Tas Shopping Bag Custom: Retail Branding yang Berjalan Kemanapun

shopping bag custom

bagikan artikel ini kepada teman

Jika berbicara tentang retail branding yang berkemungkinan bisa berjalan kemanapun, tentu kita semua setuju bukan jika jenis barang seperti tas memang adalah salah satunya, tidak terkecuali tas dengan model shopping bag yang secara khusus dibuat secara personalisasi seperti shopping bag custom. Dimana adanya pernyataan tersebut pun tentu saja bisa terjadi dikarenakan pengertian dari shopping bag itu sendiri yang secara umum memang adalah sebuah jenis tas berkapasitas besar serta fleksibel, yang biasanya sengaja dipakai sebagai tas untuk keperluan berbelanja maupun keperluan keperluan sejenis yang mengharuskan membawa banyak barang ketika beraktivitas.

Namun selain daripada dikenal dengan karakteristiknya yang berkapasitas besar hingga mampu dipakai untuk membawa banyak barang bawaan, dan fleksibel penggunaan dengan banyaknya pilihan bentuk serta jenis bahan bakunya yang membuatnya memiliki berbagai macam fungsi. Dapat diketahui jika jenis tas shopping bag ini pun umumnya juga dikenal memiliki karakteristik penunjang lain yang membuatnya semakin banyak digandrungi, bahkan secara sengaja dicustom guna mendukung kebutuhan branding serta promosi suatu usaha. Katakan saja seperti shopping bag ini yang biasanya kuat, tahan lama dan bisa dipakai berulang kali dalam jangka panjang.

Hadir dengan desain yang terbilang ergonomis dan juga praktis, dimana bagian atas tasnya biasanya akan secara sengaja dibuat dengan bukaan lebar agar penggunanya bisa memasukkan atau mengeluarkan barang bawaannya secara mudah, serta dilengkapi pula oleh adanya resleting atau magnet keamanan untuk mengamankan isi didalamnya. Memiliki dua handle yang biasanya akan terasa nyaman untuk digenggam maupun ketika digantungkan pada bahu meskipun shopping bag tersebut sedang menampung banyak barang dengan beban cukup berat. Dan shopping bag ini yang ternyata juga lebih ramah lingkungan serta bisa mendukung praktik keberlanjutan.

Karena sebagaimana kita ketahui bersama, meskipun fungsi utamanya untuk belanja, namun tetap saja tidak dapat dipungkiri jika shopping bag ini pun hendaknya juga sering digunakan pula untuk keperluan lain, tidak terkecuali sebagai jenis tas alternatif yang ramah lingkungan untuk menggantikan peran dari penggunaan plastik sekali pakai. Oleh sebab itu, keberadaan dari sebuah shopping bag ini pun kemudian sering dikaitkan dengan trend go green serta praktik praktik keberlanjutan lainnya. Dimana didasarkan dari hal tersebut juga lah, banyak orang kemudian merasa jika shopping bag ini pun kemudian cocok pula dimanfaatkan sebagai bagian media branding ataupun promosi.

Yang mana, adanya hal tersebut pun tentu saja juga bisa terjadi dikarenakan shopping bag ini yang sebetulnya dinilai bisa menjadi kanvas branding efektif karena memiliki medan cetak yang luas, sehingga bisa memuat lebih banyak materi branding maupun promosi suatu bisnis. Selain itu, dibandingkan dengan media promosi tradisional seperti iklan TV, koran, atau baliho, biaya produksi shopping bag dengan branding pun dalam hal ini juga cenderung lebih rendah per impresi, serta mampu menunjukkan bahwa perusahaan terkait sungguhan peduli terhadap detail dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan yang dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata konsumen.

Shopping Bag Custom

shopping bag custom

Menjadi salah satu jenis barang yang keberadaanya dianggap begitu efektif dan efisien untuk dipakai sebagai media branding maupun promosi dikarenakan perannya yang memang begitu fleksibel dan bisa berjalan kemanapun, tentu tidak lagi mengherankan bukan jika adanya shopping bag, terutama shopping bag custom pun kemudian dijadikan sebagai andalan bagi banyak orang untuk membantu menangani masalah terkait branding awareness maupun terkait strategi strategi pemasaran, yang tentu saja dimaksudkan untuk mendompleng penjualan produk atau jasa yang ditawarkan, serta meningkatkan brand recall guna mempertahankan popularitas.

Yang mana, adanya pernyataan tersebut pun sebetulnya semakin dikuatkan pula oleh bagaimana shopping bag ini yang ternyata juga dianggap sebagai salah satu marketing tool dengan nilai efektivitas dan efisiensi baik dikarenakan mengandung dampak psikologi yang menarik. Karena adanya konsep psychology shopping bag sebagai marketing tool ini pun hendaknya juga bukan hanya sekedar tentang keberadaan tas shopping secara fisik saja, tetapi tentang bagaimana shopping bag ini faktanya juga bisa mempengaruhi persepsi customer yang kemudian dapat mendatangkan keuntungan, contohnya saja seperti dapat dilihat pada penjelasan berikut ini:

Psychology Shopping Bag Sebagai Marketing Tool

Dianggap memiliki peranan yang cukup mendalam, terutama sebagai marketing tool secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari shopping bag, khususnya shopping bag custom menjadi semakin banyak dicari guna mendukung segala macam kebutuhan, terutama untuk kebutuhan branding dan juga promosi suatu bisnis. Karena sebagaimana sudah disebutkan pula sebelumnya, jika adanya pernyataan tersebut pun tentu saja sangat erat berkaitan dengan bagaimana peranan shopping bag ini sendiri yang sebetulnya memang bukan hanya tentang fisiknya saja, tetapi juga tentang dirinya yang dapat mempengaruhi perilaku customer.

Yang mana, secara garis besar sendiri sesungguhnya dapat disimpulkan jika psychology shopping bag, utamanya shopping bag custom yang merupakan bagian dari marketing tool ini hendaknya memang erat berkaitan dengan dirinya yang ternyata memanfaatkan setiap elemen dalam tas belanja, mulai itu dari segi bahan baku, bentuk desain, logo, ukuran, hingga kualitas, untuk mempengaruhi persepsi konsumen tentang merek, memicu emosi positif, mendorong kebanggaan dan status secara strategis, yang pada akhirnya akan menjadi investasi kecil dengan potensi pengembalian yang besar dalam hal citra merek dan penjualan, seperti dapat dilihat dari beberapa poin atau aspek berikut ini:

Emotional Triggers

Keberadaan shopping bag sebagai bagian dari marketing tools seringkali juga sengaja dihadirkan dengan alasan untuk memicu adanya emosional tertentu. Dimana adapun emosional yang dimaksud tersebut pun umumnya berkaitan dengan rasa kegembiraan dan antisipasi untuk melihat atau menggunakan produk di dalamnya, yang kemudian dianggap dapat memperpanjang momen kebahagiaan dari pembelian. Sehingga didasarkan dari hal tersebut tentu secara tidak langsung mengadakan shopping bag sebagai marketing tools akan membuat psikologi customer menjadi lebih terikat dengan merek atau perusahaan terkait, karena mereka merasa mendapatkan rasa bangga serta diperhatikan, yang membuatnya ingin berlangganan dengan produk atau jasa yang dihasilkan.

Perceived Quality and Value

Aspek psikologi selanjutnya yang dimiliki oleh sebuah shopping bag sebagai bagian dari marketing tools adalah adanya perceived quality and value atau biasa juga disebut dengan istilah persepsi kualitas dan nilai. Dimana adanya hal ini biasanya erat berkaitan oleh bagaimana keberadaan daripada shopping bag tersebut yang umumnya secara tidak langsung dapat mengkomunikasikan serta merefleksikan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan terkait. Karena tidak dapat dipungkiri jika para customer biasanya memang cenderung mengasosiasikan kredibilitas maupun kualitas suatu perusahaan dari beberapa macam tampilan marketing toolsnya.

Oleh sebab itu, untuk menunjukkan seberapa besar perhatian perusahaan terhadap detail dan juga kebutuhan para customernya, biasanya mereka secara sengaja memang akan menghadirkan adanya marketing tools dengan kualitas dan spesifikasi terbaik, tidak terkecuali pada model marketing tools berupa shopping bag ini yang umumnya memang sudah memiliki kualitas dan value tersendiri di mata customer. Sehingga didasarkan hal tersebut adanya tindakan menunjukkan bahwa merek berinvestasi pada setiap aspek pengalaman pelanggan, bahkan pada detail sekecil tas belanja sebagai marketing toolsnya pun dinilai dapat meningkatkan persepsi merek secara keseluruhan.

Status Symbol and Identity

Hal lain yang juga dinilai merupakan bagian dari psikologi shopping bag sebagai marketing tools adalah bagaimana keberadaan dari adanya model tas tersebut yang diketahui dapat menjadi simbol status dan identitas dari merek atau perusahaan terkait. Karena tidak dapat dipungkiri, jika jenis barang seperti tas seringkali memang secara sengaja dijadikan sebagai media untuk berekspresi dan juga menunjukkan gaya hidup, sehingga didasarkan dari hal tersebut maka tidaklah mengherankan bukan jika banyak perusahaan atau merek merek tertentu pun kemudian dengan sengaja menghadirkan shopping bag dengan penampilan terbaik sebagai bagian dari marketing toolsnya.

Spesifikasi Ideal Shopping Bag untuk Retail

Karena memiliki peranan yang bisa dibilang cukup penting, baik itu dari segi pengaruh terhadap psikologi customer maupun nilai fungsional lainnya, terlebih ketika keberadaanya dijadikan sebagai marketing tools. Secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari adanya sebuah shopping bag dalam perkara branding identity maupun promosi retail suatu merek dan perusahaan kemudian diharuskan untuk memiliki spesifikasi ideal untuk memaksimalkan fungsinya, baik itu sebagai alat pengangkut barang maupun sebagai media branding yang efektif guna jenis produk yang dijual, target pasar, anggaran, maupun citra merek yang ingin dibangun.

Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa terjadi, dikarenakan dengan mempertimbangkan segala macam spesifikasi ideal dari sebuah shopping bag secara cermat, nantinya kita sebagai pihak penyedia marketing tools berupa shopping bag tersebut bisa menciptakan adanya tas yang tidak hanya fungsional saja tetapi juga dapat pula dijadikan sebagai bagian dari aset berharga dalam strategi branding dan promosi retail. Apalagi adanya hal tersebut pun diketahui juga semakin didukung oleh bagaimana keberadaan shopping bag ini yang bukan hanya efektif sebagai media promosi saja, tetapi ternyata juga dapat mencerminkan citra dan kualitas merek.

Dan karena memperhatikan spesifikasi ideal shopping bag untuk retail itu dianggap sebagai suatu hal yang penting, berikut ini adalah beberapa macam spesifikasi ideal shopping bag untuk retail, utamanya shopping bag custom yang setidaknya perlu diketahui juga diperhatikan:

Ukuran atau Size

shopping bag custom

Supaya shopping bag terlihat rapi, presisi dan juga mampu mencerminkan kesan profesional maka ada baiknya untuk membuat variasi ukuran shopping bag yang ideal dengan minimal 2 sampai 3 pilihan berbeda. Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja bisa dianggap sebagai hal yang penting, dikarenakan ukuran shopping bag ini sendiri yang sebetulnya bukan hanya sekadar angka saja, melainkan cerminan dari pertimbangan fungsional, nilai ekonomis, dan psikologis pula yang nantinya dinilai dapat berkontribusi pada kesuksesan sebuah toko ritel. Oleh sebab itu menentukan ukuran yang ideal bagi shopping bag untuk kebutuhan promosi retail dan sejenisnya biasanya memang akan dianggap sebagai aset yang bisa mendukung penguatan branding identity.

Jenis Bahan atau Material

Spesifikasi ideal pada shopping bag untuk retail selanjutnya yang juga dianggap menjadi perkara penting dan wajib diperhatikan adalah jenis bahan baku atau material yang dipakai dalam pembuatannya. Karena tidak dapat dipungkiri jika pemilihan bahan ini umumnya memang dianggap termasuk ke dalam daftar spesifikasi yang sangat ideal bagi shopping bag untuk retail karena jenis bahan ini yang pada dasarnya adalah pondasi utama yang nantinya akan memiliki peranan kuat untuk menentukan banyak aspek penting lainnya, baik itu terkait persepsi kualitas, daya tahan, hingga dampak lingkungan. Oleh sebab itu, wajar saja bukan jika pemilihan material yang tepat ini pun kemudian bukan lagi hanya sekadar soal estetika saja, tetapi juga tentang strategi bisnis yang cerdas.

Materi Branding dan Atribut Promosi

Sebagai barang yang memiliki peranan penting dalam mendukung strategi marketing suatu merek atau perusahaan, tentu sudah barang pasti jika spesifikasi ideal dari shopping bag custom untuk kebutuhan retail selanjutnya yang harus diperhatikan adalah keberadaan dari adanya materi branding dan atribut promosi yang digunakan. Apalagi adanya pernyataan tersebut pun secara umum juga didukung oleh bagaimana kedua hal tersebut yang sebetulnya bukan hanya dianggap sekedar sebagai elemen pelengkap saja, tetapi juga merupakan bagian dari spesifikasi ideal yang sangat krusial bagi shopping bag karena merupakan cara cerdas untuk mengubah objek fungsional menjadi alat pemasaran yang kuat dan berkesinambungan, juga iklan berjalan yang efisien serta efektif.

Durabilitas dan Sustainability

shopping bag custom

Menjadi salah satu jenis barang yang dijadikan sebagai marketing tools karena sifat multifungsinya, secara tidak langsung memang menjadikan keberadaan dari shopping bag custom yang baik harus memiliki spesifikasi berupa durabilitas (daya tahan) dan sustainability (nilai keberlanjutan) sebagai bagian dari spesifikasi ideal yang sangat penting bagi untuk dimiliki karena keduanya yang dianggap dapat membawa manfaat signifikan, baik bagi bisnis maupun lingkungan. Apalagi adanya hal tersebut semakin didukung pula oleh semakin banyaknya konsumen, terutama generasi muda, yang peduli terhadap dampak lingkungan namun juga membutuhkan alat bantu membawa berbagai macam barang keperluannya secara praktis dan ergonomis.

Durability Requirements untuk Repeated Use

Dianggap sebagai salah satu spesifikasi utama yang harus dimiliki serta diperhatikan dalam penggunaan shopping bag untuk kebutuhan marketing tools maupun retail, secara tidak langsung memang membuat durabilitas dianggap sebagai pokok penting yang harus dijadikan perhatian, terutama jika keberadaan shopping bag tersebut memang dirancang secara khusus untuk penggunaan berulang atau repeated use pula. Karena tidak dapat dipungkiri, jika dalam konteks kebutuhan ritel dan alat pemasaran, adanya durability requirements dan repeated use ini sesungguhnya memang mengacu pada standar kekuatan dan ketahanan yang harus dimiliki shopping bag.

Dimana adanya hal tersebut pun tentu saja erat berkaitan dengan alasan supaya keberadaan shopping bag tersebut nantinya dapat digunakan berkali kali oleh customer tanpa cepat rusak, sekaligus tetap efektif sebagai media promosi dalam jangka waktu yang panjang. Terlebih selain daripada itu, dengan memenuhi durability requirements untuk repeated use, shopping bag yang diadakan pun umumnya juga akan dinilai dapat melampaui fungsinya sebagai pembungkus sementara saja menjadi salah satu aset berharga yang bisa dimanfaatkan untuk terus mempromosikan sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan lingkungan.

Dan untuk memaksimalkan fungsinya sebagai alat untuk membawa barang bawaan secara berulang, mendukung eksposur merek, menciptakan citra dan reputasi yang positif, mendorong loyalitas pelanggan serta mendukung praktik eco friendly dan sustainability. Setidaknya diketahui terdapat beberapa persyaratan atau spesifikasi khusus tambahan yang dinilai dapat menjadi kunci keberhasilan dari adanya durability requirements untuk shopping bag custom yang repeated use. Katakan saja seperti diharuskannya menggunakan bahan baku yang kuat serta berdaya tahan maksimal, namun terbuat dari serat alami atau jenis bahan yang mudah terurai ketika tidak lagi gunakan.

Dimana memilih jenis bahan baku yang kuat namun aman bagi lingkungan seperti kanvas dan sejenisnya umumnya memang dinilai memiliki kekuatan tarik yang lebih tinggi dan lebih tahan terhadap abrasi, apalagi jika jenis bahan tersebut disertai dengan gramasi tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan jika shopping bag custom yang dihasilkan pun dibuat pula dengan konstruksi dan detail jahitan yang presisi, karena jahitan yang rapat dan kokoh terutama di area pegangan dan sudut tas yang menopang beban biasanya akan membuat shopping bag memiliki umur pemakaian lebih lama dan membuatnya bisa mendukung praktik durability requirements untuk repeated use berjalan lebih maksimal.

Design Considerations untuk Maximum Brand Exposure

Untuk menyediakan alat bantu sekaligus marketing tools yang bisa menjadi alat pemasaran kuat, efektif, serta memiliki nilai berkelanjutan untuk mencapai paparan merek maksimum. Tentu sudah barang pasti jika setiap shopping bag custom yang dibutuhkan guna tujuan tersebut hendaknya diharuskan untuk memiliki tampilan menarik dan strategis, yang nantinya dapat mempertimbangkan bagaimana keberadaan shopping bag tersebut akan berinteraksi dengan lingkungan dan customer secara maksimal. Oleh sebab itu, dalam pengadaanya biasanya shopping bag memang akan berfokus pula pada design considerations-nya.

Karena tidak dapat dipungkiri, jika adanya perhatian terhadap design considerations suatu shopping bag custom umumnya memang akan sangat berpengaruh pada maximum brand eksposur yang dihasilkan pula. Mengingat, pengertian dari design considerations sendiri yang sebetulnya adalah sebuah istilah untuk menyebutkan serangkaian faktor atau aspek yang harus diperhitungkan dan dievaluasi secara cermat selama proses perancangan atau pengembangan suatu produk agar desain yang dihasilkan efektif, fungsional, estetis, dan memenuhi tujuan yang diinginkan, umumnya memang butuh dipertimbangkan secara mendalam untuk menghasilkan solusi yang kuat.

Sedangkan maximum brand exposure sendiri yang dalam hal ini memiliki pengertian sebagai strategi atau tujuan pemasaran yang berfokus membuat merek terlihat atau terekspos sebanyak dan sesering mungkin oleh target audiens, atau bahkan oleh audiens di luar target utama  untuk meningkatkan kesadaran merek dan pengenalan guna mendorong minat serta pembelian, tentu saja memang sangat membutuhkan juga terkoneksi dengan design considerations yang akan membuat suatu produk terlihat lebih menarik dan semakin besar kemungkinannya  untuk diingat, dipercaya, dan dipertimbangkan saat keputusan pembelian melalui kehadiran yang konsisten.

Dan karena design considerations dan maximum brand eksposur ini merupakan dua perkara yang saling terhubung dan erat berkaitan, maka setidaknya terdapat hal penting serta menarik yang perlu dipertimbangankan ketika membuat shopping bag custom, yang diantaranya saja adalah seperti berikut ini:

Menggunakan Desain Visual yang Memorable

Hal pertama dan utama yang harus dimiliki oleh sebuah shopping bag custom agar memiliki design considerations untuk maximum brand eksposur yang jelas dan baik adalah menggunakan adanya desain visual yang memorable. Baik itu melalui penggunaan logo yang menonjol dan ditempatkan di posisi yang paling terlihat serta dipastikan tidak terhalang oleh lipatan atau isi tas saat dibawa, dengan jenis font juga ukuran yang bisa terbaca dengan jelas dari kejauhan. Menggunakan warna yang kontras dan mampu menarik perhatian, namun tetap konsisten dengan palet warna merek guna meningkatkan keterbacaan dan memperkuat identitas atau mood merek. Selain itu mempertimbangkan tampilan desain tas yang minimalis dengan look elegan dan lebih berfokus pada logo maupun elemen kunci utama berupa tambahan informasi pun juga dianggap lebih berkesan dan terlihat premium pula.

Memperhatikan Konsistensi Merek

Selain menggunakan desain visual yang memorable, hendaknya kita juga perlu memperhatikan pula konsistensi merek pula dalam perkara menjalankan design considerations untuk maximum brand eksposur yang jelas dan baik. Karena tidak dapat dipungkiri jika konsistensi merek ini ternyata merupakan pilar utama dalam desain shopping bag jika tujuannya adalah maksimum brand exposure. Mengingat adanya hal tersebut pun tentu saja dipengaruhi kuat oleh bagaimana design considerations itu sendiri yang sebetulnya bukan hanya tentang sekadar masalah estetika saja, tetapi juga tentang strategi psikologis dan pemasaran yang kuat, dan merupakan investasi strategis yang akan mengubah tas belanja menjadi alat pemasaran efektif, yang nantinya dapat berkontribusi secara maksimal pada pengenalan, ingatan, dan citra positif merek di mata publik.

Case Study Retail Brands dengan Iconic Shopping Bags

Studi Kasus: “Retail Brands dengan Iconic Shopping Bags”

Latar Belakang 

Jika berbicara tentang lanskap industri ritel, yaitu industri yang secara umum melibatkan penjualan barang maupun jasa kepada para customernya akhirnya langsung untuk penggunaan pribadi atau non bisnis dengan jumlah satuan. Tentu kita semua setuju bukan jika kondisi pemasaran mereka kian hari semakin kompetitif antara satu merek dengan merek lainnya, dimana setiap touchpoint dengan para customer yang terjadi hendaknya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin karena bisa saja berpotensi baik untuk membangun citra merek. Dan dapat diketahui shopping bag adalah salah satu touchpoint yang dinilai memiliki kekuatan luar biasa.

Karena tidak dapat dipungkiri, selain menjadi sebuah alat bantu untuk membawa barang barang bawaan atau produk yang telah dibeli customer dari suatu brand. Ternyata keberadaan shopping bag ini sebetulnya juga telah berevolusi menjadi salah satu alat pemasaran yang dianggap strategis, karena bisa dipakai guna perpanjangan dari identitas brand, bahkan juga simbol status brand. Oleh sebab itu, dari fungsi tradisionalnya yang biasanya hanya untuk memfasilitasi konsumen membawa barang pembelian mereka dari toko, seiring berjalannya waktu justru bisa menjadi kanvas kosong yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang lebih besar.

Apalagi seiring berjalannya waktu, dapat diketahui jika fenomena di mana beberapa brand ritel berhasil melampaui fungsi dasar tas belanja, dan mengubahnya menjadi aset pemasaran yang tak ternilai,baik itu mencakup tentang  bagaimana mereka membuat shopping bagnya menggunakan desain, kualitas, dan konsistensi merek yang pas hingga secara signifikan dapat betulan mempengaruhi persepsi konsumen, meningkatkan kesadaran merek, dan bahkan menumbuhkan loyalitas pelanggan pun umumnya juga menjadi bukti nyata dari keberhasilan ikonik shopping bag dapat sungguhan berpengaruh pada branding identity dan promosi suatu brand ritel.

Tantangan

Meskipun menjadi salah satu alat pemasaran yang cukup jitu dan menghasilkan brand awareness baik, bahkan tidak sedikit pula orang yang beranggapan bahwa menciptakan shopping bag ikonik dapat memberikan keuntungan besar bagi branding maupun promosi. Tetapi tetap tidak dapat dipungkiri, jika setidaknya terdapat sejumlah tantangan signifikan yang umumnya akan dihadapi oleh sejumlah brand ritel dalam upaya mengadakan shopping bag ikonik. Karena meskipun potensi keuntungannya besar, namun dalam proses penciptaan shopping bag yang ikonik dan efektif, setidaknya akan terdapat beberapa tantangan yang akan dihadapi, misalnya saja seperti:

  1. Skalabilitas dan Production Cost: Dalam membuat shopping bag yang ikonik biasanya kita akan membutuhkan adanya spesifikasi ideal, baik itu terkait dengan bahan premium, konstruksi kuat, desain khusus, hingga jenis kualitas cetak tinggi yang tentu saja akan membutuhkan investasi finansial yang besar, dan berkemungkinan membuat margin keuntungan menjadi menipis dan mengharuskan skalabilitas produksi tanpa mengorbankan kualitas menjadi kunci, padahal hal tersebut cukup sukar dilakukan.
  2. Keseimbangan Estetika, Fungsionalitas dan Durabilitas: Ketika akan membuat shopping bag yang ikonik, hal lain yang kerap kali juga menjadi tantangan bagi para brand ritel adalah harus adanya keseimbangan antara nilai estetika, fungsionalitas hingga durabilitasnya. Dimana adanya shopping bag yang terlalu indah tapi ringkih tentu akan akan mengecewakan, sementara shopping bag custom yang sangat kuat tapi polos bisa saja terlihat sangat membosankan dan kurang menarik perhatian.
  3. Praktik Sustainability: Sebagai jenis tas yang dimanfaatkan pula sebagai jendela promosi, kadang kali menjadikan keberadaan dari shopping bag custom yang ikonik terkendala dengan adanya praktik sustainability. Apalagi dengan meningkatnya kesadaran lingkungan, hal tersebut pun secara tidak langsung juga telah menciptakan tekanan besar bagi para brand ritel agar bisa menciptakan shopping bag custom yang ikonik namun tetap ramah lingkungan dan mendukung praktik praktik keberlanjutan.

Hasil dan Manfaat

Walaupun memiliki beberapa tantangan yang cukup berarti, namun tetap tidak dapat dipungkiri jika keberadaan dari adanya shopping bag custom yang ikonik bagi sebagian besar brand ritel hendaknya memang terbukti bisa dianggap menjadi investasi strategis yang nantinya dapat memberikan dampak signifikan. Apalagi secara keseluruhan sendiri sebetulnya dapat dikatakan jika keberadaan dari shopping bag ikonik yang dirancang secara  strategis dan ikonik ini sebetulnya memang adalah investasi jangka panjang yang nantinya akan menghasilkan manfaat pemasaran dan bisnis yang signifikan.

Karena tidak dapat dipungkiri, jika melalui adanya pengadaan shopping bag ikonik bagi suatu brand ritel ini sendiri nantinya memang tidak hanya dinilai bisa membantu menyelesaikan masalah pengangkutan barang customer saja, tetapi juga secara efektif dapat meningkatkan brand awareness dan brand recognition yang masif, menguatkan citra dan juga persepsi merek sesuai dengan positioning masing masing yang nantinya akan berhubungan dengan meningkatnya persepsi nilai produk dan pengalaman berkesan bagi customer, serta akan mendorong timbulnya loyalitas customer karena shopping bag ikonik biasanya akan menunjukkan bagaimana brand begitu perhatian terhadap detail dan tampilan menarik produknya.

Kesimpulan

Dilihat dari banyak sisi, agaknya memang tidak dapat dipungkiri jika keberadaan dari shopping bag custom yang ikonik bagi suatu brand ritel ini sesungguhnya betulan adalah bukti bahwa dalam pemasaran, setiap detail pada produk yang dihasilkan, tidak terkecuali pada marketing tools seperti adanya shopping bag ini memang berarti. Dan dengan melakukan perencanaan secara matang, fokus pada konsistensi merek, kualitas, dan pemahaman psikologi konsumen, shopping bag custom yang dipakai tersebut tentu dapat bertransformasi dari sekadar wadah saja menjadi duta merek yang kuat, bahkan juga bisa menciptakan dampak abadi pada persepsi dan perilaku konsumen, terutama bagi para brand ritel yang ingin mencapai maximum brand eksposur, dimana keberadaan dari shopping bag ini sebetulnya bukan lagi sebuah pilihan, tetapi sudah menjadi sebuah keharusan strategis.

Dan bagi anda yang sekiranya berencana untuk membuat shopping bag custom yang memorable untuk toko Anda, tetapi tetap dengan spesifik produk yang fungsional dan relevan sesuai kebutuhan harian. Maka kini anda bisa membuatnya dengan mudah bahkan juga bisa dibuat secara personalisasi atau khusus berdasarkan jumlah budget, branding perusahaan, dan kebutuhan pengadaan. Dimana adapun cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut tentu saja adalah dengan mempercayakan kebutuhan Merchandise Sustainable tersebut pada Karya Bintang Abadi, dengan cara segera menghubungi CS Karya Bintang Abadi sebagai solusi terbaik dan tepat.

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi