan sebagai cara untuk menjelajahi tempat baru serta belajar tentang budaya dan tradisi berbeda guna mengalami hal-hal baru di luar lingkungan sehari-hari, atau bahkan juga untuk mencari tempat baru guna tinggal dan menetap. Yang mana meskipun terkadang memang memiliki tujuan berbeda, tetapi agaknya tetap ada beberapa hal yang menjadi kesamaan dan umumnya selalu dilakukan oleh seseorang sesaat sebelum berpergian.

Dan adapun beberapa hal yang dianggap menjadi kesamaan dan diketahui memang sering dilakukan juga perlu diperhatikan oleh orang orang sesaat sebelum melakukan sebuah perjalanan atau kegiatan berpergian tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Mempelajari Informasi Tempat Tujuan: Ketika akan berpergian, baik itu jauh maupun dekat hendaknya kita juga perlu untuk selalu mempelajari informasi tentang tempat tujuan yang dimaksud, terutama seputar cuaca dan kebiasaan lokal. Dimana hal ini dimaksudkan untuk membantu kita agar lebih mudah dalam mempersiapkan diri.

2. Mempersiapkan Dokumen Perjalanan: Sebelum melakukan sebuah perjalanan, khususnya untuk jenis perjalanan jauh, ada baiknya biasakan diri untuk mempersiapkan serta membawa dokumen perjalanan seperti paspor, visa (jika diperlukan), tiket pesawat atau kereta, dan kartu identitas lainnya sebagai salah satu bekal diri.

3. Memastikan Kesehatan dan Keamanan: Memastikan diri dalam keadaan sehat sebelum berpergian juga menjadi hal penting untuk selalu diperhatikan. Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu memperhatikan keamanan dari tempat tujuan agar kegiatan berpergian dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

4. Memperhitungkan Keuangan: Bukan hanya perlu memperhatikan kesiapan diri saja, karena selain itu, saat berpergian kita juga perlu untuk selalu memperhitungkan keuangan pula untuk kemudahan dalam mobilitas selama melakukan perjalanan.

5. Melakukan Pengaturan Waktu: Saat akan berpergian, hendaknya pastikan jika kita sudah memiliki pengaturan waktu yang tepat. Karena dengan menentukan estimasi waktu ini umumnya kita dapat lebih mudah pula untuk mempersiapkan segala hal, baik itu terkait jumlah uang, transportasi dan akomodasi, hingga seberapa banyak barang yang perlu untuk di bawa.

6. Merencanakan Transportasi dan Akomodasi: Agar nantinya kegiatan berpergian dapat berjalan lancar, tentu ada baiknya bagi kita untuk selalu merencanakan transportasi dan akomodasi perjalanan secara terstruktur, guna menghindari adanya kerepotan. Mengingat kedua hal ini pun sebetulnya terbilang merupakan bagian krusial dari sebuah perjalanan karena menjadi salah satu penentu terkait bagaimana cara kita mempacking barang pula.

7. Mempacking Barang secara Cerdas: Memperhatikan barang apa saja yang dibawa dan mempackingnya secara cerdas juga menjadi hal wajib untuk selalu di lakukan sesaat sebelum berpergian, terlebih jika jarak yang ditempuh jauh dan membutuhkan jenis transportasi khusus,, misalnya seperti bus, kereta, atau bahkan pesawat. Dimana untuk bagian packing barang ini, ada baiknya untuk selalu di sesuaikan dengan lama waktu pergi serta jenis transportasi yang akan dipakai guna kemudahan mobilitas.

Jangan Asal Beli Koper! Segini Ukuran Tas Koper Yang Masuk di Kabin Pesawat

Dan karena dianggap sebagai salah satu bagian krusial yang dapat menentukan atau menunjang kelancaran sebuah kegiatan berpergian, tentu hal tersebut secara tidak langsung memang menjadikan bagian packing barang menjadi persoalan penting yang memerlukan concern khusus. Terlebih jika lokasi tujuan berpergian kita jauh serta perlu menggunakan jenis transportasi khusus seperti pesawat, yang diketahui memiliki sejumlah aturan ketat seputar barang bawaan para penumpangnya. Oleh sebab itu hendaknya kita juga memerlukan adanya sebuah wadah barang yang memiliki kapasitas maksimal namun tetap compact dan mudah dibawa.

Dimana diantara banyaknya wadah atau tas yang dapat dimanfaatkan sebagai solusi packing barang cerdas, bisa dibilang koper merupakan salah satunya. Karena yang dimaksud dengan koper sendiri dalam hal ini pun sebetulnya juga mengarah pada sebuah tas atau kotak yang biasanya dilengkapi dengan pegangan serta roda, agar mudah dibawa maupun dijalankan dan umumnya terbuat dari bahan keras atau semi-keras, dengan fungsi utama untuk menyimpan barang-barang pribadi saat bepergian, seperti pakaian, sepatu, dan berbagai perlengkapan lainnya agar lebih aman juga terorganisir.

Yang mana, karena dinilai sebagai salah satu wadah barang bawaan paling praktis, aman, juga mudah dibawa saat berpergian, maka wajar saja bukan jika hal tersebut pun secara tidak langsung menjadikan koper begitu populer, terutama dalam dunia penerbangan. Namun sebagaimana sudah disinggung pula sebelumnya, jika diantara sekian banyak jenis moda transportasi yang tersedia, pesawat memang adalah salah satu yang dikenal memiliki peraturan ketat terkait barang bawaan penumpang. Dan aturan umum terkait ukuran koper bisa dibilang merupakan satu diantara banyaknya hal wajib yang perlu untuk diketahui.

Karena sebetulnya diadakannya beberapa aturan utama, khususnya dalam hal ini terkait ukuran koper sendiri pun sebetulnya juga dikarenakan oleh sejumlah alasan pula. Dimana adapun beberapa alasan mengapa ada aturan terkait ukuran koper dalam kabin pesawat tersebut diantaranya adalah karena sebagai berikut:

  1. Kapasitas Penyimpanan: Ukuran koper yang diizinkan masuk ke kabin pesawat biasanya sengaja di atur karena mempertimbangkan ketersediaan ruang penyimpanan agar dapat disimpan dengan aman dan efisien di dalam kabin pesawat. Sehingga nantinya keadaan dalam kabin pun dapat lebih terjaga dan steril dari barang yang sekiranya mengganggu.
  2. Kenyamanan Penumpang: Dengan membatasi ukuran koper yang diizinkan masuk ke kabin, maskapai penerbangan umumnya dapat lebih memastikan bahwa koper yang dibawa oleh para penumpang nantinya tidak akan mengganggu kenyamanan penumpang lain di dalam pesawat. Oleh sebab itu, hendaknya penggunaan koper diharuskan memiliki ukuran yang pas.
  3. Keselamatan: Koper dengan ukuran yang terlalu besar atau tidak sesuai bisa saja menyebabkan terjadinya sebuah masalah keselamatan, contohnya saja seperti kesulitan dalam evakuasi darurat atau bahkan cedera jika jatuh dari ruang penyimpanan di atas kepala. Maka dari itu pembatasan ukuran koper sangatlah diperlukan untuk meminimalisir hal ini.
  4. Efisiensi Operasional: Adanya aturan umum terkait ukuran koper pada kabin pesawat ternyata dalam hal ini juga dimaksudkan agar maskapai penerbangan nantinya dapat lebih mudah saat akan mengatur boarding. Yang mana adanya hal ini tentu akan membuat penyimpanan bagasi menjadi lebih efisien serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk proses boarding dan mempercepat proses penerbangan.

Dan dapat disimpulkan, jika adanya sejumlah aturan terkait ukuran koper dalam kabin pesawat ini sebetulnya memang dimaksudkan secara khusus untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman, aman, dan efisien bagi semua penumpang. Oleh sebab itu, sebagai penumpang yang cerdas hendaknya kita selalu aware akan ketentuan ukuran koper yang diberlakukan oleh setiap maskapai penerbangan. Dimana, ukuran koper yang biasanya diizinkan masuk ke dalam kabin umumnya memiliki ukuran maksimum sekitar 22 x 14 x 9 inci (56 x 35 x 23 cm) untuk koper beroda dengan satu tas tambahan seperti tas jinjing berukuran small to medium.

Namun sebetulnya ukuran tas koper untuk kabin pesawatr dan tas tambahan yang diizinkan masuk ke dalam kabin tersebut umumnya juga dapat bervariasi, tergantung pada maskapai penerbangan dan panjang rute penerbangan yang akan dilakukan. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk berpergian menggunakan suatu maskapai penerbangan, ada baiknya untuk selalu memeriksa aturan koper kabin yang berlaku, guna memastikan bahwa koper kita nantinya dapat memenuhi persyaratan memasuki kabin, sekaligus juga untuk menghindari adanya biaya tambahan atau masalah saat check-in.

Tetapi selain aturan umum dari segi ukuran tas koper untuk kabin pesawat, ternyata ada pula sejumlah aturan tambahan atau syarat utama sebuah koper dapat mendapatkan izin masuk ke dalam kabin pesawat. Dan adapun sejumlah aturan umum tambahan untuk koper yang biasanya bisa mendapatkan izin untuk masuk ke kabin pesawat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berat

Aturan umum terkait ukuran tas koper untuk kabin pesawat yang diizinkan, biasanya berkaitan dengan bobot atau berat dari koper tersebut. Dimana untuk sebuah koper yang akan dimasukkan kedalam kabin, paling tidak diharuskan memiliki batas berat berkisar antara 7 hingga 10 kilogram (15 hingga 22 pounds). Namun, ini bisa sedikit bervariasi tergantung pada maskapai penerbangan dan mungkin juga tergantung pada kelas penerbangan yang diambil.

Sebagai contoh, maskapai penerbangan tertentu mungkin memperbolehkan penumpang kelas bisnis atau premium untuk membawa koper kabin dengan berat maksimum yang lebih tinggi daripada penumpang kelas ekonomi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa aturan dan kebijakan koper kabin maskapai penerbangan yang di pilih sebelum melakukan perjalanan.

2. Jumlah

Biasanya, para penumpang akan diizinkan untuk membawa satu koper dan satu tas keci,l seperti tas jinjing atau tas laptop dengan ukuran small to medium sebagai bagian dari bagasi kabin mereka. Namun tentu saja ukuran tas koper untuk kabin pesawat biasanya memang diharuskan memiliki ukuran dan berat sesuai dengan yang telah ditentukan oleh maskapai penerbangan. Sedangkan untuk tas tambahan, seperti tas jinjing, tas laptop, atau tas selempang, penumpang diharuskan memastikan jika tas tambahan tersebut setidaknya harus muat untuk disimpan di bawah kursi penumpang agar tidak mengganggu mobilitas di dalam kabin.

3. Keamanan

Selain berat dan juga jumlah tas, umumnya keamanan dari koper juga menjadi syarat utama koper dapat dimasukkan ke dalam kabin. Dimana biasanya koper dengan isi barang bawaan berbahaya, contohnya seperti senjata tajam, senjata api, atau barang-barang berbahaya lainnya tidak akan diperbolehkan untuk masuk ke dalam kabin. Selain itu, isi koper yang berbentuk cairan umumnya juga diharuskan untuk dimasukkan ke dalam wadah dengan kapasitas maksimum 100 ml dan semua wadah harus ditempatkan dalam kantong plastik transparan yang dapat disegel, guna memastikan tidak akan terjadi kebocoran.

Nah, itu dia ukuran tas koper untuk kabin pesawat beserta dengan aturan aturan lain yang setidaknya juga perlu untuk diperhatikan agar koper kita dapat masuk ke dalam kabin pesawat. Namun, penting untuk selalu diingat, bahwa setiap maskapai bisa saja memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Sehingga sebelum bepergian, ada baiknya untuk selalu memeriksa persyaratan koper kabin yang diizinkan oleh maskapai penerbangan, guna menghindari adanya kesulitan atau masalah saat check-in.

 

Menjadi salah satu jenis tas yang banyak dibutuhkan guna beragam keperluan mobilitas, tentu secara tidak langsung hal tersebut menjadikan koper begitu populer penggunaannya, baik itu untuk jenis keperluan bersifat pribadi maupun komersil sekalipun. Dimana dapat dikatakan jika saat ini tidak sedikit pula jasa pembuatan tas custom yang sanggup membuat koper sesuai request, baik guna keperluan souvenir, bingkisan, hingga media promosi, seperti yang dilakukan oleh sebuah pabrik tas terbaik dan berpengalaman bernama Karya Bintang Abadi.

Dimana Karya Bintang Abadi sendiri dalam hal ini sudah berkecimpung dalam dunia pembuatan tas custom selama lebih dari 10 tahun, sehingga sudah banyak dipercaya oleh berbagai kalangan customer, mulai dari perorangan hingga berbagai instansi pemerintahan sebagai pabrik tas custom andalan. Oleh sebab itu, wajar saja bukan bila Karya Bintang Abadi pada akhirnya dikenal sebagai salah satu pabrik tas custom terpercaya dan dapat diandalkan dengan hasil memuaskan, karena memiliki detail tampilan terbaik, kualitas terjamin, waktu pengerjaan cepat, serta harga terjangkau.

Terlebih selain itu, Karya Bintang Abadi pun juga dikenal tidak pernah lupa untuk memastikan bila setiap customer maupun calon customer yang ada akan diberikan pelayanan terbaik oleh para customer service ramah juga tanggap dalam membantu segala kebutuhan akan pemesanan tas custom dengan proses pemesanan aman dan cara pemesanan mudah serta cepat, baik secara online maupun offline. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi CS Karya Bintang Abadi untuk mendapatkan tas dengan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami, jangan lupa untuk share pada orang terdekat anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi menarik seputar tas. Semoga bermanfaat!

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi

error: Content is protected !!

Mau tanya seputar tas seminar, silahkan hubungi customer service kami. Butuh penawaran produk disini.

Kirim Pesan Whatsapp