Cara Membuat Tas dari Eceng Gondok, Mudah, Rapi, dan Unik

Cara Membuat Tas dari Enceng Gondok

bagikan artikel ini kepada teman

Siapa sangka, eceng gondok ternyata bisa menjadi bahan tas. Cara membuat tas dari eceng gondok juga mudah. Lebih dari itu, tas juga terlihat cukup unik lho.

Buat yang belum tahu saja, eceng gondok sendiri adalah salah satu jenis tumbuhan air yang mengapung. Eceng gondok biasanya tumbuh dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi Kapal Api, ABC, dan Luwak

Oleh karena itu, tidak cukup sulit untuk bisa mendapatkan eceng gondok. Singkat kata, berikut langkah-langkah cara membuat tas dari eceng gondok.

1. Siapkan Alat & Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah siapkan alat dan bahan. Mulai dari misalnya gunting, cutter, pensil, jarum, dan alat-alat untuk membuat tas lainnya.

Selain itu, tentu bahan utama pembuatan tas, yaitu eceng gondok. Jangan lupa, pisahkan eceng gondok dari tangkainya. Pastikan juga eceng gondok sudah kering.

2. Buat Pola Tas

Langkah yang kedua ini hanya bersifat optional saja. Jika kamu sudah memiliki bayangan akan membuat tas seperti apa, maka langkah yang kedua ini bisa kamu lewati.

Namun, jika kamu belum memiliki banyangan akan membuat tas seperti apa, ada baiknya buat dulu pola tasnya. Ada banyak contoh pola tas eceng gondok di Google.

Baca juga: Cara Membuat Tas Serut dengan Baju Bekas, Hasil Bagus & Rapi

Saran kami, jika kamu masih pemula, pilih saja pola tas yang sederhana. Setelah sudah cukup mahir, kamu bisa coba dengan pola yang lebih sulit, seperti misalnya ransel.

3. Anyam Eceng Gondok

Setelah alat, bahan, dan pola sudah siap, termasuk eceng gondok yang sudah bersih dan kering, maka langkah selanjutnya adalah mulai menganyam eceng gondok.

Pada dasarnya, tas merupakan tas anyaman. Hanya saja, jika tas anyaman biasanya dibuat dari rotan atau plastik dan semacamnya, kini tas dibuat dari eceng gondok.

Oleh karena itu, perhatikan kualitas eceng gondoknya. Tidak hanya bersih dan kering saja. Akan tetapi eceng gondok juga kuat. Sehingga tas tidak akan mudah rusak.

4. Tambah Hiasan

Jika proses mengayam sudah jadi dan tas juga sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah tinggal memberi hiasanya pada tas. Selain hiasan, bisa juga diberi warna.

Cat tas dengan warna sesuai keinginan. Bisa hijau, biru, merah, kuning, orange, atau apa saja. Agar awet kamu bisa pakai cat yang berkualitas. Seperti cat minyak misalnya.

Baca juga: Cara Membuat Tote Bag Batik, Bisa Meski Tanpa Mesin Jahit

Agar tas mudah dibawa kemana-mana, jangan lupa juga untuk memberinya belt atau gendongan. Kamu bisa membuat gendongan dari eceng gondok juga atau tali biasa.

FAQ

  • Apakah ada tas dari eceng gondok?

Tentu ada dan bahkan sudah dijual belikan. Di beberapa marketplace ada cukup banyak pilihan dengan berbagai macam harga. Ada yang murah dan ada juga yang mahal.

  • Apa fungsi tas dari eceng gondok?

Secara umum, fungsi tas sama dengan tas-tas lain, yaitu sebagai tempat atau wadah barang bawaan. Hanya saja, karena terbuat dari eceng gondok, memang cukup unik.

Akhir Kata

Demikian, langkah-langkah cara membuat tas dari eceng gondok. Pada dasarnya, langkah-langkah sama saja dengan langkah-langkah membuat tas anyaman lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Tas Selempang dari Baju Bekas dengan Mudah

Perbedaannya hanya pada bahan dasar tas. Jika biasanya memakai misalnya rotan atau bahan plastik dan sejenisnya, maka kali ini bahan dasarnya adalah eceng gondok.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website resmi pabrik tas & konveksi tas CV. Karya Bintang Abadi. Jangan lupa, share artikel cara memilih tas carrier ini juga.

Berlangganan untuk update dari kami

Jadilah yang paling pertama mendapatkan update dari kami

Mungkin anda juga suka

merk tas sekolah anak
Informasi

9 Merk Tas Sekolah Anak Yang Bagus Untuk SMA

Tas merupakan barang yang wajib untuk dimiliki oleh hampir semua orang, tidak terkecuali bagi anak di usia sekolah yang sangat membutuhkan peran tas untuk membantu

Copyright 2022 © Karya Bintang Abadi