Cara Membuat Tote Bag Batik, Bisa Meski Tanpa Mesin Jahit

Cara Membuat Tote Bag Batik

bagikan artikel ini kepada teman

Cara membuat tote bag batik cukup mudah. Bahkan bisa meski tanpa mesin jahit sekalipun. Kamu hanya perlu menyiapkan kain batik, benang, gunting, dan jarum.

Kecuali, jika tote bag yang ingin kamu buat tidak hanya memakai batik. Maka kamu juga harus menyiapkan kain lain. Singkat kata, berikut cara membuat tote bag batik.

Cara Membuat Tote Bag Batik

Ada 5 langkah yang harus kamu lakukan jika ingin embuat tote bag dari kain batik. Dari mulai menyaipkan kain batik, buat pola tote bag, potong kain, dan seterusnya.

1. Siapkan Kain Batik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan kain batik. Kain batik yang mau dibuat tote bag tidak harus baru. Kain batik yang bekas juga tidak ada masalah.

Hanya saja, tetap gunakan kain batik bekas yang masih layak pakai. Seperti misalnya tidak jamuran, tidak bolong-bolong, kait juga masih cukup kuat, dan sebagainya.

2. Buat Pola Tote Bag

Jika kain yang akan kamu buat tote bag sudah ada, maka langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah membuat pola tote bag. Bisa dengan pola yang sederhanan dulu.

Seperti misalnya berbentuk kotak atau kotak dengan agak sedikit memanjang ke atas. Ada cukup banyak contoh pola tote bag yang bisa kamu tiru di Google image atau freepik.

3. Potong Kain Batik

Setelah pola tote bag sudah jadi, langkah selanjutkan adalah potong kain batik sesuai dengan pola tersebut. Pastikan potongan kain batik tersebut benar-benar sesuai pola.

Jika tidak, apalagi jika kekecilan, maka ukuran tas akan lebih kecil. Namun, jika masih agak kebesaran, maka kamu bisa rapikan lagi sedikit demi sedikit dengan hati-hati.

4. Jahit Tas Batik

Langkah yang keempat ini cukup krusial. Sebisa mungkin, jahit potongan kain batik tadi dengan rapi agar hasilnya bagus. Meski tanpa mesin jahit, hasilnya tetap bisa rapi kok.

Gunakan saja jarum yang ukuran kecil. Selain itu, jahit tas secara terbalik. Untuk benangnya sendiri gunakan benang yang waranya sama atau mirip dengan kain yang dipakai.

Jahit lebih dulu bagian utama tote bag, yaitu bagian yang berbentuk kotak. Setelah itu, baru bagian talinya. Kamu bisa memakai tali dari bahan yang sama atau yang lain.

5. Beri Kompartement

Setelah tote bag jadi, kamu bisa menambahkan sedikit kompartemen kalau mau. Jika tidak, juga tidak ada masalah. Tote bag batik kamu kini sudah selesai dan tentu bisa dipakai.

Meski tote bag buatan kamu sendiri, jangan ragu untuk memakainya ketika misalnya jalan-jalan, nongkrong di cafe, atau bertamu ke rumah teman SMA yang satu angkatan.

FAQ

1. Bisakah membuat tote bag dari kain perca?

Bisa, tote bag juga bisa dibuat dari kain perca. Langkah-langkah cara membuat tote bag dari kain perca sendiri sama dengan langkah membuat tote bag dari bahan yang lainnya.

2. Bahan apa yang bisa dibuat tote bag?

Hampir semua bahan tas bisa untuk tote bag, kecuali bahan sintesis. Bukan tidak bisa, tapi agak kurang tepat saja. Bahan yang bagus buat tote bag itu tidak terlalu tebal atau tipis.

Akhir Kata

Jangan lupa, gunakan kain batik yang masih layak pakai. Jika tidak, bisa jadi tote bag akan cepat rusak. Bahkan bisa juga rusak ketika masih dipakai. Seperti sobek dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi Kapal Api, ABC, dan Luwak

Selain itu, jika hasilnya bagus, kamu juga bisa menjualnya. Baik itu melalui marketplace atau media sosial. Untuk langkah awal, coba tawarkan kepada teman atau tetangga.

Akhir kata, terima kasih sudah mampir ke website CV. Karya Bintang Abadi. Oiya, jangan lupa, share artikel cara membuat tote bag batik ini jika menurut kamu bisa bermanfaat.

Satu lagi, buat kamu yang ingin membuat tote bag, silakan langsung hubungi CS CV. Karya Bintang Abadi. Selain dari batik, juga bisa dari bahan-bahan lain seperti kanvas.

 

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi