Tas Ramah Lingkungan: Tren Sustainable Merchandise untuk Perusahaan Modern

bagikan artikel ini kepada teman

Diantara banyaknya trend yang sedang berlangsung di tengah tengah masyarakat dunia, bisa dibilang tren sustainable merchandise atau biasa juga disebut dengan istilah merchandise berkelanjutan memang adalah salah satu yang paling populer dan happening. Dimana adanya hal tersebut pun diketahui ditandai secara nyata oleh peningkatan pada permintaan produksi barang barang ramah lingkungan, khususnya tas ramah lingkungan custom baik untuk kepentingan pemakaian pribadi sampai dengan keperluan berbagai macam acara konvensional yang biasanya memang membutuhkan sebuah barang spesial sebagai diferensiasinya dengan acara lain.

Karena tidak dapat dipungkiri, jika keberadaan dari adanya tas ramah lingkungan custom maupun barang barang lain yang secara sengaja diproduksi dan dirancang ramah lingkungan tersebut hendaknya memang telah dianggap sebagai salah satu bagian penting dari gerakan keberlanjutan yang kompleks. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja ada dikarenakan keberadaan dari barang barang ramah lingkungan ini yang sebetulnya pun juga sudah masuk ke dalam bagian dari salah satu wujud tindakan nyata dari usaha usaha untuk mengurangi dampak lingkungan dan sosial yang mungkin saja akan berakibat buruk pada praktik keberlanjutan dan kelangsungan alam.

Yang mana didasarkan dari hal tersebut juga lah, maka wajar saja bukan jika berlangsungnya tren sustainable merchandise di tengah tengah masyarakat Indonesia atau bahkan dunia ini pun kemudian dikenal sanggup menunjukan pergeseran perspektif tentang peran merchandise yang sebelumnya hanya sebagai sebuah hadiah atau “barang gratis” saja menjadi sesuatu yang menarik dan bermanfaat dengan nilai integritas yang spesial di mata penerimanya maupun keberlangsungan lingkungan, karena selain bisa dijadikan sebagai alat promosi merchandise ini pun dapat pula dimanfaatkan sebagai alat untuk mengkomunikasikan nilai nilai keberlanjutan lingkungan.

Dimana diantara banyaknya jenis barang yang dinilai bisa digunakan dan melengkapi keikutsertaan tren sustainable merchandise ini, bisa dibilang tas ramah lingkungan custom memang adalah salah satu yang dianggap paling populer, efisien dan efektif untuk dipilih. Karena dapat diketahui, jika keberadaan dari tas ramah lingkungan custom ini hendaknya memang merupakan sebuah jenis tas yang secara umum dibuat dan dirancang khusus dengan mempertimbangkan dampak minimal terhadap lingkungan dan pengurangan terhadap jejak ekologis di sepanjang siklus pemakaiannya menggunakan bahan baku khusus yang bisa didaur ulang atau mudah terurai.

Tas Ramah Lingkungan Custom

tas ramah lingkungan custom

Biasanya dibuat secara khusus menggunakan jenis bahan baku terbaik yang memiliki nilai keberlanjutan sebagai bagian dari aspek paling mendasar, secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari tas ramah lingkungan custom ini dikenal begitu lekat dengan praktik atau tren sustainable merchandise yang akhir akhir ini memang telah banyak dicanangkan. Apalagi adanya hal tersebut pun diketahui juga semakin didukung pula oleh bagaimana keberadan dari tas ramah lingkungan custom ini dalam tren sustainable merchandise sendiri yang secara garis besar memang sudah dianggap memiliki akhir siklus pemakaian yang baik dan berkelanjutan.

Oleh sebab itu didasarkan dari pernyataan tersebut juga lah, maka wajar saja bukan jika adanya tren sustainable merchandise dan keberadaan dari adanya barang barang ramah lingkungan, utamanya seperti tas ramah lingkungan custom ini pun kemudian menjadi begitu populer di kalangan masyarakat luas, tidak terkecuali bagi sebuah corporate branding suatu perusahaan sekalipun. Karen tidak dapat dipungkiri jika dengan keikutsertaannya dalam tren sustainable merchandise ini, sebuah perusahaan hendaknya memang dinilai bisa mendatangkan lebih banyak perhatian dengan alasan alasan yang akan disebutkan berikut ini:

Mengapa Sustainability Penting Dalam Corporate Branding

Ditengah tengah era dimana arus informasi dan gaya hidup semakin tinggi dengan segala hingar bingar yang memungkinkan untuk terjadinya kerusakan lingkungan karena berbagai macam aktivitas manusia, baik itu yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Tentu adanya hal tersebut secara tidak langsung memang membuat berlangsungnya model tren seperti tren sustainable merchandise menjadi bagian yang dianggap menarik, penting serta direkomendasikan untuk dijalankan oleh suatu perusahaan guna mendukung corportae brandingnya. Karena tidak dapat dipungkiri jika adanya sustainability ini memang dikenal memiliki peranan khusus yang krusial.

Dimana adanya sustainability dalam corporate branding ini sendiri pun bisa dibilang memang sudah bukan lagi hanya menjadi bagian atau bentuk dari sebuah tren saja, melainkan juga sudah menjadi bagian dari komponen fundamental yang penting dalam mendukung strategi bisnis modern. Mengingat pada era saat ini, bisa dibilang memang sudah semakin banyak pula masyarakat global yang kian menuntut transparansi dan tanggung jawab dari perusahaan untuk turut serta mendukung adanya praktik keberlanjutan, dan salah satu caranya memang adalah dengan memanfaatkan sustainability dikarenakan beberapa alasan pentingnya, seperti berikut ini:

Penting Untuk Membangun Reputasi dan Kepercayaan

Alasan pertama dan utama mengapa sustainability dianggap penting dalam corporate branding suatu perusahaan adalah karena adanya hal tersebut yang ternyata penting untuk membangun serta mendukung reputasi dan kepercayaan. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan keberadaan dari sustainability ini sendiri yang pada dasarnya memang dinilai sangat mampu untuk memberikan kesan yang baik dan dapat dipercaya dikarenakan perhatian perusahaan akan detail detail keberlanjutan. Mengingat saat ini pun sebetulnya juga sudah semakin banyak pula orang yang membeli atau menggunakan produk serta jasa dengan melihat nilai keberlanjutan.

Sehingga dengan memperhatikan sustainability ini tentu akan membuat para konsumen atau customer dapat melihat bagaimana suatu perusahaan menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan, dan membuat mereka yang memiliki nilai serupa akan merasa terhubung secara emosional. Yang mana dari keterhubungan atau keterikatan ini secara tidak langsung akan menumbuhkan loyalitas dan rasa percaya pada perusahaan dan corporate branding yang ditampilkan karena mereka merasa bahwa apa yang ditampilkan oleh perusahaan tersebut ternyata sesuai dengan tren sustainability yang saat ini tengah berlangsung dan banyak digaungkan.

Bisa Menarik dan Mempertahankan Investor

Jawaban selanjutnya yang juga menjadi alasan mengapa sustainability penting dalam corporate branding adalah adanya sustainability ini yang ternyata bisa menarik dan mempertahankan investor. Dimana dapat diketahui jika integrasi sustainability ini hendaknya memang bisa menjadi magnet yang kuat untuk menarik dan mempertahankan investor bukan hanya karena keberadaan sustainability ini yang dianggap tentang citra semata, melainkan juga merupakan wujud dari refleksi fundamental bisnis yang kuat dan pandangan jangka panjang, karena perhatian mereka akan detail detail keberlanjutan.

Atau singkatnya dapat dikatakan jika dengan sustainability ini para investor terkait dapat melihat apa yang dihasilkan oleh perusahaan beserta dengan usaha perusahaan dalam memperhatikan detail kecil dan praktik keberlangsungan. Sehingga didasarkan dari hal tersebut corporate branding yang yang ditampilkan oleh perusahaan pun dapat lebih menonjolkan komitmen terhadap keberlanjutan dan menunjukkan bahwa perusahaan pada dasarnya memang tidak hanya fokus pada keuntungan jangka pendek saja, tetapi juga membangun nilai jangka panjang yang kuat, mengelola risiko dengan bijak, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Meningkatkan Inovasi dan Efisiensi Operasional

Adanya penerapan sustainability yang baik pada sebuah pengadaan item merchandise corporate branding suatu  perusahaan ternyata juga dianggap penting dikarenakan dinilai bisa membantu meningkatkan inovasi dan efisiensi pada bagian operasional perusahaan, karena berkat adanya sustainability ini sebuah perusahaan menjadi mau tidak mau memaksakan serta mendorong dirinya menjadi lebih berkelanjutan dan berpikir secara kreatif guna menantang standar minimum yang membuatnya bisa beroperasi dengan lebih baik, lebih bersih, dan lebih cerdas lagi. Oleh sebab itu dengan adanya sustainability in tentu akan terjadi inovasi berkelanjutan dan peningkatan efisiensi operasional yang pada akhirnya akan turut serta memperkuat corporate branding di mata semua pemangku kepentingan.

Jenis Bahan Eco-Friendly Untuk Tas Custom

Karena menjadi salah satu jenis tas yang tengah trend di kalangan masyarakat global, tentu hal tersebut membuat keberadaan dari adanya tas ramah lingkungan custom yang dibuat menggunakan bahan baku khusus dan tentunya eco friendly ini banyak diidamkan, baik itu guna keperluan acara pribadi hingga acara acara yang nantinya akan melibatkan banyak orang dan mempengaruhi reputasi hingga corporate branding dari suatu perusahaan. Karena tidak dapat dipungkiri jika pengadaan dari tas ramah lingkungan yang secara sengaja dicustom menggunakan bahan bahan eco friendly ini umumnya memang adalah langkah jitu untuk membangun corporate branding berkelanjutan.

Mengingat, dengan memperhatikan jenis bahan eco friendly pada tahapan pengadaan tas ramah lingkungan custom ini, kita secara tidak langsung memang tidak hanya menunjukan perhatian perusahaan akan praktik keberlanjutan saja, melainkan juga menunjukan bahwa corporate branding yang diangkat pun hendaknya juga memperhatikan dan mempertimbangkan pula keharusan strategis di era modern ini yang cukup bergantung dengan trend sustainability merchandise yang ternyata bisa untuk membangun corporate branding yang kuat, relevan dan terpercaya di mata konsumen, terutama jika menggunakan jenis jenis bahan eco friendly berikut ini:

Bahan Katun Organik

tas ramah lingkungan custom

Jenis bahan baku tas pertama yang dianggap cocok untuk dipakai membuat tas ramah lingkungan custom karena merupakan jenis bahan yang eco friendly adalah jenis bahan baku katun organik. Dimana dapat diketahui jika bahan katun ini memang merupakan salah satu jenis bahan baku tas yang seringkali dijadikan sebagai pilihan utama dalam pembuatan tas ramah lingkungan dikarenakan keberadaannya yang dianggap memiliki nilai eco friendly bagus dan dianggap mampu mencerminkan komitmen terhadap praktik keberlanjutan, namun tetap dengan spesifikasi produk yang fungsional dan estetis dengan narasi yang kuat tentang kepedulian merek terhadap lingkungan.

Mengingat jenis bahan baku katun organik ini sendiri pun sebetulnya memang adalah salah satu jenis bahan tas eco friendly yang dikenal dapat terurai dengan mudah ketika sudah menjadi barang tidak terpakai dikarenakan bahan ini yang merupakan jenis bahan biodegradable, sehingga ketika tidak terpakai dan dibuang tas dengan bahan ini tentu dapat terurai secara mudah tanpa meninggalkan mikroplastik atau zat berbahaya, yang kemudian tentu saja sangat mampu untuk membantu mengurangi penumpukan limbah di TPA atau lingkungan. Terlebih lagi, bahan dasar pembuatan katun organik ini pun umumnya juga dikenal bisa didaur ulang dan renewable resource.

Bahan Kanvas

Bahan tas selanjutnya yang juga dikenal termasuk ke dalam jenis bahan eco friendly dan cocok untuk dipakai dalam proses pembuatan tas ramah lingkungan custom adalah bahan kanvas. Yang mana dalam hal ini sendiri pun sebetulnya dapat diketahui pula jika jenis bahan tas kanvas ini sesungguhnya memang adalah salah satu jenis bahan tas yang sudah dikenal begitu luas sebagai material utama pembuatan tas ramah lingkungan dengan spesifikasi spesial, katakan saja seperti bahan ini yang memiliki daya tahan tinggi, mudah dibersihkan dan dirawat, ringan, fleksibel produksi, dan kemampuan pakai ulangnya yang membuatnya semakin ramah lingkungan.

Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan jenis bahan baku kanvas ini sendiri yang secara umum diketahui terbuat dari serat alami berupa kapas dan rami yang alami dan dapat di daur ulang atau mudah terurai secara hayati biodegradable  ketika nantinya tas berbahan kanvas tidak lagi digunakan, atau dengan kata lain limbah dari tas bahan kanvas yang tidak lagi terpakai ini akan kembali ke alam tanpa meninggalkan residu berbahaya ketika dibuang. Oleh sebab itu, didasarkan dari hal tersebut maka wajar saja bukan jika jenis bahan kanvas ini pun kemudian disebut sebagai jenis tas yang eco friendly dan bisa digunakan berulang kali.

Bahan Rami dan Jute

tas ramah lingkungan custom

Terbuat dari serat alami yang berasal dari tumbuhan bernama Cannabis sativa dan Corchorus, tentu wajar saja bukan jika didasarkan dari asal muasal atau bahan dasar pembentukannya jenis bahan tas berupa rami dan jute ini pun kemudian termasuk ke dalam daftar jenis bahan baku tas eco friendly yang banyak digunakan dalam proses produksi tas ramah lingkungan custom guna berbagai macam kebutuhan acara maupun corporate branding suatu perusahaan. Karena tidak dapat dipungkiri, jika penggunaan bahan rami dan jute ini nantinya kita bisa mendapatkan tas custom yang fungsional, estetis, tetapi juga tetap ramah lingkungan dan keberlanjutan.

Yang mana, didasarkan dari pernyataan tersebut maka wajar saja bukan jika penggunaan jenis bahan berupa rami dan jute ini pun kemudian memang sangat diunggulkan sebagai salah satu pilihan bahan baku eco friendly terbaik dalam pembuatan tas custom, dikarenakan keduanya yang sama sama dianggap telah berhasil menawarkan kombinasi sempurna antara manfaat lingkungan, fungsionalitas, dan estetika yang biasanya selaras dengan corporate branding suatu perusahaan yang bertanggung jawab. Apalagi adanya hal tersebut pun semakin didukung pula oleh bagaimana kedua jenis bahan ini yang juga dikenal memiliki daya tahan dan kekuatan luar biasa.

Bahan Kertas

Jika berbicara tentang jenis bahan baku tas yang eco friendly atau ramah lingkungan, maka akan kurang afdol jika tidak menyebutkan bahan kertas sebagai salah satunya. Dimana adapun alasan dibalik kenapa bahan kertas ini bisa dianggap sebagai salah satu bahan eco friendly yang sangat baik untuk dipakai membuat tas ramah lingkungan custom adalah dikarenakan tas kertas custom ini yang sebetulnya adalah pilihan relevan dan efektif yang bisa menyoroti secara frontal tentang komitmen terhadap keberlanjutan dan lingkungan karena dirinya yang sangat mudah untuk terurai secara hayati ketika tidak lagi digunakan.

Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja didasari oleh salah satu keunggulan utama kertas, yaitu kemampuannya untuk didaur ulang setelah tidak lagi digunakan dan meminimalkan limbah yang berakhir di tempat pembuangan sampah, karena bahan ini yang sebenarnya memang dibuat dari kayu, yang merupakan sumber daya terbarukan jika dikelola secara bertanggung jawab, sehingga jika dibandingkan dengan tas kain yang digunakan berulang kali, siklus hidup kertas secara keseluruhan, terutama jika didaur ulang memang dianggap memiliki jejak karbon yang lebih rendah. Sehingga wajar saja bukan jika bahan ini pun kemudian dianggap sebagai jenis bahan tas ramah lingkungan.

Sertifikasi Lingkungan yang Perlu Diperhatikan

Selain memperhatikan jenis jenis bahan baku pembuatannya yang diharuskan berasal dari jenis bahan baku eco friendly atau ramah lingkungan, ternyata dalam konteks pengadaan tas ramah lingkungan custom yang baik dan mampu menciptakan corporate branding yang kuat dan berkelanjutan, bukan hanya perkara memilih bahan eco friendly untuk produk seperti tas custom saja yang dianggap menjadi langkah penting. Karena selain itu, umumnya juga diharuskan pula untuk memastikan klaim keberlanjutan dapat dipercaya dan tidak sekadar greenwashing saja, karena sertifikasi lingkungan hendaknya juga merupakan hal yang sangat krusial.

Dimana dapat diketahui jika yang dimaksud dengan sertifikasi lingkungan ini sendiri adalah sebuah validasi pihak ketiga yang nantinya akan menunjukkan bahwa produk atau proses suatu perusahaan dalam memenuhi standar keberlanjutan tertentu produknya sudah betulan tepat dan sesuai dengan standarisasi. Oleh sebab itu, memilih sertifikasi yang tepat untuk tas custom ini hendaknya memang akan sangat bergantung pada jenis bahan yang digunakan dan klaim keberlanjutan spesifik yang ingin disampaikan. Dan adapun beberapa sertifikasi lingkungan global dan regional yang relevan, terutama untuk produk tekstil dan kemasan seperti tas yang perlu diperhatikan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Forest Stewardship Council

Sertifikasi lingkungan pertama yang perlu diperhatikan dalam konteks pengadaan sebuah produk ramah lingkungan, tidak terkecuali tas ramah lingkungan custom adalah Forest Stewardship Council atau bisa juga disingkat menjadi FSC, yaitu adalah nama dari sebuah organisasi nirlaba internasional yang diketahui mempromosikan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab di seluruh dunia, dan sertifikasi yang diberikan oleh FSC ini biasanya akan menjamin bahwa produk kayu atau berbasis kayu (termasuk kertas) yang berasal dari hutan telah dikelola secara lestari, di mana standar lingkungan, sosial, dan ekonomi dipatuhi.

Dimana adapun relevansi antara sertifikasi dari FSC dengan proses pengadaan tas ramah lingkungan sendiri umumnya memang lebih mengarah pada tas tas yang dibuat menggunakan bahan kertas. Karena sebagaimana kita ketahui bersama jika tas kertas atau tas yang mengandung elemen kayu berupa kertas dengan memiliki logo FSC, secara umum telah menunjukkan bahwa bahan kertasnya berasal dari sumber yang bertanggung jawab dan tidak berkontribusi pada deforestasi ilegal, yang kemudian akan memberikan dampak pada branding perusahaan menjadi lebih baik karena kita bisa menunjukkan komitmen terhadap pengelolaan sumber daya alam secara etis.

Global Organic Textile Standard

Selain sertifikasi dari FSC yang berfokus pada pengelolaan hutan di seluruh dunia, ternyata dalam hal ini kita juga diharuskan untuk turut serta memperhatikan pula sertifikasi dari Global Organic Textile Standard atau biasa disingkat menjadi GOTS, yaitu sebuah standar pemrosesan terkemuka di dunia untuk tekstil yang terbuat dari serat organik, dan biasanya sertifikasi ini umumnya pun juga tidak hanya akan mencakup tentang bahan baku organik saja, tetapi juga seluruh rantai pasok, mulai dari pemrosesan, manufaktur, pengemasan, pelabelan, hingga perdagangan, guna memastikan kepatuhan terhadap kriteria lingkungan dan sosial yang ketat pada produk textile.

OKEO-TEX STANDARD 100

Adalah sistem pengujian dan sertifikasi independen secara global yang umumnya dipakai untuk mengecek segala macam produk tekstil di semua tingkat pemrosesan, yang dimaksudkan untuk menjamin bahwa produk akhir yang dihasilkan tersebut betulan bebas dari zat berbahaya dalam konsentrasi yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Dan adanya hal tersebut tentu saja sangat diperlukan dan juga berlaku untuk semua jenis tas tekstil, tidak terkecuali yang terbuat dari serat alami untuk memastikan tas sungguhan aman digunakan dan menunjukkan perhatian brand terhadap kesehatan dan lingkungan.

Cardle TI Cradle Certified

Merupakan salah satu jenis sertifikasi yang bisa dibilang paling komprehensif, karena keberadaannya akan dipakai untuk menilai produk berdasarkan lima kategori keberlanjutan, yaitu kesehatan material, sirkularitas material daur ulang, menentukan energi terbarukan dan manajemen karbon. Dimana biasanya produk produk terkait nantinya akan dinilai pada tingkat Basic, Bronze, Silver, Gold, atau Platinum, terutama untuk produk produk dengan komponen yang kompleks guna menunjukkan komitmen brand terhadap desain produk yang benar benar berkelanjutan dari awal hingga akhir siklus hidupnya.

CSR Benefits dari Penggunaan Eco-Friendly Merchandise

Karena secara garis besar penggunaan produk produk berwujud merchandise dengan konsep eco friendly umumnya bukan hanya dijadikan sebagai trend sesaat, melainkan sudah mulai dijadikan sebagai salah satu model gaya hidup baru dan modern yang dianggap sebagai pilar penting dalam implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang efektif pula. Tentu wajar saja bukan jika suatu perusahaan yang memilih untuk melakukan pengadaan dan menggunakan merchandise ramah lingkungan guna meningkatkan citra merek dan keberlanjutan perusahaannya pun kemudian sangat mempertimbangkan CSR benefit dari penggunaan eco friendly merchandise tersebut.

Dimana dapat diketahui jika yang dimaksud dengan CSR benefit ini sendiri sebetulnya adalah sebuah istilah yang mengacu pada berbagai keuntungan atau dampak positif yang nantinya akan diperoleh sebuah perusahaan ketika menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR), sedangkan CSR sendiri dalam hal ini diketahui memiliki pengertian berupa sebuah komitmen perusahaan untuk beroperasi secara etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan, yang sekaligus pula dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup perusahaan. Dan adapun manfaat atau CSR benefit yang diketahui bisa diperoleh dan dilihat dari penggunaan eco friendly merchandise, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Peningkatan Citra dan Reputasi Perusahaan

Di mata konsumen perusahaan yang menggunakan atau menghadirkan merchandise dengan konsep ramah lingkungan, misalnya saja seperti tas ramah lingkungan custom memang dianggap lebih bertanggung jawab, etis, dan peduli terhadap planet. Yang mana adanya hal tersebut tentu saja secara tidak langsung telah menciptakan citra  dan reputasi yang positif serta modern bagi perusahaan. Apalagi penggunaan konsep eco friendly merchandise dalam hal ini pun secara signifikan ternyata juga dapat menjadi strategi cerdas yang selaras dengan nilai nilai konsumen modern dan ekspektasi pasar, serta mengkomunikasikan bahwa perusahaan sungguhan peduli, bertanggung jawab, dan relevan di dunia yang semakin sadar lingkungan ini.

Bisa Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Customer

Dapat dikatakan jika customer masa kini, utamaya mereka para generasi muda semakin hari memang semakin lebih berorientasi dan peduli pada produk produk yang memiliki keterkaitan erat dengan lingkungan dan sosial. Dimana salah satu wujudnya tentu saja adalah dengan penggunaan produk eco friendly. Sehingga didasarkan dari hal itu juga lah, kini mulai banyak perusahaan yang kemudian secara sengaja menunjukkan keselarasan nilai serupa secara konkret dengan cara menghadirkan adanya merchandise eco friendly sebagai bagian dari strategi CSR untuk perusahaan membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, karena adanya merchandise eco friendly ini hendaknya memang bukan hanya sekadar klaim pemasaran saja tetapi juga untuk menunjukkan bahwa perusahaan betulan peduli pada keberlanjutan lingkungan.

Membantu Mengurangi Dampak Negatif Pada Lingkungan

Setiap penggunaan produk produk berkonsep eco friendly sebagai bagian dari merchandise perusahaan, itu berarti suatu perusahaan telah menunjukan dedikasinya terhadap praktik keberlanjutan dan menghemat sumber daya yang umumnya dianggap sangat penting bagi kontribusi langsung terhadap pelestarian lingkungan. Dimana dapat pula dikatakan jika adanya pernyataan tersebut pun ternyata juga adalah salah satu manfaat CSR yang paling terlihat dan terukur dari penggunaan eco friendly merchandise sebagai wujud nyata dari komitmen CSR perusahaan terhadap lingkungan, yang nantinya bisa dimanfaatkan pula untuk memperkuat citra merek sebagai entitas yang bertanggung jawab dan berwawasan ke depan.

Dapat Membantu Meningkatkan Komunikasi Merek

Keberadaan dari merchandise dengan konsep eco friendly ternyata dalam hal ini juga seringkali juga dianggap memiliki cerita menarik di baliknya. Dimana adanya hal tersebut pun secara tidak langsung telah membuat keberadaan daripada adanya penggunaan eco friendly merchandise ini secara strategis bukan lagi hanya sekadar sebagai tindakan amal atau kepatuhan saja, tetapi juga sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai alat komunikasi perusahaan yang sangat kuat dan efektif. Bahkan dapat disimpulkan jika eco friendly merchandise ini pun umumnya juga bertindak pula sebagai jembatan fisik dan emosional antara brand dengan audiensnya, yang mengubah janji janji CSR menjadi wujud nyata yang dapat disentuh dan digunakan.

Case Study Perusahaan dengan Sustainable Merchandise Program

Studi Kasus: “Sustainable Merchandise Program”

Latar Belakang 

Di tengah tengah era modern dengan segala macam kemudahan dan kemajuan yang ada di segala bidang industri, bisa dibilang kesadaran masyarakat global terhadap isu isu lingkungan dan sosial pun juga turut serta meningkat dengan pesat. Dimana didasarkan dari tingginya kepedulian kepada praktik keberlanjutan dan kondisi lingkungan ini juga lah adanya sustainable merchandise program ini pun kemudian tidak hanya mempengaruhi preferensi konsumen saja, tetapi juga mulai membentuk ekspektasi terhadap perilaku dan tanggung jawab perusahaan dalam menciptakan program merchandise yang sustainability dan ramah lingkungan.

Karena tidak dapat dipungkiri, jika keberadaan dari adanya sustainable merchandise program ditengah tengah praktik keberlanjutan ini tidak lagi sekadar sebagai pilihan, melainkan juga sudah menjadi sebuah keharusan strategis bagi perusahaan yang ingin mempertahankan relevansi, membangun reputasi positif, dan mencapai pertumbuhan jangka panjang dalam konteks pembangunan corporate brandingnya. Dan oleh sebab itu dijalankannya program sustainable merchandise ini biasanya akan berfokus pada penggunaan produk promosi yang dirancang dan diproduksi dengan mempertimbangkan dampak minimal terhadap lingkungan dan sosial.

Tantangan

Meskipun dinilai bisa menuai keberhasilan yang optimal karena saat ini model gaya hidup eco friendly memang sedang trend, namun tetap tidak dapat dipungkiri jika proses implementasinya dalam konteks pengadaan tas ramah lingkungan guna berbagai macam kebutuhan, utamanya bagi kepentingan corporate branding suatu perusahaan hendaknya memang tidak akan luput dari sejumlah tantangan yang perlu diatasi. Dimana dapat dikatakan jika mengidentifikasi dan memahami tantangan tantangan yang mungkin saja terjadi tersebut pun tentu saja juga sangat penting untuk dilakukan guna memastikan perencanaan program keberlanjutan berjalan semestinya.

Dan adapun beberapa macam tantangan yang umumnya kerap kali dijumpai pada penyelenggaran Sustainable Merchandise Program ini diantaranya saja adalah seperti:

  • Biaya produksi yang kadang kali begitu tinggi karena penggunaan bahan eco friendly bersertifikat dan proses produksi yang etis seringkali memang membutuhkan anggaran biaya per unit yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan konvensional.
  • Cukup sulitnya menemukan pemasok dan produsen yang tepat serta terverifikasi dengan sertifikasi lingkungan yang kredibel guna memastikan praktik etis di seluruh proses pengadaan Sustainable Merchandise Program berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Ketersediaan logistik yang umumnya cukup terbatas untuk memenuhi syarat mendapatkan tas dan menjaga stok tas tetap sinkron dengan kebutuhan Sustainable Merchandise Program yang diperlukan.

Hasil dan Manfaat

Walaupun memiliki beberapa tantangan yang cukup berarti, namun tetap tidak dapat dipungkiri jika keberadaan dari adanya Sustainable Merchandise Program ini hendaknya memang terbukti bisa dianggap menjadi investasi strategis yang nantinya dapat memberikan dampak signifikan, baik pada aspek keberlanjutan maupun corporate branding maupun untuk mendukung praktik keberlanjutan lingkungan. Karena tidak dapat dipungkiri, jika dengan diberlakukannya Sustainable Merchandise Program ini secara signifikan memang memperkuat corporate branding melalui peningkatan reputasi, loyalitas konsumen, dan komunikasi merek yang efektif.

Dimana adanya hal tersebut tentu saja bisa terjadi dikarenakan penggunaan tas tas ramah lingkungan ini nantinya memang sanggup memberikan validasi atas klaim keberlanjutan dan menciptakan fondasi kepercayaan yang kuat dengan pelanggan. Selain itu, diberlakukannya Sustainable Merchandise Program seperti ini oleh suatu perusahaan pun umumnya juga dinilai dapat lebih menarik perhatian dan membedakan perusahaan dari pesaing yang mungkin saja masih mengandalkan merchandise konvensional, sekaligus pula memberikan bukti nyata dukungan perusahaan terhadap praktik keberlanjutan serta perhatian terhadap detail detail kecil yang sering kali terlewatkan.

Kesimpulan

Adanya program sustainable merchandise ini hendaknya memang cukup menunjukkan bahwa tas ramah lingkungan custom saat ini bukan lagi hanya sekadar sebagai barang giveaway atau hadiah saja, melainkan kini juga sudah mulai beralih fungsi sebagai bagian dari investasi strategis dalam corporate branding yang kuat, otentik, dan tentu saja  berkelanjutan. Karena dengan memberlakukan program sustainable pada merchandise ini, nantinya perusahaan pun tidak hanya dinilai berhasil menciptakan sebuah produk promosi bermanfaat bagi pelanggan saja, tetapi juga secara signifikan pada kondisi lingkungan dan praktik keberlanjutan yang secara tidak langsung dapat memperkuat posisi mereka dengan citra yang positif dan penuh perhatian.

Dan bagi anda yang sekiranya berencana untuk melakukan pengadaan acara Go green dengan tas ramah lingkungan guna melancarkan Sustainable Merchandise Program, tetapi tetap dengan spesifik produk yang fungsional dan relevan dengan kebutuhan harian. Maka kini anda bisa membuatnya dengan mudah bahkan juga bisa dibuat secara personalisasi atau khusus berdasarkan jumlah budget, branding perusahaan, dan kebutuhan pengadaan. Dimana adapun cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut tentu saja adalah dengan mempercayakan kebutuhan Merchandise Sustainable tersebut pada Karya Bintang Abadi, dengan cara segera menghubungi CS Karya Bintang Abadi sebagai solusi terbaik dan tepat.

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi