Goodie Bag Event yang Berkesan: Strategi Branding untuk Event Organizer

goodie bag event

bagikan artikel ini kepada teman

Jika berbicara tentang hal berkesan dalam sebuah pagelaran acara atau event, tentu kita semua setuju bukan bila keberadaan dari sebuah goodie bag event merupakan salah satunya. Dimana dapat dikatakan jika adanya goodie bag pada suatu event ini pun pada dasarnya memang bukan lagi menjadi hal yang asing, terutama jika event tersebut sengaja diselenggarakan sebagai ajang untuk memberikan apresiasi serta media promosi dari peluncuran produk baru suatu perusahaan dan sejenisnya. Karena tidak dapat dipungkiri, jika keberadaan dari adanya goodie bag event tersebut hendaknya memang memiliki fungsi fungsi yang menjadikannya dianggap sangat berkesan.

Yang mana adanya hal tersebut pun tentu saja tidak terlepas begitu saja dari bagaimana fungsi goodie bag tersebut yang secara umum memang diketahui sangat mampu untuk difungsikan sebagai media promosi karena dapat dikustomisasi dengan material desain seperti logo, nama perusahaan atau event, dan sejenisnya guna mengenalkan atau memperkuat citra merek, produk, atau acara. Hingga dapat menjadi bentuk nyata dari ungkapan terimakasih dan juga apresiasi karena goodie bag tersebut karena dianggap dapat mengingatkan tamu akan event tersebut dan kenang kenangan yang telah meluangkan waktu dan bersedia untuk menghadiri event yang diadakan tersebut.

Dimana didasarkan dari fungsi utamanya tersebut juga lah, keberadaan dari goodie bag pada suatu event ini pun kemudian umumnya akan memiliki isi yang sangat bervariasi. Mengingat pengertian dari goodie bag ini sendiri pun hendaknya memang adalah sebuah istilah untuk menyebutkan sebuah tas atau kantong yang biasanya akan berisi berbagai macam jenis barang atau merchandise, yang umumnya diberikan sebagai hadiah, souvenir, atau kenang-kenangan kepada para peserta, tamu, atau pengunjung dalam suatu acara atau kegiatan. Sehingga dikarenakan hal tersebut juga lah isi goodie bag umumnya akan tergantung pada versi acara dan tujuan pengadaannya.

Dan adapun sejumlah contoh isi dari goodie bag yang secara umum diketahui sering digunakan diantaranya adalah seperti sampel produk yang biasanya dipakai pada event event peluncuran produk baru dan akan berisikan sampel kecil dari produk yang ingin dipromosikan. Berbagai macam merchandise berupa barang barang dengan logo atau merek tertentu, seperti kaos, topi, gantungan kunci, pin, atau tumbler. Beberapa macam ATK, terutama jika event tersebut berwujud seminar atau workshop. Hingga sejumlah informasi tambahan tentang produk, layanan, atau segala hal yang berkaitan dengan acara, baik itu berupa brosur dan sejenisnya.

Goodie Bag Event

Karena menjadi salah satu jenis barang atau komponen yang bisa dibilang memiliki kepentingan dan kesan mendalam dikarenakan sejumlah fungsi krusialnya, tentu wajar saja bukan jika keberadaan dari goodie bag ini kemudian akan banyak ditemukan di berbagai jenis acara, utamanya saja pada acara dengan wujud khusus seperti seminar, workshop, ulang tahun, pernikahan, pameran, acara perusahaan, hingga acara sosial dan acara branding lainnya. Dimana adanya hal tersebut tentu saja juga tidak terlepas begitu saja dari sejumlah alasan mengapa goodie bag ini kemudian dianggap begitu penting dalam event branding, utamanya bagi strategi branding event organizer.

Mengapa Goodie Bag Penting Dalam Event branding

Bukan lagi dianggap sebagai sekedar sebuah hadiah yang berkesan saja, keberadaan dari adanya goodie bag pun dalam hal ini nyatanya juga sudah dikenal pula sebagai salah satu bagian krusial dari strategi branding bagi suatu perhelatan acara atau event. Dimana adapun alasan dibalik kenapa goodie bag ini kemudian bisa menjadi bagian yang diketahui memegang peranan sangat penting dalam suatu branding event pun tentu saja berjalan lurus dengan bagaiaman keberadaannya tersebut yang pada dasarnya memang dinilai memiliki kemampuan untuk menciptakan hubungan emosional dengan audiens, dan juga beberapa alasan pendukung lainnya seperti berikut ini:

  1. Dapat menjadi media branding exposure: Keberadaan dari adanya sebuah goodie bag ini umumnya memang dianggap memiliki visibilitas promosi berkelanjutan yang dapat dimanfaatkan secara jangka panjang, terutama kita goodie bag tersebut digunakan untuk banyak aktivitas harian penggunanya. Dimana adanya hal itu pun tentu secara tidak langsung telah membuat goodie bag ini kemudian menjadi billboard berjalan yang dengan pasif akan mempromosikan branding ke audiens dengan jangkauan lebih luas, yang tentu saja akan menciptakan eksposur berkelanjutan di luar durasi event itu sendiri.
  2. Mampu meningkatkan brand awareness dan recall brand: Karena penggunaannya yang bisa dibilang cukup dekat dengan kebutuhan aktivitas harian, tentu adanya hal tersebut secara tidak langsung memang akan membuat keberadaan dari goodie bag ini bisa menjadi pengingat fisik dari suatu event branding setiap kali penerimanya melihat atau menggunakan goodie bag tersebut. Apalagi jika isi dari goodie bag yang diberikan tersebut juga sengaja di isi oleh barang barang bermanfaat serta menarik, karena nantinya dinilai dapat lebih  menciptakan asosiasi positif bagi branding event.
  3. Menciptakan kesan profesionalisme dan kualitas: Adanya goodie bag bagi suatu event branding dalam hal ini pun umumnya juga dianggap begitu penting dikarenakan keberadaannya yang dirancang dengan baik, berkualitas, dan isian yang relevan, secara tidak langsung dianggap mampu menunjukkan bahwa penyelenggara event peduli terhadap detail dan pengalaman peserta. Yang mana adanya hal tersebut pun tentu saja sangat berkaitan dengan meningkatnya citra profesionalisme branding event dimata para tamu undangan.
  4. Menjadi sarana komunikasi untuk menyampaikan pesan brand: Memiliki tampilan yang biasanya akan dilengkapi dengan adanya personalisasi khusus, baik pada warna maupun tambahan atribut desain seperti logo, tagline, dan sejenisnya, tentu membuat keberadaan dari goodie bag ini dianggap penting bagi suatu event branding. Dimana adanya hal tersebut tentu saja bisa terjadi dikarenakan dirinya yang secara tidak langsung telah menyampaikan identitas visual brand dan dengan konsistensi desainnya tersebut, telah turut serta memperkuat juga menyampaikan pesan brand secara lebih optimal.
  5. Peluang Cross promotion dan sponsorship: Sebuah goodie bag yang secara sengaja dihadirkan pada suatu perhelatan acara umumnya juga dikenal penting dikarenakan keberadaannya yang dinilai bisa menjadi peluang bagi sponsor untuk menempatkan produk, sampel, atau materi promosi mereka, yang pada gilirannya tentu saja dapat menghasilkan pendapatan tambahan untuk event dan juga sekaligus menjadi salah satu usaha untuk memperluas jangkauan brand sponsor,yang kemudian akan menunjukkan kemampuan event kita dalam membangun kemitraan yang strategis.Jenis tas yang tepat untuk berbagai jenis event

Jenis Tas yang Tepat untuk Berbagai Jenis Event

Merupakan sebuah perwujudan nyata dari barang yang dianggap bisa menjadi sebuah investasi strategis bagi branding suatu event, tentu saja membuat keberadaan dari sebuah goodie bag ini kemudian dinilai memiliki kemampuan untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, memperluas jangkauan brand, dan membangun hubungan yang kuat dengan audiens. Apalagi dalam dunia event marketing yang kompetitif sendiri pun sebetulnya  dapat diketahui pula , jika adanya goodie bag ini pun hendaknya juga dianggap sebagai alat pemasaran yang efektif dan representasi merek. Oleh sebab itu, untuk mempengaruhi kesan dan efektivitas branding ini dia beberapa jenis tas yang dinilai tepat untuk dipakai sebagai goodie bag guna berbagai jenis event:

Tas Spunbond

goodie bag event

Biasanya terbuat dari serat sintetis yang dibuat menggunakan campuran bahan khusus serta akan melalui sejumlah tahapan hingga nantinya membentuk struktur bahan yang teksturnya mirip kain tapi sedikit lebih kaku, dengan karakteristik ringan dan kuat. Secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari jenis tas spunbond ini banyak dianggap sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai macam jenis event. Apalagi adanya hal tersebut pun diketahui juga semakin didukung pula oleh bagaimana jenis tas ini yang pada dasarnya dikenal memiliki harga terjangkau, yang tentunya bisa menjadi pilihan ekonomis, mudah dicetak, dan tersedia dalam banyak warna dan ukuran, yang membuatnya fleksibel untuk berbagai kebutuhan.

Tas Blacu

Dibuat menggunakan semacam kain katun yang belum melalui proses pemutihan, sehingga memiliki warna yang cenderung krem atau putih gading dengan tekstur alami, tentu secara tidak langsung juga telah turut serta membuat keberadaan dari jenis tas blacu ini dianggap cocok pula untuk dipakai guna kebutuhan goodie bag suatu event. Dimana adanya hal tersebut tentu saja sangat didukung pula oleh bagaimana tas ini yang dinilai dapat memberikan tampilan estetik dan natural dengan kesan rustic serta eco friendly. Memiliki daya tahan baik bahkan lebih awet dari spunbond. Juga sangat baik untuk dijadikan sebagai kanvas desain branding event karena hasil cetakan pada bahannya akan terlihat lebih jelas dan menyatu dengan serat kain.

Tas Kanvas

goodie bag event

Merupakan salah satu jenis kain yang dikenal memiliki karakteristik bahan kain yang kuat, tebal, dan tahan lama, karena umumnya memang diketahui terbuat dari bahan baku berupa kapas dan bahkan beberapa diantaranya ada juga yang secara sengaja mencampurnya dengan bahan polyester sehingga memiliki daya tahan lebih optimal. Agaknya juga menjadikan keberadaan dari jenis tas kanvas ini cocok pula untuk dipakai guna kebutuhan tas suatu event. Terlebih adanya hal tersebut pun diketahui juga sangat kuat dipengaruhi oleh bagaimana jenis tas ini yang dianggap memiliki tampilan sederhana namun stylish, dan juga kemampuan fleksibilitas desainnya yang bisa dicetak menggunakan berbagai teknik cetak, mulai dari sablon hingga bordir.

Tas Kertas

Sesuai dengan namanya, jenis tas kertas yang juga dianggap cocok untuk dipakai guna berbagai macam jenis event ini hendaknya memang adalah jenis tas yang secara sengaja dibuat menggunakan kertas khusus. Dimana kertas tersebut umumnya akan memiliki ciri khas berupa bahan tebal, tidak mudah sobek, bahkan ada beberapa yang tahan terhadap air pula. Namun selain daripada itu, adapun hal yang membuat jenis tas kertas ini juga dianggap cocok dipakai, tentu saja adalah dikarenakan oleh bagaimana jenis tas ini yang ternyata dinilai aman untuk berbagai macam jenis produk, praktis dan mudah disiapkan serta didistribusikan, fleksibel desain dengan permukaan luas untuk cetak desain full color, ekonomis, dan tentu saja ramah lingkungan.

Ide Konten Goodie Bag yang Memorable

Tidak hanya jenis tasnya saja yang secara umum dianggap sebagai hal krusial untuk diperhatikan dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengadaan sebuah goodie bag bagi suatu event. Karena selain itu sebetulnya dapat diketahui pula jika pemilihan jenis tas goodie bag yang baik pun hendaknya juga perlu didasarkan pula dengan tujuan pengadaan, target audiens dan juga konsep eventnya. Oleh sebab itu, agar nantinya keberadaan dari goodie bag tersebut tidak hanya berfungsi sebagai wadah saja, tapi juga dapat dimanfaatkan sebagai media branding yang efektif dan kenang kenangan yang istimewa serta memorable bagi setiap penerimanya, ini dia ide ide konten yang dianggap bisa coba diterapkan untuk membuat goodie bag menjadi lebih memorable:

Menggunakan Model Storytelling Desain dan Tipografi

Dapat dikatakan jika keberadaan dari sebuah goodie bag umumnya memang bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk bercerita, oleh sebab itu didasarkan dari kemampuannya tersebut tentu wajar saja bukan jika menggunakan model storytelling desain serta tipografi kemudian dianggap bisa menjadi salah satu ide konten terbaik yang dapat membuat goodie bag tampak lebih memorable. Dimana menambahkan adanya desain berupa infografis sederhana yang menunjukkan jadwal atau momen penting di goodie bag dan juga mencantumkan quote atau pesan pesan inspiratif yang relevan dengan tema event bisa dibilang merupakan ide konten yang akan membuat goodie bag menjadi lebih berkesan.

Menambahkan Adanya Desain Interaktif dan Fungsional

goodie bag event

Selain menggunakan konsep desain yang mengusung adanya unsur tipografi atau storytelling desain, dalam hal ini menambahkan adanya desain interaktif dan fungsional pada sebuah goodie bag pun umumnya juga dianggap dapat menjadi ide konten yang menarik serta memorable bagi penerimanya. Karena tidak dapat dipungkiri, jika keberadaan dari desain desain interaktif seperti desain tas dengan bagian “isi sendiri” yang memberikan kesempatan pada penerimanya untuk menambahkan kreasi mereka sendiri, dan semacamnya tentu saja akan mengundang interaksi dan punya fungsi tambahan lebih dari sekadar visual pada tas saja, yang kemudian membuatnya lebih berkesan dan terasa personal bagi penerimanya.

Menggunakan Desain Berani dan Artistik

Bagi kita yang ingin menonjolkan karakter kuat dan nyentrik namun tetap sesuai dengan konsep acara, ada baiknya untuk menggunakan model desain yang berani dan artistik pada goodie bag. Dimana adapun alasan kenapa menggunakan model desain ini bisa menjadi salah satu ide konten terbaik yang akan membuat tampilan goodie bag tampak lebih memorable pun tentu saja tidak terlepas dari bagaimana hal ini yang mampu menciptakan keterlibatan visual dan emosional secara lebih kuat karena dapat menarik perhatian sejak pandangan pertama, dapat memperkuat identitas brand dan tema event,  serta dapat membentuk kenangan visual yang mudah diingat. Misalnya saja seperti dengan menggunakan desain pop art dan abstrak berwarna mencolok.

Namun karena keberadaan dari adanya sebuah goodie bag bagi suatu event umumnya pun tidak hanya melulu tentang estetika saja, tapi juga strategi memori, promosi, dan pencitraan maka selain diharuskan untuk menentukan ide konten desain terbaik, sebetulnya kita pun umumnya juga diharuskan pula untuk dapat mempersipakan ide konten untuk isi dari goodie bag tersebut. Sehingga nantinya kita pun dapat memastikan jika pengadaan dari adanya goodie bag ini bukan lagi hanya sebagai sebuah wadah, tetapi juga merupakan bagian penting dari keseluruhan pengalaman acara. Dan adapun ide konten isi goodie bag yang bisa membuatnya lebih memorable adalah berikut ini:

Menghadirkan Produk Kustomisasi

Menggunakan produk produk yang secara sengaja dibuat dengan khusus atau di custom bisa menjadi ide konten terbaik yang akan membuat keberadaan goodie bag lebih memorable. Karena tidak dapat dipungkiri jika barang  barang yang bisa dipersonalisasi tersebut tentu akan memberikan rasa yang lebih spesial dan eksklusif bagi penerimanya. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja akan meningkatkan nilai sentimental dan kemungkinan barang tersebut digunakan kembali. Dan adapun beberapa contoh produk yang direkomendasikan diantaranya adalah seperti tumbler custom yang diukir logo dan nama peserta atau quote motivasi.

Menambahkan adanya Barang yang Berkaitan dengan Produk Relaksasi

Ide konten isi goodie bag selanjutnya yang juga dianggap bisa membuat keberadaan sebuah goodie bag menjadi lebih memorable adalah menambahkan adanya barang barang yang berkaitan dengan produk relaksasi. Misalnya saja seperti memberikan voucher belanja, voucher workshop, hingga voucher kelas meditasi dan relaksasi beserta dengan produk produk relaksasinya seperti masker mata, aromatherapy roll-on, teh herbal, atau bath bomb kecil dan sejenisnya. Dimana menggunakan keberadaan dari konten yang mendukung relaksasi ini secara tidak langsung memang dianggap dapat memberikan pengalaman baru yang nantinya akan sangat dihargai oleh para penerima karena dinilai mampu menciptakan pengalaman sensorik dan emosional positif.

Menggunakan Produk Lokal dan Handmade

Menghadirkan adanya produk produk khas dan handmade, misalnya saja seperti kain batik maupun souvenir souvenir sejenisnya pun dalam hal ini juga dianggap bisa menjadi ide konten yang menarik serta mampu membuat  keberadaan dari adanya sebuah goodie bag menjadi lebih memorable. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan keberadaan dari barang barang tersebut yang kemudian dinilai dapat menunjukkan dukungan terhadap komunitas lokal, memberikan keunikan tersendiri dan membuat penerima menjadi merasa semakin dihargai, dan event pun juga akan terlihat lebih autentik dan peduli.

Case Study: Event Sukses dengan Goodie Bag Kreatif

Dianggap sebagai komponen penting yang keberadaanya sulit untuk dilewatkan begitu saja dalam terselenggaranya suatu acara, terutama pada perhelatan acara atau event event yang memang ingin meninggalkan kesan positif dan berharap bisa membangun hubungan interpersonal dengan para peserta acaranya.Karena tidak dapat dipungkiri jika keberadaan dari adanya goodie bag tersebut hendaknya memang dapat dinilai bisa memberikan nilai tambah suatu acara sekaligus juga memperkuat pesan brand yang ingin disampaikannya melalui gelaran acaranya. Oleh sebab itu, umumnya sangat diperlukan adanya goodie bag kreatif guna mendukung event yang sukses, misalnya saja seperti dapat disimak dari contoh gambaran case study event sukses berikut ini:

Case Study: “Kesuksesan Event Lokal dengan Goodie Bag Kreatif”

Latar Belakang Event

Memiliki latar belakang tujuan untuk mempromosikan produk kreatif UMKM lokal dari seluruh Indonesia, yang kemudian diharapkan dapat menjadi jembatan yang nantinya akan menghubungkan para inovator dan seniman, serta menarik minat investor terhadap potensi industri kreatif nusantara, dengan target audiens yang lebih luas lagi jangkauannya. Baik itu mulai dari para pengusaha hingga para pecinta produk lokal, karena memang keberadaan dari terselenggaranya event ini berambisi untuk menjadi platform penting yang akan merayakan kekayaan budaya dan kreatif Indonesia.

Tantangan Branding

Dalam hal ini, untuk menggaet kesuksesan acara nantinya kita mungkin memang terkendala dengan adanya tantangan besar, yaitu terkait dengan bagaimana memastikan goodie bag, sebagai salah satu titik sentuh utama peserta, bisa merefleksikan tema “Budaya lokal” yang sesungguhnya dan juga mampu meninggalkan kesan mendalam yang relevan dengan kearifan lokal. Lebih dari itu, keberadaan dari pengadaan goodie bag ini pun umumnya juga diharuskan untuk bisa betulan berfungsi sebagaimana mestinya sekaligus pula sebagai bagian dari media promosi yang efektif bagi brand penyelenggara dan UMKM peserta.

Solusi Goodie Bag Kreatif

Sebagai bentuk usaha untuk menyukseskan event lokal dengan goodie bag kreatif, sebagai pihak penyelenggara tentu kita harus memahami betul jika keberadaan dari adanya goodie bag dalam hal ini hendaknya memang harus lah lebih dari sekedar wadah saja. Melainkan diharuskan pula untuk memastikan jika goodie bag tersebut pun nantinya bisa menjadi representasi visual dan fungsional dari esensi event. Oleh sebab itu guna menjawab tantangan tersebut, umumnya kita pun dapat memilih jenis goodie bag yang berbahan premium dan tebal dengan warna yang natural, sehingga nantinya bisa secara bebas dipercantik menggunakan beragam atribut desain bertema seni budaya lokal.

Ide Konten Desain pada Tas

Agar nantinya keberadaan dari goodie bag dapat sungguhan mampu untuk merefleksikan tema “Budaya lokal” yang diusung, hendaknya kita bisa membuat desain goodie bag dengan bagian depan yang menampilkan logo acara beserta judul acara dan sentuhan atribut desain bertema budaya, misalnya saja seperti siluet bentuk rumah adat atau motif geometris etnik di bagian atas yang ditulis menggunakan font bergaya modernitas dan kesan tradisional.

Sedangkan untuk desain bagian belakang goodie bag dan warna cetaknya, kita bisa menampilkan adanya sebuah QR Code yang diapit ilustrasi ikon budaya dengan call-to-action “Telusuri Jejak Inovasi Kami!”  dimana QR Code tersebut nantinya akan mengarah ke direktori digital UMKM peserta, highlight sesi event, serta paltform platform terkait. Dan untuk warna cetaknya, ada baiknya untuk menggunakan pilihan warna yang minimalis saja misalnya seperti warna coklat sepia, maroon, atau coklat untuk menciptakan kesan klasik namun kuat.

Ide Konten Isi Goodie Bag 

Untuk meningkatkan visibilitas dan juga relevansi goodie bag dengan tema “Budaya Lokal” yang diusung sebagai konsep utama, tentu sudah barang pasti jika goodie bag event ini di isi pula menggunakan pilihan item yang terakrasi dan mampu mencerminkan tema serta dapat memberikan dukungan pada UMKM lokal. Dimana menambahkan adanya item seperti buku catatan dan beberapa macam ATK dengan unsur bahan kayu, minuman dan makanan khas tradisional yang tahan lama, sample produk UMKM pilihan, atau kupon kupon diskon pembelian produk lokal yang dijual dalam event dapat dikatakan sebagai ide yang ideal dan paling relevan untuk dijalankan.

Dampak dan Keberhasilan

Inisiatif goodie bag ini terbukti sangat sukses, karena dengan keberadaan goodie bag kreatif tersebut nyatanya kita dapat meningkatkan brand awareness dan engagement yang tinggi baik itu bagi event maupun para UMKM yang terlibat, penyelenggara dipuji karena konsistensinya dalam mengangkat kearifan lokal dan keberlanjutan dimana goodie bag tersebut menjadi simbol nyata dari komitmen mereka, meningkatnya kunjungan dan penjualan di booth UMKM peserta, meningkatnya komunitas dan jaringan yang mengusung konsep seni budaya lokal, serta juga meningkatnya exposure positif yang semakin membuktikan kesuksesan event dengan goodie bag kreatif.

Kesimpulan

Adanya event ini bisa dibilang memang adalah salah satu contoh nyata bagaimana goodie bag dapat berubah dari sekadar wadah dan hadiah biasa, menjadi elemen strategis dalam narasi brand dan pengalaman event yang epik serta memorable. Dimana dengan berinvestasi pada desain yang relevan secara budaya, material berkualitas yang mendukung keberlanjutan, dan isi yang bermakna dari ekosistem lokal, goodie bag ini kenyataannya memang tidak hanya telah meninggalkan kesan tak terlupakan bagi peserta saja, tetapi juga secara aktif telah turut serta berkontribusi pada pencapaian tujuan event dan penguatan identitas brand penyelenggara. Yang mana adanya hal tersebut pun tentu saja sudah membuktikan bahwa kreativitas dalam goodie bag dapat menjadi game changer untuk kesuksesan event.

Timeline Order Goodie Bag untuk Event

Karena menjadi salah komponen krusial yang keberadaanya memiliki banyak fungsi serta manfaat dalam menunjang kemeriahan juga kesuksesan suatu event, tentu membuat keberadaan dari adanya sebuah goodie bag untuk event umumnya memang harus dipersiapkan sebaik mungkin dengan perencanaan yang baik dan juga tepat. Dimana sebagai usaha untuk menjalankan langkah langkah pengadaan yang baik tersebut, dapat diketahui jika memperhatikan timeline dari pengorderan goodie bag hendaknya memang adalah bagian penting, bahkan dikenal sebagai kunci utama dari kesuksesan event dan branding.

Karena tidak dapat dipungkiri jika kita secara sengaja maupun tidak sengaja mengabaikan timeline, hal tersebut umumnya memang bisa berujung pada berbagai masalah yang dapat merugikan acara dan brand, mengingat adanya timeline order goodie bag ini sebetulnya memang bukan hanya sekadar jadwal saja, tapi juga merupakan sebuah peta jalan untuk memastikan bahwa goodie bag dapat sungguhan jadi tepat waktu, dengan kualitas terbaik, dan sesuai anggaran. Dan adapun contoh timeline order goodie bag untuk event yang tepat dan ideal untuk dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

FASE 1: Melakukan perencanaan dan riset (minimal 3 bulan sebelum acara) 

Minggu 1-2: Penentuan Konsep dan Anggaran

Menentukan tujuan dari pengadaan goodie bag, melakukan identifikasi terhadap target audiens, menetapkan jenis spesifikasi goodie bag yang dikehendaki dan menyesuaikannya dengan kebutuhan, memperkirakan jumlah goodie bag, menghitung pengalokasian anggaran termasuk tas dan isinya, dan buat draft awal isi goodie bag terkait barang apa saja yang akan dicantumkan sebagai isinya.

Minggu 3-4: Riset Vendor dan Desain Awal

Melakukan riset untuk menemukan dan menentukan vendor terbaik yang potensial dan sesuai dengan anggaran  untuk menangani pesanan goodie bag, meminta penawaran harga yang disertakan detail jenis tas dan juga jumlah, maupun perkiraan desain dan estimasi lama waktu produksi, mita sample fisik untuk memungkinkan kita menilai kualitas secara lebih nyata, buat brief desain awal yang sudah disertakan logo event atau perusahaan, font yang ingin digunakan, warna dominan, dan konsep visual yang diinginkan untuk dicetak di tas.

FASE 2: Pemilihan Vendor dan Produksi ( minimal 2 bulan sebelum acara) 

Minggu 1-2: Finalisasi Vendor dan Desain Tas

Memilih vendor terbaik dengan mempertimbangkan harga, kualitas, reputasi, waktu produksi, dan kemampuan komunikasi vendor. Finalisasi desain goodie bag dengan mengirim desain final (file vektor/resolusi tinggi) ke vendor terpilih. Pastikan mock up yang dikirimkan oleh vendor sudah sesuai dengan kebutuhan goodie bag, dan lakukan proof desain pada desain dengan mengecek semua detail (ukuran logo, posisi, warna) sudah benar. Lakukan pembayaran uang muka sesuai kesepakatan untuk memulai produksi.

Minggu 3-4: Pengadaan Isi Goodie Bag dan Produksi Tas

Vendor akan memulai produksi goodie bag dan kita harus mulai untuk memantau progres produksi secara berkala dengan vendor. Mulai persiapkan pengadaan isi goodie bag yang akan dimasukkan ke dalam tas. Pastikan semua item yang akan dimasukkan ke dalam tas berkualitas baik dan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Fase 3: Pengiriman dan Persiapan Akhir (Lebih baik 1 bulan atau 2 minggu sebelum acara)

Penyelesaian Produksi dan Pelunasan

Vendor yang bertanggung jawab akan menyelesaikan proses produksi goodie bag dan melakukan final quality control pada tas yang sudah jadi. Lakukan pelunasan pembayaran kepada vendor. Dan mulai koordinasikan jadwal pengiriman goodie bag dari vendor ke lokasi penyimpanan atau langsung ke lokasi event jika memungkinkan. Pastikan jumlah dan kualitas goodie bag beserta isinya sudah sesuai pesanan. Tentukan bagaimana goodie bag akan didistribusikan kepada peserta, misalnya saja seperti saat registrasi maupun di akhir acara.

Nah itulah dia sedikit pembahasan tentang goodie bag event yang berkesan dan biasanya dianggap cocok untuk bagian dari strategi branding oleh para event organizer. Dimana didasarkan dari hal tersebut juga lah pemilihan goodie bag guna berbagai macam keperluan event ini kemudian dinilai selalu membutuhkan perhatian dan pertimbangan yang ekstra agar betulan dapat berkontribusi penuh bagi kelancaran serta kesuksesan event. Dan bagi anda yang berkeinginan untuk menghadirkan goodie bag premium juga berkesan bagi acara, maka kini anda dapat mengkonsultasikan goodie bag untuk event tersebut pada Karya Bintang Abadi, yaitu sebuah pabrik tas custom terbaik serta terpercaya dengan menghubungi customer servicenya secara langsung.

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi